3 Resep Tumis Brokoli yang Mudah Dibuat Sendiri

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Pingin masak makanan sehat tapi males ribet? Eh, ada lho resep serba brokoli yang mudah dibikin sendiri. Kurang lebih dari 30 menit bisa kalian nikmati sekaligus buat ramean. Yuk masak sendiri dari resep ini!

1. Tumis Brokoli Sukiyaki

1. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Sukiyaki
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Sukiyaki

Bahan:

300 gram brokoli, potong
250 gram daging sukiyaki
1/2 lembar kembang tahu, potong kotak
1/2 buah bawang bombay, potong-potong
1 siung bawang putih, cincang halus
1 1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok teh garam
100 ml air
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  2. Tambahkan daging sukiyaki satu per satu. Aduk hingga berubah warna. Masukkan brokoli. Aduk rata. Tambahkan kembang tahu, saus tiram, dan garam. Aduk sampai setengah layu.
  3. Tuangkan air. Aduk hingga matang.
  4. Masukkan daun bawang. Aduk rata.

Waktu memasak: 35 Menit
Porsi sajian: 6 Porsi

2. Tumis Brokoli Tahu Udang

2. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Tahu Udang
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Tahu Udang

Bahan:

1 bonggol besar brokoli, potong per kuntum
4 buah jamur kuping kering, seduh, potong-potong
1 buah tahu telur rasa udang, potong 1 cm, goreng
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 buah cabai merah besar, buang biji, iris serong
1 sendok teh bumbu ngohiong
1 sendok teh kecap ikan
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
100 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok makan minyak wijen untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak wijen. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, dan cabai sampai harum.
  2. Masukkan brokoli, jamur, tahu telur, bumbu ngohiong, kecap ikan, garam, gula, dan merica. Aduk rata.
  3. Tuang air. Masak sampai matang. Taburkan daun bawang di atasnya.

Waktu memasak: 30 menit
Porsi sajian
: 3 Porsi

3. Tumis Brokoli Tabur Mete

3. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Tabur Mete
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Tabur Mete

Bahan:

200 gram brokoli potong per kuntum
50 gram wortel, potong serong
50 gram daging ayam fillet
1 buah bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang kasar
3 buah cabai kering, cincang kasar
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh kecap ikan
1/2 sendok teh angciu
1/2 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh maizena larutkan dengan 1 sendok teh air
50 gram kacang mete, goreng, cincang kasar
350 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai kering sampai harum. Masukkan daging ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Tambahkan brokoli dan wortel. Aduk sampai setengah layu. Masukkan garam, merica bubuk, saus tiram, dan kecap ikan. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang.
  3. Menjelang diangkat, tambahkan angciu, dan minyak wijen. Aduk rata.
  4. Kentalkan dengan larutan maizena. Tambahkan kacang mete. Aduk rata.

Waktu memasak: 20 menit
Porsi sajian: 3 porsi

Ternyata gak perlu ribet buat olah sayuran satu ini. Cukup butuh luangkan sedikit waktu dan bahannya pun mudah didapat. Yuk cerdas penuhi nutrisi makan harianmu!

Eits, kalau kamu masih gak punya waktu buat masak tapi tetap ingin penuhi nutrisi harian dengan tepat? Coba langganan makan di Kulina aja!

[CEK MENU KULINA]

Kulina X Sayur Box dari sayur dan bahan pilihan berkualitas untuk penuhi nutrisi harianmu.
Kulina X Sayur Box dari sayur dan bahan pilihan berkualitas untuk penuhi nutrisi harianmu.

Inilah 5 Cara Memilih Sayuran Segar

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Ada rencana untuk masak sendiri? Sebelum belanja, ketahui ciri-ciri sayuran yang baik untuk dikonsumsi dulu, guys. Pola makan seimbang tentu dibarengi dengan konsumsi sayuran layak makan. Layak makan yang gimana sih? Misalnya, sayuran yang bolong-bolong akibat dimakan ulat, ternyata lebih sehat. Yuk, simak 5 cara lain memilih sayuran sehat dan segar!

Cara Memilih Sayuran Layak Konsumsi

1. Sayuran Bebas Pestisida

1. Cara Memilih Sayuran Segar - Bebas Pestisida
Cara Memilih Sayuran Segar – Bebas Pestisida

Jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi ternyata bukan yang terlihat mulus dan utuh, lho!

Biasanya di dalam sayuran terdapat ulat kecil yang suka memakan daun-daun sayuran, sehingga menyebabkan daun pada sayuran tidak utuh dan sempurna lagi. Akan tetapi, hal tersebut ternyata sangat baik untuk kesehatan Anda. Sebab, jika daun pada sayuran dimakan ulat, itu menandakan bahwa sayuran bebas dari pestisida. Oleh sebab itu, ketika memilih sayuran, Anda disarankan memilih sayuran yang memiliki daun tidak utuh, alias bolong-bolong.

Untuk dapat membedakan, ciri sayuran yang disemprot pestisida akan terlihat bercak putih yang mengering pada permukaan daunnya.

2. Sayuran yang Belum Dibersihkan

2. Cara Memilih Sayuran Segar - Belum Dibersihkan
Cara Memilih Sayuran Segar – Belum Dibersihkan

Salah satu cara memilih sayuran yang baik dan segar selanjutnya adalah carilah sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagang sayur. Hal ini dikarenakan sayuran yang masih belum dibersihkan cenderung lebih segar dan tidak mudah layu dan busuk. Selain itu, kandungan air di dalamnya juga masih tetap terjaga dengan baik.

3. Belanja Sayur di Pasar Petani

3. Cara Memilih Sayuran Segar - Belanja di Pasar Petani
Cara Memilih Sayuran Segar – Belanja di Pasar Petani

Berbelanja sayuran di supermarket jelas teruji kelayakannya, tetapi belanja di pasar petani tak kalah baik lho kualitasnya. Selain itu cenderung lebih ekonomis, karena harganya lebih murah.

Tidak hanya itu, belanja sayuran di pasar petani lebih terjamin kesegarannya karena baru saja di panen dari ladang. Keuntunyan lainnya, sayuran yang didapatkan secara langsung memiliki waktu pembusukan lebih lama.

