Couscous, Si Bulat Lucu Makan Malam ala Timur Tengah

Setelah lelah seharian bekerja dan beraktifitas, makan malam bisa jadi mood booster paling ampuh. Untuk bisa recover energy, apalagi kalau bukan makan makanan berat yang mengenyangkan. Terkadang sampai suka kehabisan ide mau makan malam apa ya? Belum lagi milih makan apa nih selain makan nasi? Daripada bingung-bingung, nih ada alternatif carbo complex dari Kulina khas masakan ala Timur Tengah.

COUSCOUS

Couscous merupakan makanan whole grain dari Afrika Utara, namun cukup populer pada masakan Timur Tengah Seperti Libya, Maroko, Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Arab.

Elemen utama dari pembuatan Couscous adalah gandum mentah yang dipecahkan, sehingga mirip dengan semolina. Bahan pangan ini dibuat dengan cara mengambil semolina, yaitu zat tepung dan biji gandum. Bentuknya butiran kecil dengan ukuran 1 mm, hampir menyerupai beras, tapi bentuknya lebih pendek dan membulat. 

Kandungan Nutrisi Couscous

D:\KULINA\pict kulina\couscous\couscous-727492_1920.jpg

Couscous baik untuk makan malam karena memberikan sumber protein ramping. Satu porsi Couscous hanya memiliki kurang dari 0. 5 gram lemak. Selain itu, terdapat 2 gram serat makanan. Meskipun serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna, ia memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Serat juga memiliki banyak manfaat bagi manajemen berat badan. Karena menyerap air dan akan mengembang ketika sampai di saluran pencernaan, sehingga sangat membantu merasa cepat kenyang, tanpa perlu banyak makan.

Couscous memiliki bermacam-macam nutrisi seperti thiamin, niacin, riboflavin, B6, folat dan asam pantotenat. Nutrisi ini membantu metabolisme energi, menjaga sel darah merah dan menjaga kulit, darah, otak, sistem saraf, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Bahan pangan ini highly recommended untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, kolesterol, dan jantung. Maupun bagi kalian yang butuh makanan penyeimbang yang tinggi serat, protein, dan zat besi. Couscous bisa dihidangkan sebagai lauk, salad, sebagai makanan penutup atau pengganti nasi dan quinoa. Di dunia kuliner, Couscous juga diolah menjadi nasi kebuli, isian sup, atau sebagai campuran olahan daging.

Menu Makan Malam Couscous dari Kulina Dinner

Mengkombinasikan Couscous dengan masakan dari berbagai daerah juga patut untuk dicoba lho, Kulinas. Fusion Couscous bisa dengan ikan Dory dengan crèmed spinach dan parmesan sauce ala Prancis, sate ayam bumbu Teriyaki ala Jepang, ataupun kombinasi ayam berbumbu rempah serai dan urap sayur khas Indonesia. Semua makanan fusion dengan bahan Couscous ini bisa kalian pesan cuma di Kulina Dinner.

Paket-paket diatas tersedia di segmen Sehathat by Mangia.

Kalori ramping dengan bermacam complement dalam satu paket, cukup seharga Rp 47.500 saja lho.

Penyajian yang rapih dalam bento box, pastinya anti tumpah atau acak-acakan. Dijamin makan malam anti mainstream dan sehat ya cuma bareng Kulina Dinner.

Goodbye boring dinner!

Sumber:
https://www.viva.co.id/arsip/285556-couscous-makanan-penuh-nutrisi
https://id.healthycareinfo.com/what-are-health-benefits-of-couscous-42628
https://www.kulina.id/menu/couscous-with-lime-leaves-and-lemongrass-chicken-skewers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *