7 Resep untuk Takjil Buka Puasa Masak #DiRumahAja

Kulina bagi 7 resep untuk takjil buka puasa

Di tengah pandemi dan himbauan #dirumahaja ini, ada satu kebiasaan di bulan Ramadhan yang hilang, apalagi kalau bukan berburu takjil untuk buka puasa!

Biasanya… sore menjelang buka, kita keluar rumah bersama teman – keluarga – kekasih untuk berburu takjil. Beli takjil di pinggir jalan atau di pasar dadakan yang sering muncul di sudut-sudut jalan dengan beragam pilihan takjil dan makanan mulai dari yang asin sampai manis. Dari pada sedih karena gak bisa berburu takjil sendiri di luar, mending bikin sendiri di rumah.

Yuk, simak 7 resep takjil untuk buka puasa dari Kulina!

1. Es Teh Istimewa

1. Es Teh Istimewa untuk takjil buka puasa
Es Teh Istimewa untuk takjil buka puasa

Bahan:

  • 3 kantong teh (pilih yang tanpa rasa/aroma)
  • 500 ml air mendidih
  • 5 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 kaleng buah leci
  • 1 sdm biji selasih yang sudah diseduh air panas
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat:

  1. Seduh teh dengan air mendidih, tunggu sekitar 3-5 menit hingga teh siap.
  2. Tambahkan gula, aduk sampai larut. Sisihkan.
  3. Dalam gelas, tata buah leci dan biji selasih secukupnya.
  4. Tuang teh yang telah dingin secukupnya.
  5. Terakhir tambahkan es batu sesuai selera.
  6. Es teh istimewa siap dihidangkan!

2. Sop Buah Pelangi

2. Sop Buah Pelangi Takjil Pelepas Dahaga
Sop Buah Pelangi Takjil Pelepas Dahaga

Bahan:

  • Secukupnya semangka, potong dadu atau bentuk bulat. Sisihkan
  • Secukupnya melon, potong dadu atau bentuk bulat. Sisihkan
  • Secukupnya nanas, potong-potong. Sisihkan
  • Secukupnya buah naga putih, potong dadu. Sisihkan
  • Secukupnya sirup rasa cocopandan
  • 2 bungkus susu kental manis putih
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkok yang cukup besar.
  2. Tata buah secara berselang di dalam mangkok.
  3. Beri es batu yang sudah diserut terlebih dahulu.
  4. Lalu tuang secukupnya sirup rasa cocopandan di atasnya.
  5. Terakhir beri susu kental manis dan aduk perlahan.
  6. Siap disajikan dalam gelas atau mangkok kecil sesuai selera.

3. Dalgona Coffe

3. Dalgona Coffee nikmat disantap sebagai takjil buka puasa
Dalgona Coffee nikmat disantap sebagai takjil buka puasa

Bahan:

  • 2 sdm kopi hitam bubuk
  • 2 sdm gula putih
  • 2 sdm air panas
  • 125 ml susu cair
  • 1 gelas es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan kopi dan gula ke dalam mangkuk kecil, tambah air panas sebanyak 2 sendok makan.
  2. Aduk hingga mengembang dan berubah menjadi whipped coffe. Gunakan mixer untuk proses yang lebih cepat.
  3. Siapkan gelas berisi es batu, tuang susu sampai 3/4 ukuran gelas.
  4. Tuang whipped coffee yang telah dibuat sebelumnya di atas susu.
  5. Dalgona coffe sudah jadi dan siap dinikmati!

Baca artikel serupa:
[6 Resep Sahur Sederhana, Cepat, dan Lezat]

4. Pie Susu Teflon

4. Pie Susu Teflon
Pie Susu Teflon

Bahan Kulit Pie:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm mentega
  • 1 butir kuning telur

Bahan Fla Susu:

  • 2 butir kuning telur
  • 10 sdm air
  • 14 sdm susu kental manis
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • secukupnya keju

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan untuk kulit pie, uleni hingga kalis.
  2. Pipihkan adonan di atas teflon dengan ketebalan yang merata, tusuk-tusuk dengan garpu.
  3. Panggang kulit pie dengan api kecil selama 3 menit.
  4. Tuang isi fla, gunakan saringan agar adonan fla lebih lembut.
  5. Tutup teflon, panggang dengan api kecil sampai matang kurang lebih 1 1/2 jam.
  6. Cek pinggiran kulit pie, jika sudah keras dan tidak menempel pada teflon, matikan api.
  7. Angkat pie dan potong sesuai selera!

5. Donat Kentang

5. Donat Kentang
Donat Kentang

Bahan:

  • tepung terigu 1/2 kg- kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan sebanyak 200 gram
  • gula pasir 4 sdm
  • ragi instan 11 g
  • susu kental manis 3 sdm
  • mentega 3 sdm
  • garam 2 sdt
  • telur 2 butir
  • air 200 cc
  • susu bubuk 3 sdm

Cara Membuat:

  1. Kocok 2 butir telur dalam mangkuk hingga berbusa, tambahkan garam, gula pasir, tepung terigu, dan mentega. Uleni hingga kalis.
  2. Tuang kentang yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk.
  3. Masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga larut, lalu masukkan air ragi tersebut dalam adonan.
  4. Secara perlahan uleni adonan hingga kalis.
  5. Tutup mangkok dengan kain. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  6. Setelah 1 jam, mulai memanaskan minyak goreng.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah.
  8. Masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam penggorengan. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong.
  9. Angkat saat adonan berubah warna kuning keemasan. Tiriskan.
  10. Oleskan mentega, taburi meses, gula halus, atau selai sesuai selera.

6. Martabak Mini

6. Martabak Mini
Martabak Mini

Bahan:

  • 350 gram tepung terigu.
  • 2 sdm susu bubuk atau susu kental manis
  • 1/4 sdt garam
  • 80-100 gram gula pasir/halus
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt baking powder
  • 3/4 sdt baking soda
  • 1 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 30 gram margarin
  • 1/4 sdt ragi bubuk

Cara Membuat :

1. Pertama masukan tepung, baking powder, gula, garam, vanili, dan susu bubuk ke dalam wadah.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sembari terus diaduk. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit
3. Tambahkan ragi, lalu diamkan selama 30 menit sampai satu jam
4. Setelah didiamkan, tambahkan telur sambil terus diaduk, tambahkan baking soda dan margarin leleh.
5. Setelah semua tercampur, panaskan loyang, jangan dioles mentega.
6. Masukkan adonan ke loyang, ketika adonan dimasukan jika berbunyi ‘cesss’ berarti panas nya sudah cukup dan segera kecilkan api agar tidak gosong bawahnya.
7. Setelah matang angkat dan oles mentega/susu cair.
8. Tambahkan topping yang kamu inginkan.

