5 Makanan Unik Penanda Tahun Baru

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak tradisi di tiap negara untuk menandai mulainya tahun baru – salah satunya makanan unik yang digunakan sebagai simbolisasi harapan-harapan untuk tahun mendatang. Makanan seperti mie panjang sebagai tanda agar panjang umur, ikan herring penanda agar tahun depan penuh kelimpahan, maupun kacang polong sebagai pengganti koin kemakmuran. 

Melalui simbolisme makanan, diharapkan tahun berikutnya akan semakin makmur dan berjaya. Apa aja sih makanan tersebut? Berikut makanan unik dari berbagai negara sebagai penanda datangnya tahun baru.

1. Cotechino con Lenticchie, Italia

1. Makanan Unik Tahun Baru - Cotechino con Lenticchie, Italia
Makanan Unik Tahun Baru – Cotechino con Lenticchie, Italia

Orang Italia merayakan Malam Tahun Baru bersama La Festa di San Silvestro. Dimulai dengan obat tradisional cotechino con lenticchie, sosis, dan sup miju-miju yang dikatakan membawa keberuntungan. Konon katanya lentil mewakili uang dan keberuntungan. Selain itu di rumah tangga tertentu menyiapkan zampone dan penjepit boneka babi sebagai aksen. Acara makan-makan ditutup dengan chiacchiere, adonan daging yang dibentuk bulat kemudian digoreng dan digulung dalam madu, gula bubuk, dan prosecco.

2. Hoppin John, Amerika Selatan

2. Makanan Unik Tahun Baru - Hoppin John, Amerika Selatan
Makanan Unik Tahun Baru – Hoppin John, Amerika Selatan

Tradisi makanan Tahun Baru yang utama di Amerika Selatan, Hoppin ‘John adalah sepiring kacang polong rasa daging babi atau kacang polong bermata hitam (melambangkan koin) dan beras, sering disajikan dengan sayuran atau sayuran hijau lainnya (karena warnanya uang) dan roti jagung (warna emas). Piring tersebut dikatakan membawa keberuntungan di Tahun Baru.

Hidangan ini berakar pada tradisi Afrika dan India Barat dan kemungkinan besar dibawa oleh para budak ke Amerika Utara. Resep untuk Hoppin ‘John muncul pada awal tahun 1847 di Sarah Rutledge’s “The Carolina Housewife” dan telah ditafsirkan ulang selama berabad-abad oleh koki rumahan dan koki profesional.

3. Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia

3. Makanan Unik Tahun Baru - Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia
Makanan Unik Tahun Baru – Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia

Karena ikan herring berlimpah di Polandia dan sebagian Skandinavia, banyak di antara negara-negara tersebut makan ikan herring asin pada tengah malam untuk menyambut satu tahun kemakmuran dan karunia. Beberapa orang makan asinan herring dalam saus krim sementara yang lain mencampurnya dengan bawang.

Satu persiapan khusus untuk  Tahun Baru buatan Polandia bernama Sledzie Marynowane, yang dibuat dengan merendam ikan harring dan garam utuh dalam air selama 24 jam dan kemudian melapisinya dengan bawang merah, allspice, gula, dan cuka putih.

4. Kransekage, Denmark dan Norwegia

4. Makanan Unik Tahun Baru - Kransekage, Denmark dan Norwegia
Makanan Unik Tahun Baru – Kransekage, Denmark dan Norwegia

Kransekage secara harfiah berarti kue karangan bunga. Kransekage adalah menara kue yang terdiri dari banyak cincin konsentris berlapis satu sama lain yang dibuat khusus untuk Malam Tahun Baru dan acara spesial lainnya di Denmark dan Norwegia.

Kue itu dibuat dengan menggunakan marzipan. Kransekage cocok disantap bersama sebotol anggur atau Aquavit. Di tengah Kransekage juga bisa diberi hiasan, seperti bendera atau kerupuk.

5. Mie soba, Jepang

5. Makanan Unik Tahun Baru - Mie Soba, Jepang
Makanan Unik Tahun Baru – Mie Soba, Jepang

Di setiap rumah tangga Jepang, keluarga makan mie soba atau toshikoshi soba pada tengah malam di Malam Tahun Baru untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang berlalu dan menyambut tahun yang akan datang. Tradisi ini berasal dari abad ke-17.

Mie soba sendiri adalah jenis mie panjang. Mie panjang menjadi perlambang untuk umur panjang dan kemakmuran.

Selain dari berbagai negara di dunia, Indonesia dengan keragaman daerahnya, mungkin juga memiliki makanan khas asal daerah sebagai penanda awal tahun baru. Kalau di asal daerahmu, apa nih guys? Apapun makanannya, mari sama-sama berdoa semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua! Aamiin.

HAPPY NEW YEAR YOU ALL…!!!

Kalau untuk urusan langganan makanan harian, mingguan, atau bulanan – cuma Kulina jawabannya!

[CEK MENU KULINA]

Kulina Merry Chirstmas






7 Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara di Dunia

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Natal identik dengan cinta dan keluarga. Di saat Natal, biasanya orang-orang yang merayakan Natal akan pulang ke rumah untuk merayakan bersama keluarga. Selain tradisi tukar kado, Natal juga memiliki tradisi lain yang tak boleh dilewatkan yaitu, makan bersama keluarga dengan sebuah hidangan spesial! Berbagai negara berikut ini, juga memiliki makanan khas yang hanya dihidangkan saat perayaan Natal.

Ulasan berikut bisa jadi ide baru untuk kalian pencari hidangan khusus malam Natal. Yuk simak ada apa saja makanan khas Natal dari negara-negara lain!

1. Chicken Bones Candy, Kanada

1. 7 Makanan Khas Natal - Chicken Bones Candy, Kanada
7 Makanan Khas Natal – Chicken Bones Candy, Kanada

Jangan tertipu dengan namanya, meski nama yang tertera adalah chicken bones atau tulang ayam, nyatanya makanan khas Natal dari Kanada ini bukanlah tulang ayam asli. Kudapan ini merupakan camilan berupa permen gaya lama asal Kanada yang memiliki wana pink khas dengan rasa kayu manis dan berisi cokelat di dalamnya.

