Kulonuwun Warga Yogyakarta, Kulina Kini Hadir di Jogja!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sobat mager Jogja kini tak perlu lagi bersedih hati~

Kalau biasanya tiap jam istirahat selalu makan di luar kantor atau pesan lewat platform pesan dan antar makanan jadi kebiasaan, kalian kudu cobain cara baru ini nih! Karena akhirnya kalian warga Jogja bisa cobain pengalaman makan bareng Kulina! Mulai jadwal makan buat sehari, seminggu, bahkan sebulan bisa kalian rancang sendiri. Kok bisa?

1. Atur Jadwal Makan di Kulina

1. Kulina Jogja - Atur Jadwal Makan
Kulina Jogja – Atur Jadwal Makan

Kulina merupakan platform pesan antar makanan berbasis aplikasi, jadi memudahkan kalian untuk bisa mengelola jadwal makan dari genggamanmu. Mau pesan untuk makan siang atau makan malam? Atau butuh cemilan disela-sela kegiatan? Semua bisa bareng Kulina!

Ketika pola makan harian lebih teratur, artinya budget untuk makan juga makin terencana.

Kemudahan teknologi memang sangat memudahkan untuk memenuhi kebutuhan, saking mudahnya terkadang membuat orang suka impulsif. Diskon atau promo-promo yang bertebaran suka bikin laper mata. Dan dengan seketika bikin orang mudah melakukan transaksi tak terencana. Padahal kalau dipikir sebenernya, yaaa … gak butuh-butuh amat~

Kalau sudah begini, kebutuhan untuk mengelola pengeluaran untuk makan jadi krusial. Atur jadwal makan di Kulina, selain teratur di waktu juga teratur di anggaran, nutrisi juga makin terkendali. Goal pola makan sehat bisa jadi motivasi bagi tubuh dan staminamu.

2. Pengeluaran Ramping Sesuai Anggaran

2. Kulina Jogja - Sesuai Anggaran
Kulina Jogja – Sesuai Anggaran

Pesan makanan lewat aplikasi memang suka meresahkan buat pengeluaran. Pasalnya selain harga makanan itu sendiri, ada tambahan tentatif dari ongkos kirim.

Kulina tahu kebutuhanmu!

Beragam pilihan menu? Check list.
Harga sesuai budget? Check list.
Sehat sekaligus enak? Check list.

Ongkos kirim? Jauh dari kamus Kulina. Soalnya, selama langganan di Kulina, pesananmu sudah termasuk ongkos kirim. Jadi, tinggal santai tunggu pesananmu datang deh~

Kabar baik lainnya, kalian tak perlu repot memikirkan minimal order demi mendapatkan gratis ongkos kirim. Kalian tetap bisa menikmati paket makan tanpa minimal order atau syarat dan ketentuan tertentu. Mau pesan satu buat kamu sendiri? Bisa diatur~

Bye overbudget!

3. Menu Enak Bergaransi

3. Kulina Jogja - Enak Bergaransi
Kulina Jogja – Enak Bergaransi

Pesan makan dengan menu andalan di Kulina itu jelas enak rasanya. Lebih menyenangkan karena menu terbaik ini dibuat dari dapur pilihan. Kulina berkolaborasi dengan katering dan restoran lokal Jogja. Selain sudah terkenal di daerahnya, higienisitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. 

Riskan keamanan dan kualitas selama perjalanan makanan diantarkan kadang luput dari quality control. Terus kalau sudah begini pesan makanan mana bisa bergaransi? Baru Kulina yang berani jamin, bila makanan yang kamu pesan terbukti basi atau rusak bisa diganti dengan yang baru. 

Sedulur Jogja sekarang bisa makan gak asal kenyang.

Nyatanya sekarang bisa akses mudah makan enak, sehat, bersih, pakai bergaransi lagi~

4. Untungnya di Kamu, Belinya di Kulina

4. Kulina Jogja - Untung di Kamu
Kulina Jogja – Untung di Kamu

Sedulur Jogja pengguna baru aplikasi Kulina, beruntunglah kalian! Soalnya ada kode promo yang bisa kalian pakai langsung untuk melakukan transaksi pertama di Kulina. Ada dua pilihan dengan diskon Rp 10.000 untuk pembelian 3 item yang sama di hari yang sama. Dan diskon Rp 20.000 untuk pembelian 5 item yang sama di hari yang sama. Lumayan nih lur buat ajak-ajakin temen makan bareng~

Kulina sudah melayani lebih dari satu juta box untuk mempermudah urusan makan para pelanggan. Kamu kapan?

[CEK MENU KULINA]

5. Kulina Jogja - Cek Menunya



Saat Kalian Merasa Lapar, Ini yang Terjadi pada Tubuhmu

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Menunda atau melewatkan waktu makan mungkin menjadi hal yang wajar dialami saat mengejar tenggat waktu pekerjaan. Namun, perilaku ini bisa jadi mempunyai efek tertentu bagi tubuhmu. Rasa lapar berkepanjangan dapat memberikan pengaruh pada psikis. Terutama pada pria, rasa lapar dapat membuat orang menarik diri dan apatis. Sebelum semakin berlarut-larut bahkan sampai jadi kebiasaan buruk, yuk cari tahu apa yang terjadi pada tubuhmu ketika rasa lapar melanda.

