Jaga Kesehatan Anak Sekolah dengan Kantin Digital Kulina

Kulina - Kantin Digital Jaga Kesehatan Anak Sekolah

Orang tua yang ingin menjaga kesehatan anak di sekolah bisa memperhatikan beberapa hal, mulai dari sanitasi kit yang harus dipakai selama di sekolah hingga kebutuhan makanan mereka.

Saat anak lapar di sekolah, mereka akan lari ke kantin untuk membeli makan dan minum. Makan dan minum yang mengisi perut tersebut akan memberikan nutrisi penting agar anak bisa kembali fokus saat belajar. Makan dan minum yang baik di kantin bisa membantu menjaga kesehatan anak di sekolah.

Kantin di sekolah berperan penting untuk menunjang kegiatan belajar para peserta didik. Kantin menjadi tempat siswa mendapatkan sumber tenaga sekaligus menjaga kesehatan mereka.

Namun, pernah gak sih mendapat keluhan dari anak yang sakit perut karena jajan di kantin sekolah? Makanan yang tidak diproses secara higienis justru akan mendatangkan penyakit, membahayakan kesehatan anak sekolah, hingga dapat membuatnya tidak cukup konsentrasi dalam belajar.

Selain itu ada beberapa masalah yang sering dialami para siswa di lingkungan sekolah seperti : 

  • Siswa yang mulai bosan karena kurangnya pilihan makanan yang ada di kantin sekolah.
  • Waktu istirahat yang terbatas dan antrian yang cukup panjang membuat siswa tidak memiliki banyak waktu untuk membeli makanan.
  • Banyak siswa yang tidak sempat membawa bekal dari rumah.

Lalu bagaimana solusinya?
Tenang, berbagai masalah di atas dapat diatasi dengan Kantin Digital dari Kulina!

Kulina - Apa Itu Kantin Digital

Apa itu Kantin Digital?

Kantin digital adalah solusi dari berbagai masalah makan siang para siswa dengan menggunakan satu aplikasi saja. Dengan berlangganan kantin digital dari Kulina, para peserta bisa memilih berbagai menu makanan yang terjamin kualitas rasa dan kebersihannya sehingga kesehatan anak di sekolah terjamin aman. Menarik kan?

KELEBIHAN KANTIN DIGITAL KULINA

Kulina - Kelebihan Kantin Digital

1. Banyak Variasi

Jika kamu lihat kantin di sekolah, menu yang ditawarkan setiap hari akan sama. Menu yang biasanya hadir adalah bakso, soto, hingga menu nasi dan ayam goreng. Tentunya ini akan membuat para siswa akan jenuh. Nah, dengan berlangganan Kantin Digital dari Kulina maka para siswa bisa mendapatkan berbagai macam pilihan makanan karena ada 145.000+ merchan terpercaya Kulina yang terjamin kualitas dan higienitasnya.

Anak senang karena menu gak itu-itu melulu~

2. Bebas Memilih

Ada berbagai macam variasi makanan dari 145.000+ merchan membuat siswa bebas memilih menu yang disukainya. Siswa dapat menentukan sendiri menu makan siang yang ia inginkan, sehingga tingkat kejenuhan dari siswa akan berkurang.

3. Tidak Perlu Pengelola

Berlangganan di kantin digital Kulina tidak perlu repot menunjuk pengelola. Siswa bisa langsung memesan makanan yang diinginkan di aplikasi. Jadi, pihak sekolah atau orang tua murid tidak akan repot mengurus makan siang di sekolah. Murid bisa langsung menerima makanan yang dipesan tanpa repot antri lagi karena semua sudah diurus oleh Kulina.

4. Tidak Perlu Antri

90% waktu dari jam istirahat habis digunakan untuk mengantri. Apalagi jika makanan yang diincar jadi kesukaan seluruh siswa di sekolah, bisa dipastikan makanan juga akan cepat habis dan banyak siswa tidak kebagian. Namun, hal ini gak akan terjadi di Kantin Digital Kulina. Siswa gak perlu repot antri untuk mendapatkan makanan yang disukai, sehingga waktu istirahat bisa digunakan untuk menikmati makanan yang lezat.

5. Gratis Ongkos Kirim

Selain menghadirkan makanan yang lezat, higienis, dan murah – Kantin Digital Kulina juga gratis ongkos kirim makanan ke sekolah siswa. Selain itu, pelanggan juga bisa mengatur jadwal pengiriman sehingga makanan bisa sampai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mudah, bukan?

Baca Artikel Serupa: Hemat Uang Gajian dengan Langganan Kulina

MANFAAT KANTIN DIGITAL KULINA

Kulina - Manfaat Kantin Digital untuk Kesehatan Anak di Sekolah

1. Yayasan

Dengan berlangganan Kantin Digital Kulina sudah pasti pihak pertama yang mendapatkan manfaatnya adalah Yayasan atau sekolah. Dengan mengubah sistem kantin yang sudah ada menjadi kantin digital, maka pihak Yayasan akan mendapatkan kepercayaan dari para orang tua atas nutrisi siswa di sekolah. Selain itu citra sekolah akan terus meningkat karena memberikan makanan yang berkualitas namun tetap murah. Apalagi di tengah situasi pandemi saat ini, adanya kantin digital mampu mengurangi interaksi dalam lingkungan sekolah yang dapat membuat kasus COVID-19 kembali naik.

2. Siswa

Manfaat adanya Kantin Digital Kulina juga bisa dirasakan bagi siswa itu sendiri. Mereka bisa mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan perkembangannya. Siswa juga tidak akan mudah tertular penyakit dari teman atau dari makanan yang tidak terjamin higienitasnya sehingga kesehatan anak di sekolah tetap terjaga.

Banyaknya pilihan makanan juga tidak akan membuat mereka bosan dalam menyantap makan siang mereka. Dan yang paling penting, waktu istirahat yang biasa digunakan untuk mengantri dapat diatasi, sehingga mereka dapat menikmati waktu istirahat yang lebih panjang dari biasanya.

3. Orang Tua Siswa

Adanya kantin digital tentu tidak akan membuat khawatir para orang tua. Mereka percaya, berbagai merchan pilihan dalam Kantin Digital Kulina mampu memberikan nutrisi yang terbaik karena makanan telah ditentukan bersama para ahli gizi. Selain itu, orang tua juga akan mendapatkan biaya yang murah dari makanan yang berkualitas. Jumlah pesanan yang dibuat bisa diprediksi dan bebas biaya ongkos kirim, loh! Makin hemat ‘kan?

Jadi, tertarik kan untuk langganan Kantin Digital Kulina? Kantin Digital dapat mempertemukan anak dengan makanan berkualitas untuk disantap di sekolah.

Yuk, mulai langganan Kantin Digital Kulina
untuk menjaga kesehatan anak di sekolah bersama-sama!

[COBA KANTIN DIGITAL KULINA]

Hemat Uang Gajian dengan Langganan Kulina

Hemat Uang Gajian dengan Langganan Kulina

Makan dan minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi. Namun bukan berarti seluruh uang harus kamu habiskan untuk makan atau membeli pangan, ya. Uang gajian sebenarnya bisa lebih hemat untuk kebutuhan makan sehari-hari, apalagi jika kamu masih memiliki kebutuhan lain yang juga penting. Pasti harus cari akal supaya kamu bisa bertahan hidup walau mesti menghemat anggaran makan.

Nah, salah satu cara hemat uang gajian untuk kebutuhan makan yang bisa kamu coba adalah dengan ikut langganan Kulina!

Ada Apa Aja di Kulina?

Kulina adalah sebuah aplikasi pesan antar makanan yang memanfaatkan teknologi serta mengoptimalkan food supply dan logistik. Inilah alasan kenapa kamu bisa menikmati makanan dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas.

Bahkan jika kamu membeli makanan di Kulina, kamu bisa terhubung dengan penjual terdekat sehingga biaya pengantarannya jadi lebih murah lagi! Makin menarik kan langganan Kulina?

Langganan Kulina Bisa Bikin Hemat Uang Gajian

1. Jaga Keseimbangan Budget Bulanan

Kulina - Jaga Keseimbangan Budget Bulanan

Setelah menerima uang gajian, baiknya kamu membuat budget bulanan dimana kamu sudah membagi alokasi dana untuk berbagai kebutuhan satu bulan. Cara umum yang digunakan untuk bisa hemat uang gajian satu bulan adalah aturan 50-30-20.