4. Belanja Sayuran di Pagi Hari

4. Cara Memilih Sayuran Segar - Belanja di Pagi Hari
Cara Memilih Sayuran Segar – Belanja di Pagi Hari

Cara memilih sayuran yang baik berikutnya butuh perjuangan, soalnya butuh bangun lebih pagi! Selain masih segar, membeli sayuran di pagi hari membuka banyak peluang untuk mendapatkan sayuran kualitas terbaik. Sambil olahraga pagi, mampir pasar untuk berburu sayuran segar, asik juga lho!

5. Pilihlah Sayuran Organik

5. Cara Memilih Sayuran Segar - Sayur Organik
Cara Memilih Sayuran Segar – Sayur Organik

Mengonsumsi sayuran organik tentu lebih menyehatkan, karena bebas dari paparan pestisida yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terus gimana caranya pilih sayuran organik sih?

  • Sayuran organik biasanya bolong-bolong karena bekas gigitan ulat.
  • Sayuran organik memiliki warna yang lebih cerah daripada sayuran non-organik.
  • Tidak ada bercak putih atau pestisida yang mengering pada permukaan sayur.
  • Sayuran organik di supermarket biasanya terdapat stiker atau segel organik bersertifikat.
  • Membeli sayuran langsung dari petani atau pasar tradisional, karena Anda bisa bertanya secara langsung tentang kualitas sayuran.

Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lebih Lama

6. Cara Memilih Sayuran Segar - Tips Menyimpan Sayur
Tips Menyimpan Sayur

Selain cara memilih sayuran yang baik, penting pula bagaimana cara menyimpan sayuran yang baik dan benar agar tahan lebih lama, seperti berikut ini:

  1. Sebelum disimpan dalam kulkas, bersihkan dan cuci sayuran terlebih dahulu dari akar, tanah, dan daun yang menguning.
  2. Pilih wadah yang tepat untuk sayuran, seperti kertas atau plastik.
  3. Jangan menyimpan sayuran dan buah dalam penyimpanan yang sama. Bila dicampur, buah dapat menyebabkan sayuran hijau berubah warna
    kuning selama proses pematangan.
  4. Simpan sayuran segar terpisah dari daging mentah, unggas, dan ikan.
  5. Simpan potongan buah dan sayuran dalam kantong plastik tertutup atau
    rutin membersihkan wadah di kulkas.
  6. Simpan sayuran umbi-umbian dan buah-buahan segar yang membutuhkan
    pematangan pada suhu kamar.

Bakal makin sering belanja sayur nih, setelah tahu gimana cara terbaik memilih dan menyimpan sayuran dengan baik. Yuk, semangat konsumsi sayur-sayuran segar!

Apa? Kamu tetap ingin konsumsi sayuran segar, tapi malas bangun pagi, jalan, dan belanja sendiri ke pasar? Tenang… Kan ada Kulina! Kulina bekerja sama dengan Sayur Box untuk menjamin semua bahan makanan kami berkualitas. Dari sayur dan bahan-bahan berkualitas itu, tentu kami olah lagi menjadi sebuah panganan lezat untuk bisa kalian santap di jam makan siang. Gimana?

[MAU COBA KULINA X SAYUR BOX]

Kulina X Sayur Box - Berasal dari sayuran segar dan bahan berkualitas lainnya.
Kulina X Sayur Box – Berasal dari sayuran segar dan bahan berkualitas lainnya.

SUMBER:
https://medium.com/kulina/3-langkah-cermat-memilih-sayuran-segar-dengan-tepat-bd798c1f8c81
https://doktersehat.com/cara-memilih-sayuran-segar/












Stop Melewatkan Makan Siang dengan Alasan Sibuk!

Kamu salah satu orang yang sering melewatkan makan siang?

Stop melakukan itu karena melewatkan makan siang ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Kebanyakan orang sering melewatkan makan siang karena di siang hari, perut masih terasa kenyang dari waktu sarapan atau tubuh masih terasa kuat untuk menjalani hari.

Atau bisa jadi, bagi orang-orang yang sudah bekerja, waktu istirahat siang lebih baik dipakai untuk tidur siang sejenak, main game, atau justru terlalu sibuk karena pekerjaan yang belum bisa ditinggal. Ya memang tidak ada yang salah sih, tapi jangan sampai hal itu membuatmu melewatkan makan siang dong!

Sudah tahu belum apa saja bahaya melewatkan makan siang? Ini dia!

1. Tubuh Mudah Lelah, Lemas, dan Sulit Berkonsentrasi

1. Stop Melewatkan Makan Siang - Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi
Stop Melewatkan Makan Siang – Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi

Pas pukul 12 sih rasanya masih aman, kenyang, dan kuat. Tapi jika di jam 12 itu perutmu tidak kamu isi, mulai memasuki pukul 2 atau 3 pasti perut sudah meronta-ronta. Rasa lapar di perut malah jadi pusat perhatian, seketika konsentrasi kerjaan jadi buyar. Perut yang kosong membuat tubuhmu mudah lelah dan lemas. Alhasil kerja jadi gak produktif dan malah malas-malasan.

Kadang kita memilih jalan pintas buat beli makanan ringan yang bisa dimakan sambil kerja. Eits, tapi yang namanya makanan ringan gak selalu “ringan” lho, guys. Keadaan perut kosong itu sering kali membuat kita merasakan craving atau keinginan kuat buat makan manis, asin, atau berlemak. Manis… Asin… Berlemak. Udah kelihatan gak sehat semua kan?

2. Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

2. Stop Melewatkan Makan Siang - Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam
Stop Melewatkan Makan Siang – Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

Masih lanjutannya nih… Saat kamu melewatkan makan siang dan hanya mengganjalnya dengan cemilan di sore hari, perut rasanya meminta diisi lebih. Jadilah kamu ke-trigger buat makan lebih banyak saat malam hari.

Padahal saat malam hari, tidak banyak kegiatan yang kamu lakukan selain istirahat dan kemudian tidur. Banyaknya makanan yang kamu santap saat makan malam, belum benar-benar dicerna oleh tubuh, eh kamunya udah bawah tubuhmu untuk tidur. Jadinya ya… lemak yang menumpuk! Huhuhu seraaam. Makanya pastikan waktu makan malammu minimal 3 jam sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak ya.

3. Kadar Gula Darah Meningkat

3. Stop Melewatkan Makan Siang - Kadar Gula Darah Meningkat
Stop Melewatkan Makan Siang – Kadar Gula Darah Meningkat

Kebiasaan nyemil gak sehat di sore hari, ditambah makan porsi besar di malam hari – hanya gara-gara kamu melewatkan makan siang yang berharga! Dua hal di atas ternyata menyebabkan insulin di dalam tubuh menurun sehingga kadar gula darah cenderung meningkat!