Otak Mengatur Strategi

C:\Users\Owner\Downloads\hypothalamus.jpg

Saat manusia merasa lapar, organ utama yang menjadi pusat rasa lapar adalah hypotalamus. Metabolisme otak menjadi aktif setelah kadar gula dalam darah menurun. Bagian tersebut berfungsi mengaktifkan produksi hormon stress adrenalin yang nantinya akan memberikan sinyal ke manusia untuk mencari makanan. Saat kelaparan, setiap organ tubuh akan menurun hingga 50% dari berat sebelumnya. Berbeda halnya dengan otak. Organ tubuh ini hanya akan menurun 2-4% saja.

Enam jam pertama tanpa makanan, tubuh akan memecah glikogen menjadi glukosa sebagai bahan bakar energi untuk otak, jaringan otot dan aliran darah.Setelah enam jam berlalu, glikogen akan mulai habis. Hal ini menyebabkan energi habis dan otak sulit membuat keputusan. Kesulitan ini kemudian membuat kadar emosi meningkat.

Tubuh Menghemat Energi

C:\Users\Owner\Downloads\all_tiredness_shutterstock_302075804.jpg

Bila kelaparan terjadi 3 hingga 10 hari akan membuat metabolisme tubuh menurun. Demikian juga dengan frekuensi kerja jantung dan suhu tubuh menurun disebut penghematan energi. Selain itu, ketiadaan glukosa dalam darah akan membuat tubuh mengambil simpanan lemak sebagai sumber energi utama. Secara otomatis tubuh akan membangun asam lemak yang nantinya akan menjadi keton atau senyawa lemak tubuh. Keton merupakan senyawa terpenting terakhir saat orang kelaparan tetap bertahan hidup. Sebab, keton menjadi satu-satunya unsur yang bisa dikonsumsi otak selain glukosa.

Dampak yang mungkin dapat muncul dari kelaparan berkepanjangan ini adalah dengan berubahnya suasana hati, tubuh lemas karena berkurangnya massa otot, fungsi penahan kulit melemah, sistem kekebalan tubuh menurun, dan makin mudah terserang penyakit. Yang paling buruk selain gejala yang telah disebutkan diatas adalah otot-otot jantung kemudian perlahan menjadi makanan bagi otak. Hal ini juga akan terjadi pada organ tubuh lainnya, mengingat organ tubuh sebagian besar tebuat dari protein.

Perubahan Metabolisme Tubuh

C:\Users\Owner\Downloads\comb-with-hair-loss-problem_36743-135.jpg

Jika tubuh menyesuaikan program metabolisme demikian, tubuh manusia hanya dapat bertahan maksimal 3 bulan. Kurangnya nutrisi ini akan diawali dengan munlainya ada kerusakan gigi, tulang mulai melemah dan munculnya rambut rontok. 

Dampak selanjutnya, dalam waktu singkat tubuh akan mengkonsumsi seluruh protein dari organ-organ. Seluruh protein ini kemudian akan dipakai otak sebagai sumber energi, demi pemenuhan kebutuhan energi otak. Jika sudah demikian, kurangnya nutrisi akan mematikan fungsi jantung.

Menunda atau melewatkan waktu makan demi pekerjaan atau malah niatan mengurangi berat badan mungkin sulit dihindari. Tapi kalau dapat mengelolanya sesuai dengan kapasitas tubuh, malah akan memberikan dampak positif. Sama halnya ketika berpuasa seharian penuh. Sejauh apa kemampuan kalian mengenali tubuh, hanya kalian sendiri yang dapat mengukurnya. 

Tetap sayangi tubuhmu ya guys!

SUMBER:
https://www.dw.com/id/reaksi-tubuh-bila-kelaparan/a-15565152
https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/reaksi-tubuh-saat-berhenti-makan/full


STOP BUANG-BUANG MAKANAN! INI AKIBATNYA.

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

1. Kulina - Stop Buang-Buang Makanan! Ini Akibatnya.
Stop Buang-Buang Makanan! Ini Akibatnya.

Tahu kah kalian? Kalau rata-rata setiap orang di Indonesia membuang hingga 300kg makanan setiap tahunnya? Lebih mendalam, menurut laporan dari badan pangan PBB, FAO menyebutkan bahwa Indonesia dapat menghasilkan total sampah makanan sekitar 13 juta ton sampah makanan tiap tahunnya! Banyaknya sampah makanan ini menjadikan Indonesia mendapat predikat kedua setelah Saudi Arabia sebagai penyumbang sampah makanan terbesar di dunia.

Sumbangan sampah makanan tersebut termasuk dari makanan-makanan sisa dari piring-piring di rumah maupun restoran. Selain itu penyumbang kedua dari sampah sayur dan buah di pasar, supermarket, maupun rumah tangga. Sayur maupun buah yang mulai layu atau tidak layak konsumsi biasanya akan di sisihkan untuk kemudian dibuang. Jumlahnya pun tak serta merta 1 atau 2 kg saja, namun lebih dari itu, dan menumpuk setiap harinya. Selain itu, ada banyak makanan instan atau kalengan yang masih dalam hitungan bulan jauh dari tanggal kadaluarsanya tetapi tak dapat dijual, karena ada alasan standarisasi produk.

Dampak Buang-Buang Makanan

Ironisnya, isu kelaparan dan ketimpangan memperoleh akses pangan di Indonesia baik masyarakat di pedesaan maupun perkotaan masih menjadi isu yang banyak diberbincangkan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa sekitar 19,4 juta orang di Indonesia tidur dalam keadaan lapar dan kekurangan gizi. Padahal bila dapat mengelola alur makanan tersebut, konon katanya dari 13 juta ton sampah makanan tersebut dapat dialokasikan bagi 28 juta orang di Indonesia.