2. Roasted Turkey, Amerika

2. 7 Makanan Khas Natal - Roasted Turkey, Amerika
7 Makanan Khas Natal – Roasted Turkey, Amerika

Sebagai mana yang sering muncul di film-film Hollywood, hidangan Natal khas Amerika Serikat adalah roasted turkey atau kalkun panggang. Hidangan klasik ini memiliki ukuran besar dan bumbu yang nikmat. Daging akan dibaluri bumbu dan didiamkan selama beberapa jam untuk nantinya dipanggang. Aroma rempah-rempah dari makanan ini membuatnya sangat cocok dikonsumsi saat malam natal bersama keluarga tercinta.

3. Bacalao dari Meksiko

3. 7 Makanan Khas Natal - Bacalao, Meksiko
7 Makanan Khas Natal – Bacalao, Meksiko

Di beberapa negara, Bacalao adalah hidangan yang tidak umum disajikan saat perayaan Natal. Namun, di Meksiko, hidangan ini menjadi makanan khas Natal yang wajib ada. Di Meksiko, Bacalao dibuat dengan tomat, cabai ancho, bawang, hampir, kentang dan zaitun. Hidangan ini cukup mengenyangkan dan bisa menghangatkan tubuh saat dikonsumsi.

4. Tamales dari Kosta Rika

4. 7 Makanan Khas Natal - Tamales, Kosta Rika
7 Makanan Khas Natal – Tamales, Kosta Rika

Di Kosta Rika, membuat tamales adalah tradisi Natal yang sudah turun-temurun. Setiap keluarga memiliki resep ‘rahasia’ mereka sendiri. Bahan dasar dari Tamales adalah adonan jagung yang dibungkus dengan daun pisang atau sekam jagung, dan kemudian dikukus. Biasanya diisi dengan daging babi, daging sapi, atau ayam. Selain itu, isiannya juga bisa diganti dengan bawang putih, kentang, atau kismis.

5. Buche de Noel dari Perancis

5. 7 Makanan Khas Natal - Bueche de Noel, Perancis
7 Makanan Khas Natal – Bueche de Noel, Perancis

La Bûche de Noël adalah makanan penutup yang secara simbolis mewakili Yule Log atau kayu log yang tradisinya dibawa ke rumah, ditaburi anggur, dan kemudian dibakar pada Malam Natal di Perancis. Pada tahun 1940-an ketika tradisi ini mulai ditinggalkan, makanan penutup yang menyerupai bentuk kayu ini mulai muncul ke permukaan. Kue mirip bolu ini dibuat dengan campuran cokelat dan mentega. Bentuknya pun dibuat mirip dengan bentuk kayu asli. Seiring perkembangan zaman, kue ini pun sudah mulai banyak dimodifikasi dengan berbagai rasa, mulai dari tiramisu hingga cran raspberry mascarpone, krim karamel, atau lemon.

6. Fruit Stollen Cake dari Jerman

6. 7 Makanan Khas Natal - Fruit Stollen Cake, Jerman
7 Makanan Khas Natal – Fruit Stollen Cake, Jerman

Makanan manis khas Natal lainnya adalah Fruit Stollen Cake asal Jerman. Kue ini biasanya dikonsumsi saat malam Natal. Uniknya, permukaan atas kue ini sengaja dibuat tidak rata. Tujuannya yaitu untuk melambangkan punuk-punuk unta saat membawa orang-orang bijaksana bertemu dengan Yesus. Di dalam kue ini berisi buah kering atau kismis, rasanya manis namun juga segar berkat buah-buah di dalamnya.

7. Risalamande dari Denmark

7. 7 Makanan Khas Natal - Risalamande, Denmark
7 Makanan Khas Natal – Risalamande, Denmark

Rice pudding almond ini adalah makanan penutup khas Natal dari Jerman. Diasanya diberikan selai dari buah-buah beri yang segar. Tradisi unik dari penyajian pudding ini yaitu, biasanya di dalamnya ditaruh mainan kecil atau kacang almond khusus sebagai hadiah bagi mereka yang memakannya. 

Kalau di Indonesia mungkin rasa dan teksturnya akan mirip dengan bubur sumsum ya guys?

Jadi kalau tradisi akhir tahun bikin nastar dan kastengel itu tradisi dari mana nih? Mau menyambut Natal dengan hidangan atau kudapan apa aja, semoga gak mengurangi kekhusyukan malam Natal kalian ya guys~

Merry Christmas all!

Inspirasi makanan khas Natal sudah disampaikan di atas. Kalau untuk urusan langganan makanan harian, mingguan, atau bulanan – cuma Kulina jawabannya!

[CEK MENU KULINA]


7 Destinasi Wisata Unik untuk Merayakan Pergantian Tahun

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sudah ada rencana untuk akhir tahun nanti? Walaupun berlibur ke luar negeri memang sangat menarik, tapi berlibur di daerah lokal di Indonesia pun tak kalah menariknya lho. Selain punya kelebihan pada kedekatan lokasi, keindahan alam juga meriahnya perayaan tak kalah hebat. Penasaran seperti apa sih perayaan akhir tahun di daerah-daerah di Indonesia? Kulina rangkum pada tujuh destinasi wisata yang cukup kondang dalam ulasan berikut.

1. Ala Laskar Pelangi di Pulau Belitung

C:\Users\Owner\Downloads\a1a1a01d-76d4-4942-a4e4-0f00ae9e3612.jpg

Terkenal dari film besutan Riri Riza, Laskar Pelangi mampu menarik perhatian masyarakat dengan keelokan lokasi syutingnya, Belitung. Tersebar di sekitaran Belitung pun banyak pulau-pulau cantik yang patut untuk dikunjungi. Seperti pulau Lengkuas, pulau Garuda, pulau Kelayang dan ada pula pulau Kepayang yang dapat dijelajahi sembari menunggu pergantian akhir tahun.

Tinggal pilih pulau mana yang paling pas, ajak teman-teman mu dan siapkan peralatan kemahmu. Nikmati pesta kembang api, api unggun dengan acara BBQ night yang telah disiapkan pihak pengelola akan sangat membantu bikin pestamu makin meriah. Tutup akhir tahun dengan pesta pantai boljug nih guys!

2. Wisata Edukasi di Yogyakarta

C:\Users\Owner\Downloads\watu-lumbung.jpg

Menghabiskan tahun baru di Yogyakarta tidak hanya menjelajahi gunung atau pusat kotanya saja. Jika ingin mencoba nuansa tahun baru yang berbeda kita bisa menuju arah Parangtritis, tepatnya di kawasan Bukit Watu Lumbung.

