Kulonuwun Warga Yogyakarta, Kulina Kini Hadir di Jogja!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sobat mager Jogja kini tak perlu lagi bersedih hati~

Kalau biasanya tiap jam istirahat selalu makan di luar kantor atau pesan lewat platform pesan dan antar makanan jadi kebiasaan, kalian kudu cobain cara baru ini nih! Karena akhirnya kalian warga Jogja bisa cobain pengalaman makan bareng Kulina! Mulai jadwal makan buat sehari, seminggu, bahkan sebulan bisa kalian rancang sendiri. Kok bisa?

1. Atur Jadwal Makan di Kulina

1. Kulina Jogja - Atur Jadwal Makan
Kulina Jogja – Atur Jadwal Makan

Kulina merupakan platform pesan antar makanan berbasis aplikasi, jadi memudahkan kalian untuk bisa mengelola jadwal makan dari genggamanmu. Mau pesan untuk makan siang atau makan malam? Atau butuh cemilan disela-sela kegiatan? Semua bisa bareng Kulina!

Ketika pola makan harian lebih teratur, artinya budget untuk makan juga makin terencana.

Kemudahan teknologi memang sangat memudahkan untuk memenuhi kebutuhan, saking mudahnya terkadang membuat orang suka impulsif. Diskon atau promo-promo yang bertebaran suka bikin laper mata. Dan dengan seketika bikin orang mudah melakukan transaksi tak terencana. Padahal kalau dipikir sebenernya, yaaa … gak butuh-butuh amat~

Kalau sudah begini, kebutuhan untuk mengelola pengeluaran untuk makan jadi krusial. Atur jadwal makan di Kulina, selain teratur di waktu juga teratur di anggaran, nutrisi juga makin terkendali. Goal pola makan sehat bisa jadi motivasi bagi tubuh dan staminamu.

2. Pengeluaran Ramping Sesuai Anggaran

2. Kulina Jogja - Sesuai Anggaran
Kulina Jogja – Sesuai Anggaran

Pesan makanan lewat aplikasi memang suka meresahkan buat pengeluaran. Pasalnya selain harga makanan itu sendiri, ada tambahan tentatif dari ongkos kirim.

Kulina tahu kebutuhanmu!

Beragam pilihan menu? Check list.
Harga sesuai budget? Check list.
Sehat sekaligus enak? Check list.

Ongkos kirim? Jauh dari kamus Kulina. Soalnya, selama langganan di Kulina, pesananmu sudah termasuk ongkos kirim. Jadi, tinggal santai tunggu pesananmu datang deh~

Kabar baik lainnya, kalian tak perlu repot memikirkan minimal order demi mendapatkan gratis ongkos kirim. Kalian tetap bisa menikmati paket makan tanpa minimal order atau syarat dan ketentuan tertentu. Mau pesan satu buat kamu sendiri? Bisa diatur~

Bye overbudget!

3. Menu Enak Bergaransi

3. Kulina Jogja - Enak Bergaransi
Kulina Jogja – Enak Bergaransi

Pesan makan dengan menu andalan di Kulina itu jelas enak rasanya. Lebih menyenangkan karena menu terbaik ini dibuat dari dapur pilihan. Kulina berkolaborasi dengan katering dan restoran lokal Jogja. Selain sudah terkenal di daerahnya, higienisitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. 

Riskan keamanan dan kualitas selama perjalanan makanan diantarkan kadang luput dari quality control. Terus kalau sudah begini pesan makanan mana bisa bergaransi? Baru Kulina yang berani jamin, bila makanan yang kamu pesan terbukti basi atau rusak bisa diganti dengan yang baru. 

Sedulur Jogja sekarang bisa makan gak asal kenyang.