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh bisa mengarahkanmu pada obesitas.

Padahal kalau dilihat sekilas, melewatkan makan siang itu sederhana kan? Tapi ternyata efeknya cukup menyeramkan bagi tubuh kita! So, stop melewatkan makan siang dengan alasan sibuk yaaa…

Kamu masih bisa kok tetap makan siang, main game, bahkan take a nap for a while. Asalkan kamu bisa memiliih makan siang yang tepat! Makan siang yang bisa datang langsung ke tempat kerjamu, tanpa tambahan ongkir, sehat, murah, dan enak! Pesan makan siang dimana lagi kalau bukan di Kulina!

Di sini ada buanyaaakkk bangeeettt pilihan menu yang bisa kamu sesuaikan selera dan harga yang kamu inginkan! Sistemnya langganan, jadi kamu bisa langsung pilih-pilih menu untuk satu minggu ke depan. Jadi gak perlu ada drama bingung makan apa. Gak perlu buang-buang waktu buat otw ke tempat makan. Gak perlu buang-buang uang buat beli cemilan gak sehat. Tunggu apalagi?

[COBA KULINA SEKARANG]

4. Stop Melewatkan Makan Siang - Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina
Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/bahaya-melewatkan-makan-siang/
https://kumparan.com/kumparansains/mana-yang-lebih-penting-makan-pagi-siang-atau-malam
https://www.hipwee.com/tips/suka-merapel-sarapan-sama-makan-siang-hati-hati-8-bahaya-ini-mengintaimu/

Mengenal Bacem, Teknik Pengawetan Makanan dari Jawa Tengah

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bacem merupakan teknik pengawetan makanan dengan memasak bahan makanan dalam rendaman bumbu dengan waktu yang cukup lama. Bacem memiliki citarasa manis legit dan asin gurih khas daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bacem muncul tepatnya di lingkungan masyarakat Mataraman atau bagian timur kota Yogyakarta. 

Asal Mula Bacem

1. Mengenal Bacem - Asal Mula Bacem
Mengenal Bacem – Asal Mula Bacem

Selera manis orang Yogyakarta tidak datang begitu saja. Bacem yang bisa kita nikmati sampai sekarang, memiliki sejarah panjang dari peristiwa sistem tanam paksa atau cultuurstelsel oleh pemerintah kolonial Belanda pertengahan abad ke-19. Masyarakat pada masa itu dipaksa menanam tebu diperbatasan timur Yogyakarta. Hasil panen yang begitu melimpah kemudian diolah menjadi gula. Melimpahnya produk ini membuat harga gula menjadi sangat murah. Tergerak karena gula melimpah dan murah, mereka mengolah beberapa bahan makanan menggunakan gula, sehingga citarasa manis menjadi khas masakan daerah tersebut.

Bahan Utama Bacem

Bermula dari peristiwa tanam paksa, kemudian terciptalah beragam macam lauk pauk dengan citarasa manis gurih untuk bacem. Beberapa bahan bacam antara lain seperti tahu, tempe, daging, atau telur biasa diolah dengan teknik bacem. Bumbu tambahan selain gula merah adalah ketumbar. Jenis rempah ini juga termasuk bahan yang sedang musim waktu itu.

Gula merah dan ketumbar kemudian diracik dengan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, salam, lengkuas dan tentunya irisan gula merah. Bahan dan bumbu kemudian direbus dalam air dengan tambahan asam jawa atau bisa juga diganti dengan air kelapa sampai airnya menyusut. Ketika air menyusut kandungan air akan menguap dan bumbu akan meresap ke dalam masakan. Bacem dapat dinikmati langsung atau dengan menggorengnya terlebih dahulu.

Tips Membuat Bacem

2. Mengenal Bacem - Tips Membuat Bacem
Mengenal Bacem – Tips Membuat Bacem

Memasak bacem memang cukup tricky. Pasalnya, bahan yang digunakan gampang hancur bila dimasak lama-lama. Agar tidak hancur ketika proses memasak, ikuti tips berikut:

1. Pastikan Pakai Api Kecil

Proses memasak baceman biasanya membutuhkan waktu lama, karena proses marinasi dibarengi dengan proses memasak. Untuk itu, gunakan api kecil agar mendukung proses peresapan bumbu yang sempurna ke dalam masakan. Jika api yang digunakan besar, kemungkinan prosesnya akan lebih cepat tapi bumbu tidak meresap sempurna. Selain itu masakan akan kelewat matang dan menjadi mudah hancur saat diangkat.

2. Aduk Sesekali

Memasak memang identik dengan mencampur maupun mengaduk bumbu agar tercampur rata. Namun untuk kasus khusus memasak bacem, baiknya mengaduk sesekali saja. Setelah memasukkan bumbu dan bahan, segera aduk sebentar, tutup, dan tunggu air menyusut dengan sendirinya. Semakin sering diaduk, spatula akan semakin sering beradu dengan bahan sehingga mudah hancur.

3. Gunakan Air Secukupnya

Saat memasak bacem, ada dua jenis cairan yang digunakan, air biasa atau air kelapa. Atau dapat pula mencampurkan keduanya agar rasanya lebih seimbang. Alih-alih merendam bahan dalam cairan tersebut, tuang air secukupnya atau sebatas susunan bahan tersebut. Makin nikmat, kalian bisa coba merendam bahan-bahan dengan cairan tersebut semalaman. Esok harinya baru mulai dimasak bersamaan dengan bahan yang hendak ditambahkan. Rendaman bumbu dalam cairan jauh lebih kaya rasa karena proses marinasi semalam suntuk.

Rahasia Awetnya Bacem

Proses memasak dalam waktu yang lama di dalam larutan gula menjadi salah satu teknik dalam mengawetkan makanan secara alami. Bahan baku pengawetan alami tersebut didukung pula dengan proses memasaknya yang cukup lama. Proses ini membuat bahan makanan benar-benar matang dan masak sempurna hingga ke dalam. Masakan akan cenderung tahan lebih lama bahkan sampai berhari-hari. Hal ini membuat mikroorganisme dalam makanan tak dapat bertahan hidup dalam waktu lama.