Bukit Watu Lumbung sendiri menyimpan pesona alam yang luar biasa. Hamparan sawah dan hijaunya pepohonan akan menebar suasana yang sejuk bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Serunya lagi, Bukit Watu Lumbung menawarkan wisata edukasi yang mengajak wisatawan untuk menanam pohon, membaca buku, memasak di dapur tersembunyi sebuah destinasi wisata unik, Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Jika malam tahun baru sudah tiba, masyarakat Watu Lumbung akan menyiapkan sebuah penampilan musik akustik yang mengajak kita mendengarkan berbagai lantunan lagu, sembari mendengarkan hempasan ombak pantai yang berada tidak jauh dari desa.

3. Tradisi Polo’an di Probolinggo

C:\Users\Owner\Downloads\makan-nasi-ramai-ramai.jpg

Biasanya pergantian tahun dilalui dengan hingar bingar kembang api juga seruan terompet tiada henti. Sedikit berbeda dari malam pergantian tahun pada umumnya, di Probolinggo punya tradisi unik dinamakan Polo’an. Pasalnya, pada malam pergantian tahun ini masyarakat sekitar akan berkumpul dengan suasana keakraban sederhana dibalut acara masak bersama.

Biasanya, para pria menyiapkan segala kebutuhan serta perlengkapan untuk memasak, sementara itu para wanita menyiapkan bumbu masakan. Menu makanan yang dihadirkan untuk Polo’an ini pun hanya bakar yang dilengkapi dengan sambal kacang terong ditmabah tempe goreng.

Sementara itu, makanan pokoknya adalah nasi jagung. Setelah selesai makan, para warga biasanya berkumpul bersama dan saling berbagi cerita hingga menyiapkan apa yang dilakukan di oleh warga di tahun yang akan datang.

Buat kalian yang punya rencana menghabiskan akhir tahun lebih khusyuk sila datang ke Dusun Kejawan, Desa Sumber Rejo ini. Para wisatawan akan diperbolehkan ikut berpartisipasi bersama warga untuk menikmati malam tahun baru unik ini.

4. Dewata Festival di Denpasar Bali

C:\Users\Owner\Downloads\078849000_1499918596-gebogan.jpg

Tahun baru di Bali cuma di Pantai atau berbagai club malam merupakan hal yang sudah lazim dilakukan. Namun, mengikuti sebuah acara yang berpusat di Denpasar dengan nama Dewata Festival bisa menjadi pilihan baru. Acara ini biasanya akan diselenggarakan selama 3 hari, hingga nanti awal tahun baru.

Beberapa acara seru yang akan dilangsungkan selama Dewata Festival adalah parade seni dan budaya, peragaan busana tradisional dan modern, menikmati racikan kuliner lokal Bali dan tentu saja pesta kembang api. Yuk habiskan tahun terakhirmu dengan kearifan lokal agar lebih kenal budaya setempat.

5. Pesta Reba di Nusa Tenggara Timur

C:\Users\Owner\Downloads\Adat-Reba-Ngada.jpg

Kegiatan wisata unik lainnya adalah berkunjung menuju Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah puas melihat pemandangan alam di setiap sudut NTT, kalian bisa berkunjung ke Kabupaten Ngada.

Di sebuah kampung bernama Bena, kalian bisa melihat sebuah rangkaian kegiatan menyambut tahun baru yang dipersembahkan oleh penduduk setempat. Pesta tahun baru dari NTT ini menampilkan pesta ubi yang diiringi dengan tarian tradisional Besa Uwi dan lagu O Uwi

Pesta ini diadakan masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih mereka kepada alam, khususnya bahan makanan ubi sebagai makanan pokok bagi masyarakat Ngada. Pesta Reba di NTT ini sendiri akan berlangsung hingga bulan Februari. Jadi, jika ingin menikmati wisata tahun baru yang berbeda, kalian bisa memilih langsung datang ke Kabupaten Ngada.

6. Pisah Taong di Manado

C:\Users\Owner\Downloads\maengket.jpg

Tempat pertama yang wajib dikunjungi sebelum menyambut tahun baru adalah Manado, Sulawesi Utara. Salah satu tempat wisata menarik di Manado yang sering dijadikan tujuan salah satunya adalah keindahan bawah laut, wisata gunung hingga danau-danau eloknya.Setelah puas berkeliling di tempat-tempat wisatanya, Manado akan lebih meriah karena Manado Christmas Festival, konon Manado punya julukan sebagai kota seribu gereja karena setiap beberapa ratus meter akan banyak bangunan gereja didirikan. Selanjutnya, kemeriahan di Manado akan makin semarak karena acara bernama Pisah Taong atau acara tutup tahun yang akan memanjakan siapa saja yang sedang berada di Manado.

7. Unforgettable Toraja

C:\Users\Owner\Downloads\maxresdefault.jpg

Setiap menjelang tahun baru, masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan selalu menawarkan wisata tahun baru yang memikat. Dimulai sejak tahun 2010 yang lalu, menjelang pergantian tahun, masyarakat dan pemerintah Toraja membuka akses wisata bagi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru.

Selain melihat pemandangan alam yang memesona, kegiatan-kegiatan masyarakat asli Toraja, terdapat juga beberapa kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari tarung kerbau, sajian kuliner tradisional, festival kopi lokal dan pesta kembang api saat pergantian tahun baru akan memberikan pengalaman berbeda dari sebenlumnya.

Ternyata setiap daerah punya keunikan tradisinya sendiri dalam menyambut perayaan akhir tahun ya~ Siapin agenda terbaikmu, siapa tahu ulasan diatas bisa jadi inspirasi buat kamu yang masih bingung habisin akhir tahun nanti. Tunggu apalagi segera agendakan yuk!




Stop Melewatkan Makan Siang dengan Alasan Sibuk!

Kamu salah satu orang yang sering melewatkan makan siang?

Stop melakukan itu karena melewatkan makan siang ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Kebanyakan orang sering melewatkan makan siang karena di siang hari, perut masih terasa kenyang dari waktu sarapan atau tubuh masih terasa kuat untuk menjalani hari.

Atau bisa jadi, bagi orang-orang yang sudah bekerja, waktu istirahat siang lebih baik dipakai untuk tidur siang sejenak, main game, atau justru terlalu sibuk karena pekerjaan yang belum bisa ditinggal. Ya memang tidak ada yang salah sih, tapi jangan sampai hal itu membuatmu melewatkan makan siang dong!

Sudah tahu belum apa saja bahaya melewatkan makan siang? Ini dia!