7. Pisang Cokelat Lumer

7. Pisang Cokelat Lumer
Pisang Cokelat Lumer

Bahan:

  • kulit lumpia
  • pisang Raja yang sudah matang, potong-potong
  • meses cokelat
  • keju milky soft, parut
  • secukupnya putih telur sebagai perekat

Cara Membuat:

1. Ambil kulit lumpia.
2. Isi dengan pisang yang sudah dipotong-potong.
3. Taburi meses dan keju parut.
4. Lipat, gulung, lem pinggirnya dengan putih telur.
5. Siap digoreng.
6. Angkat lumpia setelah garing dan berubah warna, tiriskan.
7. Hidangkan pisang cokelat lumer selagi hangat.

Ada 7 resep takjil yang bisa kamu bikin setiap hari untuk satu minggu ke depan nih! Suasana buka puasa bersama keluarga jadi lebih menyenangkan ya…

Kalau untuk buka puasa dan sahurnya masih bingung pakai apa, pesan di Kulina aja!

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/12-resep-camilan-manis-enak-sederhana-cocok-untuk-pemula-200408q.html
https://www.idntimes.com/food/recipe/angel-ai-rose/resep-es-ala-rumahan-exp-c1c2/7
https://cookpad.com/id/resep/5097397-pie-susu-teflon-anti-gosong

6 Resep Sahur Sederhana, Cepat, dan Lezat

Kulina Bagi Resep Sahur Sederhana, Cepat, dan Lezat

Kemarin sahur pertama pakai apa nih Kulinas?

Biasanya di awal-awal puasa, suka masih telat bangun buat sahur. Alhasil masak seadanya pokoknya makan. Ya kan? Hayo ngaku… Padahal makan sahur gak bisa disepelekan lho, Kulinas. Makan sahur adalah satu-satunya sumber energi dan tenaga kita untuk menjalankan aktivitas seharian, sebelum waktunya berbuka. Jadi pastikan makan sahurmu bergizi dengan nutrisi seimbang.

Baca artikel serupa:
[Sambut Ramadan, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan]

Iya, iya… Kulina tahu kalian gak ada waktu buat masak yang aneh-aneh. Makanya Kulina mau kasih tahu 6 resep sahur sederhana yang bisa kalian masak sendiri dengan cepat dan pasti rasanya lezat!

1. NASI GORENG PUTIH

1. Nasi Goreng Putih Salah Satu Resep Sahur Sederhana
Nasi Goreng Putih Salah Satu Resep Sahur Sederhana

Apalagi sih yang bisa dimasak dengan cepat dan rasanya enak kalau bukan nasi goreng? Masak nasi goreng memang mudah. Tambahkan beberapa sayuran juga ya agar asupan gizi kalian terjaga.

Bahan:

  • 500 gram nasi putih
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 75 gram ayam fillet dipotong – potong
  • 1 buah sosis ayam dipotong – potong
  • 2 siung bawang putih dicincang halus
  • 50 gram mixed vegetable
  • 1/2 sendok makan kecap ikan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Tambahkan ayam fillet dan sosis ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan mixed vegetable. Aduk sampai layu. Tambahkan nasi putih, kecap ikan, garam, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan daun bawang. Masak sampai matang.
  3. Nasi goreng putih kini telah siap untuk disajikan.

2. SOP MAKARONI SOSIS

2. Sop Makaroni Sosis
Sop Makaroni Sosis

Selain nasi goreng, sayur satu ini juga gampang masaknya. Tinggal cemplungin sayur-sayuran, tambah bumbu, voila… jadi deh! Makan sayur berkuah hangat di malam sahur, hmm enaaakkk.

Bahan:

  • 100 gram makaroni kecil
  • 2 buah wortel, potong kotak
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 buah dada ayam, potong kotak
  • 2.000 ml kaldu ayam
  • 3 buah sosis ayam
  • 3 siung bawah putih, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 5 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram kacang polong
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • Bawang goreng sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Tuang minyak ke dalam panci hingga minyak panas lebih merata.
  2. Tumis bawang putih sampai harum.
  3. Tumis potongan dada ayam sampai berubah warna lebih pucat dan tekstur lebih keras.
  4. Masukkan air kaldu sampai kuah terlihat berubah warna lebih keruh.
  5. Masukkan sosis ayam, makaroni, wortel, garam, dan merica.
  6. Aduk sampai rata.
  7. Perhatikan apakah makaroni dan wortel sudah lebih empuk. Tunggu sampai mendidih.
  8. Sebelum matikan api, masukkan kacang polong dan daun bawang. Aduk lagi sampai rata.
  9. Sop makaroni sosis siap disajikan! Lebih nikmat tambah taburan bawang goreng di atasnya.

3. TUMIS BUNCIS UDANG

3. Tumis Buncis Udang Resep Sahur Sederhana dengan Bahan Seafood
Tumis Buncis Udang Resep Sahur Sederhana dengan Bahan Seafood

Bosan dengan daging ayam? Yuk, beralih masak seafood.

Bahan:

  • 300 gram buncis
  • 250 gram udang kupas
  • 1 sendok makan margarine
  • 3 cabe merah besar yang dibuang biji dan dipotong serong
  • ½ buah tomat yang dipotong panjang
  • 4 butir bawang merah diiris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 potong lengkuas
  • 1 lembar daun salam

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih buncis dan hilangkan serat pada ujung-ujungnya. Potong sesuai selera dan ukuran serta pisahkan dari buncis yang tua dan keras.
  2. Tumis bawang merah dan juga bawang putih hingga aromanya yang harum keluar lalu tambahkan lengkuas, daun salam, dan juga cabe. Tumis hingga menjadi layu.
  3. Tambahkan udang lalu tumis hingga berubah warna. Masukkan buncis, gula, dan sedikit air. Masak hingga buncis menjadi matang sebelum masukkan tomat.
  4. Masak jangan terlalu lama karena tomat akan menjadi terlalu lembek.
  5. Tumis buncis udang kini sudah siap untuk menemani sahur Kulinas!

4. SOP TAHU BROKOLI

4. Sop Tahu Brokoli
Sop Tahu Brokoli

Satu lagi nih varian sop enak yang bisa kalian coba. Sop satu ini tidak memakai daging, melainkan menggunakan tahu. Dijamin rasanya gak kalah lezat deh.

Bahan:

  • 1 bonggol brokoli ukuran sedang
  • 1 buah tahu sutera
  • 100 gram jagung muda putren, iris serong
  • 2 cm jahe
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 1 batang daun bawang
  • 2 batang seledri
  • 1/4 sendok teh merica
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1.500 ml kaldu ayam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Tumis minyak ke dalam panci hingga minyak panas lebih merata.
  2. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
  3. Masukkan kaldu ayam, aduk, tunggu sampai mulai mendidih.
  4. Masukkan brokoli dan jagung muda putren.
  5. Masukkan daun seledri, merica, garam, dan gula. Aduk.
  6. Periksa kembali apakah brokoli dan jagung sudah empuk. Sebelum matikkan api, masukkan tahu.
  7. Aduk hingga rata. Tunggu sampai mendidih. Sop tahu brokoli sudah jadi!