Aturan 50-30-20 ini berarti:
50% untuk kebutuhan dasar seperti makan, tempat tinggal, dan transportasi.
30% untuk bayar cicilan, tagihan, atau hutang.
20% untuk tabungan.

Kebutuhan makan yang masuk dalam 50% pengeluaran dari uang gajian, bisa kamu buat lebih spesifik lagi misal khusus untuk makan sebesar 25%. Nah jumlah 25% tersebutlah yang bisa kamu belanjakan untuk makanan! Kamu bisa pilih menu Kulina dengan harga yang sesuai dengan angka tersebut.

Kalau kamu pakai sistem langganan, kamu bisa menghitung pengeluaran makan sebulan sejak awal sehingga tidak akan membengkak di akhir. Kalau kamu masih mau coba kualitas rasa dan pelayanan Kulina, kamu bisa coba pesan makan dulu untuk satu hari atau satu minggu… Lalu kalau sudah mantap, cobain deh langganan Kulina satu bulan.

Dijamin hemat, uang gajian aman sebulan!

2. Beragam Menu Anti Bosan

Kebanyakan orang masih ragu untuk mencoba langganan makanan sebab mengira akan mendapat menu yang itu-itu melulu. Ya… hal ini mungkin terjadi jika kamu langganan makan di katering konvensional.

Tapi tenang… Kamu gak akan mengalami hal ini kalau langganan dengan Kulina! Di Kulina, ada beragam penjual dan menu makanan yang dapat dipilih pelanggan karena Kulina sendiri telah memiliki 3.000 mitra dengan 60.000 menu makanan, loh.

Banyak banget ragam makanan yang bisa kamu pilih sesuai selera dan sesuai dengan rencana anggaran agar tetap bisa hemat uang gajian kalian!

3. Menu Sehat, Enak, Berkualitas dengan Nutrisi Lengkap

Kulina - Menu dengan Nutrisi Lengkap

Kulina paham bahwa membaca dan mengetahui tabel nutrisi dari makanan yang akan dikonsumsi adalah hak penting bagian kalian. Oleh karena itu… sekarang pesan makan di Kulina sudah bisa cek nutrisi sendiri!

Cara ceknya juga gampang, pada bagian bawah menu akan tersaji jumlah kalori dan nutrisi makro. Label nutrisi juga tersedia dalam bentuk gambar yang menampilkan jumlah kalori, nutrisi makro, dan nutrisi mikro, lho.

[Baca Artikel Serupa: 6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan]

4. Garansi Makanan Bikin Rencana Hemat Uang Gajian Aman

Memesan makanan pada katering konvesional tidak akan mendapatkan garansi. Kamu bisa saja mendapatkan makanan yang kurang baik kondisinya. Berbeda di Kulina, kamu bisa mendapatkan makanan yang bergaransi dan berkualitas baik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan makanan secara tepat waktu karena tim Kulina memiliki jadwal pengantaran supaya kamu tidak telat makan siang.

Waktu pengantaran bagi kamu yang berlangganan adalah sebagai berikut :

  • Makan siang : 09:00 – 12.00
  • Makan malam : 15:00 – 18:00
  • All day : 09:00 – 22:00

5. Bisa Ajukan Komplain untuk Makanan

Kulina - Bisa Ajukan Komplain

Jika kamu berlangganan Kulina, lalu dapat makanan yang tidak sesuai atau kendala masalah makanan lainnya, kamu bisa mengajukan komplain dengan mudah lewat aplikasi yang akan langsung direspon oleh CS Digital Kulina yang selalu siap membantu kalian kapanpun!

Komplain yang diajukan bisa dibuktikan dengan struk pembelian dan foto makanan ya. Jika memang ada masalah dari Kulina, Kulina akan mengganti makanan yang kamu pesan dalam bentuk dana utuh seharga makanan yang dikembalikan ke KuSaldo di aplikasi Kulina kalian!

Jadi kalian gak perlu takut uang terbuang begitu saja. Meski ada kesalahan, pasti akan dicari jalan keluar yang tidak akan merugikanmu hingga tetap bisa hemat uang gajian sebulan…

6. Bisa Meminimalisir Makanan Terbuang

Seberapa sering kamu tidak menghabiskan makanan karena makanan yang datang tidak sesuai selera kalian? Tentunya hal ini jadi mubazir, ya? Sayang sekali kan… Sudah bayar mahal, makanan malah terbuang pula. Itulah kenapa langganan makan di Kulina bisa mengatasi masalah ini.

Langganan makan di Kulina sejak awal sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan selera dan anggaran kalian. Kalian sendiri yang pilih menu sesuai selera. Kalian juga yang pilih menu sesuai anggara agar bisa tetap hemat uang gajian!

7. Bebas Ongkir Bantu Hemat Uang Gajian

Kulina - Bebas Ongkir Bantu Hemat Uang Gajian

Harga yang tertera untuk langganan makan di Kulina sudah termasuk ongkos pengiriman lho!

Jadi biaya yang kamu keluarkan sudah termasuk semua, pokoknya dijamin aman sampai makanan tiba di tujuan. Biaya yang sudah bulat seperti ini bisa membuatmu mengatur keuangan lebih cermat dan hemat.

Perut kenyang, dompet aman~

Gimana, tertarik gak? Pasti tertarik dong!
Kapan lagi kamu bisa menikmati makan siang murah dan berkualitas selain di Kulina!

[COBA LANGGANAN KULINA]

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Kulina - 6 Alasan Penting Cek Nutrisi

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan sesuatu?

Kalau iya, mungkin kamu hanya melihat pada kolom jumlah kalori saja. Padahal ada banyak jumlah nutrisi lain selain kalori yang perlu kamu baca dan ketahui dalam makanan tersebut. Memang bagi orang awam, membaca tabel nutrisi pada makanan agak membingungkan.

Namun Food and Drug Administration (FDA) telah memperbaharui tabel nutrisi ini agar lebih mudah dipahami sejak 2018. Dengan adanya pembaruan ini, diharapkan semua orang bisa memeriksa nutrisi makanan dengan detail.

Seberapa penting membaca tabel nutrisi dalam makanan?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alasan pentingnya cek nutrisi sebelum makan. Yuk, simak ulasan singkatnya di bawah ini!

ALASAN PENTING KENAPA HARUS CEK NUTRISI

1. Mengetahui Porsi yang Tepat

Kulina - Mengetahui Porsi Makan yang Tepat

Menurut Natalie Rizzo, MSRD, pendiri Nutrition la Natalie mengatakan, jika kamu sering mengecek jumlah kalori pada tabel nutrisi maka jangan lupa untuk mengecek ukuran porsi yang tepat untuk kamu konsumsi. Ini dilakukan agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sesuai dan tidak berlebih.

Contohnya, ketika kamu menambahkan yogurt ke dalam makanan yang seharusnya hanya 120 kalori. Jika kamu tidak membaca tabel nutrisi, maka bisa jadi kamu memakai yogurt hingga 250 kalori. Hal ini tentunya tidak berdampak besar jika dilakukan sesekali, namun jika sering kamu lakukan tentunya kamu akan mengalami masalah kesehatan dan penambahan berat badan.

Dengan mengonsumsi makanan melebihi jumlah porsi seharusnya, kamu tidak hanya menggandakan kalori tapi juga nutrisi lain seperti gula. Makanya, penting bagi kamu untuk melihat berapa ukuran porsi makanan yang harus dikonsumsi pada label yang disediakan.

2. Mengetahui Bahan Makanannya

Masih menurut Rizzo, komposisi bahan makanan memang diletakkan di bawah bungkus makanan yang akan kita konsumsi. Namun, itulah hal pertama yang perlu kita baca sebelum melanjutkan.

Daftar bahan makanan yang panjang dan penuh dengan kata yang tidak kamu kenali maka menandakan bahwa makanan diproses secara berlebihan. Misalnya, jika kamu membeli sebuah keju lalu melihat bahan pertamanya bukanlah susu tapi air dan bahan kimia yang belum kamu dengar, maka sudah pasti keju tersebut diproses dengan berat.

Ingat, jangan konsumsi makanan yang memiliki tiga atau lebih bahan yang terdengar seperti olahan atau yang tidak pernah kamu dengar sebelumnya!

3. Mengidentifikasi Gula

Kulina - Mengidentifikasi Gula

Mengonsumsi banyak gula dapat menyebabkan penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. Ketika kamu mengecek nutrisi makanan sebelum mengonsumsinya, maka kamu bisa melihat kandungan gula yang tersembunyi di dalam bahan makanan.