1. Tubuh Mudah Lelah, Lemas, dan Sulit Berkonsentrasi

1. Stop Melewatkan Makan Siang - Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi
Stop Melewatkan Makan Siang – Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi

Pas pukul 12 sih rasanya masih aman, kenyang, dan kuat. Tapi jika di jam 12 itu perutmu tidak kamu isi, mulai memasuki pukul 2 atau 3 pasti perut sudah meronta-ronta. Rasa lapar di perut malah jadi pusat perhatian, seketika konsentrasi kerjaan jadi buyar. Perut yang kosong membuat tubuhmu mudah lelah dan lemas. Alhasil kerja jadi gak produktif dan malah malas-malasan.

Kadang kita memilih jalan pintas buat beli makanan ringan yang bisa dimakan sambil kerja. Eits, tapi yang namanya makanan ringan gak selalu “ringan” lho, guys. Keadaan perut kosong itu sering kali membuat kita merasakan craving atau keinginan kuat buat makan manis, asin, atau berlemak. Manis… Asin… Berlemak. Udah kelihatan gak sehat semua kan?

2. Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

2. Stop Melewatkan Makan Siang - Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam
Stop Melewatkan Makan Siang – Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

Masih lanjutannya nih… Saat kamu melewatkan makan siang dan hanya mengganjalnya dengan cemilan di sore hari, perut rasanya meminta diisi lebih. Jadilah kamu ke-trigger buat makan lebih banyak saat malam hari.

Padahal saat malam hari, tidak banyak kegiatan yang kamu lakukan selain istirahat dan kemudian tidur. Banyaknya makanan yang kamu santap saat makan malam, belum benar-benar dicerna oleh tubuh, eh kamunya udah bawah tubuhmu untuk tidur. Jadinya ya… lemak yang menumpuk! Huhuhu seraaam. Makanya pastikan waktu makan malammu minimal 3 jam sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak ya.

3. Kadar Gula Darah Meningkat

3. Stop Melewatkan Makan Siang - Kadar Gula Darah Meningkat
Stop Melewatkan Makan Siang – Kadar Gula Darah Meningkat

Kebiasaan nyemil gak sehat di sore hari, ditambah makan porsi besar di malam hari – hanya gara-gara kamu melewatkan makan siang yang berharga! Dua hal di atas ternyata menyebabkan insulin di dalam tubuh menurun sehingga kadar gula darah cenderung meningkat!

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh bisa mengarahkanmu pada obesitas.

Padahal kalau dilihat sekilas, melewatkan makan siang itu sederhana kan? Tapi ternyata efeknya cukup menyeramkan bagi tubuh kita! So, stop melewatkan makan siang dengan alasan sibuk yaaa…

Kamu masih bisa kok tetap makan siang, main game, bahkan take a nap for a while. Asalkan kamu bisa memiliih makan siang yang tepat! Makan siang yang bisa datang langsung ke tempat kerjamu, tanpa tambahan ongkir, sehat, murah, dan enak! Pesan makan siang dimana lagi kalau bukan di Kulina!

Di sini ada buanyaaakkk bangeeettt pilihan menu yang bisa kamu sesuaikan selera dan harga yang kamu inginkan! Sistemnya langganan, jadi kamu bisa langsung pilih-pilih menu untuk satu minggu ke depan. Jadi gak perlu ada drama bingung makan apa. Gak perlu buang-buang waktu buat otw ke tempat makan. Gak perlu buang-buang uang buat beli cemilan gak sehat. Tunggu apalagi?

[COBA KULINA SEKARANG]

4. Stop Melewatkan Makan Siang - Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina
Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/bahaya-melewatkan-makan-siang/
https://kumparan.com/kumparansains/mana-yang-lebih-penting-makan-pagi-siang-atau-malam
https://www.hipwee.com/tips/suka-merapel-sarapan-sama-makan-siang-hati-hati-8-bahaya-ini-mengintaimu/

Kenalan Sama Granola – Cemilan Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak orang mulai sadar tentang pola hidup sehat sehingga mengubah pola makan mereka menjadi lebih baik. Salah satunya adalah mencari variasi alternatif makanan untuk dikonsumsi, seperti Granola. Granola menjadi populer lantaran dapat dinikmati sebagai menu sarapan, maupun pengganjal perut sebagai snack sehat. Yuk, ketahui lebih dalam tentang apa itu Granola dan manfaat baiknya bagi tubuh!

Granola

1. Kenalan Sama Granola - Bahan Granola
Kenalan Sama Granola – Bahan Granola

Granola merupakan jenis makanan olahan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu, atau pemanis lainnya. Ada pula jenis Granola yang mencampurkan kismis, kurma, biji-bijian, maupun beras. Bahan-bahan tersebut dicampur sedemikian rupa untuk kemudian dipanggang sehingga mendapati tekstur kering agar lebih tahan lama masa penyimpanannya.

Macam-macam jenis Granola ternyata memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda pula. Kadar gizi pada Granola akan ditentukan dari campuran bahan-bahan berikut yang mengandung gula, lemak, kalori maupun protein yang lebih dominan daripada zat lainnya. Namun pada dasarnya, bahan utama dalam Granola adalah oat dan jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan diketahui mengandung lemak sehat dan serat.

Tingginya kandungan serat dalam oat dan kacang-kacangan baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol gula darah berlebih, mengontrol kadar kolesterol, juga membuat perut kenyah lebih lama.

Namun kadar kandungan nutrisi dalam tiap porsi bisa saja berbeda-beda, tergantung dari produk atau cara penyajian Granola itu sendiri.

Manfaat Granola Bagi Kesehatan

2. Kenalan Sama Granola - Manfaat Granola
Kenalan Sama Granola – Manfaat Granola

Kandungan nutrisi dalam Granola dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya, bila dibandingkan dengan sereal biasa. Salah satu manfaatnya dapat membantu mengurangi atau mengontrol penyakit berikut.

1. Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

2. Melindungi Sistem Saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Perlu Perhatikan Ini Sebelum Santap Granola

3. Kenalan Sama Granola - Kandungan Granola
Kenalan Sama Granola – Kandungan Granola

Setelah memahami apa itu Granola, mulai dari bahan-bahan, kandungan nutrisi, dan juga sekilas tentang manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Untuk itu, sebaiknya periksa kandungan gizi pada tabel nutrisinya, berikut yang perlu dipertimbangkan:

  1. Periksa kandungan gulanya.
  2. Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
  3. Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
  4. Konsumsilah setidaknya ¼ gelas per hari agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh kalian.
  5. Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.