Kurangnya kesadaran mengelola sisa makanan menjadi lebih berarti masih belum banyak dilirik sebagai sebuah upaya menjaga lingkungan. Faktanya, pengelolaan sisa makanan yang kurang baik akan menambah volume timbunan di tempat pembuangan sampah, dimana semakin banyak timbunan akan menghasilkan gas methana yang berpotensi menyebabkan ledakan.

Dari beberapa data tersebut, terdapat bentangan jarak yang cukup lebar antara angka kelaparan, kurang gizi dengan makanan yang terbuang, termasuk dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Demi kebaikan isu ini perlu diketahui dan dipahami, sehingga diharapkan membawa kesadaran terhadap masyarakat luas.

Penyebab Buang-Buang Makanan

Biasanya makanan terbuang dialami ketika mengkonsumsi seporsi makanan yang lebih dari porsi semestinya. Padahal meminimalisir pola konsumsi tersebut dapat diupayakan dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan memesan makanan sistem pre-order di Kulina. Karena pesan melalui katering Kulina sama dengan meminimalisir sampah makanan. Mudahnya, dapur Kulina akan mendapatkan pesanan pasti dari kalian setiap harinya, sehingga bahan belanja dapur pasti sesuai dengan jumlah pemesanannya. Bila berjalan demikian baik, tak akan ada kisah bahan atau makanan terbuang sia-sia. 

Solusi Kurangi Buang Makanan

Berita baik lainnya, kalian dapat memesan sesuai porsi satu kali makan. Kulina berkolaborasi dengan dapur dan resto lokal, jadi ada lebih dari 1000 menu tiap harinya. Dari menu-menu mini alias porsi kecil hingga porsi besar semua bisa dipesan sesuai kebutuhan. Pilihan menu juga dapat disesuaikan dengan anggaran makan kalian. Jika semua dapat disesuaikan, mulai jenis menu, porsi, hingga anggaran sekali makan dapat dipastikan tak akan ada namanya makanan terbuang sia-sia.

Kulina juga menerapkan sistem pre-order, artinya dapur mendapat fix order sehari sebelumnya. Pihak dapur tidak perlu berlebih dalam belanja stok, apalagi bahan yang gak tahan lama. Dapur bisa efisien dan mengurangi resiko sisa bahan makanan yang terbuang.

Jadi, ikut berpartisipasi menjaga lingkungan dan mengelola sampah makanan bisa dimulai dari piring makanmu kan?

[YUK, CEK MENU KULINA]

2. Kulina - Lihat Menu Kulina Sebagai Solusi Kurangi Buang Makanan
Lihat Menu Kulina Sebagai Solusi Kurangi Buang Makanan

Kamu Sering Hangatkan Makanan Sisa Semalam?

Hati-hati Tidak Semua Makanan Aman!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kebiasaan hangatkan makanan sisa semalam mungkin menjadi salah satu cara untuk lebih irit. Selain karna alasan ekonomis, cara ini juga jadi pilihan karena alasan praktisnya. Menghangatkan ulang makanan sisa semalam di atas kompor atau microwaves akan membuat makanan makin nikmat untuk disantap. 

Tapi apakah semua jenis makanan baik, jika disimpan untuk kemudian dihangatkan kembali? Biar gak salah cara alih-alih malah bikin sakit perut, tips sehat untuk konsumsi makanan sisa semalam berikut ini bisa kalian terapkan sendiri ya!

1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur Rebus

1. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Telur
1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak metode olah. Salah satu yang cukup praktis adalah dengan merebusnya. Telur yang telah direbus dalam keadaan dikupas (atau pun belum) tidak direkomendasikan untuk dihangatkan kembali dengan merebus atau dengan microwaves ya. Pasalnya, memanaskan telur dapat menimbulkan zat berbahaya berupa racun. Selain itu, jika memanaskan telur di dalam microwaves, akan memberikan tekanan kelembaban di dalam telur, sehingga membuat telur ini meledak. 

Tips hangatkan makanan ulang untuk telur rebus adalah memotong telur menjadi beberapa bagian sebelum menghangatkannya ke dalam microwaves. Upaya ini bermaksud untuk mengantisipasi potensi ledakan pada telur.

2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

2. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Olahan
2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

Produk daging olahan termasuk jajaran sumber protein favorit. Hal ini didukung oleh bahan kimia dan pengawet yang terkandung di dalamnya, sehingga memperpanjang masa konsumsi. 

Namun, menghangatkan daging olahan terutama menggunakan microwaves dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Kandungan kolestrol dalam daging olahan akan teroksidasi selama proses penghangatan dalam microwaves. Demikian zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging olahan dengan kompor, usahakan hanya memanaskannya satu kali. Hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan oksidasi yang semakin tinggi.

3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

3. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Nasi
3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

Serius nih, nasi?

Menyimpan nasi sisa semalam di dalam kulkas sangat sering dijumpai. Padahal nasi yang terlalu lama disimpan maupun dalam penyimanan yang kurang tepat dapat memicu timbulnya bakteri Bacillus Cereus. Memanaskan nasi dengan microwave atau ditanak kembali di atas dandang memang dapat membunuh bakteri tersebut.