5. SOP DAGING KACANG MERAH

5. Sop Daging Kacang Merah
Sop Daging Kacang Merah

Sop yang bening-bening dari tadi sudah. Sekarang saatnya cobain bikin sop merah. Tentu saja merahnya dari kacang merah dan tomat ya, Kulinas.

Bahan:

  • 300 gram daging, potong kotak
  • 100 gram kacang merah
  • 1 buah tomat
  • 150 gram wortel, potong kotak
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2.000 ml air
  • 1 sendok makan minyak

Cara Membuat:

  1. Tumis minyak ke dalam panci hingga minyak panas lebih merata.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan air ke dalam panci hingga mulai mendidih.
  4. Rebus daging sampai empuk.
  5. Masukkan kacang merah dan wortel. Aduk sampai rata.
  6. Periksa lagi apakah kacang merah dan wortel sudah empuk.
  7. Masukkan tomat, merica, garam, seledri, dan daun bawang.
  8. Tunggu sampai mendidih. Aduk sekali lagi. Sop daging kacang merah siap disantap!

6. TEMPE BACEM

6. Tempe Bacem Juga Termasuk Resep Sahur Sederhana, Tinggal Goreng
Tempe Bacem Juga Termasuk Resep Sahur Sederhana, Tinggal Goreng

Hidangan satu ini memang agak lama awal masaknya. Sebaiknya, siapkan tempe bacem saat malam ya. Bisa kamu lakukan setelah berbuka dan sholat tarawih kan? Begitu waktu sahur tiba, kamu tinggal goreng dan santap bersama sambal dan nasi hangat.

Bahan:

  • 2 potong tempe
  • 3 gelas air kelapa
    6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Serai, daun salam, dan garam
  • 2 cm lengkuas
  • 5 sdm kecap manis

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.
  2. Memarkan lengkuas dan serai. Tumis semua bumbu sampai harum.
  3. Tambahkan kecap hingga tingkat kemanisan dan warna hitam yang diinginkan.
  4. Masukkan tempe dan air kelapa, ungkep sampai air habis menggunakan api kecil agar bumbu benar-benar meresap.
  5. Setelah matang, sisihkan sampai dingin.
  6. Saat hendak makan, goreng tempe bacem sebentar.
  7. Tempe bacem siap dihidangkan.

Semoga 6 resep sahur sederhana, cepat, dan lezat ini bisa bantu kamu siapkan makan sahur lebih bergizi seminggu ke depan ya!

Selamat mencoba dan selamat berpuasa, Kulinas…

Kalau masih gak ada waktu untuk masak dan sahur dan berbuka, beli lauk di Kulina aja!

[BELI LAUK KULINA]

Beli Lauk di Kulina Yuk!
Beli Lauk di Kulina Yuk!

SUMBER:
https://resepkoki.co/resep-tumis-buncis-udang/
https://resepkoki.co/resep-nasi-goreng-putih/
https://selerasa.com/aneka-resep-sahur-hidangan-berkuah-yang-enak-dan-sehat
https://www.bango.co.id/resep/detail/266/tempe-bacem

3 Resep Cokelat Rendah Kalori Buat Doi di Hari Valentine

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Lot a love in February! Hari Valentine a.k.a hari kasih sayang sebentar lagi tiba, saatnya rayakan bersama orang tersayang. Kalau saat Valentine biasanya kamu cuma kasih doi pure chocolate bar yang kamu beli di toko-toko, tahun ini cobain deh kasih cokelat dengan cara lain! Kreasikan cokelat menjadi kue-kue rendah kalori.

Kalau kamu bikin sendiri kue cokelatnya, kayaknya perasaanmu bakal lebih tersampaikan deh. Apalagi kue cokelatnya rendah kalori , it means kamu bener-bener care sama kesehatan tubuhnya. Tunggu apa lagi, yuk, coba buat ketiga resep ini di rumah.

1. Sugar Friendly Chocolate Cookies

1. Resep Cokelat Rendah Kalori - Sugar Friendly Chocolate Cookies
Resep Cokelat Rendah Kalori – Sugar Friendly Chocolate Cookies

Resep ini memiliki komposisi yang cukup ramah terhadap tubuh, terutama buat kalian penderita diabetes. Dengan tetap menjaga kadar nutrisi dan kalori ke ahli gizi, tak perlu was-was kalau Valentine nanti ingin menikmati kue-kue manis dengan tetap memperhatikan gula darahmu.

Bahan:

170 gram margarin
1 butir telur (pilih yang besar)
3 sdm susu coklat bubuk
4 sachet gula (ramah diabetes)
200 gram low sugar choco chip bake stabel
300 gram oatmeal (haluskan dengan blender sampai menjadi tepung)
1 sdt baking powder
2 sdm tepung maizena
1 sdt vanilla cair  

Cara Membuat:

  1. Mixer sampai lembut margarin, gula, telur, vanilla.
  2. Masukan tepung oatmeal, susu, maizena, baking powder aduk manual dengan sendok besar/spatula sampai tercampur rata.
  3. Setelah tercampur masukan choco chip.
  4. Bulatkan adonan kemudian pipihkan diloyang.
  5. Panggang adonan pada suhu 170⁰C selama 15 menit dengan oven yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  6. Angkat, tunggu suhu turun. Sajikan!

Baca artikel serupa:
[Kenalan Sama Granola – Cemilan Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang]

2. Keto Choco Brownies

2. Resep Cokelat Rendah Kalori - Keto Chocolate Brownies
Resep Cokelat Rendah Kalori – Keto Chocolate Brownies

Bahan:

50 gram dark cooking chocolate
70 gram butter
7 sachet sweetener (ramah diabetes)
50 gram tepung almond
25 gram coklat powder
2 butir telur ayam
½ sdt baking soda

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama panaskan oven. Lalu olesi loyang 20 x 7 cm dengan sedikit butter dan alasi dengan kertas roti.
  2. Adonan Coklat: lelehkan butter dan dark cooking chocolate. Sisihkan.
  3. Kocok telur dan sweetener sampai rata menggunakan whisk.
  4. Tambahkan adonan coklat lalu kocok kembali sampai rata.
  5. Tuang adonan kedalam loyang lalu panggang dengan suhu 170⁰C kurang lebih selama 20 menit.
  6. Angkat, lalu beri topping sesuai selera. Sajikan!