Apakah Kulinas sudah pernah mencoba Granola? Bagaimana rasanya menurut kalian?

Seiring semakin banyak orang yang tahu dan penasaran dengan Granola, semakin mudah pula menemukan Granola di supermarket atau tempat makan lainnya. Jadi kamu tidak harus selalu repot membuatnya sendiri.

[COBA MAKAN GRANOLA]

SUMBER:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-granola-untuk-sarapan/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-manfaat-granola/

4 Sehat 5 Sempurna Sudah Ketinggalan Zaman, Ini Gantinya!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Prinsip 4 sehat 5 sempurna selalu dijadikan pedoman agar dapat memiliki tubuh sehat dan bugar. Mungkin sejak kecil atau bahkan masih terus dianut hingga kini oleh sebagian orang, walaupun sebenarnya sudah tak relevan. Slogan ini pertama kali muncul pada tahun 1952. Terinspirasi dari prinsip Basic Four yang sempat populer era 1940-an di Amerika. 

Namun sejak tahun 2014, Kementrian Kesehatan memberikan pembaharuan perihal prinsip hidup sehat, yakni dengan pedoman gizi seimbang. Ide ini muncul dari kesepakatan konferensi pangan sedunia pada tahun 1992 membentuk suatu pedoman yang disebut Nutrition Guide for Balanced Diet.

Kajian ulang terhadap prinsip 4 sehat 5 sempurna menjadi perlu dilakukan sebab ada beberapa poin yang sudah tak lagi relevan, yakni:

1. Susu Tak Harus Jadi Pelengkap

1. Pedoman Gizi Seimbang - Susu Tak Harus Jadi Pelengkap
Pedoman Gizi Seimbang – Susu Tak Harus Jadi Pelengkap

Pedoman lama menyebutkan susu sebagai pelengkap agar dapat menuju gizi sempurna. Padahal tak selamanya nutrisi pada susu hanya didapatkan dalam segelas susu. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam susu dapat ditemukan pada protein hewani lainnya. Hal ini memperkuat alasan bahwasanya kehadiran susu sebagai penyempurna gizi tubuh tak melulu menjadi unsur penentu.

2. Sempitnya Variasi Karbohidrat

2. Pedoman Gizi Seimbang - Variasi Karbohidrat
Pedoman Gizi Seimbang – Variasi Karbohidrat

Bahan makanan pokok dalam prinsip 4 sehat 5 sempurna melulu menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat. Padahal banyak ragam karbohidrat kompleks yang bisa dieksplorasi dan dijadikan sumber utama karbo harian. Seperti misalkan: kacang-kacangan, oats, jagung, roti, maupun olahan ubi atau singkong. Jika sudah terbiasa dengan eksplorasi bahan makanan pokok, agar lebih bervariasi bisa mulai mengkreasikannya dengan pilihan lauk dan sayur buah.

3. Kurang Detail Perihal Ketentuan Porsi

3. Pedoman Gizi Seimbang - Ketentuan Porsi
Pedoman Gizi Seimbang – Ketentuan Porsi

Pada prinsip hidup sehat yang lama, hanya menyebutkan bahan-bahan apa saja yang sekiranya baik untuk tubuh. Sayangnya, slogan tersebut tidak menunjukkan seberapa banyak porsi yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari. Hal ini penting untuk dikaji ulang, sebab bila porsi makan tidak diatur dapat menyebabkan kegemukan sehingga lebih parah akan menimbulkan penyakit kronis.

4. Melewatkan Peran Air Mineral

4. Pedoman Gizi Seimbang - Peran Air Mineral
Pedoman Gizi Seimbang – Peran Air Mineral

Dilansir dari sebuah penelitian, tubuh terdiri dari 80% air. Pemenuhan cairan tubuh ini tak terdapat pada prinsip kesehatan lama tersebut. Tubuh tanpa cairan yang memadahi akan mengakibatkan status hidrasi meningkat atau disebut juga dehidrasi.

Selain memperhatikan poin di atas, prinsip gizi seimbang juga memiliki poin penting untuk dapat mencapai taraf kesehatan yang holistik. Poin berikut jadi pelengkapnya:

1. Perhatikan Perilaku Hidup Bersih

4. Pedoman Gizi Seimbang - Perhatikan Perilaku Hidup Bersih
Pedoman Gizi Seimbang – Perhatikan Perilaku Hidup Bersih

Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan akan membuat kita terhindar dari infeksi, bakteri juga kuman yang menyababkan timbulnya penyakit. Mulai peduli dari bagaimana mengolah makanan dan dapur bisa jadi salah satu pintu awalnya.

2. Tubuh Butuh Beraktivitas Fisik

5. Pedoman Gizi Seimbang - Tubuh Butuh Aktivitas Fisik
Pedoman Gizi Seimbang – Tubuh Butuh Aktivitas Fisik

Beraktivitas fisik bagi masyarakat modern mungkin menjadi suatu hal yang lama kelamaan terabaikan. Pasalnya, hidup sebagai masyarakat modern kini serba praktis. Tanpa perlu meninggalkan tempat duduk, apapun bisa dilakukan. Kemudahan ini malahan bisa jadi bumerang bagi tubuh fisik.

Perbanyak olahraga dan aktifitas fisik secara berkala akan memaksimalkan tubuh dari serangan penyakit maupun kondisi fisik tertentu. Selain itu, olahraga teratur dapa tmeningkatkan mood sehingga menurunkan tingkat stres, membuat tidur lebih nyenyak, melindungi sel, menjaga memori dan kesehatan otak.

3. Peduli dengan Berat Badan Ideal

6. Pedoman Gizi Seimbang - Peduli dengan Berat Badan
Pedoman Gizi Seimbang – Peduli dengan Berat Badan

Jaga berat badan tubuh sesuai Indeks Massa Tubuh (IMT). Satuan ini nerguna untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Bila massa tubuh berlebihan dapat menandakan adanya obesitas, namun jika nilai massa tubuh menunjukkan angka yang rendah bisa jadi ada indikasi kekurangan kalori dan protein dalam tubuh.

Mulai praktikkan pedoman gizi seimbang yuk, Kulinas!