Sayangnya, spora dalam nasi lebih tahan akan daya panas, sehingga ada kemungkinan dapat meracuni tubuh. Tips hangatkan makanan ulang untuk nasi agar tetap layak untuk dikonsumsi bisa dengan menyimpannya dalam rice cooker. Selain panasnya stabil, kebersihannya juga terjamin karena didesain agar dapat tertutup rapat.

4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

4. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Ayam
4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

Daging ayam sendiri merupakan daging yang mengandung kontaminasi bakteri Salmonella. Hal ini menjadikannya salah satu makanan yang lebih rawan tercemar, setelah dihangatkan kembali. Sebelum menyimpan daging tersebut, pastikan mengolah daging ayam sampai matang ke dalam tulang. 

Jika hendak menyimpannya di dalam kulkas, gunakan wadah yang tertutup rapat, sehingga meminimalisir tercemar bakteri lainnya. Begitu pula dengan proses menghangatkannya.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging ayam jika menggunakan microwaves, pakai wadah dengan label microwave safe. Tips ini baik untuk bahan makanan yang dihangatkan maupun faktor keamanan alat itu sendiri. 

Potong-potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil ketika menghangatkannya, agar daging ayam bisa benar-benar panas sampai ke bagian tulang. Hal ini baik dilakukan agar bakteri sepenuhnya mati.

5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

5. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daun Hijau
5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

Sayuran berwarna hijau lebih rentan terhadap pembusukan bila disimpan terlalu lama. Namun, terkadang hal menyimpanan sayuran hijau sulit untuk dihindari. Tips agar kandungan nutrisinya terjaga, coba panaskan sayuran hijau menggunakan kompor alih-alih menggunakan microwaves. Pasalnya, memanaskan sayuran hijau di dalam microwaves malah akan meningkatkan nitrat yang mana akan berubah menjadi nitrosamine. Senyawa ini akan berubah menjadi racun karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.

Tips hangatkan makanan ulang untuk sayuran adalah gunakan api kecil pada kompor. Dengan kecilnya api kompor, waktu masak sayur akan lebih lama, sehingga hidangan tak terlalu masak atau bahkan sampai hilang nutrisi.

Kalau kamu mengerti hidangan apa yang kalian simpan dan bagaimana cara yang baik mengolahnya kembali, tentu menghangatkan ulang sisa makanan semalam jadi tetap aman. So, tetap cerdik mengelola makanan agar lebih ekonomis nantinya ya, Kulinas!

Atau kamu juga bisa beli makan hanya ketika kamu hendak makan dengan porsi sekali makan. Tenang, kamu gak perlu takut boros karena kalau kamu pesan makanan di Kulina, ada beragam variasa harga yang bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu sendiri. Dan yang lebih penting dari itu, semua menu Kulina fresh dimasak langsung dari dapur pilihan, lalu diantarkan langsung ke alamat kamu tanpa tambahan ongkos kirim.

UDAH HEMAT, SEHAT LAGI!

[YUK, CEK MENU KULINA]





Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Walaupun kesibukan dan rutinitas pekerjaan super hectic, makan siang menjadi salah satu momen yang tak boleh terlewatkan. Buat kalian yang sibuk bekerja dari rumah maupun dari kantor, jangan sampai abai dengan makan siang teratur. Nutrisi tubuh yang tak terpenuhi, akhirnya bikin tubuh cepat lelah. Kalau sudah begini, bisa bikin performa kurang maksimal bahkan bikin produktifitas menurun.

Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Katanya sih, tak ada logistik bikin tak ada logika.

Hmm, berasa lagunya siapa gitu ya gengs? Hehehe~

Makan siang teratur bagi sebagian pekerja bisa jadi hanyalah mitos belaka. Pasalnya, selain dikejar kewajiban pekerjaan, untuk datang mengantri di kafetaria, kantin, resto, maupun warung terdekat perlu usaha ekstra. Dimana alasan-alasan tersebut menjadi faktor yang paling bikin mager alias males gerak! Kebayang kan kudu beresin kerjaan, turun dari lantai sekian, belum lagi menunggu antrian pesanan. Bisa-bisa waktu istirahatmu habis di jalan dan buat nunggu~

Lauk ikan pindang,
Minumnya es blewah. 
Ribet mau makan siang?
Pesen di Kulina ajah~

Bikin makan siangmu lebih seru, soalnya pesen makan di Kulina itu anti-bosan. Setiap hari, ada 1000 menu ((hail to the menu)) yang siap buat memenuhi mood harianmu. Mulai dari makanan berat ala Western, selera Nusantara, hingga Timur Tengah. Khusus buat kalian yang lagi ada program diet, pas banget nih soalnya Kulina sedia menu plant based diet sampai keto diet juga ada. Eits, belum kenyang? Ada lagi makanan kecil dan pencuci mulut biar makin puas!

Cus, langsung akses website Kulina lewat smartphone kamu. Semua pesananmu bisa dateng tepat di jam makan siang. Makananmu diantar sampai kantor tanpa tambahan biaya ongkir. Selain itu rencana makan siangmu makin fleksibel karna ada fitur terbaru dari Kulina. Salah satunya pakai fitur pesan Mix & Match.

Apa aja sih keunggulan baru fitur ini, yuk kulik bareng-bareng!

1. Pilih Opsi Pesanan Satuan

Sekarang Kulina punya dua opsi pilih pesanan. Mau pesen dalam paket bisa, mau pesan Satuan? Bisa banget! Dengan fitur baru dari Kulina ini, mau pesen satuan pun akan dilayani lho guys! Kalau begini caranya bisa jadi makan sehatmu tetap on the budget deh!