3. Omega Chocolate Bar

3. Resep Cokelat Rendah Kalori - Omega Chocolate Bar
Resep Cokelat Rendah Kalori – Omega Chocolate Bar

Bahan:

200 gr coklat batang
2 sdm salted butter
2 sdm chocolate butter 
3 sdm coklat bubuk
4 sct sweetener (ramah diabetes)/madu
1 sdt kayu manis bubuk
40 gr prune kering
40 gr cranberi kering
40 gr aprikot kering
50 gr kacang almond cincang
50 gr biji bunga matahari
50 gr biji labu
2 sdm wijen sangrai
1 sdm chia seed

Cara Membuat:

  1. Potong potong coklat batang, masukan dalam panci. Masukan pemanis, coklat bubuk, chocolate butter dan butter. Sisihkan.
  2. Potong-potong buah kering, supaya tidak terlalu besar.
  3. Campur buah kering, kacang, chia seed, wijen dan biji bijian, sisihkan.
  4. Lelehkan coklat dengan teknik double boiler sambil diaduk, supaya tidak gosong. Setelah leleh, masukan kayu manis dan campuran buah kering, aduk rata.
  5. Sendokan kedalam paper cup. Masukan lemari es supaya beku.
  6. Setelah beku, masukan toples, masukan lagi ke dalam lemari es. Cemilan sehat udah siap.

Mengolah coklat dengan beragam bahan-bahan rendah kalori dan gula, pastinya bikin pengalaman bertukar cokelat jadi lebih berwarna. Selain sehat, personal gift bikinan sendiri bakal lebih berkesan lho.

Bring your Valentine to the next level!

Cari cemilan lain di tengah-tengah waktu kerja? Pesan di Kulina aja!
[CEK MENU KULINA]

4. Resep Cokelat Rendah Kalori - Kulina Snack
Kulina Snack

SUMBER:
https://www.langsungenak.com/chocolate-cookies-diabetes-gluten-freeby-jero-warzhu-krisna
https://doyanresep.com/resep-brownies-keto/
http://ahealthylifeforme.com/omega-chocolate-bars/


3 Resep Fruit Cake Rendah Kalori Bisa Buat Sendiri

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Waktu rasanya cepat sekali berputar ya? Tahu-tahu sudah akhir bulan Januari aja nih! 

Sejauh ini gimana bulan pertama kalian di 2020? Saatnya kasih hadiah kecil buat diri sendiri, apalagi kalau bukan makan makanan enak! Eits, tapi yang tetap sejalan dengan resolusi hidup sehat kita yaa.. Ini dia resep Fruit Cake rendah kalori asli gampang bikinnya!

1. Low Carb Lemon Cheesecake Bars

1. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Low Carb Lemon Cheesecake Bars
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Low Carb Lemon Cheesecake Bars

Fruit cake pertama yang akan kita bagi resepnya adalah cheesecake satu ini. Kalau biasanya cheese suka dipadukan dengan jenis buah-buah berry. Ternyata memadukan cheesecake dengan citarasa lemon dengan bahan-bahan rendah kalori bisa juga lho! Yuk simak cara bikinnya!

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 1/2 tepung almond
  • 1/2 sdm kayu manis bubuk
  • 1 1/2 gula kelapa atau gula aren
  • 1/4 minyak kelapa (VCO)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 16 ons 1/3 less fat cream cheese
  • 1 sdt vanilla
  • 1 sdm ekstrak lemon

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 325 derajat celcius
  2. Pada mixer, campurkan 2 butir telur, minyak kelapa (VCO), 1/2 cup gula kelapa, kayu manis bubuk, tepung almond, garam, dan baking powder. Tambahkan VCO jika adonan terasa kering. 
  3. Tuangkaan adonan ke dalam panggangan dan tekan-tekan menggunakan jari kamu. Panggang selama 20 menit pada suhu 325 derajat. 
  4. Selama crust dipanggang, campurkan di wadah lain cream cheese, lemon, vanilla, 1 cup gula kelapa, dan 3 butir telur. Aduk hingga merata dan menjadi adonan. 
  5. Keluarkan crust dari oven setelah matang, lalu tuangkan cream cheese di atasnya. Taburkan bulir-bulir lemon di atasnya. Panggang selama 45 menit. 
  6. Setelah matang, keluarkan dari oven dan masukkan ke dalam lemari es selama 2 – 2 jam. Siap dihidangkan.

2. Sweet Potato with Raisins Cake

2. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Sweet Potato with Raisins Cake
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Sweet Potato with Raisins Cake

Ketika membuat fruit cake cobalah bereksperimen dengan bahan-bahan di sekitarmu. Pastinya bahan tersebut mudah ditemukan, misalkan ubi jalar yang banyak tumbuh di daerah tropis-sub tropis seperti di Indonesia ini. Mengolah ubi jalar menjadi kue ternyata enak juga lho guys. Langsung praktekin aja nih!

Bahan:

  • 1 sth vanili
  • 1 gelas tepung whole-wheat (gandum utuh)
  • ½ sdt pala parut segar
  • ½ sdt garam
  • 1 buah ubi jalar,  tusuk kulit ubi dengan garpu di beberapa bagian lalu panggang dalam oven
  • 3 butir telur
  • 100 ml susu almond
  • 100 gram gula merah
  • 2 sdm mentega unsalted (tanpa garam), dilelehkan

Bahan Topping:

  • ½ cangkir kelapa parut murni
  • 2 sdm gula merah
  • ¼ sdt bubuk kayu manis

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 170° C. Lalu olesi loyang dengan sedikit margarin dan alasi dengan kertas roti.
  2. Tumbuk ubi jalar yang sudah dipanggang dalam mangkuk besar.
  3. Masukan telur dalam sebuah wadah lalu tmbahkan susu, gula merah dan mentega mixer sampai halus dan mengembang. Tambahkan tepung, pala, vanili, dan garam lalu aduk rata.
  4. Masukkan kismis dan ubi jalar yang sudah ditumbuk, aduk lagi secara merata.
  5. Taruh adonan ke dalam panci yang disiapkan.
  6. Untuk membuat toping, campurkan kelapa, gula merah dan kayu manis dalam mangkuk kecil lalu taburi toping di atas adonan.
  7. Panggang kurang lebih selama 45 menit.
  8. Keluarkan dari oven, tunggu hingga dingin. Lalu keluarkan dari loyang.

3. Gluten-Free Steamed Banana Cake

3. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Gluten-Free Steamed Banana Cake
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Gluten-Free Steamed Banana Cake

Kalau resep-resep fruit cakesebelumnya diproses dengan cara dipanggang, kali ini kalian bisa bikin kue sehat tetap nikmat hanya perlu dikukus. Menggunakan bahan utama pisang, pastinya mudah didapat kan Kulinas? Cek resepnya yuk!