Misalnya, jika kamu membaca adanya kandungan sirup jagung fruktosa tinggi sebagai salah satu bahan makanan, maka kamu bisa tahu bahwa makanan tersebut mengandung kadar gula yang tinggi. Maka dari itu, tidak ada salahnya mengecek nutrisi makanan dan mencari tahu arti sebenarnya dari bahan-bahan yang tertulis untuk menjaga kesehatan kamu.

Baca Artikel Serupa: Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

4. Membantu Merencanakan Diet

Apakah kamu sedang melakukan diet? Maka mengecek nutrisi adalah hal yang paling utama dan harus dilakukan. Apalagi saat ini kasus hipertensi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular lainnya makin meningkat, sehingga penting bagi kamu untuk mengurasi asupan garam dan gula.

Melakukan cek nutrisi makanan akan membantu kamu mengurangi hal-hal yang merugikan tubuh. Hal utama yang perlu kamu awasi adalah kandungan karbohidrat total yang dapat berubah menjadi gula selama proses pencernaan dalam tubuh. Gak mau kan proses diet kamu jadi gagal karena tidak cek nutrisi sebelum makan?

5. Membantu Mengawasi Lemak Jahat

Kulina - Mengawasi Lemak Jahata

Jika kamu mengecek nutrisi dengan baik sebelum makan, maka kamu bisa mengidentifikasi makanan yang mengandung jumlah lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Saat ingin makan-makanan yang sehat, maka pilihlah makanan yang mengandung jumlah lemak jenuh yang rendah. Makanan yang mengandung lemak terhidrogenerasi parsial adalah salah satu lemak yang tinggi akan kandungan lemak trans dan harus dihindari.

6. Mendukung Makanan Dari Produsen Lokal

Makanan yang menunjukkan asal makanan seperti Kopi Aceh,  Nasi Pecel Khas Madiun, Nasi Goreng Jawa, hingga Gado-Gado Asli Betawi akan lebih banyak menarik minat banyak orang untuk mengonsumsinya. Biasanya konsumen akan cenderung mengidentifikasi produk makanan lokal dan khas dari tempat yang disebutkan dan mencari tahu rasa serta kualitasnya.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh EBRD dan FAO, ada sembilan produk dengan label indikasi geografis yang mampu menaikkan harga produk akhir menjadi 20 hingga 30 persen. Apalagi biasanya produk yang merupakan khas dari suatu daerah tidak memiliki banyak bahan buatan dan mengandalkan bahan-bahan yang berasal dari makanan utuh. Tentunya ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, kan?

Nah, sekarang kamu sudah tahu 6 alasan kenapa kamu harus cek nutrisi sebelum mengonsumsi makanan.

DI KULINA BISA CEK NUTRISI SENDIRI

Alasan-alasan di atas membuat Kulina paham bahwa membaca dan mengetahui tabel nutrisi dari makanan yang akan dikonsumsi adalah hak penting bagian kalian. Oleh karena itu… sekarang pesan makan di Kulina sudah bisa cek nutrisi sendiri!

Cara ceknya juga gampang, pada bagian bawah menu akan tersaji jumlah kalori dan nutrisi makro. Nutrisi makro adalah zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar untuk memberikan tenaga langsung.

Kulina - Cek Nutrisi Makro

Gak cuma ada di bagian bawah menu, label nutrisi juga tersedia dalam bentuk gambar yang menampilkan jumlah kalori, nutrisi makro, dan nutrisi mikro. Nutrisi mikro sendiri adalah zat tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jumlah sedikit seperti vitamin dan mineral. 

Kulina - Cek Nutrisi Mikro

Nah, jadi makin yakin kan pesan makan di Kulina?

[PESAN KULINA SEKARANG]

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Kulina - Lapar Setelah Makan

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa tubuh kamu sedang butuh energi dan merupakan sebuah sinyal bagi tubuh agar segera makan. Namun jika kamu tetap merasa lapar bahkan setelah makan, bisa jadi itu adalah tanda bahwa gaya hidup kamu kurang sehat.

Kenapa sih kita bisa merasa lapar dan lelah walau sudah makan?

Diketahui kalau setiap kita makan, maka gula darah dalam tubuh akan meningkat dan memberikan efek yang berbeda-beda. Peningkatan ini juga tergantung dari apa yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi seperti nasi, roti tawar, kentang, dan minuman manis akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

Makin tinggi kadar gula darahnya, maka akan semakin banyak insulin yang dikeluarkan agar bisa mengontrol gula darah. Hal ini tentunya menyebabkan penurunan drastis gula darah setelahnya. Penurunan ini bisa terjadi hingga berada di bawah batasan normal. Inilah yang membuat kamu mudah merasa kelaparan.

Namun gak cuma itu saja. Menurut beberapa pakar kesehatan, ada beberapa hal yang menyebabkan kamu merasa lapar setelah makan yang bisa kamu ketahui.

PENYEBAB RASA LAPAR SETELAH MAKAN

1. Salah Pilih Jenis Makanan

Kulina - Penyebab Rasa Lapar Setelah Makan - Salah Pilih Jenis Makanan

Dilansir dari Prevention, ketika kamu makan dengan porsi sedikit maka kamu akan merasa lapar lagi dan lagi. Kemudian kamu akan memilih untuk ngemil. Supaya rasa kenyang kamu bertahan lebih lama, maka kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang pas. Kandungan nutrisi yang perlu kamu perhitungkan saat makan adalah protein, lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, serta serat.

Menurut Alexandra Sowa, MD, seorang pendiri SoWell Health menjelaskan kalau makanan yang memiliki kandungan serat seperti sayuran hijau maka akan melancarakan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Kurang Cairan

Kulina - Kurang Cairan

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi akan membuat kamu jadi mudah merasa lapar walau setelah makan. Menurut beberapa penelitian, air minum akan meningkatkan rasa kenyang. Bahkan sebuah studi mengatakan, minum air mineral sebanyak 0,5 liter selama setengah jam sebelum makan akan memberikan rasa kenyang.

Studi tersebut telah dilakukan oleh wanita yang memiliki berat badan yang berlebih. Mereka bahkan mengaku kehilangan berat badan dan nafsu makan setelah 8 minggu melakukan kebiasaan minum air mineral 0,5 liter sebelum makan.

Baca Artikel Serupa: 8 Alasan Pentingnya Minum Air Putih

3. Kurang Tidur

Kulina - Kurang Tidur

Waktu tidur yang kurang akan membuat kelelahan pada otak dan menurunkan kinerjanya. Selain itu, kurang tidur akan meningkatkan nafsu makan kamu. Hal ini tentunya disebabkan karena naiknya ghrelin dan menurunnya leptin dalam tubuh.

Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan sehingga kamu akan mudah merasa lapar, sementara leptin adalah hormon yang timbul saat tubuh terasa kenyang. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan istirahat cukup. Tidurlah selama 7 hingga 8 jam setiap malam.

4. Stress

Kulina - Stress.jpg

Seorang ahli gizi bernama Magie Moon mengatakan, seseorang yang dilanda stress maka akan meningkatkan ghrelin dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang yang sedang stress sering ngemil dan makan dalam jumlah yang banyak.

Jika kamu sedang merasa stress dan merasakan lapar setelah makan, maka cobalah untuk berjalan-jalan sebentar atau melakukan latihan relaksasi untuk melepas penat.

5. Terlalu Banyak Lemak

Kulina - Penyebab Rasa Lapar Setelah Makan - Terlalu Banyak Lemak

Mengonsumsi lemak yang berlebihan bisa jadi penyebab mengapa kamu merasa lapar bahkan setelah makan. Lemak yang tersimpan banyak dalam tubuh akan mempengaruhi kerja leptin dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Leptin adalah hormon yang bekerja memberikan sinyal untuk otak bahwa kamu sudah merasa kenyang. Hormon ini jugalah yang bertugas megatur nafsu makan.

Jika leptin tidak bekerja dengan baik, maka sudah dapat dipastikan otak tidak akan mengenalinya sehingga kamu akan tetap merasa lapar. Kondisi seperti ini biasa disebut sebagai resistensi leptin. Kamu bisa mengubah pola hidup agar dapat mengurangi resistensi leptin ini dengan melakukan olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi gula, meningkatkan asupan serat, hingga beristirahat dengan cukup.

CARA ATASI LAPAR SETELAH MAKAN

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar setelah makan.