2. Pilih Tanggal dan Hari Makanan Hendak Diantarkan

Step kedua, tentukan tanggal berapa pesananmu hendak diantarkan. Cukup fleksibel, soalnya kamu bisa banget skip tanggal atau atur aja tanggal kalian akan merencanakan makan siang di kantor. Easy!

3. Tentukan Menu Makananmu

Paling utama nih, makan apa ya hari ini? Udah lah kamu gak usah pusing lagi, karena apa yang kamu mau? Ada di Kulina! Kulina telah berkolaborasi dengan 80 vendor lokal untuk menyediakan 1000 rancangan menu yang tersedia setiap harinya.

4. Tentukan Jumlah Pesananmu

Next step is to mention how many box you need to lift up your spirit well. Tepat di bawah menu makanan akan ada pilihan jumlah makanan yang kamu butuhin. Dengan memesan makanan sesuai jumlah kebutuhan, kalian akan ikut berpartisipasi dalam mengurangi food waste!

5. Checkout dan Nikmati deh!

To make sure, cek ulang pesanan kalian yaps. Last but not least is to checking out! Tinggal bayar dan tunggu makanan kalian diantar sampai ke kantor mu. Simple!

Tutorial Penggunaan Fitur Baru Kulina

[COBA FITUR BARU KULINA]

Sedang Memilih Jasa Katering untuk Perusahaan? Simak 4 Tips Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Infonya, rekan kerja maupun kolega yang bekerja dengan bahagia akan meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu sumber kebahagian itu ada di waktu istirahat sambil menyantap makan siang. Memanfaatkan makan siang bersama kolega faktanya dapat memperdalam relasi dan interaksi satu dengan lainnya, sehingga dapat meningkatkan semangat kolaborasi antar tim. 

Walaupun kelihatannya simpel, namun fasilitas seperti ini perlu untuk diperhatikan. Tak hanya dari sisi nutrisi makanannya, tingkat kebersihan, dan ketepatan waktu pengantaran cukup krusial. Demikian dengan memilih jasa katering, tidak cukup punya rasa yang enak, tapi juga mempunyai keunggulan pelayanan perlu jadi pertimbangan. Agar tidak salah pilih jasa katering, berikut tips memilih jasa katering terbaik bagi perusahaanmu!

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

Pilihlah jasa katering yang memberikan keleluasaan anggaran dalam pemesanan menu setiap harinya. Privilege dalam mendapatkan jasa yang bisa menerima berapapun anggaran makan siang, patut jadi bahan pertimbangan. 

Keuntungan tersebut akan makin efektif jika tanpa ada minimal pemesanan paket makan karyawan. Kedua poin tersebut penting bagi pengeluaran perusahaan agar lebih efisien, sehingga tetap dapat mengakomodir kebutuhan tanpa khawatir akan adanya pengeluaran tak berarti. 

Poin plus dari memesan paket makanan sesuai jumlah, akan turut berpartisipasi dalam mengurangi food waste. Sebab, hanya akan melayani pesanan sesuai kebutuhan karyawan.

2. Fleksibilitas Finansial Bagi Perusahaan

Ada waktunya hanya butuh pesan makan siang dalam jumlah kecil, namun keterbatasan tersebut kadang tidak tersedia pada penyedia jasa tertentu. Pastikan memilih penyedia jasa yang tidak memberikan charge atau penambahan biaya karena pesanan dalam partai kecil.

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

Banyaknya jumlah karyawan, bermacam-macam pula seleranya. Terutama pada perusahaan korporasi, penting untuk memilih penyedia jasa katering dengan beragam jenis masakan. Dengan memberikan ruang leluasa bagi karyawan untuk memilih menu makanannya sendiri, dapat menjaga mood mereka selama bekerja.

Selain itu, ada pula situasi dimana karyawan perlu untuk meeting keluar kantor, sehingga perlu melewati pesanan katering. Fitur Skip (melewati) pesanan katering jadi salah satu layanan yang juga sama pentingnya.

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

Kerja sama bisnis dengan jumlah yang tidak sedikit sangat perlu kejelasan dan pendataan yang transparan. Laporan penggunaan saldo dalam pemesanan makanan jadi pertanggungjawaban yang tak dapat ditangguhkan. Tapi gak perlu rekap laporan tiap harinya. Pilihlah penyedia layanan yang dapat memberikan invoice selama satu bulan pada akhir bulan. Tak perlu lagi repot-repot mengurutkan rekap data, cukup terperinci dalam sebulan saja.

Kepuasan pelanggan menjadi kepuasan kinerja para penyedia jasa. Begitu pula dengan perlunya wadah untuk memberikan keluhan maupun pertanyaan dari penyedia jasa. Tak hanya berhenti di ‘kotak kritik dan saran’, pastikan ada layanan account executive maupun layanan customer experience yang memang fokus di bidangnya.

Nah, setelah ini tak perlu lagi khawatir pilih jasa katering perusahaan karena Kulina punya segmen terbaru!

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering siap jadi kolaborator terbaik perusahaanmu! Pelayanan maksimal karena semua sudah ada dalam poin-poin tips di atas. Yuk, mulai cobain cara-cara baru ala Kulina. Because this is how millennial rule the world though.

Karyawan happy, perusahaan juga kan yang diuntungkan?

Sign up [DI SINI] jangan buang waktu lagi!