[LIHAT MENU GIZI SEIMBANG KULINA]

7. Kulina - Diskon 30% untuk Pengguna Baru

SUMBER:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/4-sehat-5-sempurna-tidak-dipakai/
https://www.alodokter.com/ganti-makanan-4-sehat-5-sempurna-dengan-pedoman-gizi-seimbang

Ketahui 5 Bahaya Gluten Berikut Sebelum Mulai Diet Gluten Free

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Makanan dengan label gluten free semakin banyak ditemui. Mulanya dibuat untuk orang-orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, semakin kesadaran masyarakat terhadap konsumsi gluten berlebih akhirnya membuat banyak orang untuk ikut mengkonsumsi makanan bebas gluten. Selain baik mengkontrol gula darah dalam tubuh, makanan bebas gluten disinyalir baik untuk program berat badan ideal.

Tapi apa sih sebenarnya gluten itu? Gluten merupakan zat protein yang terkandung di dalam tepung gandum. Gluten merupakan zat yang sifatnya lengket. Memiliki konsistensi seperti lem, gluten berfungsi untuk menyinergikan berbagai macam bahan makanan. Kandungan peptida pada gluten adalah zat protein yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Konsumsi gluten diluar porsi ideal juga dapat memicu penyakit berbahaya bagi kerja lambung.

Sebelum coba rubah pola makan jadi gluten free, yuk cari tahu bahaya konsumsi gluten di penjelasan berikut.

1. Alergi Kulit

1. Bahaya Gluten - Alergi Kulit
Bahaya Gluten – Alergi Kulit

Makanan apapun bila dikonsumsi terlalu berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Seperti mengkonsumsi gluten terlalu banyak dapat menyebabkan alergi pada kulit. Awal gejala yang ditimbulkan biasanya adalah munculnya ruam merah yang terasa gatal. Efek ini akan muncul di sekitar wajah dan tak menutup kemungkinan muncul di bagian kulit lainnya. Kemunculan gejala ini akan dialamai bila mengkonsumsi gluten jumlah banyak dalam jangka panjang. Namun, ada baiknya mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

2. Osteoporosis atau Gangguan Tulang

2. Bahaya Gluten - Gangguan Tulang
Bahaya Gluten – Gangguan Tulang

Konsumsi gluten berlebih juga memiliki efek negatif terhadap kesehatan tulang. Pasalnya, zat peptida dalam gluten memiliki peran menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi jadi tak tersalurkan ke dalam tulang dengan optimal. Lebih baik mulai membatasi konsumsi gluten agar terhindar dari osteoporosis.

3. Gangguan Pencernaan

3. Bahaya Gluten - Gangguan Pencernaan
Bahaya Gluten – Gangguan Pencernaan

Bila nutrisi bisa tak serserap ke dalam tulang, kemungkinan besar juga akan membuat pencernaan terganggu. Kesulitan dalam mencerna makanan seperti sembelit dan diare bisa terjadi dan secara langsung membuat sistem pencernaan bermasalah.

4. Mengalami Gizi Buruk

4. Bahaya Gluten - Gizi Buruk
Bahaya Gluten – Gizi Buruk

Mengkonsumsi makanan dengan gluten tinggi hanya akan membuat tubuh lemas, karena kandungan peptida dapat menurunkan kekebalan tubuh. Gangguan yang dapat ditimbulkan dari konsumsi berlebih bisa memunculkan kelelahan kronis. Selain itu, gizi buruk juga mungkin akan mengancam karena sistem imunitas menurun, rentan melawan bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh. Bila semakin parah beberapa organ tubuh bisa jadi tidak berfungsi.

5. Sesak Napas

5. Bahaya Gluten - Sesak Nafas
Bahaya Gluten – Sesak Nafas

Tidak hanya berakibat pada pencernaan maupun sistem kekebalan tubuh. Terlalu berlebihan mengkonsumsi gluten faktanya dapat menggangu sistem pernapasan. Gejala paling dapat dirasakan langsung adalah sesak napas. Menjaga porsi gluten akan lebih baik terutama bagi kalian penderita sakit asma dan sesak napas.

Untuk kalian yang akan melakukan program diet, sebaiknya ketahui terlebih dahulu makanan apa saja yang mengandung gluten. Makanan berbahan dasar gandum dan tepung gandum termasuk tinggi gluten. Bahan-bahan tersebut biasanya diolah menjadi pasta, mie, sereal, granola, roti, kue, saus instan, dan juga pada bir. 

Perlu menjadi catatan, bahwa tak selamanya mengkonsumsi gluten itu buruk.

Sebab gluten juga memiliki peran sebagai prebiotik dalam tubuh. Diketahui bahwa arabinoxylan oligosaccharide prebiotik dalam gandum merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Kebiasaan atau hobi mengkonsumsi karbohidrat seperti roti maupun mie memang sulit buat diubah. Tapi kalau sudah tahu konsumsi berlebih dari gluten punya efek samping demikian, apa gak lebih baik mulai mengurangi sedikit demi sedikit? Lebih baik lagi kalau kamu bisa mulai atur pola makan bebas gluten sedari dini!

[COBA MENU GLUTEN FREE]

6. Kulina Jogja - Coba Menu Gluten Free
Kulina Jogja – Coba Menu Gluten Free

SUMBER:
http://otcdigest.id/topik-kita/makanan-yang-mengandung-gluten
https://www.halodoc.com/6-dampak-terlalu-banyak-mengonsumsi-gluten-untuk-kesehatan


5 Fakta Menarik Tentang Orang Jogja

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bicara tentang Jogja artinya angkringan, romantisme, mahasiswa, kampus, kesenian dan juga budaya. Kota ini seperti tak pernah kehabisan julukan. Jajaran nama tersemat di kota ini karena beragam lapisan masyarakat hidup saling berdampingan. Faktanya mulai pelajar dan mahasiswa dari luar kota berdatangan untuk menempuh pendidikan, sederet agenda kesenian dan kebudayaan menarik tamu dalam negeri maupun dari luar negeri dan bermunculannya startup menumbuhkan kelas pekerja baru.

Bertumbuhnya sejumlah kultur sejatinya tak memadamkan identitas masyarakat Jogja sendiri. Seperti apa sih orang-orang Jogja berinteraksi satu sama lain? Nih lima fakta menarik sedulur Jogja sekaliyan~

1. Lebih dari Sekedar Ramah

1. Fakta Orang Jogja - Lebih dari Sekedar Ramah
Fakta Orang Jogja – Lebih dari Sekedar Ramah

Sebagai seorang wisatawan, berkunjung ke Jogja bisa jadi salah satu pengalaman merasakan ramah tamah penduduk aslinya. Di tengah kota maupun di pinggir daerah pedesaan, masyarakatnya selalu peduli dengan lingkungan. Akar budaya komunal orang-orang Jawa masih terasa kental menjadi salah satu perekat relasi satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, banyak orang ketika baru pertama kali datang ke Jogja, pasti jadi ingin datang lagi. Tidak heran dengan mahasiswa-mahasiswa pendatang yang kuliah di Jogja, akhirnya memutuskan untuk meneruskan karir dan bekerja di Jogja.