1. Atasi Lapar Setelah Makan dengan Lebih Banyak Bergerak

Jika kamu sering berpikir kalau banyak bergerak akan membuat tubuh merasa lebih lapar, maka hilangkan segera pemikiran tersebut. Sebenarnya saat kamu sering bergerak, maka keinginan untuk makan justur berkurang. Lebih banyak bergerak akan membantu memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Jika kamu memiliki metabolisme yang baik, maka tubuh akan mencerna dan menyerap nutrisi makan dengan baik juga. Hal ini membuatmu baru akan merasa lapar lagi di waktu makan berikutnya.

2. Atasi Lapar Setelah Makan dengan Minum Air Putih

Rasa lapar biasanya muncul karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika kamu merasa lapar setelah makan, maka cobalah minum segelas air sebelum makan. Jika rasa laparnya menghilang, maka tubuh kamu memang kekurangan cairan. Namun, jika tidak berarti tubuh benar-benar membutuhkan makanan. Agar rasa lapar tidak terus terjadi, usahakan konsumsi air mineral setiap jam. Hal ini dilakukan agar mencegah kamu mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Kamu udah gak perlu bingung lagi kan kenapa sih selalu merasa lapar setelah makan? Yuk, mulai konsumsi makanan sehat dan seimbang supaya kesehatan tubuh kamu tetap terjaga!

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Kulina - Alasan Penting Minum Air Putih

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar kita mulai dari air mineral bermerek, air purifikasi, hingga air yang dimasak secara tradisional. Semua air putih tersebut memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Itulah alasan mengapa kita harus minum air putih.

Mungkin kita sering melihat kampanye “Minum 8 gelas air putih setiap hari.”

Namun kenyataannya, menurut Kementerian Kesehatan RI jumlah delapan gelas (berukuran 230ml) atau setara dua liter tersebut bukanlah angka yang mutlak.

Perlu diingat juga bahwa pengganti cairan tubuh yang kita butuhkan tidak hanya bersumber dari minum air putih, melainkan juga bisa dari makanan seperti sayur dan buah yang bisa menyumbang sekitar 20% kebutuhan air harian.

Selebihnya, kebutuhan air manusia tergantung dari berbagai hal. Berikut adalah beberapa faktor pembeda yang mengakibatkan seseorang bisa memiliki anjuran jumlah minum air putih yang berbeda.

PERBEDAAN ANJURAN JUMLAH MINUM AIR PUTIH

Kulina - Perbedaan Anjuran Minum Air Putih

1. Aktivitas

Setiap orang pasti memiliki jenis aktivitas yang beragam. Misal, Anda sering beraktivitas fisik seperti olah raga yang mengakibatkan keringat mudah tercurah keluar. Keringat yang keluar ini terhitung sebagai cairan tubuh yang hilang, sehingga Anda perlu segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Cuaca

Saat Kulinas berada di lingkungan yang cuacanya panas, tubuh pasti lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga kita harus segera minum air putih untuk mengisi ulang cairan tubuh kita.

3. Kesehatan

Saat kondisi kesehatan seseorang normal, kita mungkin cukup dengan delapan gelas air putih per hari. Namun jika seseorang itu sedang sakit seperti demam dan diare, cairan tubuh kita lebih cepat terkuras sehingga pastikan segera mengganti cairan tubuh dengan tetap minum air putih ya!

4. Kondisi Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui mengalami perubahan hormon yang cukup banyak sehingga perlu asupan air putih yang cukup banyak juga. Apalagi untuk ibu menyusui, asupan air putih penting bagi produksi ASI yang merupakan makanan utama bagi bayi.

Jumlah delapan gelas per hari tidak perlu menjadi angka mutlak dalam konsumsi air putih setiap hari. Jumlah tersebut bisa berubah tergantung kondisi masing-masing dari kita. Ketika kita masih merasa haus setelah minum delapan gelas sehari, tidak menjadi masalah jika kita ingin minum lagi sebab rasa haus itu adalah tanda yang diberikan tubuh saat sedang membutuhkan tambahan cairan.

Jaga kesehatan tubuh kita dengan rutin minum air putih dan jangan sampai kekurangan air putih ya… Sebab ada alasan minum air putih menjadi hal penting yang harus kita lakukan setiap hari!

ALASAN PENTING MINUM AIR PUTIH

1. Mencegah Dehidrasi

Kulina - Alasan Minum Air Putih - Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kita kekurangan cairan. Tubuh kita yang sebenarnya terdiri dari 60% -70% cairan, jika sampai kekurangan pasti tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Meski kurang minum seolah hal yang sepele, namun jika terjadi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan seperti bibir pecah-pecah dan kulit kering, hingga penyakit serius seperti gagal ginjal.

2. Melancarkan Aliran Darah

Alasan penting minum air putih selanjutnya adalah untuk melancarkan aliran darah. Darah dengan kandungan cairan yang tepat, bisa bekerja dengan baik untuk mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Jika darah kekurangan cairan, darah akan menjadi kental dan rawan terjadi penggumpalan. Hal ini juga membuat elektrolit, natrium, dan kalium dalam darah tidak seimbang hingga bisa memicu terjadinya berbagai penyakit.

3. Menjaga Kelenturan Sendi dan Otot

Kulina - Menjaga Kelenturan Sendi dan Otot

Darah yang mengalami ketidakseimbangan elektrolit mengakibatkan sel-sel cepat lelah sehingga otot menjadi keras dan sendi menjadi kering. Maka dari itu, kita perlu menjaga asupan air putih harian agar tidak terjadi pengerasan otot dan pengeringan sendi.

4. Melancarkan Pencernaan

Saat kita kurang minum air putih, salah satu tanda yang mudah dikenali adalah terjadinya sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesusahan buang air besar, sekitar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Jumlah ini sangat kurang untuk membuang kotoran dan hal-hal lain yang sebenarnya sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Penumpukan kotoran bisa membuat kita sakit perut dan susah beraktivitas. Nah, makanya salah satu alasan minum air putih adalah untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Baca Artikel Serupa: Tips Kelola Sampah Makanan

5. Menurunkan Berat Badan

Kulina - Alasan Minum Air Putih - Menurunkan Berat Badan

Air dipercaya dapat meningkatkan lanjut metabolisme tubuh kita sehingga saat tubuh mendapat asupan makanan, tubuh dapat membakar kalori lebih banyak lagi.

6. Melembabkan Kulit

Seperti yang sudah disampaikan di atas, orang yang mengalami dehidrasi bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah dan kulit kering. Hal ini disebabkan karena kulit memiliki banyak kelenjar yang berisi cairan. Jadi kalau terjadi kekurangan cairan, kelenjar akan kering dan mengakibatkan kulit tampak keriput.

Jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi agar kita punya kulit yang lembab dan sehat.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Kulina - Meningkatkan Konsentrasi

Saat tubuh kita kekurangan cairan, fungsinya tentu menurun termasuk kinerja otak kita. Otak jadi susah untuk fokus dan konsentrasi karena air memiliki peranan penting untuk membawa oksigen ke otak kita agar bisa berjalan secara optimal.

8. Membuang Racun dalam Tubuh

Air membantu kinerja ginjal dalam proses pengangkutan kotoran dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin dan feses. Saat kebutuhan air dalam tubuhmu tercukupi, kamu bisa melihatnya pada urin dan feses yang keluar dari tubuh kita.

Urin dengan warna terang dan bebas bau menunjukkan kebutuhan air yang terpenuhi. Begitu juga dengan feses yang mudah keluar tanpa menimbulkan rasa sakit menunjukkan kita sudah minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kita.

Pesan Makan Bergaransi Hanya di Kulina!

Saat ini semakin banyak aplikasi untuk pesan makan online. Pesan makan online tentu memberi kemudahan pada hidup kita. Kita jadi gak perlu pergi kemana-mana untuk membeli makan, cukup dengan gerakan jari tangan di smartphone kalian.

Di samping keunggulan pesan makan online, ternyata ada kekurangannya juga lho! Pesan makan online membuat kita berjarak dengan penjual, sehingga jika ada masalah di makanan yang kita dapat, susah untuk mengajukan komplain.

Makanya penting untuk kalian memilih aplikasi pesan makan bergaransi seperti Kulina!

PRODUK KULINA

Produk Pesan Makan Bergaransi di Kulina

1. Langganan

Layanan langganan memudahkanmu untuk pesan makan siang (dan/atau) makan malam selama satu bulan ke depan. Kalau udah pesan langganan, kamu gak perlu pusing lagi dengan pertanyaan: makan apa hari ini?