Bahan:

  • 3 butir telur ayam
  • 120 gr tepung beras
  • 30 gr tepung maizena
  • 125 gr gula palem
  • 100 ml minyak sayur/ canola oil (bisa pakai minyak goreng)
  • 200 gr pisang ambon, blender bersama minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu.
  2. Campur tepung beras dan tepung maiznena, ayak.
  3. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang (kira-kira 5-10 menit) Kecilkan kecepatan mixer menjadi paling rendah.
  4. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, bergantian dengan campuran minyak goreng dan pisang ambon yang telah diblender. Aduk asal tercampur secara merata. 
  5. Tuang ke dalam loyang diameter 18cm yang sudah dioles minyak.
  6. Kukus sampai matang dengan api sedang, kira-kira 45-60 menit. Tips: tutup dandang dibungkus pake kain serbet, supaya uap airnya tidak menetes ke kuenya.
  7. Sesekali tusuk kue menggunakan sumpit untuk mengecek kematangan di dalam kue tersebut.
  8. Setelah tak ada adonan menempel ke sumpit, tandanya matang sempurna. Angkat. Sajikan!

Tuh kan, ternyata menikmati kue gak melulu harus super manis dan tinggi karbohidrat?
Yuk, buruan cobain sendiri nikmatnya makan kue lezat tanpa rasa bersalah.

Kalau begini… target eat more healthy food bisa tercapai nih!
[CEK MENU BUAH KULINA]

4. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Cek Menu Buah Kulina Lainnya
Cek Menu Buah Kulina Lainnya

SUMBER:
https://www.lemonilo.com/blog/pingin-dessert-tapi-takut-gemuk-cobalah-4-resep-dessert-rendah-karbo-berikut-ini
http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com/2013/09/cake-kukus-pisang-gluten-free-steamed.html
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3778256/resep-carrot-cake-teflon-enak-no-ribet-gampang-buatnya

3 Resep Minuman Sederhana Penangkal Influenza

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Pulang kerja terus kehujanan, mandi air hangat terus tidur ajalah. Eits, jangan sembarangan sama kondisi tubuh lelah setelah kehujanan ya guys. Air hujan pertama terutama setelah kemarau panjang dipercaya banyak orang mengandung sejumlah penyakit. Dimana air hujan ini dapat makin memparah kondisi tubuh yang tidak cukup prima karena perbedaan suhu tubuh dan cuaca yang cukup drastis. Alhasil kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti batuk, flu, demam juga influenza. 

Sebelum makin menjadi, boleh lho kasih perhatian ke tubuh dengan membuat minuman sehat. Menikmati minuman sebagai upaya menangkal serangan penyakit atau bahkan buat kalian yang mungkin lagi sakit flu, ini solusi paling gampang yang bisa Kulina kasih ke kalian!

1. Jahe Madu

1. Resep Minuman Penangkal Influenza - Jahe Madu
Resep Minuman Penangkal Influenza – Jahe Madu

Jahe dan madu memiliki rasa serta aroma yang khas. Keduanya juga mengandung nutrisi juga antioksidan yang sangat baik buat kesehatan tubuh, mencegah flu, mengobati pilek juga batuk. Jahe madu bahkan dipercaya sebagai salah satu nutrisi diet sehat yang penting dikonsumsi sehari-hari.

Bahan:

1 batang besar jahe
10 biji cengkeh
1 sendok makan air jeruk nipis
4 sendok makan madu
500 ml air

Cara Membuat:

  1. Masak air dalam panci.
  2. Lalu rebus jahe yang telah dikupas kemudian digeprek. Sertakan cengkeh. Rebus hingga air sedikit berkurang dan berubah warna.
  3. Setelah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas. Tambahkan air jeruk nipis dan madu sesuai selera. 
  4. Sajikan! Baik diminum selagi panas agar tenggorokan lega.

2. Ramuan Kayu Manis

2. Resep Minuman Penangkal Influenza - Ramuan Kayu Manis
Resep Minuman Penangkal Influenza – Ramuan Kayu Manis

Kayu manis mengandung antioksidan, nutrisi dan vitamin yang tak mencegah flu tetapi juga mengobatinya. Rasanya yang manis juga sangat cocok disantap sebagai minuman hangat di sore atau malam hari tanpa takut membuat gemuk.

Bahan:

250 ml air
6 butir kapulaga
2 btg kayu manis
Gula batu / pasir / aren (pilih sesuai selera)

Cara Membuat:

  1. Rebus semua bahan hingga mendidih. 
  2. Setelah mendidih biarkan beberapa menit kemudian matikan api.  Tunggu hingga warna menjadi kemerahan.
  3. Saring dan sajikan selagi hangat lebih nikmat.

3. Lemon Tea

3. Resep Minuman Penangkal Influenza - Lemon Tea
Resep Minuman Penangkal Influenza – Lemon Tea

Nutrisi yang terkandung di dalam teh juga lemon sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin dan zat antioksidan di kedua bahan minuman ini bisa menangkal flu dengan baik. Berikut resep lemon tea hangat super praktis.

Bahan:

2 kantong teh celup cap botol
1 buah jeruk lemon lokal/import
250 ml air panas
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masukkan teh dan gula dalam gelas
  2. Masak air hingga mendidih lalu tuangkan ke dalam gelas. Aduk hingga gula larut.
  3. Peras sedikit potongan jeruk lemon lalu masukkan ke dalam gelas.
  4. Tunggu hingga suhu menjadi hangat lalu sajikan!

Nah, gak ada ribet-ribetnya kan bikin minuman sehat dari dapur sendiri?

Yuk langsung coba bikin, mumpung minuman hangat kayak gini cocok sama cuaca akhir-akhir ini~

SUMBER:
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3776117/4-minuman-sehat-penangkal-flu-amp-demam-di-musim-penghujan
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/hujan-hujanan-bisa-bikin-sakit/
https://cookpad.com/id/resep/309497-air-jahe-madu-minuman-pelega-tenggorokan


3 Resep Tumis Brokoli yang Mudah Dibuat Sendiri

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Pingin masak makanan sehat tapi males ribet? Eh, ada lho resep serba brokoli yang mudah dibikin sendiri. Kurang lebih dari 30 menit bisa kalian nikmati sekaligus buat ramean. Yuk masak sendiri dari resep ini!

1. Tumis Brokoli Sukiyaki

1. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Sukiyaki
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Sukiyaki

Bahan:

300 gram brokoli, potong
250 gram daging sukiyaki
1/2 lembar kembang tahu, potong kotak
1/2 buah bawang bombay, potong-potong
1 siung bawang putih, cincang halus
1 1/2 sendok makan saus tiram
1/2 sendok teh garam
100 ml air
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  2. Tambahkan daging sukiyaki satu per satu. Aduk hingga berubah warna. Masukkan brokoli. Aduk rata. Tambahkan kembang tahu, saus tiram, dan garam. Aduk sampai setengah layu.
  3. Tuangkan air. Aduk hingga matang.
  4. Masukkan daun bawang. Aduk rata.