Menikmati baceman bisa dengan banyak cara. Bisa jadi lauk teman makan nasi maupun jadah atau uli – ketan yang dicampur kelapa dan dipadatkan selagi hangat. Kalau di Yogyakarta, tepatnya di Kaliurang, menikmati jadah biasa ditangkupkan dengan bacem. Makanya banyak orang menyebutkan makanan ini sebagai “burgernya orang Jawa”.

Sayur pendamping untuk baceman bisa juga dengan gudangan atau urap – sayur rebus dengan topping bumbu kelapa parut. Dominan rasa segar, manis, dan gurih cocok dihidangkan bersama tempe maupun tahu bacem. Makanan ini sesuai untuk kalian yang vegetarian, penggemar berat makan sayur, maupun kamu yang lagi dalam program menurunkan berat badan!

Jadi laper membayangkan semua kelezatan itu ada di hadapanmu? Pesan aja sekarang! Nasi Segara, porsi priyayi dengan citarasa Jawa di Kulina~

3. Mengenal Bacem - Pesan Aja di Kulina
Mengenal Bacem – Pesan Aja di Kulina

Dan kalau kamu pelanggan baru, ada diskon 30% khusus buat kamu!

[PESAN KULINA SEKARANG]

4. Mengenal Bacem - Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru
Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru



Tips Berhemat Demi Libur Tahun Baruan

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Menjelang akhir tahun, banyak pengeluaran dan transaksi tak terduga (atau sebenarnya terduga, tapi kamu tidak menganggarkannya dengan tepat nih? xixi).

Anggaran-anggaran tak terduga makan malam bersama keluarga maupun kolega di hari libur, belanja karena ada sale besar-besaran, atau pengeluaran wajib lainnya seperti sulit dihindari. Padahal nih, kamu udah mendambakan merayakan tahun baru spesial sambil liburan! Duh, gimana dong?

Tenang… ada banyak cara untuk lebih menghemat uang dan memotong biaya tersebut demi libur tahun baru idaman! Yuk, simak tips dan trik berhemat dari Kulina.

1. Disiplin Pada Anggaran

1. Tips Hemat Tahun Baru - Disiplin Pada Anggaran
Tips Hemat Tahun Baru – Disiplin Pada Anggaran

Mulai mendekati akhir tahun, sebisa mungkin selalu anggarkan pengeluaran rutin maupun wajib untuk dibeli. Cobalah disiplin terhadap batasan anggaran yang telah direncanakan. Misalkan dalam satu bulan, anggarkan untuk masing-masing kegiatan yang mendatang, seperti reuni, acara makan keluarga, dan lain sebagainya. Semakin rinci terhadap barang atau kebutuhan yang hendak dibeli semakin maksimal alokasi danamu.

Salah satu pengeluaran rutin wajib yang sering jadi pelampiasan “khilaf” adalah makan. Ya atau ya, hayo? Sering terjadi kita beli makan hanya karena ingin atau lapar mata. Padahal perut pun sudah kenyang. Nah, cara untuk menghindari beli-beli makanan yang sebenarnya tidak kita butuhkan adalah dengan merencanakan jadwal dan menu makan sesuai kebutuhanmu sejak awal. Tentu saja perencanaan itu juga harus sesuai dengan anggaran yang telah kamu siapkan di awal.

Dimana kamu bisa dapat itu semua? Hanya di Kulina! Katering langganan dengan berbagai pilihan menu dan harga yang bisa kamu pilih sesuai selera, ditambah sudah bebas ongkir pula. Dan ada diskon khusus buat semua pelanggan baru. Penasaran? [CEK MENU KULINA]

Kulina Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru
Kulina Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru

2. Jeli Terhadap Diskon

2. Tips Hemat Tahun Baru - Jeli Terhadap Diskon
Tips Hemat Tahun Baru – Jeli Terhadap Diskon

Memenuhi kebutuhan tahun baruan dengan mencari diskon atau penawaran harga miring pada promo tertentu. Jelilah dalam membeli, seperti kebutuhan selama tahun baruan nanti mungkin sudah bisa kalian cicil sejak sebluan sebelumnya pada momen diskon istimewa. Walaupun banyak penawaran menggiurkan, selalu prioritaskan kebutuhan bersama ya!

3. Otomatisasikan Tabungan

3. Tips Hemat Tahun Baru - Otomatisasikan Tabungan
Tips Hemat Tahun Baru – Otomatisasikan Tabungan

Mulai prioritaskan fitur simpanan otomatis pada rekening tabunganmu. Secara praktis uang dalam rekeningmu akan otomatis ditarik ke dalam fitur tabungan. Uang yang telah dianggarkan untuk ditabung, tidak akan dapat diambil lagi. Dengan begini tidak ada lagi belanja diluar anggaran. Cara ini juga baik untuk belajar bijak menggunakan uang.

4. Batalkan Fasilitas Langganan

4. Tips Hemat Tahun Baru - Batalkan Fasilitas Langganan
Tips Hemat Tahun Baru – Batalkan Fasilitas Langganan

Mencari hal baru dipenghujung akhir tahun bisa jadi dengan membatalkan langganan TV kabelmu. Manfaatkan waktu luangmu unutk melakukan aktivitas baru atau alokasikan dana berlanggananmu untuk membeli tiket konser, workshop hobi, travelling atau pengalaman baru lainnya. Selain karena waktumu terlalu berharga melulu begitu saja, beri makna baru tutup tahun kali ini.

5. Gali Dompet Lebih Dalam

5. Tips Hemat Tahun Baru - Gali Dompet Lebih Dalam
Tips Hemat Tahun Baru – Gali Dompet Lebih Dalam

Meluangkan waktu untuk membersihkan isi dompet bisa jadi momen mengejutkan untukmu. Pasalnya, terkadang kita suka lupa dengan apa yang pernah kita simpan di dalam dompet. Voucher makan maupun belanja di departement store tertentu suka terselip di sana dan di sini. Selain itu, melakukan audit diri pada dompet dapat membuka kemungkinan pada uang yang dulu pernah kalian simpan.

6. Mencari Mitra Belanja

6. Tips Hemat Tahun Baru - Mencari Mitra Belanja
Tips Hemat Tahun Baru – Mencari Mitra Belanja

Sale atau diskon akhir tahun memang kadang gak kira-kira. Pasalnya selain murah, banyak penawaran yang menjual barang secara paket, misalkan dengan beli 2 gratis 1 atau beli sejumlah sekian dapat potongan harga sekian. Upaya ini jelas mengarahkan konsumen untuk belanja lebih banyak. Ketika ada tawaran menarik demikian, ajak teman-teman agar bekerja sama untuk mendapatkan penawaran tersebut. Dengan cara begini, kalian bisa tetap mendapatkan penawaran menarik tersebut tanpa perlu mengeluarkan uang berlebihan kan?