Pesan langganan makan satu bulan juga tidak lantas membuatmu bakal dapat menu yang itu-itu melulu. Pesan langganan makan satu bulan di Kulina, bebas pilih ganti menu berbeda dari 3.000 mitra setiap harinya!

2. Instan

Hari ini dapat berita gembira? Ingin merayakan dengan teman atau orang terkasih?

Layanan instan cocok untuk kamu yang ingin adakan acara spesial dadakan. Kamu gak perlu panik mau merayakannya dengan pesan makan apa, sebab Kulina punya berbagai pilihan yang bisa menyesuaikan seleramu dan orang tercinta. Setelah pesan, makanan akan langsung diantar saat itu juga. Layanan instan juga tidak membatasi jumlah pemesanan yang kamu lakukan.

3. Pre-Order

Layanan pre-order cocok untuk kamu yang ingin menjaga persediaan makanan agar tetap aman. Kamu bisa memesan lauk atau snack favorit sebelum persediaan habis.

Layanan pre-order memberikan beberapa opsi jasa pengiriman yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

4. Acara

Layanan acara hadir untuk memeriahkan acara-acara spesial kalian. Layanan acara menyediakan berbagai pilihan makanan berkualitas mulai dari prasmanan, nasi kotak, hingga camilan lezat dengan minimal pemesanan untuk 10 orang.

Jika kamu pesan layanan acara, kamu bebas menentukan waktu pengantaran sesuai dengan jam acara yang kalian buat.

GARANSI PRODUK KULINA

1. Garansi Kualitas Makanan

Kulina bekerja sama dengan berbagai vendor ternama. Vendor-vendor ini sudah melaui seleksi ketat yang memperhatikan kebersihan tempat dan alat masak, pengolahan bahan hingga menjadi makanan, sampai ke pengemasan. Jadi kamu tak perlu khawatir dengan makanan yang dikirimkan karena sudah pasti, pesan makan bergaransi sehat dan lezat!

2. Garansi Pengantaran Tepat Waktu

Jika kamu menggunakan layanan pesan makan Langganan dan Acara di Kulina, kamu bisa mendapat jaminan pesan makan bergaransi pengantaran tepat waktu.

Layanan pesan makan Langganan memiliki jam pengantaran sebagi berikut:

  • Makan siang pukul 09.00 – 12.00
  • Makan malam pukul 15.00 – 18.00

Sementara untuk layanan pesan makan Acara bisa diantar kapan saja sesuai waktu yang sudah disepakati dan bisa disesuaikan sebelum acaramu dimulai.

3. Garangsi Uang Kembali

Kulina bekerja sama dengan berbagai macam vendor yang bisa kamu pilih menunya sesuai selera. Kerja sama langsung ini memudahkan kalian saat mengajukan komplain karena pesan makan bergaransi uang kembali.

Misal makanan yang diantar tak sesuai dengan pesanan, kamu bisa dengan mudah melapor pada Kulina untuk ditindak lanjut dan kemudian kami akan mengganti uangmu dan mengirimnya kembali pada KuSaldo di aplikasi Kulina kalian.

Cara Klaim Garansi Produk Kulina:

  • Buka aplikasi Kulina.
  • Tekan profil.
  • Tekan pusat bantuan.
  • Pilih Chat CS untuk live chat di aplikasi Kulina atau pilih Whatsapp untuk mengajukan komplain via whatsapp.
  • Pastikan kamu memiliki bukti foto dan barcode dari makanan yang sudah diantar dan tidak sesuai ya.

Wah banyak banget kan keuntungan dan kemudahan yang diberikan Kulina untuk kebutuhan makan kalian? Sekarang tinggal pilih makanan yang kalian suka, berikut beberapa inspirasi menu yang mungkin menggugah selera Anda!

Baca Artikel Serupa: Tips Bikin Workspace Efisien dan Nyaman di Rumah

INSPIRASI MENU LANGGANAN

Nasi Ayam Asam Manis

Pesan Makan Bergaransi di Kulina Langganan - Ayam Asam Manis

Menu terdiri dari nasi putih, ayam masak asam manis dengan wortel dan nanas, ditambah perkedel, dan semakin lengkap dengan lalapan, sambal, dan kerupuk. Menu ini bisa kamu dapatkan seharga Rp 30.000,00

Nasi Bakar Beras Merah

Kulina Langganan - Nasi Bakar Beras Merah

Menu terdiri dari nasi bakar beras merah dengan irisan tuna, dilengkapi dengan tempe bacem, lalapan, dan juga sambal. Menu makan siang sehat dan mengenyangkan ini bisa kamu dapatkan seharga Rp 35.000,00

Tuna Sandwich

Kulina Langganan - Tuna Sandwich

Menu terdiri dari dua tangkup sandwich tuna dengan roti gandum, ditambah dengan mayonaise dan Banana Greens Juice untuk melengkapi menu makan siang sehatmu! Menu ini bisa kamu dapatkan seharga Rp 55.000,00

INSPIRASI MENU ACARA

Nasi Campur Bali

Pesan Makan Bergaransi di Kulina Acara - Nasi Campur Bali

Menu terdiri dari nasi putih, dua sate lilit ayam, perkedel, jukut urap, timun, dan semakin lengkap untuk pecinta pedas karena sekaligus tersedia sambal matah. Menu dibandrol dengan harga Rp 25.000,00

Nasi Kuning

Kulina Acara - Nasi Kuning

Menu terdiri dari nasi kuning, ayam goreng kuning, sambal goreng kentang, keripik kentang, lalapan, dan kerupuk. Menu ini juga memberikan bonus puding atau buah, yang bisa kamu pilih sesuai selera! Tulis pilihanmu di catatan ya… Cukup dengan Rp 28.000,00 kamu sudah bisa dapat menu nasi kuning super lengkap ini untuk acara spesial kalian.

Nasi Rempah Wangi

Kulina Acara - Nasi Rempah Wangi

Menu terdiri dari nasi gurih rempah wangi, tumis buncis, daging masak cabai hijau, tahu masak lada garam, ditambah dengan sambal terasi! Menu ini bisa kalian dapatkan seharga Rp 43.000,00

Di luar enam menu di atas, masih banyak menu lain yang bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan kalian lho. Sudahlah menunya banyak, keunggulannya melimpah, ada garansi pula! Tunggu apalagi?

Yuk, buruan coba pesan makan Langganan atau Acara di Kulina!

[PESAN SEKARANG]

8 Kue Kering Khas Lebaran di Indonesia

Kulina - Kue Kering Lebaran

Banyak hal yang kita nantikan di waktu Lebaran, antara lain merayakan Hari Kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, berkumpul bersama keluarga, makan ketupat, hingga ngemil kue kering khas Lebaran yang biasanya hanya muncul satu tahun sekali!

Apa kue kering favoritmu?

Kue kering di setiap daerah di Indonesia bisa saja berbeda-beda, namun ada tiga yang biasanya selalu ada yaitu, nastar, kastangel, dan putri salju. Yuk, simak bersama kue kering apa saja yang ikonik muncul waktu Lebaran.

KUE KERING KHAS LEBARAN

1. Nastar

Kulina - Kue Kering Lebaran - Nastar

Nastar adalah kue berbentuk bulat dengan tekstur pulen dan warna kuning ke-emasan. Kata nastar berasal dari Bahasa Belanda ananas dan taart yang berarti nanas dan kue. Jadi nastar adalah kue nanas.

Memang sesuai dengan isiannya ya… Meski sekarang sudah banyak orang memodifikasi nastar dengan isian selai buah lain, namun isian utama yang pasti diingat semua orang adalah nastar isi selai nanas.

2. Kastengel

Kulina - Kue Kering Lebaran - Kastengel

Selain nastar, ternyata kue kering kastengel juga berasal dari Belanda, lho! Di Belanda penyebutannya menjadi Kaasstengels.

Kastengel terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margain, dan keju sehingga kue kering satu ini memiliki dominan rasa asin dan gurih dari keju. Kastengel biasanya berbentuk persegi panjang dengan parutan keju yang sudah terpanggang kecoklatan di atasnya.

3. Putri Salju

Kulina - Kue Kering Lebaran - Putri Salju

Jika cita rasa utama asin sudah dipegang oleh kastangels, maka kue kering putri salju hadir bagi para pecinta manis!