Waktu memasak: 35 Menit
Porsi sajian: 6 Porsi

2. Tumis Brokoli Tahu Udang

2. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Tahu Udang
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Tahu Udang

Bahan:

1 bonggol besar brokoli, potong per kuntum
4 buah jamur kuping kering, seduh, potong-potong
1 buah tahu telur rasa udang, potong 1 cm, goreng
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 buah cabai merah besar, buang biji, iris serong
1 sendok teh bumbu ngohiong
1 sendok teh kecap ikan
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
100 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok makan minyak wijen untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak wijen. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, dan cabai sampai harum.
  2. Masukkan brokoli, jamur, tahu telur, bumbu ngohiong, kecap ikan, garam, gula, dan merica. Aduk rata.
  3. Tuang air. Masak sampai matang. Taburkan daun bawang di atasnya.

Waktu memasak: 30 menit
Porsi sajian
: 3 Porsi

3. Tumis Brokoli Tabur Mete

3. Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri - Tumis Brokoli Tabur Mete
Resep Brokoli Mudah Dibuat Sendiri – Tumis Brokoli Tabur Mete

Bahan:

200 gram brokoli potong per kuntum
50 gram wortel, potong serong
50 gram daging ayam fillet
1 buah bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang kasar
3 buah cabai kering, cincang kasar
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh kecap ikan
1/2 sendok teh angciu
1/2 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh maizena larutkan dengan 1 sendok teh air
50 gram kacang mete, goreng, cincang kasar
350 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai kering sampai harum. Masukkan daging ayam. Aduk sampai berubah warna.
  2. Tambahkan brokoli dan wortel. Aduk sampai setengah layu. Masukkan garam, merica bubuk, saus tiram, dan kecap ikan. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang.
  3. Menjelang diangkat, tambahkan angciu, dan minyak wijen. Aduk rata.
  4. Kentalkan dengan larutan maizena. Tambahkan kacang mete. Aduk rata.

Waktu memasak: 20 menit
Porsi sajian: 3 porsi

Ternyata gak perlu ribet buat olah sayuran satu ini. Cukup butuh luangkan sedikit waktu dan bahannya pun mudah didapat. Yuk cerdas penuhi nutrisi makan harianmu!

Eits, kalau kamu masih gak punya waktu buat masak tapi tetap ingin penuhi nutrisi harian dengan tepat? Coba langganan makan di Kulina aja!

[CEK MENU KULINA]

Kulina X Sayur Box dari sayur dan bahan pilihan berkualitas untuk penuhi nutrisi harianmu.
Kulina X Sayur Box dari sayur dan bahan pilihan berkualitas untuk penuhi nutrisi harianmu.

3 Resep Olahan Sayur Istimewa, Beda dari Biasanya!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bosan makan sayur yang dimasak itu-itu melulu? Padahal sudah tahu pentingnya konsumsi sayur bagi tubuh? Makan sayur memang wajib hukumnya agar nutrisi tubuh seimbang terpenuhi.

Cobain deh 3 resep olahan sayur istimewa berikut yang bisa jadi solusi menikmati sayur dengan cara lebih unik! Pakai saja bahan-bahan sayuran yang mudah didapat di pasar, kemudian coba sendiri masak sayur dengan resep-resep berikut ini.

1. Bolu Bayam

1. Resep Sayur Istimewa - Bolu Bayam
Resep Sayur Istimewa – Bolu Bayam

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 200 gram bayam, ambil daunnya saja
  • 200 gram gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 180 ml margarin cair
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm air lemon

Cara Membuat:

  1. Haluskan bayam dan tambahkan margarin cair. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses blender.
  2. Mixer gula pasir dan telur sampai adonan mengembang dan berwarna putih pucat.
  3. Di tempat terpisah campurkan tepung, baking powder, garam, dan vanili. Ayak dan sisihkan.
  4. Masukkan bubur bayam dalam adonan gula dan telur sedikit demi sedikit.
  5. Mixer dengan kecepatan rendah dan masukkan perasan air jeruk.
  6. Masukkan tepung sedikit demi sedikit.
  7. Aduk sampai rata.
  8. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan panggang dalam oven selama 45 menit atau sampai matang.
  9. Kue siap disajikan.

2. Keripik Wortel

2. Resep Sayur Istimewa - Keripik Wortel
Resep Sayur Istimewa – Keripik Wortel

Bahan:

  • 150 gr wortel yang masih segar (diparut halus).
  • Garam 1 ons.
  • Bawang putih sebanyak ons.
  • Bawang merah sebanyak ons.
  • Penyedap rasa sebanayk 20 gram.
  • Gula sebanyak 50 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 300 g.
  • Ketumbar secukupnya.
  • 30 gr tepung maizena.
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Bahan Tambahan :

  • 50 gram gula tepung.
  • 2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1 butir telur ayam.

Cara Membuat:

  1. Siapkan satu wadah untuk membuat adonan keripik wortel.
  2. Masukkan wortel yang sudah diparut, tepung terigu, baking powder, tepung meizena, gula halus, garam dan telur, aduk sampai menggumpal kemudian campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama 2 — 3 jam sampai adonan benar-benar matang. Pada proses ini anda dapat pula menggunakan gulungan mie.
  4. Angkat dan dinginkan adonan lalu iris tipis, jemur sampai benar-benar kering dan mengeras ( 2 — 3 hari ).
  5. Kemudian kita pipihkan adonan diatas tempat yang datar, setelah itu adonan kita cetak dengan menggunakan ring bulat dari ukuran yang lebih kecil.
  6. Setelah adonan selesai di cetak, panaskan minyak goreng diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah dan tunggu sampai matang, jangan lupa di bolak-balik agar matang secara merata. Lalu angkat dan tiriskan.
  7. Taburi dan aduk rata dengan bahan taburan yang sudah disiapkan tadi: bubuk kayu manis dan gula halus.
  8. Kerupuk wortel siap disantap.

3. Bakso Jamur Kuping

3. Resep Sayur Istimewa - Bakso Jamur Kuping
Resep Sayur Istimewa – Bakso Jamur Kuping

Bahan:

500 gr jamur kuping
100 gr wortel potong dadu
50 gr bihun rebus
1 butir telur
1 ons tepung sagu
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Minyak barbeque

Bahan Kuah:

4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Cara Membuat:

Bakso

  1. Haluskan jamur kuping, kemudian peras airnya dan buang
  2. Tambahkan putih telur, aduk rata
  3. Masukkan tepung sagu, garam, lada, minyak barbeque, aduk rata
  4. Setelha semua adonan tercampur rata dan menyatu, bentuk adonan menjadi bulat sebesar bola ping-pong atau sesuai selera.