Mumpung masih awal bulan, yuk cobain tips dan trik di atas supaya bisa lebih hemat DEMI LIBUR TAHUN BARU IDAMAN! Wohooo…

Kenalan Sama Granola – Cemilan Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak orang mulai sadar tentang pola hidup sehat sehingga mengubah pola makan mereka menjadi lebih baik. Salah satunya adalah mencari variasi alternatif makanan untuk dikonsumsi, seperti Granola. Granola menjadi populer lantaran dapat dinikmati sebagai menu sarapan, maupun pengganjal perut sebagai snack sehat. Yuk, ketahui lebih dalam tentang apa itu Granola dan manfaat baiknya bagi tubuh!

Granola

1. Kenalan Sama Granola - Bahan Granola
Kenalan Sama Granola – Bahan Granola

Granola merupakan jenis makanan olahan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu, atau pemanis lainnya. Ada pula jenis Granola yang mencampurkan kismis, kurma, biji-bijian, maupun beras. Bahan-bahan tersebut dicampur sedemikian rupa untuk kemudian dipanggang sehingga mendapati tekstur kering agar lebih tahan lama masa penyimpanannya.

Macam-macam jenis Granola ternyata memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda pula. Kadar gizi pada Granola akan ditentukan dari campuran bahan-bahan berikut yang mengandung gula, lemak, kalori maupun protein yang lebih dominan daripada zat lainnya. Namun pada dasarnya, bahan utama dalam Granola adalah oat dan jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan diketahui mengandung lemak sehat dan serat.

Tingginya kandungan serat dalam oat dan kacang-kacangan baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol gula darah berlebih, mengontrol kadar kolesterol, juga membuat perut kenyah lebih lama.

Namun kadar kandungan nutrisi dalam tiap porsi bisa saja berbeda-beda, tergantung dari produk atau cara penyajian Granola itu sendiri.

Manfaat Granola Bagi Kesehatan

2. Kenalan Sama Granola - Manfaat Granola
Kenalan Sama Granola – Manfaat Granola

Kandungan nutrisi dalam Granola dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya, bila dibandingkan dengan sereal biasa. Salah satu manfaatnya dapat membantu mengurangi atau mengontrol penyakit berikut.

1. Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

2. Melindungi Sistem Saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Perlu Perhatikan Ini Sebelum Santap Granola

3. Kenalan Sama Granola - Kandungan Granola
Kenalan Sama Granola – Kandungan Granola

Setelah memahami apa itu Granola, mulai dari bahan-bahan, kandungan nutrisi, dan juga sekilas tentang manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Untuk itu, sebaiknya periksa kandungan gizi pada tabel nutrisinya, berikut yang perlu dipertimbangkan:

  1. Periksa kandungan gulanya.
  2. Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
  3. Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
  4. Konsumsilah setidaknya ¼ gelas per hari agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh kalian.
  5. Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.

Apakah Kulinas sudah pernah mencoba Granola? Bagaimana rasanya menurut kalian?

Seiring semakin banyak orang yang tahu dan penasaran dengan Granola, semakin mudah pula menemukan Granola di supermarket atau tempat makan lainnya. Jadi kamu tidak harus selalu repot membuatnya sendiri.

[COBA MAKAN GRANOLA]

SUMBER:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-granola-untuk-sarapan/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-manfaat-granola/

4 Sehat 5 Sempurna Sudah Ketinggalan Zaman, Ini Gantinya!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Prinsip 4 sehat 5 sempurna selalu dijadikan pedoman agar dapat memiliki tubuh sehat dan bugar. Mungkin sejak kecil atau bahkan masih terus dianut hingga kini oleh sebagian orang, walaupun sebenarnya sudah tak relevan. Slogan ini pertama kali muncul pada tahun 1952. Terinspirasi dari prinsip Basic Four yang sempat populer era 1940-an di Amerika. 

Namun sejak tahun 2014, Kementrian Kesehatan memberikan pembaharuan perihal prinsip hidup sehat, yakni dengan pedoman gizi seimbang. Ide ini muncul dari kesepakatan konferensi pangan sedunia pada tahun 1992 membentuk suatu pedoman yang disebut Nutrition Guide for Balanced Diet.

Kajian ulang terhadap prinsip 4 sehat 5 sempurna menjadi perlu dilakukan sebab ada beberapa poin yang sudah tak lagi relevan, yakni:

1. Susu Tak Harus Jadi Pelengkap

1. Pedoman Gizi Seimbang - Susu Tak Harus Jadi Pelengkap
Pedoman Gizi Seimbang – Susu Tak Harus Jadi Pelengkap

Pedoman lama menyebutkan susu sebagai pelengkap agar dapat menuju gizi sempurna. Padahal tak selamanya nutrisi pada susu hanya didapatkan dalam segelas susu. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam susu dapat ditemukan pada protein hewani lainnya. Hal ini memperkuat alasan bahwasanya kehadiran susu sebagai penyempurna gizi tubuh tak melulu menjadi unsur penentu.

2. Sempitnya Variasi Karbohidrat

2. Pedoman Gizi Seimbang - Variasi Karbohidrat
Pedoman Gizi Seimbang – Variasi Karbohidrat

Bahan makanan pokok dalam prinsip 4 sehat 5 sempurna melulu menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat. Padahal banyak ragam karbohidrat kompleks yang bisa dieksplorasi dan dijadikan sumber utama karbo harian. Seperti misalkan: kacang-kacangan, oats, jagung, roti, maupun olahan ubi atau singkong. Jika sudah terbiasa dengan eksplorasi bahan makanan pokok, agar lebih bervariasi bisa mulai mengkreasikannya dengan pilihan lauk dan sayur buah.

3. Kurang Detail Perihal Ketentuan Porsi

3. Pedoman Gizi Seimbang - Ketentuan Porsi
Pedoman Gizi Seimbang – Ketentuan Porsi

Pada prinsip hidup sehat yang lama, hanya menyebutkan bahan-bahan apa saja yang sekiranya baik untuk tubuh. Sayangnya, slogan tersebut tidak menunjukkan seberapa banyak porsi yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari. Hal ini penting untuk dikaji ulang, sebab bila porsi makan tidak diatur dapat menyebabkan kegemukan sehingga lebih parah akan menimbulkan penyakit kronis.