Putri salju biasanya memiliki kue yang terbuat dari kacang mente dan berbentuk bulan sabit. Kue kemudian “dimandikan” dengan gula halus berwarna putih yang memberikan rasa manis. Gula halus berwarna putih yang seperti salju inilah yang membuatnya bernama putri salju. Putri salju memiliki tekstur yang renyah, namun kue dengan cepat akan meleleh ketika sudah masuk ke dalam mulut.

4. Sagu Keju

Tiga kue kering di atas menggunakan bahan dasar tepung terigu, namun kue kering satu ini menggunakan tepung sagu. Ya, sesuai namanya ini adalah sagu keju. Sagu keju meski sama-sama menggunakan keju seperti kastangel, namun memiliki hasil akhir yang lebih ringan dan lebih cepat lumer di mulut.

Kue sagu tidak hanya terbatas pada bahan dasar keju. Di beberapa daerah, kue sagu tidak menggunakan keju dan justru menambahkan santan ke dalam adonan. Kue sagu santan ini lebih dikenal dengan nama kue semprit atau kue Tegal.

Baca Artikel Serupa: Inspirasi Menu Sahur untuk Pekerja Banyak Aktivitas

5. Cokelat Corn Flakes

Corn Flakes yang biasanya jadi menu sarapan, ternyata bisa juga jadi camilan khas Lebaran yang sangat mudah dibuat!

Pertama siapkan cokelat batangan untuk dilelehkan, kemudian tuang lelehan cokelat ke dalam cup kertas yang sudah diisi dengan corn flakes. Ketika cokelat masih basah, taburkan hiasan bola-bola gula agar makin cantik lagi. Terakhir tinggal masukkan ke kulkas dan tunggu cokelat mengeras. Cokelat corn flakes siap dihidangkan!

Mudah sekali bukan?

Cokelat corn flakes biasanya paling disukai anak-anak.

6. Lidah Kucing

Kue kering satu ini memang memiliki nama yang unik. Kue lidah kucing memiliki bentuk oval, panjang, tipis, dan agak kasar sehingga diberikan nama yang sesuai dengan bentuknya.

Tahukah kamu? Kue lidah kucing ternyata memerlukan cetakan khusus untuk membuat bentuknya seperti itu. Saat adonan kue dituang ke dalam cetakan, bentuknya masih bulat memanjang dan akan melebar sehingga menjadi tipis dengan sendirinya saat proses pemanggangan. Wah… Menarik ya!

Kue lidah kucing biasanya hadir dengan warna kuning, namun ada juga yang menyajikan dengan warna lain bahkan tujuh warna pelangi sekaligus.

7. Kuping Gajah

Satu lagi kue kering dengan nama hewan yang unik hadir di waktu Lebaran, apalagi kalau bukan Kuping Gajah! Kuping Gajah berbentuk bulat dengan motif spiral warna cokelat dan putih di dalamnya.

Kuping Gajah merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang dipercaya berasal dari daerah Jawa Tengah. Kuping Gajah menghadirkan rasa manis yang tidak terlalu kuat sehingga disukai oleh berbagai kalangan usia.

8. Stik Bawang

Stik bawang memang tidak khusus muncul saat Lebaran, namun tetap cukup banyak hadir dan disajikan di rumah orang-orang yang sedang merayakan Lebaran.

Stik bawang ternyata bisa dibuat dengan berbagai macam jenis tepung mulai dari tepung terigu, tepung tapioka, hingga tepung ketan. Stik bawang memiliki bentuk panjang lurus dengan bagian dalam yang kosong sehingga sangat renyah saat dimakan.

Stik bawang biasanya menambahkan cincangan daun bawang dan seledri untuk mempercantik warnanya, tidak hanya polos kecokelatan namun ada bintik-bintik hijau yang menggugah selera.

Di rumah kamu sudah ada kue kering yang mana?

Selamat Merayakan Lebaran ya!

Tips Bikin Workspace Efisien & Nyaman di Rumah

Kulina - Tips Bikin Workspace Efisien Nyaman di Rumah

Saat bulan puasa seperti sekarang, terkadang waktu siang hari terasa berjalan lebih lama dan membuat kita mudah mengantuk. Padahal saat puasa, kita tetap beraktivitas seperti biasa, bahkan bekerja.

Nah bagi kamu yang sedang menjalankan puasa dan bekerja dari rumah, Kulina mau bagi tips bikin workspace yang efisien dan nyaman di rumah agar segar seharian hingga bisa menunjang kinerja kalian.

Yuk, simak tips bikin workspace efisien dan nyaman di rumah berikut ini!

TIPS BIKIN WORKSPACE DI RUMAH

1. Dedikasikan Satu Ruang Khusus untuk Kerja

Bekerja dari rumah memang menyenangkan di awal, namun seiring berjalan waktu banyak yang mengeluh tak bisa membedakan waktu kerja dan waktu aktivitas lain di rumah. Hal ini mungkin terjadi karena tak ada batasan ruang untuk kerja dan aktivitas lainnya.

Meski bekerja dari rumah, cobalah berlaku seperti saat kamu hendak ke kantor dengan “berangkat” ke satu ruang khusus yang memang didedikasikan untuk kerja. Ruangan khusus untuk kerja ini bisa membangun atmosfer, menaikkan mood, hingga menambah konsentrasi selama bekerja.

2. Pastikan Ruangan Ada Sumber Cahaya Natural

Jika kamu sudah menentukan ruang khusus untuk bekerja dari rumah, pastikan ruangan tersebut memiliki sumber cahaya natural seperti jendela. Jendela bisa memberikan sinar matahari dan udara segar yang kamu butuhkan.

Jika sebelumnya kamu tidak bisa mengosongkan satu ruang di dalam rumah untuk bekerja, kamu bisa memilih satu sisi dinding yang dekat jendela sebagai ruang kerja.

3. Pilih Tinggi Meja Sesuai Posisi Duduk

Setelah menentukan ruang atau sisi dinding khusus untuk kerja, saatnya mulai mengisinya dengan perabotan yang menunjang kerja kita. Pertama tentu saja meja.

Pilihlah meja dengan tinggi yang pas ada di depan dada kita saat duduk. Meja pas di depan dada membuat tangan yang hendak mengoperasikan komputer atau laptop bisa berada pada posisi lurus sehingga tidak mudah lelah.

Jika kamu punya budget lebih untuk beli meja, pilihlah meja yang bisa diatur ketinggiannya sehingga meja bisa digunakan dengan posisi duduk atau pun berdiri. Perubahan posisi selama bekerja tentu bisa menghilangkan kebosanan, bahkan melancarkan aliran darah dan mengembalikan konsentrasi kita.

4. Pilih Kursi dengan Sandaran

Bekerja biasanya memakan waktu delapan hingga sembilan jam per hari. Waktu yang cukup lama untuk dihabiskan dalam posisi duduk. Inilah pentingnya kamu memilih kursi dengan sandaran agar jika tubuh mulai lelah duduk, kamu bisa bersandar sejenak.

Di pasaran, sudah ada banyak jenis kursi yang memang didesain khusus untuk menunjang tubuh yang duduk dalam waktu lama. Kursi seperti ini mungkin agak mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang diberikan demi menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca Artikel Serupa: Terbaru dari Kulina: Kantin Digital!

5. Jaga Postur Tubuh

Kulina - Tips Workspace - Jaga Postur Tubuh

Nah kalau kamu sudah memilih kursi yang tepat, kamu akan lebih bisa menjaga postur tubuh untuk tetap tegak selama bekerja.

Postur tegak bisa menjaga kesehatan tulang punggung, pun pada kursi yang memang didesain untuk duduk lama biasanya ada bantalan kecil di bagian bawah punggung yang bisa menunjang postur tubuh untuk tetap tegak.

Selain postur tubuh tegak selama duduk, perhatikan juga tinggi layar komputer atau laptop. Sebab tinggi meja hanya setinggi dada, maka kamu bisa menambahkan stand khusus untuk layar monitor atau pun laptop agar tingginya jadi sejajar dengan mata. Kamu juga bisa menggunakan buku sebagai alas layar monitor atau laptop lho.

6. Jangan Lupa Peregangan

Kulina - Tips Workspace - Jangan Lupa Peregangan

Duduk terus selama waktu bekerja tentu tidak baik bagi peredaran darah di tubuh. Makanya setiap dua jam sekali, kamu perlu melakukan peregangan. Peregangan yang sederhana saja sebenarnya cukup. Misal kamu berdiri dan berjalan untuk ke kamar kecil, lalu berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah.