Kuah Bakso

  1. Masak air dalam panci hingga mendidih
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan daun bawang. Masukkan ke dalam panci. Tambahkan garam dan lada secukupnya. 
  3. Masukkan bakso jamur yang telah dibentuk. Biarkan selama beberapa menit, tunggu hingga bakso naik ke permukaan.
  4. Sajikan ketika hangat lebih nikmat.

Wah unik-unik banget yah!

Bring your veggies experience to the next level!

Jadi habis ini mulai bikin resep yang mana nih?

4. Cari olahan sayur istimewa lain di Kulina Jogja!
Cari olahan sayur istimewa lain di Kulina Jogja!

[CEK MENU KULINA JOGJA]

SUMBER:
https://www.kompasiana.com/wahyu-pujiono66/593a084a4548022c9b199643/cara-membuat-keripik-wortel
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3754012/resep-cake-bayam-sehat
https://berbisnisjamur.com/resep-bakso-jamur-kuping/

3 Resep Kue Bertema Halloween Bebas Gula

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Woohoo Halloween is coming! Akhir bulan tak selalu jadi hari yang ditunggu-tunggu, tapi kalau ada kue-kue unik selama Halloween berlangsung, siapa yang gak pingin sih?

Yuk, mulai rancang acara akhir bulanmu dari sekarang. Mau bikin Pesta Halloween di rumah bareng keluarga atau bawa potluck dan rayain bareng teman sekantor, asik juga lho guys!

Eits, tapi mungkin ada salah satu kolegamu yang menghindari makanan manis nih. Jangan dibikin tengsin, yuk bikin Halloween mu makin meriah pakai resep kue halloween bebas gula berikut ini. Make it as thrilled as your creativity wander!

1. Grandma Finger Biscuit

1. Kue Halloween Bebas Gula - Grandma Finger Biscuit
Kue Halloween Bebas Gula – Grandma Finger Biscuit

Bahan-bahan:

  • 1 gelas mentega tawar, lelehkan
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak almond
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 ¾ gelas tepung serba guna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • ¾ gelas kacang almond
  • 1 tabung gel dekorasi yang aman dikonsumsi
  • Tusuk gigi
  • Selai strawberry

Cara membuat:

  1. Campurkan mentega, telur, ekstrak almon, dan vanila ke dalam mangkuk besar.
  2. Setelah tercampur rata, tambahkan tepung serbaguna, baking powder, dan garam.
  3. Tutup rapat mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  4. Setelah itu, ambil porsi kecil dalam adonan dan bentuk sesuai jari manusia.
  5. Ambil almon dan tekan bagian ujung adonan jari untuk memberikan efek kuku. Untuk hasil yang lebih bagus, tekan di bagian tengah untuk menghasilkan efek tulang buku jari, serta gunakan tusuk gigi untuk membuat sedikit goresan.
  6. Susun semua adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti, kemudian panggang dengan suhu 160 derajat Celsius selama 20-25 menit.
  7. Biarkan biskuit dingin selama tiga menit. Setelah itu, keluarkan almond dari masing-masing biskuit jari.
  8. Berikan selai stroberi pada setiap bagian kuku, kemudian tempelkan kembali almon untuk menghasilkan efek kuku berdarah.

2. Cracked from Hell Boiled Eggs

2. Kue Halloween Bebas Gula - Cracked from Hell Boiled Eggs
Kue Halloween Bebas Gula – Cracked from Hell Boiled Eggs

Bahan-bahan:

  • Telur ayam secukupnya
  • Pewarna makanan, biru gelap atau ungu
  • Air mendidih

Cara memasak:

  1. Rebus telur selama lima menit.
  2. Pecahkan kulit telur perlahan tanpa mengupasnya.
  3. Masukkan telur ke dalam mangkuk berisi air.
  4. Tuang pewarna makanan ke dalam mangkuk.
  5. Aduk dan biarkan selama 2-3 jam.
  6. Cek warnanya, kalau kurang gelap, kamu bisa menambahkan pewarnanya.
  7. Kupas dan sajikan telur.

3. Spicy Bat Tortillas 

3. Kue Halloween Bebas Gula - Spicy Bat Tortillas
Kue Halloween Bebas Gula – Spicy Bat Tortillas

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh bubuk cabai
  • ¼ sendok teh garam
  • 4 sendok makan mentega, dilelehkan
  • 2-3 lembar tortilla

Cara membuat:

  1. Potong tortilla dengan bentuk kelelawar atau gunakan cetakan supaya lebih mudah. Satu lembarnya bisa menghasilkan 6-8 potongan kelelawar.
  2. Siapkan loyang yang dilapisi dengan kertas roti. Lalu, panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celsius.
  3. Sambil menunggu oven panas, campur bubuk cabai, garam dan mentega leleh di dalam wadah. Lapiskan campurannya ke salah satu sisi tortilla kelelawar.
  4. Ulangi pada sisi lain tortilla dengan campuran bumbu diatas. Setelah itu, tata tortilla ke loyang.
  5. Panggang di dalam oven selama 10 menit atau hingga tortilla matang.
  6. Keluarkan dari oven, dinginkan dahulu sebelum kamu santap.

Wih ini sih antara lucu atau serem ya? Xixi~

Save the date, save the recipes either!


Resep Sederhana Bikin Gudeg di Rumah

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

C:\Users\Owner\Downloads\087104900_1540012135-shutterstock_502495246.jpg

Buah Nangka matang berwarna kuning terang – memang lebih cocok dijadikan buah pelengkap dalam sup buah atau es campur. Tapi gak hanya nangka matang saja yang sedap disantap, lho! Nangka muda atau Gori, juga bisa jadi kudapan lezat sebagai bahan utama Gudeg.

Siapa yang tidak tahu Gudeg? Gudeg merupakan makanan khas dari Jawa Tengah dan Yoyakarta yang terkenal dengan cita rasa manis dan warna cokelatnya yang menarik. Tahukah kamu dari mana asal warna cokelat itu? Dari gula aren.

Nangka muda yang masih keras, bisa menjadi lembut, bahkan teksturnya menyerupai daging ayam jika dimasak bersama dengan gula aren dalam waktu tertentu. Cara masak unik inilah yang menjadikan Gudeg makanan wajib bagi pelancong yang sedang berlibur ke Jawa Tengah atau Yogyakarta. Gudeg juga terus berinovasi, salah satunya dalam hal packaging yang memungkinkan Gudeg untuk lebih tahan lama dan dibawa pergi jauh sebagai oleh-oleh.