4. Melewatkan Peran Air Mineral

4. Pedoman Gizi Seimbang - Peran Air Mineral
Pedoman Gizi Seimbang – Peran Air Mineral

Dilansir dari sebuah penelitian, tubuh terdiri dari 80% air. Pemenuhan cairan tubuh ini tak terdapat pada prinsip kesehatan lama tersebut. Tubuh tanpa cairan yang memadahi akan mengakibatkan status hidrasi meningkat atau disebut juga dehidrasi.

Selain memperhatikan poin di atas, prinsip gizi seimbang juga memiliki poin penting untuk dapat mencapai taraf kesehatan yang holistik. Poin berikut jadi pelengkapnya:

1. Perhatikan Perilaku Hidup Bersih

4. Pedoman Gizi Seimbang - Perhatikan Perilaku Hidup Bersih
Pedoman Gizi Seimbang – Perhatikan Perilaku Hidup Bersih

Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan akan membuat kita terhindar dari infeksi, bakteri juga kuman yang menyababkan timbulnya penyakit. Mulai peduli dari bagaimana mengolah makanan dan dapur bisa jadi salah satu pintu awalnya.

2. Tubuh Butuh Beraktivitas Fisik

5. Pedoman Gizi Seimbang - Tubuh Butuh Aktivitas Fisik
Pedoman Gizi Seimbang – Tubuh Butuh Aktivitas Fisik

Beraktivitas fisik bagi masyarakat modern mungkin menjadi suatu hal yang lama kelamaan terabaikan. Pasalnya, hidup sebagai masyarakat modern kini serba praktis. Tanpa perlu meninggalkan tempat duduk, apapun bisa dilakukan. Kemudahan ini malahan bisa jadi bumerang bagi tubuh fisik.

Perbanyak olahraga dan aktifitas fisik secara berkala akan memaksimalkan tubuh dari serangan penyakit maupun kondisi fisik tertentu. Selain itu, olahraga teratur dapa tmeningkatkan mood sehingga menurunkan tingkat stres, membuat tidur lebih nyenyak, melindungi sel, menjaga memori dan kesehatan otak.

3. Peduli dengan Berat Badan Ideal

6. Pedoman Gizi Seimbang - Peduli dengan Berat Badan
Pedoman Gizi Seimbang – Peduli dengan Berat Badan

Jaga berat badan tubuh sesuai Indeks Massa Tubuh (IMT). Satuan ini nerguna untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Bila massa tubuh berlebihan dapat menandakan adanya obesitas, namun jika nilai massa tubuh menunjukkan angka yang rendah bisa jadi ada indikasi kekurangan kalori dan protein dalam tubuh.

Mulai praktikkan pedoman gizi seimbang yuk, Kulinas!

[LIHAT MENU GIZI SEIMBANG KULINA]

7. Kulina - Diskon 30% untuk Pengguna Baru

SUMBER:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/4-sehat-5-sempurna-tidak-dipakai/
https://www.alodokter.com/ganti-makanan-4-sehat-5-sempurna-dengan-pedoman-gizi-seimbang

3 Resep Olahan Sayur Istimewa, Beda dari Biasanya!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bosan makan sayur yang dimasak itu-itu melulu? Padahal sudah tahu pentingnya konsumsi sayur bagi tubuh? Makan sayur memang wajib hukumnya agar nutrisi tubuh seimbang terpenuhi.

Cobain deh 3 resep olahan sayur istimewa berikut yang bisa jadi solusi menikmati sayur dengan cara lebih unik! Pakai saja bahan-bahan sayuran yang mudah didapat di pasar, kemudian coba sendiri masak sayur dengan resep-resep berikut ini.

1. Bolu Bayam

1. Resep Sayur Istimewa - Bolu Bayam
Resep Sayur Istimewa – Bolu Bayam

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 200 gram bayam, ambil daunnya saja
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 180 ml margarin cair
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm air lemon

Cara Membuat:

  1. Haluskan bayam dan tambahkan margarin cair. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses blender.
  2. Mixer gula pasir dan telur sampai adonan mengembang dan berwarna putih pucat.
  3. Di tempat terpisah campurkan tepung, baking powder, garam, dan vanili. Ayak dan sisihkan.
  4. Masukkan bubur bayam dalam adonan gula dan telur sedikit demi sedikit.
  5. Mixer dengan kecepatan rendah dan masukkan perasan air jeruk.
  6. Masukkan tepung sedikit demi sedikit.
  7. Aduk sampai rata.
  8. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan panggang dalam oven selama 45 menit atau sampai matang.
  9. Kue siap disajikan.

2. Keripik Wortel

2. Resep Sayur Istimewa - Keripik Wortel
Resep Sayur Istimewa – Keripik Wortel

Bahan:

  • 150 gr wortel yang masih segar (diparut halus).
  • Garam 1 ons.
  • Bawang putih sebanyak ons.
  • Bawang merah sebanyak ons.
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram.
  • Gula sebanyak 50 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 300 g.
  • Ketumbar secukupnya.
  • 30 gr tepung maizena.
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan Tambahan :

  • 50 gram gula tepung.
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 butir telur ayam.

Cara Membuat:

  1. Siapkan satu wadah untuk membuat adonan keripik wortel.
  2. Masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung meizena, gula halus, garam dan telur, aduk sampai menggumpal kemudian campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama 2 — 3 jam sampai adonan benar-benar matang. Pada proses ini anda dapat pula menggunakan gulungan mie.
  4. Angkat dan dinginkan adonan lalu iris tipis, jemur sampai benar-benar kering dan mengeras ( 2 — 3 hari ).
  5. Kemudian kita pipihkan adonan diatas tempat yang datar, setelah itu adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat dari ukuran yang lebih kecil.
  6. Setelah adonan selesai di cetak, panaskan minyak goreng diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah dan tunggu sampai matang, jangan lupa di bolak-balik agar matang secara merata. Lalu angkat dan tiriskan.
  7. Taburi dan aduk rata dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi: bubuk kayu manis dan gula halus.
  8. Kerupuk wortel siap disantap.