Kamu juga bisa melakukan peregangan lain sambil duduk atau berdiri di dekat meja kerja. Jika kamu kelewat lelah, kamu bisa menggunakan waktu istirahat satu jam untuk tidak siang sejenak. Apalagi jika puasa, tentu waktu ini tidak digunakan untuk makan kan? Maka sebaiknya gunakan untuk istirahat maksimal atau yang biasa disebut dengan power nap.

7. Tambahkan Aksesoris

Kulina - Tips Workspace - Tambah Aksesoris

Ruangan kerja jika hanya terdiri dari meja, kursi, komputer, atau laptop tentu tetap membosankan. Maka pada ruangan kerja yang khusus dibuat untukmu, kamu bebas menambahkan aksesoris yang bisa menaikkan mood atau menjadi ciri khas kamu.

Selain untuk keindahan, aksesoris juga bisa kamu pilih karena manfaatnya yang bisa menunjang kinerja. Berikut beberapa aksesoris yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditaruh di meja kerja:

  • Humidifier – berfungsi untuk menjaga kelembapan udara dan membantu mencegah iritasi kulit yang disebabkan udara kering seperti bibir pecah-pecah hingga sakit tenggorokan.
  • Pengharum Ruangan – bisa memberikan kesegaran serta aroma tertentu yang membangkitkan mood baik saat bekerja. Pengharum ruangan sudah ada banyak macamnya, bahkan kamu bisa menambahkan fragrance oil atau essential oil pada humidifier agar udara lembab dan harum sekaligus.
  • Buku – selain untuk menambahkan keindahan meja kerja, buku bisa menambah pengetahuan kita. Jika kamu meletakkan buku yang kamu butuhkan saat bekerja di dekatmu, kamu jadi mudah untuk menjangkau dan menggunakannya. Kamu juga bisa membaca buku saat waktu istirahat.
  • Jam – tentu bisa memberi tahu waktu agar kamu lebih peka kapan saatnya bekerja, istirahat, bahkan untuk sholat. Saat ibadah puasa begini, tentu ibadah yang lainnya tak boleh terlewatkan kan?

Setelah membuat workspace yang efisien dan nyaman di rumah, pastikan juga kalian makan sehat dengan nutrisi dan gizi seimbang saat sahur dan berbuka untuk terus menjaga kinerja dan kesehatan tubuh kita!

Terbaru dari Kulina: Kantin Digital!

Kulina - Kantin Digital

Pandemi covid-19 sudah berlangsung dua tahun, perlahan tapi pasti kita pulih dari keadaan dan mulai beradaptasi. Beberapa contoh adaptasi yang mulai diterapkan masyarakat luas adalah kembalinya orang-orang bekerja ke kantor dan anak-anak ke sekolah.

Anak usia sekolah antara enam hingga dua belas tahun sudah bisa mendapatkan vaksinasi. Meski begitu, anak tetap tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan sebab lingkungan sekolah mengharuskan mereka berada dalam satu tempat dengan orang banyak dalam waktu yang lama.

Anda sebagai orang tua tentu memiliki kekhawatiran tertentu pada Si Kecil. Jika orang tua bisa memahami resiko apa saja yang terjadi di sekolah, maka orang tua bisa lebih mempersiapkan buah hati agar tak perlu ada kekhawatiran lagi!

RESIKO KESEHATAN DI SEKOLAH

1. Berada di Satu Tempat dengan Orang Banyak Dalam Waktu Lama

Di sekolah anak tak mungkin sendiri karena ada teman, guru, satpam, bahkan penjual jajanan di sekitar sekolah. Begitu banyak orang yang tak bisa kita ketahui kondisi kesehatan dan bagaimana mereka menjaga kebersihan diri masing-masing kan?

2. Kualitas Asupan Makanan

Namun saat transisi kondisi seperti ini, dimana biasanya semua berada di dalam rumah, namun kini masing-masing telah kembali bekerja dan sekolah ke tempat yang berbeda, tentu ada proses adapatasi yang harus dijalani.

Orang tua mungkin lebih sulit membagi waktu untuk mengurus rumah dan pekerjaan yang berada di tempat berbeda sehingga tidak sempat membuatkan bekal untuk anak. Anak jadi harus beli makan siang sendiri di sekitar sekolah yang tak terjamin kualitas dan higienitasnya.

Padahal menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari memastikan nutrisi seimbang dan bergizi untuk tubuhnya.

Baca Artikel Serupa: Mitos Seputar Gizi Harian yang Perlu Diluruskan

3. Waktu Istirahat Kurang

Anak-anak yang tidak membawa bekal ke sekolah, tentu menggunakan waktu istirahat untuk membeli makanan. Seringnya, jumlah penjaja makanan di sekitar sekolah atau di kantin tak sebanding dengan jumlah siswa di sekolah sehingga perlu berebut atau antri panjang.

Saat anak berebut atau antri untuk beli makan, tentu ini akan memotong waktu istirahat mereka. Apalagi anak-anak sudah lama tidak bertemu muka dengan teman sebaya, pasti mereka ingin bermain bersama. Kondisi ini bisa saja mengakibatkan Si Kecil lebih memilih bermain dari pada beli makan. Alih-alih anak malah mengabaikan kebutuhan makan untuk menjaga kesehatan mereka.

CARA ATASI RESIKO KESEHATAN DI SEKOLAH

Cara Atasi Resiko Kesehatan di Sekolah

1. Siapkan Sanitasi-Kit untuk Anak

Anak menghabiskan waktu yang cukup lama di sekolah dengan menggunakan masker. Padahal masker memiliki batas waktu penggunaannya sendiri.

Sebuah studi yang diterbitkan WHO pada Mei 2020 menyatakan bahwa setelah menggunakan selama empat jam, masker biasanya mengalami penurunan daya tahan partikel yang keluar dari mulut kita.

Jadi sebagai orang tua, pastikan anak membawa sanitasi-kit. Sanitasi-kit terdiri dari:

  • Masker beberapa lembar
  • Tisu kering
  • Tisu basah
  • Hand Sanitizer

Setelah membawa sanitasi-kit yang bisa membantu menjaga kesehatan buah hati di sekolah, orang tua juga perlu mengingatkan anak untuk mengganti masker setiap empat jam dan tidak lupa rajin cuci tangan.

2. Pastikan Kualitas Makanan Anak

Orang tau yang tak sempat membuat bekal untuk anak sebenarnya tak perlu khawatir dengan kualitas makanan yang mereka santap, sebab orang tua bisa memilih vendor terpercaya untuk memastikan makan siang mereka seperti produk terbaru dari Kulina: Kantin Digital!

KANTIN DIGITAL KULINA

Hadirkan Kantin Digital Kulina di Sekolah

Kantin digital adalah solusi makan siang dan camilan peserta didik yang hadir dalam bentuk aplikasi. Satu aplikasi yang menyediakan ribuan pilihan makanan yang bisa dipilih sesuai selera dan harga.

Kantin digital hanya menunjukkan vendor-vendor terpercaya yang sudah dikurasi ketat oleh tim Kulina sehingga para orang tua tak perlu khawatir lagi soal kualitas rasa dan kebersihan makanan yang akan dipesan anak-anak.

Kantin digital sangat praktis dan tentu memiliki berbagai keunggulan dibanding kantin konvensional.

Kantin Digital VS Kantin Non-digital

1. CARA PESAN KANTIN DIGITAL KULINA

  • Unduh aplikasi Kulina.
  • Masukkan uang jajan anak dalam KuSaldo.
  • Bebaskan anak pilih makanan yang mereka suka.
  • Harga makanan akan dipotong dari KuSaldo.
  • Makanan akan diantar ke sekolah sesuai waktu istirahat yang ditentukan.

2. MANFAAT KANTIN DIGITAL KULINA

Tahukah Anda? Menggunakan kantin digital Kulina bisa melatih anak lebih mandiri dan bertanggung jawab atas pengolaan uang.

Saat Anda memasukkan uang jajan satu minggu di hari Senin, anak akan mengatur dan menghitung sendiri pembagian yang tepat antara uang yang orang tua berikan dengan jumlah makanan yang mereka butuhkan selama satu minggu sekolah. Jadi mereka bisa memilih menu yang sesuai dengan selera dan hitungan pengeluaran.

Saat anak menggunakan kantin digital Kulina, anak juga tidak perlu berburu atau antri makanan di penjaja sekitar sekolah sehingga waktu istirahat bisa mereka gunakan lebih maksimal untuk menghilangkan rasa lelah, makan, dan bermain dengan teman.