2. Murah Informasi dan Ilmu

2. Fakta Orang Jogja - Murah Informasi dan Ilmu
Fakta Orang Jogja – Murah Informasi dan Ilmu

Jogja kotanya pelajar dan mahasiswa. Adanya universitas maupun perguruan tinggi di Jogja membuka banyak peluang para pelajar dan mahasiswa dari luar kota Jogja untuk turut mengenyam pendidikan di kota ini. Minat belajar pun cenderung lebih tinggi, sehingga kultur berbagi informasi dan ilmu secara gratis menjadi privilege tersendiri. Terbukti dari banyaknya acara-acara diskusi dan forum-forum komunitas yang menjamur. Kesempatan ini juga didukung dengan para ahli yang turut terbuka membagi pengalaman dan pengetahuan mereka.

3. Selo Alias Santai

3. Fakta Orang Jogja - Selo Alias Santai
Fakta Orang Jogja – Selo Alias Santai

Kalau masyarakat umum sekarang, menyebut kata santai menjadi santuy~ lain halnya dengan di Jogja. Masyarakat Jogja punya istilah sendiri untuk kata santai yaitu, selo. Budaya selo dan tak terburu-buru seperti sudah mengakar bagi masyarakat Jogja. Menikmati setiap detik perjalanan menjadi kebiasaan masyarakatnya. Belajar dari hidup lebih perlahan dapat memberikan waktu dan kesempatan dalam mengeksplorasi ide-ide. Atmosfir dan lingkungan belajar yang mendukung demikian, akhirnya memunculkan insan-insan muda kreatif.

4. Hobi Nongkrong

4. Fakta Orang Jogja - Hobi Nongkrong
Fakta Orang Jogja – Hobi Nongkrong

Banyaknya waktu luang juga didukung dengan lokasi yang memadahi. Seperti muncul kafe-kafe, coffeeshop, maupun yang sedikit lebih terkonsep adalah dengan adanya co-working space. Lokasi ini menjadi sarana bertemu banyak kolega, teman, dan komunitas. Banyak mahasiswa perantau yang akhirnya betah untuk tinggal di Jogja. Terbukanya peluang karir dengan banyak bermunculan startup pun menjadi tujuan berikutnya. Bekerja tak perlu di kantor, mau sambil nongkrong dimana aja juga bisa.

5. Suka Bereksplorasi

5. Fakta Orang Jogja - Suka Berkesplorasi
Fakta Orang Jogja – Suka Berkesplorasi

Terkenal dengan kota dengan banyaknya pendatang tiap tahun, membuat para pendatang termotivasi untuk terus bereksplorasi. Salah satunya adalah tantangan untuk mengakses makanan. Antara mencari makanan enak dan gizi seimbang tapi lokasinya jauh atau lokasi lebih dekat hanya asal kenyang. Dilema selanjutnya, antara murah tapi kurang sehat atau mahal dikit tapi sehat dan higienis. 

Terus kalau mau makan enak, murah, dan gampang aksesnya gimana?

Buat kamu-kamu-kamu yang tinggal di Jogja, gak perlu mengalami dilema ini lagi! Sekarang Kulina siap menyediakan makan siang, makan malam, sampai snack yang kalian butuhin lur~ Gak pakai ina inu, gampang banget buat tentuin seleramu di Kulina. Yang murah ada, yang vegetarian ada, yang enak jangan ditanya dong~ Cukup tentuin anggaran dan jadwal makanmu lewat aplikasi Kulina, selanjutnya sesuaikan selera harianmu. Seandainya mau skip atau melewati pemesanan di hari itu juga bisa kok. Simpel!

Kamu jadi bisa atur pengeluaran dan jadwal makan yang teratur dan sesuai anggaran. Walau hidup di Jogja bisa dibilang murah, tapi mengolah keuangan juga tetap penting kan? Kalau sudah langganan Kulina, dijamin deh kamu gak bakalan impulsif lagi beli makanan hanya dari penampilan – yang padahal sehat enggak, mahal iya! Duh!

Jadi, gak ada alasan buat gak langganan Kulina kan?

[YUK, EKSPLORASI MENU KULINA JOGJA]

6. Fakta Orang Jogja - Eksplorasi Menu Kulina Jogja
Fakta Orang Jogja – Eksplorasi Menu Kulina Jogja


Inilah 4 Alasan Beralih Konsumsi Beras Merah

Beras yang kemudian diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Kulinas semua pasti sudah tahu, ada banyak jenis beras sekarang ini, salah satunya adalah beras merah. Beras merah banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan.

Jadi, selain cocok untuk diet, apalagi sih manfaat beras merah untuk tubuh kita?

1. Mengontrol Diabetes

1. Beras Merah - Mengontrol Diabetes
Beras Merah – Mengontrol Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengurangi lonjakan insulin dan membantu dalam stabilisasi kadar gula darah dalam tubuh. Beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

Asosiasi diabetes di Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Beras Merah - Menjaga Kesehatan Jantung
Beras Merah – Menjaga Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung banyak senyawa yang dikenal sebagai lignan yang dapat diubah menjadi senyawa biologis setelah dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit. Selain itu, beras merah juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berdampak negatif bagi kesehatan jantung kita.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

3. Beras Merah - Meningkatkan Kualitas Tidur
Beras Merah – Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sulit tidur. Namun faktor penyumbang yang paling umum adalah kurangnya hormon melatonin.

Beras merah secara alami mengandung melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B yang membantu metabolisme dan siklus tidur.

4. Melancarkan ASI

4. Beras Merah - Melancarkan ASI
Beras Merah – Melancarkan ASI

Menurut Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues yang dipublikasikan World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, nasi merah juga berperan penting untuk membuat ASI menjadi lebih banyak. Beras merah memiliki stimulan hormon yang meningkatkan laktasi. Laktasi adalah proses sintesis untuk produksi dan pengeluaran ASI.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat baik beras merah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi berah merah.