3. Bakso Jamur Kuping

3. Resep Sayur Istimewa - Bakso Jamur Kuping
Resep Sayur Istimewa – Bakso Jamur Kuping

Bahan:

500 gr jamur kuping
100 gr wortel potong dadu
50 gr bihun rebus
1 butir telur
1 ons tepung sagu
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Minyak barbeque

Bahan Kuah:

4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Cara Membuat:

Bakso

  1. Haluskan jamur kuping, kemudian peras airnya dan buang
  2. Tambahkan putih telur, aduk rata
  3. Masukkan tepung sagu, garam, lada, minyak barbeque, aduk rata
  4. Setelha semua adonan tercampur rata dan menyatu, bentuk adonan menjadi bulat sebesar bola ping-pong atau sesuai selera.

Kuah Bakso

  1. Masak air dalam panci hingga mendidih
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan daun bawang. Masukkan ke dalam panci. Tambahkan garam dan lada secukupnya. 
  3. Masukkan bakso jamur yang telah dibentuk. Biarkan selama beberapa menit, tunggu hingga bakso naik ke permukaan.
  4. Sajikan ketika hangat lebih nikmat.

Wah unik-unik banget yah!

Bring your veggies experience to the next level!

Jadi habis ini mulai bikin resep yang mana nih?

4. Cari olahan sayur istimewa lain di Kulina Jogja!
Cari olahan sayur istimewa lain di Kulina Jogja!

[CEK MENU KULINA JOGJA]

SUMBER:
https://www.kompasiana.com/wahyu-pujiono66/593a084a4548022c9b199643/cara-membuat-keripik-wortel
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3754012/resep-cake-bayam-sehat
https://berbisnisjamur.com/resep-bakso-jamur-kuping/

Ketahui 5 Bahaya Gluten Berikut Sebelum Mulai Diet Gluten Free

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Makanan dengan label gluten free semakin banyak ditemui. Mulanya dibuat untuk orang-orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, semakin kesadaran masyarakat terhadap konsumsi gluten berlebih akhirnya membuat banyak orang untuk ikut mengkonsumsi makanan bebas gluten. Selain baik mengkontrol gula darah dalam tubuh, makanan bebas gluten disinyalir baik untuk program berat badan ideal.

Tapi apa sih sebenarnya gluten itu? Gluten merupakan zat protein yang terkandung di dalam tepung gandum. Gluten merupakan zat yang sifatnya lengket. Memiliki konsistensi seperti lem, gluten berfungsi untuk menyinergikan berbagai macam bahan makanan. Kandungan peptida pada gluten adalah zat protein yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Konsumsi gluten diluar porsi ideal juga dapat memicu penyakit berbahaya bagi kerja lambung.

Sebelum coba rubah pola makan jadi gluten free, yuk cari tahu bahaya konsumsi gluten di penjelasan berikut.

1. Alergi Kulit

1. Bahaya Gluten - Alergi Kulit
Bahaya Gluten – Alergi Kulit

Makanan apapun bila dikonsumsi terlalu berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Seperti mengkonsumsi gluten terlalu banyak dapat menyebabkan alergi pada kulit. Awal gejala yang ditimbulkan biasanya adalah munculnya ruam merah yang terasa gatal. Efek ini akan muncul di sekitar wajah dan tak menutup kemungkinan muncul di bagian kulit lainnya. Kemunculan gejala ini akan dialamai bila mengkonsumsi gluten jumlah banyak dalam jangka panjang. Namun, ada baiknya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

2. Osteoporosis atau Gangguan Tulang

2. Bahaya Gluten - Gangguan Tulang
Bahaya Gluten – Gangguan Tulang

Konsumsi gluten berlebih juga memiliki efek negatif terhadap kesehatan tulang. Pasalnya, zat peptida dalam gluten memiliki peran menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi jadi tak tersalurkan ke dalam tulang dengan optimal. Lebih baik mulai membatasi konsumsi gluten agar terhindar dari osteoporosis.

3. Gangguan Pencernaan

3. Bahaya Gluten - Gangguan Pencernaan
Bahaya Gluten – Gangguan Pencernaan

Bila nutrisi bisa tak serserap ke dalam tulang, kemungkinan besar juga akan membuat pencernaan terganggu. Kesulitan dalam mencerna makanan seperti sembelit dan diare bisa terjadi dan secara langsung membuat sistem pencernaan bermasalah.

4. Mengalami Gizi Buruk

4. Bahaya Gluten - Gizi Buruk
Bahaya Gluten – Gizi Buruk

Mengkonsumsi makanan dengan gluten tinggi hanya akan membuat tubuh lemas, karena kandungan peptida dapat menurunkan kekebalan tubuh. Gangguan yang dapat ditimbulkan dari konsumsi berlebih bisa memunculkan kelelahan kronis. Selain itu, gizi buruk juga mungkin akan mengancam karena sistem imunitas menurun, rentan melawan bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh. Bila semakin parah beberapa organ tubuh bisa jadi tidak berfungsi.

5. Sesak Napas

5. Bahaya Gluten - Sesak Nafas
Bahaya Gluten – Sesak Nafas

Tidak hanya berakibat pada pencernaan maupun sistem kekebalan tubuh. Terlalu berlebihan mengkonsumsi gluten faktanya dapat menggangu sistem pernapasan. Gejala paling dapat dirasakan langsung adalah sesak napas. Menjaga porsi gluten akan lebih baik terutama bagi kalian penderita sakit asma dan sesak napas.

Untuk kalian yang akan melakukan program diet, sebaiknya ketahui terlebih dahulu makanan apa saja yang mengandung gluten. Makanan berbahan dasar gandum dan tepung gandum termasuk tinggi gluten. Bahan-bahan tersebut biasanya diolah menjadi pasta, mie, sereal, granola, roti, kue, saus instan, dan juga pada bir. 

Perlu menjadi catatan, bahwa tak selamanya mengkonsumsi gluten itu buruk.

Sebab gluten juga memiliki peran sebagai prebiotik dalam tubuh. Diketahui bahwa arabinoxylan oligosaccharide prebiotik dalam gandum merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Kebiasaan atau hobi mengkonsumsi karbohidrat seperti roti maupun mie memang sulit buat diubah. Tapi kalau sudah tahu konsumsi berlebih dari gluten punya efek samping demikian, apa gak lebih baik mulai mengurangi sedikit demi sedikit? Lebih baik lagi kalau kamu bisa mulai atur pola makan bebas gluten sedari dini!