ULANG TAHUN DI BULAN SEPTEMBER? ADA DISKON 20% DARI KULINA!

Kulina tahu, kalau kamu lagi ulang tahun, pasti sering dimintain traktiran sama teman-teman. Nah, biar kamu gak repot traktir banyak teman sendirian, Kulina ada di sini, siap bantu kamu! Tidak hanya memudahkan proses traktiran dan pesan makan, Kulina kasih tambahan diskon sampai 20% khusus untuk kamu yang ber-ulang tahun di Bulan September.

Kenapa harus pesan makannya di Kulina?

1. Ragam Menu

Beragam pilihan menu event mulai dari tradisional, Japanesse, hingga Western.

Menu event/acara Kulina punya banyak sekali pilihan menu mulai dari tradisional, japanese, hingga western. Dijamin deh, selera kamu dan teman-teman, pasti ada pilihannya di Kulina!

2. Ragam Bentuk Penyajian

Beragam jenis penyajian untuk menu event mulai dari snack, meal box, prasmanan, hingga buffet.

Menu event/acara Kulina tidak melulu menu makan berat, lo. Jika kamu ingin menikmati senja bersama teman-teman sambil minum teh/kopi, Kulina siap hidangkan berbagai jenis snack sebagai pendampingnya.

Sedangkan untuk menu makan berat, kamu bisa pilih dalam bentuk meal box, prasmanan, atau buffet. Semua bisa disesuaikan dengan tamu yang akan kamu undang ke acara ulang tahun-mu.

3. Kemasan Unik

Nah, khusus untuk beberapa menu makan berat dalam bentuk meal box, Kulina bakal antar pesanan kamu di dalam besek. Besek adalah keranjang kotak yang terbuat dari ayaman bambu. Besek bisa dicuci dan digunakan kembali, misalnya untuk tempat menyimpan pernak-pernik di kamar. Waaahhh lucu ya …

4. DISKON 20%

Diskon 20% untuk menu Nasi Kuning Tumpeng Mini Spesial dan Tumpeng Berkat.

Nah, ini yang paling spesial di Bulan September! DISKON 20% untuk menu Nasi Kuning Tumpeng Mini Spesial dan Tumpeng Berkat. DISKON 20% ini berlaku hingga 30 September 2019 dengan minimal pembelian 10 pax ya. Kamu cukup tunjukkan foto KTP untuk membuktikan bahwa memang kamu yang sedang berulang tahun di Bulan September ini 😉 Gampang kan?

Ayooo … tunggu apalagi?

[Rencanakan perayaan ulang tahunmu bersama Kulina, SEKARANG!]

Bubur Suro, Serta 4 Sajian Lain untuk Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram jatuh pada hari Minggu, 1 September 2019 lalu. Ada beragam budaya dan tradisi untuk merayakan Tahun Baru Hijriyah di Indonesia. Perayaan 1 Muharram ini juga identik dengan sajian kuliner khas yang berbeda dari setiap daerah di Indonesia.

Hal ini sama seperti perayaan Idul Fitri yang identik dengan opor atau perayaan Imlek dengan sajian kue keranjang. Sedangkan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam, satu makanan berikut yang paling banyak disiapkan terutama di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan. Makanan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah itu adalah Bubur Suro.

1. Bubur Suro

Tahun Baru Hijriyah yang jatuh pada 1 Muharram kalender Islam, sesungguhnya bertepatan dengan tanggal 1 Suro di kalender Jawa. Sebab itulah, bubur yang dimasak untuk menyambut hari tersebut, disebut Bubur Suro.

Bukan sembarang bubur, Bubur Suro memiliki bumbu serta paduan yang berbeda dari bubur biasanya. Bubur Suro menggunakan jahe, santan, dan sereh. Di atas Bubur Suro, diberi taburan tujuh jenis kacang-kacangan, beragam protein seperti ayam opor, telur, perkedel, atau empal daging tergantung daerah masing-masing, bulir-bulir jeruk bali atau delima, irisan ketimun, dan lembaran daun bawang.

2. Bubur Merah Putih

Jika Jawa Timur dan Jawa Tengah punya Bubur Suro, maka lain cerita dengan Jawa Barat yang memiliki Bubur Merah Putih untuk disantap saat menyambut Tahun Baru Hijriyah. Bubur Merah Putih ini memiliki perpaduan rasa yang unik, antara manis dan asin. Bagian bubur merah – sebenarnya lebih ke warna cokelat, terbuat dari gula merah yang menimbulkan rasa manis dan bagian bubur yang berwarna putih terbuat dari santan sehingga memiliki rasa asin gurih. Warna merah melambangkan pengorbanan, sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

3. Apem

Tidak hanya Bubur Suro dan Bubur Merah Putih, di beberapa wilayah di Jawa merayakan Tahun Baru Hijriyah dengan kue apem. Kue berbentuk bulat bantet yang terbuat dari tepung beras, santan, dan tape singkong ini memang sering muncul di berbagai acara perayaan adat Jawa.

4. Tumpeng

Tumpeng yang berbentuk menjulang tinggi seperti gunung, dengan lauk-pauk menyebar luas di bagian bawah, merupakan perlambagan hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan antar manusia dengan manusia. Maka tidak heran jika tumpeng sering menjadi makanan spesial di beragam acara penting. Tumpeng biasanya menggunakan nasi kuning, serta lauk-pauk yang dipilih berisi tujuh jenis lauk-pauk dan sayur-mayur yang berbeda.