1. Membaca Label

Seperti halnya makanan kemasan lain yang selalu menyertakan label, begitu pun beras merah. Ada baiknya membaca label kemasan beras merah sebelum membeli atau pun mengkonsumi beras merah. Pasalnya, biasanya beras merah juga mengandung campuran kedelai, gluten, atau kacang-kacangan yang dapat menimbulkan alergi.

2. Menyimpan dengan Benar

Ketika kamu memasak terlalu banyak beras merah untuk dihabiskan dalam satu hari, keluarkan nasi merah dari rice cooker dan simpan di lemari pendingin. Penyimpanan di lemari pendingin pun jangan lebih dari 4 hari. Beras merah yang disimpan terlalu lama membuatnya menjadi lembab dan menjadi tempat berkembang biak yang cocok bagi bakteri.

3. Waspada Bakteri Aspergillus Section Flavi

Di antara semua bakteri dan jamur yang dapat tumbuh di beras merah, aspergillus section flavi adalah yang paling berbahaya. Jamur ini dikenal sebagai aflatoksin yang berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi.

Karena jamur ini dapat tumbuh pada nasi yang dimasak dan yang tidak dimasak, penting untuk menyiapkan nasi dengan benar dan mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah memasak untuk mengurangi risiko.

Jadi, Kulina semua sekarang sudah tahu kan manfaat-manfaat beras merah? Selain manfaat, Kulinas juga lebih tahu bagaimana tips membeli dan mengkonsumsi beras merah yang baik dan benar.

Siap lebih sehat?

[MULAI KONSUMSI BERAS MERAH]

Beras Merah - Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina
Beras Merah – Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/manfaat-dan-efek-samping-beras-merah-yang-wajib-anda-ketahui/
https://id.theasianparent.com/manfaat-beras-merah
http://manjilala.info/pengertian-laktasi-dan-menyusui/

Kulonuwun Warga Yogyakarta, Kulina Kini Hadir di Jogja!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sobat mager Jogja kini tak perlu lagi bersedih hati~

Kalau biasanya tiap jam istirahat selalu makan di luar kantor atau pesan lewat platform pesan dan antar makanan jadi kebiasaan, kalian kudu cobain cara baru ini nih! Karena akhirnya kalian warga Jogja bisa cobain pengalaman makan bareng Kulina! Mulai jadwal makan buat sehari, seminggu, bahkan sebulan bisa kalian rancang sendiri. Kok bisa?

1. Atur Jadwal Makan di Kulina

1. Kulina Jogja - Atur Jadwal Makan
Kulina Jogja – Atur Jadwal Makan

Kulina merupakan platform pesan antar makanan berbasis aplikasi, jadi memudahkan kalian untuk bisa mengelola jadwal makan dari genggamanmu. Mau pesan untuk makan siang atau makan malam? Atau butuh cemilan disela-sela kegiatan? Semua bisa bareng Kulina!

Ketika pola makan harian lebih teratur, artinya budget untuk makan juga makin terencana.

Kemudahan teknologi memang sangat memudahkan untuk memenuhi kebutuhan, saking mudahnya terkadang membuat orang suka impulsif. Diskon atau promo-promo yang bertebaran suka bikin laper mata. Dan dengan seketika bikin orang mudah melakukan transaksi tak terencana. Padahal kalau dipikir sebenernya, yaaa … gak butuh-butuh amat~

Kalau sudah begini, kebutuhan untuk mengelola pengeluaran untuk makan jadi krusial. Atur jadwal makan di Kulina, selain teratur di waktu juga teratur di anggaran, nutrisi juga makin terkendali. Goal pola makan sehat bisa jadi motivasi bagi tubuh dan staminamu.

2. Pengeluaran Ramping Sesuai Anggaran

2. Kulina Jogja - Sesuai Anggaran
Kulina Jogja – Sesuai Anggaran

Pesan makanan lewat aplikasi memang suka meresahkan buat pengeluaran. Pasalnya selain harga makanan itu sendiri, ada tambahan tentatif dari ongkos kirim.

Kulina tahu kebutuhanmu!

Beragam pilihan menu? Check list.
Harga sesuai budget? Check list.
Sehat sekaligus enak? Check list.

Ongkos kirim? Jauh dari kamus Kulina. Soalnya, selama langganan di Kulina, pesananmu sudah termasuk ongkos kirim. Jadi, tinggal santai tunggu pesananmu datang deh~

Kabar baik lainnya, kalian tak perlu repot memikirkan minimal order demi mendapatkan gratis ongkos kirim. Kalian tetap bisa menikmati paket makan tanpa minimal order atau syarat dan ketentuan tertentu. Mau pesan satu buat kamu sendiri? Bisa diatur~

Bye overbudget!

3. Menu Enak Bergaransi

3. Kulina Jogja - Enak Bergaransi
Kulina Jogja – Enak Bergaransi

Pesan makan dengan menu andalan di Kulina itu jelas enak rasanya. Lebih menyenangkan karena menu terbaik ini dibuat dari dapur pilihan. Kulina berkolaborasi dengan katering dan restoran lokal Jogja. Selain sudah terkenal di daerahnya, higienisitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. 

Riskan keamanan dan kualitas selama perjalanan makanan diantarkan kadang luput dari quality control. Terus kalau sudah begini pesan makanan mana bisa bergaransi? Baru Kulina yang berani jamin, bila makanan yang kamu pesan terbukti basi atau rusak bisa diganti dengan yang baru. 

Sedulur Jogja sekarang bisa makan gak asal kenyang.

Nyatanya sekarang bisa akses mudah makan enak, sehat, bersih, pakai bergaransi lagi~

4. Untungnya di Kamu, Belinya di Kulina

4. Kulina Jogja - Untung di Kamu
Kulina Jogja – Untung di Kamu

Sedulur Jogja pengguna baru aplikasi Kulina, beruntunglah kalian! Soalnya ada kode promo yang bisa kalian pakai langsung untuk melakukan transaksi pertama di Kulina. Ada dua pilihan dengan diskon Rp 10.000 untuk pembelian 3 item yang sama di hari yang sama. Dan diskon Rp 20.000 untuk pembelian 5 item yang sama di hari yang sama. Lumayan nih lur buat ajak-ajakin temen makan bareng~

Kulina sudah melayani lebih dari satu juta box untuk mempermudah urusan makan para pelanggan. Kamu kapan?

[CEK MENU KULINA]

5. Kulina Jogja - Cek Menunya