Selain bermanfaat bagi anak, kantin digital Kulina juga memberikan manfaat bagi orang tua dan sekolah lho!

Manfaat Bagi Orang Tua:

  • Orang tau tak perlu khawatir lagi dengan kualitas asupan makanan anak di sekolah. Anak terjamin dapat makan siang dengan nutrisi dan gizi seimbang yang bisa menunjang kesehatan dan performa belajar anak.
  • Orang tau bisa menghemat pengeluaran uang jajan sebab budget uang jajan anak sudah ditentukan sejak awal. Satu hal yang sering menjadi pertanyaan jika kita membeli makan di luar sekolah, pengiriman dan biaya kirimnya berapa? Tenang… Kantin digital Kulina BEBAS BIAYA KIRIM!

Manfaat Bagi Sekolah:

  • Sekolah yang menyediakan kantin digital berarti peduli dengan kesehatan peserta didik. Hal ini bisa meningkatkan citra sekolah di mata para orang tua dan masyarakat luas.
  • Sekolah tidak perlu repot mengelola kantin di sekolah, sebab kantin digital dikelola oleh Kulina. Kulina memilih vendor makan terpercaya yang menjaga kebersihan mulai dari pemilihan bahan, cara masak, tempat masak, hingga cara pengemasan dan pengantaran yang memastikan makanan lezat sampai di tangan anak.

YUK, DISKUSIKAN KEBUTUHAN ANAK DAN SEKOLAH ANDA

[DI SINI]

Kulina Corporate Catering, Bukan Katering Biasa!

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering merupakan layanan khusus untuk perusahaan yang ingin menyediakan makan siang bagi karyawannya.

Kulina Corporate Catering menggunakan aplikasi sebagai basis kerja untuk menghubungkan perusahaan dengan mitra terdekat sehingga biaya pengantaran lebih murah. Kulina telah menyeleksi mitra dengan sangat ketat sehingga kualitas, higienitas, dan rasa setiap makanan yang kamu pesan tak perlu diragukan.

Kulina telah berdiri sejak tahun 2015 dan kini telah melayani lebih dari 40 perusahaan di Jakarta untuk urusan makan siang karyawan mereka. Apakah kamu perusahaan berikutnya?

Yuk, simak ada layanan apa saja di Kulina Corporate Catering?

Jenis Layanan Kulina Corporate Catering

1. Langganan

Layanan langganan memudahkan perusahaan yang ingin langsung memesan dan memastikan makan siang karyawan mereka terjamin untuk satu bulan ke depan. Jika sudah pesan untuk satu bulan, perusahaan dan karyawan tidak perlu pusing lagi: mau makan apa hari ini?

Walaupun pesan langganan untuk satu bulan, perusahaan tidak perlu khawatir dengan ragam menu yang akan dihadirkan.

Kalau menu itu-itu melulu, karyawan pada bosan…

Tenang, Kulina Corporate Catering membebaskanmu memilih menu yang berbeda setiap harinya dari 3.000 mitra yang tersedia! Mau pilih dari mitra yang mana saja, gak ada tambahan biaya pengiriman kok.

2. Instan

Hari ini dapat deal kerja sama yang menggembirakan? Mau merayakan dengan karyawan? Kulina Corporate Catering layanan instan solusinya!

Layanan instan cocok untuk perusahaan yang memiliki acara spesial dadakan. Perusahaan gak perlu panik mau merayakannya dengan pesan makan apa, sebab berbagai pilihan yang ada bisa menyesuaikan selera karyawan. Setelah pesan, makanan akan langsung diantar ke kantor saat itu juga. Layanan instan juga tidak membatasi jumlah pemesanan yang kamu lakukan.

3. Pre-Order

Layanan pre-order cocok untuk perusahaan yang ingin menjaga persediaan makanan mereka aman. Perusahaan bisa memesan lauk atau snack favorit karyawan sebelum persediaan habis.

Layanan pre-order memberikan beberapa opsi jasa pengiriman yang bisa perusahaan pilih sesuai kebutuhan.

4. Event

Layanan event hadir untuk memeriahkan acara-acara spesial perusahaan. Layanan event menyediakan berbagai pilihan makanan berkualitas mulai dari prasmanan, nasi kotak, hingga camilan lezat.

Layanan event memiliki minimal pemesanan untuk 10 orang. Perusahaan yang menggunakan layanan event, bebas menentukan waktu pengantaran sesuai dengan jam acara perusahaan kalian.

Baca Artikel Serupa: 6 Keuntungan Perusahaan Sediakan Makan Siang Karyawan

Keunggulan Kulina Corporate Catering

1. Gratis Ongkir

Harga yang tertera untuk langganan makan siang karyawan di Kulina sudah termasuk ongkos pengiriman lho!

Jadi biaya yang dikeluarkan perusahaan sudah termasuk semua, pokoknya dijamin aman sampai makanan tiba di tujuan. Biaya yang sudah bulat seperti ini bisa membuat perusahaanmu mengatur keuangan lebih cermat dan hemat.

2. Menu Makan Bergizi dan Higienis

Kulina bekerja sama dengan banyak vendor ternama. Vendor-vendor ini sudah melaui seleksi ketat yang memperhatikan kebersihan tempat dan alat masak, pengolahan bahan hingga menjadi makanan, sampai ke pengemasan. Jadi perusahaan tak perlu khawatir dengan makanan yang disajikan untuk karyawan karena pastinya sehat dan lezat!

3. Menu Beragam, Karyawan Tidak Bosan

Kulina Corporate Catering memiliki lebih dari 6.000 menu makan siang dari mitra-mitra terbaik di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Wow… banyak banget kan. Tiap hari ganti menu? Bukan masalah!

Menu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera karyawan. Karyawan pun bisa menambahkan anggaran makan siang sendiri di luar subsidi perusahaan.

4. Perusahaan Hemat 30%

Kulina Corporate Catering memberikan fleksibilitas bagi perusahaan dalam urusan memesan makan siang karyawan. Selain soal ragam pilihan menu, perusahaan juga bisa memesan jumlah makan siang yang berbeda setiap hari tergantung jumlah karyawan yang datang. Jadi perusahaan hanya membayar makan siang YANG BENAR-BENAR DIMAKAN.

Kalau pesan sesuai kebutuhan kan jadi gak ada budget makan siang yang terbuang dan perusahaan bisa hemat hingga 30%!

5. Perusahaan Bebas Pilih Metode Pembayaran

Kulina Corporate Catering memberikan dua pilihan waktu pembayaran yaitu, di awal atau akhir masa langganan sesuai dengan jumlah menu makan siang yang dipesan. Selain pilihan pembayaran di awal atau akhir, perusahaan juga bisa menentukan ingin memberikan subsidi makan siang sebagian atau seluruhnya.

Perusahaan yang memilih subsidi sebagian memberikan tunjangan makan siang di harga tertentu. Lalu ketika karyawan memesan menu makan siang yang lebih mahal ketimbang harga yang telah ditentukan, karyawan itu sendiri yang akan membayar kelebihannya.

Kulina Corporate Catering VS Katering Konvensional

Katering konvensional biasanya menyuguhkan menu yang itu-itu melulu karena berasal dari satu vendor saja. Makan siang seperti ini tentu membuat karyawan bosan, tidak bergairah makan, dan ujung-ujungnya balik jajan keluar lagi deh.

Belum lagi pemesanannya harus lewat telepon atau datang langsung untuk pilih menu. Dan biasanya jumlah makanan yang dipesan di awal tidak bisa diubah sewaktu-waktu misal ketika beberapa karyawan tidak masuk atau dinas keluar. Makanan jadi mubazir dan malah menambah sampah.

Sementara kalau kamu pakai Kulina Corporate Catering, kamu gak bakal merasakan keterbatasan itu semua! Kulina bekerja sama dengan beragam vendor yang tersedia di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Beragam vendor ini menawarkan pilihan makanan yang bermacam-macam mulai dari masakan Nusantara, China, Jepang, hingga Western style.

Kulina Corporate Catering hadir dalam satu aplikasi yang memudahkan aksesmu untuk pilih menu, pesan, bayar, hingga cek status pengiriman. Semuanya ada di genggaman tangan. Akses aplikasi Kulina juga bisa di-handle HR atau pun diatur oleh masing-masing karyawan, tinggal disesuaikan kebutuhan dan mana yang paling menguntungkan perusahaan.