5. Gunungan

Jika Tumpeng biasanya seukuran lingkaran tempeh untuk disantap beberapa orang saja, maka Gunungan adalah versi raksasanya. Ukuran Gunungan sangat besar dan memang ditujukan untuk orang-orang satu desa/kota. Gunungan biasanya berisi hasil bumi dari masyarakat sekitar, disusun menjulang ke atas, diarak keliling desa/kota, diberi doa, baru dibagikan kepada masyarakat yang datang ke sana. Hasil bumi yang dipakai merupakan hasil panen asli dari warga sekitar, hasil bumi itu kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang mereka terima tahun lalu, sekaligus harapan untuk mendapat rezeki yang lancar lagi di tahun depan.

Dari beberapa makanan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah di atas, yang manakah yang sudah pernah kamu coba? Apa makanan serta tradisi di daerah kalian?

SUMBER:
https://bangka.tribunnews.com/2019/08/30/bubur-suro-gunungan-hasil-bumi-hingga-apem-5-makanan-khas-tahun-baru-islam-di-bulan-muharram?page=2
https://www.grid.id/read/04934979/tahun-baru-islam-1-muharram-1440-h-yuk-intip-5-sajian-khas-dari-berbagai-daerah?page=all

5 Camilan Buah Khas Nusantara

Indonesia negara sub tropis yang memiliki kelembaban udara cukup. Tak heran aneka ragam buah mudah ditemui. Bahkan di tiap daerah memiliki buah-buahan khas yang tumbuh subur dan menjadi komoditas yang cukup populer lho. Tak hanya mengkonsumsi buah secara langsung, ini ada beberapa olahan buah yang dijadikan snack maupun jajanan khas yang mungkin salah satunya udah mulai langka dijumpai. Apa aja sih? Simak ulasan camilan khas Nusantara dari buah-buahan berikut ini.

1. Rujak

C:\Users\Owner\Downloads\1.jpg
Rujak Buah

Kalau di negara Barat familiar dengan fruit salad, di Indonesia ada yang serupa yakni Rujak buah. Bermacam-macam buah diserut tipis atau di potong-potong, di campur dengan saus sambal kacang. Rasa saus yang manis asam dengan aroma kacang sangrai menjadi ciri khas salad ala Indonesia ini. Buah-buahan khas rujak adalah mangga muda, kedondong, jambu air, timun, bengkuang, dan lain sebagainya. 

Kabarnya di daerah Jawa, rujak dijadikan salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Ketika seorang wanita hamil dan usia kandungannya sudah memasuki usia tujuh bulan maka akan diadakan upacara tujuh bulanan. Salah satu makanan yang ada dalam upacara itu adalah rujak. Selesai upacara rujak ini dibagikan kepada tamu yang hadir. Ada kepercayaan bahwa apabila kebanyakan dari tamu berasa sepat dan pedas rasa rujaknya maka anak yang sedang dikandung adalah seorang anak laki-laki. Sedangkan apabila rujak itu berasa segar sebagaimana rujak biasa maka yang dikandung itu adalah anak perempuan.

2. Es Teler

C:\Users\Owner\Downloads\es-teler_20180519_061524.jpg
Es teler dengan buah alpukat, nangka, dan kelapa muda

Minuman khas dari Jawa Tengah ini dibawa Hj. Samijem dan anaknya Tukiman dari Sukoharjo. Berawal dari berdagang buah di Menteng, Jakarta Pusat namun banyak yang tak laku, membuat mereka berinisiatif membuat racikan minuman buah segar ini. Dengan mencampurkan beberapa buah seperti, nangka, alpukat, kelapa muda, sirup dan susu atau santan ke dalam gelas mangkuk. Nama ‘teler” sendiri didapatkan dari ungkapan pelanggan “es-nya bikin teler”. Berangkat dari ungkapan tersebut, nama Teler kemudian dirasa cocok dijadikan nama segelas es buah segar ini.

3. Klappertaart

C:\Users\Owner\Downloads\hipwee-klapp-750x422.jpg
Klappertaart dengan buah kelapa muda, kismis, dan kenari

Salah satu makanan warisan kuliner khas Manado dan peninggalan Belanda, jajanan unik kue khas Manado yang satu ini wangi, lembut, dan gurih. Dari namanya saja sudah terlihat, Klappertaart yang berarti kue kelapa. Terbuat dari bahan kelapa muda gurih, susu, mentega, dan telur, Klappertaart dapat disajikan dengan berbagai topping dan rasa seperti kismis, kayu manis, kenari, coklat, dan keju.

4. Pisang Goroho

C:\Users\Owner\Downloads\065759100_1557457628-Goroho__2___1_.jpeg
Pisang Goroho

Berbeda dengan pisang goreng khas Jawa, camilan sore asal Gorontalo ini berbahan dasar pisang yang masih mengkal, kulitnya hijau dengan tekstur yang keras. Ada dua cara dalam mengolah pisang Goroho ini, dengan di kukus atau di goreng. Tapi lebih populer dengan cara menggoreng pisang Goroho ini. Pisang di potong-potong membujur agak tebal tanpa di beri tepung. Teksturnya akan garing renyah di luar dan empuk gurih di dalam. Tak ada rasa manis sama sekali. Karenanya pisang ini enak dicocol dengan sambal sagela atau sambal ikan roa yang pedas menyengat. 