Tapi gimana kalau gak ada oleh-oleh Gudeg dan gak lagi di Yogyakarta? Padahal udah kebayang banget makan nasi putih hangat lauk Gudeg, uwhhh ~

Tunggu, jangan keburu baper dulu! Kita bisa kok bikin Gudeg sendiri di rumah dengan cara yang lebih sederhana, dijamin kamu pun bisa bikinnya. Berikut Kulina sengaja pilih resep sederhana untuk bikin Gudeg sendiri di rumah.

Kalian cuma butuh siapin bahan-bahan berikut dan ikuti instruksinya deh! Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:

  • 1 kg nangka muda
  • 2 liter santan
  • 1 liter air kelapa
  • Secukupnya lengkuas yang diiris memangjang
  • 5 lembar daun salam
  • Telur rebus
  • Gula aren 200 gram

Bahan Bumbu Halus:

  • Garam 2 sendok makan
  • Kemiri yang disangrai 10 butir
  • Ketumbar yang sudah disangrai 1 sendok teh
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 10 butir
  • Merica bubuk setengah sendok teh

Cara Membuat:

  1. Pertama, bersihkan nangka muda yang telah disipkan hingga tidak ada getah atapun kotoran kemudian potong-potong dadu atau sesuai selera.
  2. Kemudian, nangka muda yng telah dicuci dan dibersihkan, direbus beberapa menit saja lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya, masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong tadi ke panci. Sebelumnya, letakan beberapa lembar daun salam yang telah disiapkan pada alas panci dan letakkan irisan lengkuas diatasnya.
  4. Bumbu-bumbu dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan setengah air kelapa. Aduk merata dan tuangkan pada panci.
  5. Tuangkan air kelapa yang tidak dicampur sampai telur dan nangka semuanya terendam kemudian tutup pancinya, seperti membuat sayur nangka biasanya.
  6. Kemudian masak gudeg selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang tanpa membuka tutup panci. Lalu, jika air sudah menyusut, sisihkan, dan angkat telur.
  7. Selanjutnya, santan dituangkan dan aduk sambil menghancurkan potongan nangka. Telur dimasukkan lagi hingga sedikit terendam dengan nangka. Masak kembali kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan.
  8. Jika santan sudah habis dan gudeg dirasa sudah berwarna coklat kemerahan itu berarti gudeg yang Anda buat sudah matang.

Tips Membuat Gudeg Agar Enak dan Istimewa

  1. Pertama, ada baiknya Anda menggunakan kompor listrik karena saat memasak dengan api kecil, jika dengan menggunakan kompor maka api tersebut bisa mati. Nah, agar api yang dihasilkan stabil, ada baiknya menggunakan kompor listrik dengan mengatur 300 watt dan masak selama 7 jam.
  2. Selanjutnya, karena waktu yang lama dalam memasak, Anda lebih baik menggunakan panci dengan alas yang tebal.
  3. Jangan gunakan santan instan, benar-benar santan dari kelapa tua. Kelapa tua inilah rahasia rasa gurih yang tercipta agar gudeg terasa lebih sempurna.

Nah gampang kan bikinnya? Yuk, siapin bahan-bahannya, siapa tahu bisa jadi salah satu agenda eksperimen masakanmu di akhir pekan nanti!

Malas masak? Langganan katering Kulina aja!
[KULINA DI JOGJA]

SUMBER:
https://resepmasakan.id/resep-membuat-gudeg-asli-jogja/


3 Kreasi Jus Apel untuk Mempercantik Diri

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit, jangan luput buat sarapan pagi. Baiknya konsumsi makanan ringan penuh serat. Seperti makan buah atau sayuran it’s highly recommended for your daily nutrition.  Kalian hanya perlu mengolah buah dan sayur jadi segelas jus aja kok! 

Kombinasi buah apel dengan buah atau sayuran berikut bisa jadi your daily guide nutrition lho. Apa aja sih yang bisa dikombinasikan sama buah apel ini? Berikut resep jus buah apel dan manfaatnya.

1. Jus Buah Apel Semangka

C:\Users\Owner\Downloads\jus-apel-semangka.jpg

Semangka cocok digunakan pengganti caran tubuh, karena mengandung banyak elektrolit alami. Selain itu antioksidan lycopene dalam semangka dapat mendukung kesehatan organ tubuh dan jantung. Sering disebut sebagai ‘nutritional powerhouse’ apel mengandung banyak vitamin C membantu sistem imun tubuh dan regenerasi sel. Anti oksidan dalam apel juga berfungsi dalam melawan radikal bebas dan bermacam-macam tipe sel kanker.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram apel hijau
  • 100 gram semangka
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • 50 gram es serut

Cara Membuat:

  • Potong-potong buah apel dan semangka.
  • Blender apel dengan menambahkan air jeruk, lalu tuang ke dalam gelas.
  • Blender semangka, lalu tuangkan di atas jus apel.
  • Sajikan jus dengan menambah es serut agar lebih nikmat.

2. Jus Apel Pir

C:\Users\Owner\Downloads\cloudy-apple-pear-juice-picture.jpg

Jus kombinasi apel dan pir memiliki manfaat baik untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan. Mengkonsumsi kombinasi buah ini akan membersihkan sel-sel dalam tubuh selama sehari penuh. Buah apel dan pir berkhasiat untuk menyehatkan usus besar, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kelenjar tiroid.

Bahan-Bahan :

  • 75 gram apel
  • 75 gram pir
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Es batu secukupnya
  • ½ gelas air dingin

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender.
  • Haluskan menggunakan blender. Tuang ke dalam gelas saji.
  • Sajikan segera, nikmat selagi dingin.

3. Jus Buah Apel Tomat

Buah tomat memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat dijadikan pengganti elektrolit tubuh. Kombinasi tomat dan apel berkhasiat dalam mengurangi risiko pembekuan darah, kesehatan prostat, kesehatan pankreas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahan-Bahan :

  • 50 gram buah apel
  • 1 buah tomat merah
  • 150 ml air es

Cara Membuat:

  • Potong-potong apel dan tomat
  • Masukkan semua buah tersebut ke dalam blender, haluskan.
  • Saring jus ke dalam saringan khusus buah (agar tidak tercampur dengan aroma lainnya).
  • Sajikan selagi dingin lebih nikmat.

Gampang kan bikinnya Kulinas?

Selamat berkreasi ya!

SUMBER:
https://food.detik.com/berita-boga/d-3395435/jus-sehat-menyegarkan-berbahan-semangka-dan-apel-hijau
https://www.idntimes.com/food/recipe/rezza-bella-akhyan/kombinasi-jus-buah-buahan-ini-ampuh-sembuhkan-penyakit-kronis-c1c2/full