[COBA MENU GLUTEN FREE]

6. Kulina Jogja - Coba Menu Gluten Free
Kulina Jogja – Coba Menu Gluten Free

SUMBER:
http://otcdigest.id/topik-kita/makanan-yang-mengandung-gluten
https://www.halodoc.com/6-dampak-terlalu-banyak-mengonsumsi-gluten-untuk-kesehatan


5 Fakta Menarik Tentang Orang Jogja

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bicara tentang Jogja artinya angkringan, romantisme, mahasiswa, kampus, kesenian dan juga budaya. Kota ini seperti tak pernah kehabisan julukan. Jajaran nama tersemat di kota ini karena beragam lapisan masyarakat hidup saling berdampingan. Faktanya mulai pelajar dan mahasiswa dari luar kota berdatangan untuk menempuh pendidikan, sederet agenda kesenian dan kebudayaan menarik tamu dalam negeri maupun dari luar negeri dan bermunculannya startup menumbuhkan kelas pekerja baru.

Bertumbuhnya sejumlah kultur sejatinya tak memadamkan identitas masyarakat Jogja sendiri. Seperti apa sih orang-orang Jogja berinteraksi satu sama lain? Nih lima fakta menarik sedulur Jogja sekaliyan~

1. Lebih dari Sekedar Ramah

1. Fakta Orang Jogja - Lebih dari Sekedar Ramah
Fakta Orang Jogja – Lebih dari Sekedar Ramah

Sebagai seorang wisatawan, berkunjung ke Jogja bisa jadi salah satu pengalaman merasakan ramah tamah penduduk aslinya. Di tengah kota maupun di pinggir daerah pedesaan, masyarakatnya selalu peduli dengan lingkungan. Akar budaya komunal orang-orang Jawa masih terasa kental menjadi salah satu perekat relasi satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, banyak orang ketika baru pertama kali datang ke Jogja, pasti jadi ingin datang lagi. Tidak heran dengan mahasiswa-mahasiswa pendatang yang kuliah di Jogja, akhirnya memutuskan untuk meneruskan karir dan bekerja di Jogja.

2. Murah Informasi dan Ilmu

2. Fakta Orang Jogja - Murah Informasi dan Ilmu
Fakta Orang Jogja – Murah Informasi dan Ilmu

Jogja kotanya pelajar dan mahasiswa. Adanya universitas maupun perguruan tinggi di Jogja membuka banyak peluang para pelajar dan mahasiswa dari luar kota Jogja untuk turut mengenyam pendidikan di kota ini. Minat belajar pun cenderung lebih tinggi, sehingga kultur berbagi informasi dan ilmu secara gratis menjadi privilege tersendiri. Terbukti dari banyaknya acara-acara diskusi dan forum-forum komunitas yang menjamur. Kesempatan ini juga didukung dengan para ahli yang turut terbuka membagi pengalaman dan pengetahuan mereka.

3. Selo Alias Santai

3. Fakta Orang Jogja - Selo Alias Santai
Fakta Orang Jogja – Selo Alias Santai

Kalau masyarakat umum sekarang, menyebut kata santai menjadi santuy~ lain halnya dengan di Jogja. Masyarakat Jogja punya istilah sendiri untuk kata santai yaitu, selo. Budaya selo dan tak terburu-buru seperti sudah mengakar bagi masyarakat Jogja. Menikmati setiap detik perjalanan menjadi kebiasaan masyarakatnya. Belajar dari hidup lebih perlahan dapat memberikan waktu dan kesempatan dalam mengeksplorasi ide-ide. Atmosfir dan lingkungan belajar yang mendukung demikian, akhirnya memunculkan insan-insan muda kreatif.

4. Hobi Nongkrong

4. Fakta Orang Jogja - Hobi Nongkrong
Fakta Orang Jogja – Hobi Nongkrong

Banyaknya waktu luang juga didukung dengan lokasi yang memadahi. Seperti muncul kafe-kafe, coffeeshop, maupun yang sedikit lebih terkonsep adalah dengan adanya co-working space. Lokasi ini menjadi sarana bertemu banyak kolega, teman, dan komunitas. Banyak mahasiswa perantau yang akhirnya betah untuk tinggal di Jogja. Terbukanya peluang karir dengan banyak bermunculan startup pun menjadi tujuan berikutnya. Bekerja tak perlu di kantor, mau sambil nongkrong dimana aja juga bisa.

5. Suka Bereksplorasi

5. Fakta Orang Jogja - Suka Berkesplorasi
Fakta Orang Jogja – Suka Berkesplorasi

Terkenal dengan kota dengan banyaknya pendatang tiap tahun, membuat para pendatang termotivasi untuk terus bereksplorasi. Salah satunya adalah tantangan untuk mengakses makanan. Antara mencari makanan enak dan gizi seimbang tapi lokasinya jauh atau lokasi lebih dekat hanya asal kenyang. Dilema selanjutnya, antara murah tapi kurang sehat atau mahal dikit tapi sehat dan higienis. 

Terus kalau mau makan enak, murah, dan gampang aksesnya gimana?

Buat kamu-kamu-kamu yang tinggal di Jogja, gak perlu mengalami dilema ini lagi! Sekarang Kulina siap menyediakan makan siang, makan malam, sampai snack yang kalian butuhin lur~ Gak pakai ina inu, gampang banget buat tentuin seleramu di Kulina. Yang murah ada, yang vegetarian ada, yang enak jangan ditanya dong~ Cukup tentuin anggaran dan jadwal makanmu lewat aplikasi Kulina, selanjutnya sesuaikan selera harianmu. Seandainya mau skip atau melewati pemesanan di hari itu juga bisa kok. Simpel!

Kamu jadi bisa atur pengeluaran dan jadwal makan yang teratur dan sesuai anggaran. Walau hidup di Jogja bisa dibilang murah, tapi mengolah keuangan juga tetap penting kan? Kalau sudah langganan Kulina, dijamin deh kamu gak bakalan impulsif lagi beli makanan hanya dari penampilan – yang padahal sehat enggak, mahal iya! Duh!

Jadi, gak ada alasan buat gak langganan Kulina kan?

[YUK, EKSPLORASI MENU KULINA JOGJA]

6. Fakta Orang Jogja - Eksplorasi Menu Kulina Jogja
Fakta Orang Jogja – Eksplorasi Menu Kulina Jogja