5. Manisan Pala

C:\Users\Owner\Downloads\5283.jpg
Manisan pala

Mendengar kata manisan, Cianjur khasnya kuliner olahan ini. Manisan sendiri terdiri dari dua jenis, manisan basah dan kering. Namun, camilan tradisional ini lebih terkenal manisan versi keringnya. Cara mengolahnya pun cukup sederhana hanya terbuat dari daging buah pala yang masih segar. Kemudian dikupas dan dipotong-potong sesuai selera, merendam pala dengan air kapur dicampur larutan gula pasir dan dimasak hingga mendidih. Untuk manisan pala kering, hanya perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Pala sendiri memiliki senyawa kimia yang dapat membantu gangguan insomnia, memperlancar pencernaan, dan meningkatkan selera makan serta mampu mengatasi rasa mual.

[BELI CAMILAN BUAH]

Kalau di daerah asal mu ada buah apa nih?
Yuk ceritain di sini!

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rujak_manis
https://id.wikipedia.org/wiki/Es_teler
https://travel.tempo.co/read/421265/manisan-pala-khas-cianjur-kaya-manfaat-kesehatan/full&view=ok
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3921471/pisang-goroho-digoreng-telanjang-aduh-enaknya 

Yuk, Lindungi Kulit Tubuh dari Polusi dengan 3 Buah Ini

Bangun pagi-pagi buta untuk mengejar waktu mungkin bukan lagi jadi soal. Aktivitas super padat sudah jadi “makanan” sehari-hari. Tapi apa kabarnya jika beraktivitas dengan udara di Jakarta belakangan ini?

Terhitung dari Sabtu (10/8) polusi udara Jakarta tertinggi di dunia hingga mencapai angka mencapai 92,4 mikrogram per meter kubik partikel polutan. Jauh dari jumlah standar konsentrasi udara menurut WHO yakni 25 mikrogram per meter kubik selama 24 jam.

Selain perhatian terhadap nutrisi tubuh, baik juga lho memperhatikan bagian tubuh paling luar yakni kulit! Mungkin perkara sepele, tapi jika dibiarkan bisa bikin radikal bebas menempel di kulit. Sebelum terlambat, yuk mulai rutin konsumsi buah-buahan yang dapat melindungi kulitmu dari polusi!

1. PLUM

Buah plum termasuk genus Prunus domestica, sama halnya dengan buah peach dan almond. Buah ini banyak tumbuh di seluruh dunia, terutama Cina, US, Jepang dan Eropa. Memiliki khas kulit merah keunguan dan rasanya yang masam ternyata punya banyak julukan nama lokal seperti ‘Aloo Bukhara‘ dalam bahasa Hindi, ‘Alpagoda Pandu‘ dalam bahasa Telugu, ‘Alpakoda‘ dalam bahasa Tamil dan ‘Onagida Draakshe‘ di Kanada. Ada banyak julukan, ada banyak juga manfaat buah ini untuk kulit lho!

Kaya Antioksidan

Buah plum memiliki jumlah antioksidan cukup banyak, seperti memberikan perlindungan efektif terhadap sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang diakibatkannya, misalkan kulit kasar dan keriput. Buah plum nantinya akan mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan membuat kulitmu menjadi lebih muda.

[PESAN BUAH PLUM]

2. Pear

Buah Pear memiliki nama lain Pyrus communis tak akan menjadikanmu komunis kok! Hahaha Di negara kita, buah ini lebih kita kenal dengan sebutan buah pir. Biasanya berwarna kuning atau hijau muda dengan bercak kecoklatan pada porinya. Segar dan renyah ketika digigit, ternyata ada pula manfaat baik untuk lindungi kulit tubuhmu lho!

Mengatasi Jerawat dan Infeksi Kulit Lainnya

Buah Pear merupakan perawatan jerawatan yang direkomendasikan berkat tingginya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Buah Pear juga mampu memperbaiki sistem imun tubuh dan memungkinkan kulit melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

[PESAN BUAH PEAR]

3. Blueberry

Terkenal rasanya kecut segar dan kaya serat ternyata Buah Blueberry dapat mencegah kanker, masalah pencernaan dan gangguan yang berkaitan dengan penglihatan. Tak hanya itu, untuk menjaga kesehatan kulit konsumsi Buah Blueberry juga penting lho, Kulinas. Berikut manfaat Buah Blueberry bagi kesehatan kulit.

Mencegah Bahaya Radikal Bebas

Blueberry dapat mencegah terjadinya kerusakan karena radikal bebas. Radikal bebas merupakan produk-produk biokimia yang bereaksi di dalam tubuh, dan hal ini dapat menjadi racun bagi sel-sel tubuh ktia. Mereka dapat rusak dan tidak bisa disembuhkan/dikembalikan lagi. Blueberry membantu menghentikan kerusakan radikal tersebut dengan berkontribusi pada kondisi dan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Kalau sudah tahu manfaatnya, boleh dimulai kebiasaan baik untuk konsumsi buah ini nih! Meskipun hanya sedikit tapi sedikit-sedikit nanti kan juga terbiasa. Yuk Kulinas, mulai konsumsi buah-buahan demi kesehatan kulitmu mulai sekarang!

[PESAN BUAH BLUEBERRY]

SUMBER:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190810092804-199-420056/sabtu-pagi-polusi-udara-jakarta-terburuk-di-dunia
https://wanita22.com/kesehatan-dan-kebugaran/plum-aloo-bukhara/
https://doktersehat.com/manfaat-buah-pir/
https://cintaihidup.com/15-manfaat-buah-blueberry-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/