Nyatanya sekarang bisa akses mudah makan enak, sehat, bersih, pakai bergaransi lagi~

4. Untungnya di Kamu, Belinya di Kulina

4. Kulina Jogja - Untung di Kamu
Kulina Jogja – Untung di Kamu

Sedulur Jogja pengguna baru aplikasi Kulina, beruntunglah kalian! Soalnya ada kode promo yang bisa kalian pakai langsung untuk melakukan transaksi pertama di Kulina. Ada dua pilihan dengan diskon Rp 10.000 untuk pembelian 3 item yang sama di hari yang sama. Dan diskon Rp 20.000 untuk pembelian 5 item yang sama di hari yang sama. Lumayan nih lur buat ajak-ajakin temen makan bareng~

Kulina sudah melayani lebih dari satu juta box untuk mempermudah urusan makan para pelanggan. Kamu kapan?

[CEK MENU KULINA]

5. Kulina Jogja - Cek Menunya



6 Kuliner Khas Jogja Selain Gudeg yang Harus Kamu Coba

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sedulur sekalian paling demen kuliner khas Jogja apa nih? Kalau Gudeg selalu jadi tujuan kuliner paling favorit, mungkin kalian mainnya kurang jauh~ Sebelum habis jatah liburan atau buat kalian yang baru merencanakan liburan ke Jogja, yuk intip beberapa ide kuliner unik Jogja punya berikut ini!

1. Sate Klatak

1. Kuliner Khas Jogja - Sate Klatak
Kuliner Khas Jogja – Sate Klatak

Sekilas nama kuliner unik satu ini seperti menggunakan daging katak sebagai bahan utama. Pasalnya klatak mirip dengan kata katak. Padahal sate ini menggunakan bahan daging kambing muda dengan bumbu sederhana. Kalau sate kambing kebanyakan dibumbui kecap manis atau sambal kacang, khusus sate klatak daging kambing hanya diberi bumbu garam saja. Sebagai pelengkap sate klatak, ada nasi putih hangat dan semangkuk kuah gulai. 

Keunikan dari sate ini dari pada sate lainnya adalah penggunaan jeruji sepeda sebagai tusuk satenya. Kata salah satu pedagangnya, upaya ini baik agar mengurangi penggunaan tusuk sate satu kali pakai. Selain itu bahan besi jeruji memiliki sifat penghantar panas, sehingga daging dapat matang sempurna hingga ke dalam. 

Kuliner sate klatak dapat kalian temui di daerah jalan Imogiri Timur. Bila ingin mencoba resep otentiknya, bisa mencoba di sate klatak “Pak Bari”. Lokasi tepatnya di tengah-tengah pasar Jejeran Wonokromo. Warung ini buka setiap hari pukul 18.00-20.00 (atau sampai habis). Kabarnya, lokasi warung ini juga sempat jadi lokasi syuting film AADC 2 lho.

2. Mie Lethek

2. Kuliner Khas Jogja - Mie Lethek
Kuliner Khas Jogja – Mie Lethek

Kuliner kedua yang gak kalah unik di Jogja, mie lethek. Lethek sendiri artinya adalah kotor atau kondisi tidak bersih. Nama tersebut diperoleh dari warna mie yang keabu-abuan karena dibuat dari tepung tapioka dan gaplek. Keunikan lainnya terdapat dari proses pembuatannya, yakni dengan menggunakan tenaga sapi untuk mencampur dan menggiling adonannya. Mie ini diolah dengan cara tradisional sehingga tak menggunakan pewarna atau bahan pengawet makanan.

Biasanya akan diolah serupa mie jawa, yakni dengan penambahan ayam suwir, telur dan beragam sayuran. Mie ini banyak diproduksi oleh masyarakat Bantul, tepatnya di daerah Srandakan. Namun, sekarang sudah banyak warung bakmi jawa yang mengangkat mie lethek sebagai menu andalannya.

3. Mangut Lele

3. Kuliner Khas Jogja - Mangut Lele
Kuliner Khas Jogja – Mangut Lele

Kuliner berikutnya merupakan kuliner khas dari daerah Sewon, Bantul. Menu ini pertama kali dikenal dari dapur kuliner “Mbah Marto”. Melihat ikan lele cukup mudah didapat, kemudian diolah sedemikian rupa hingga akhirnya jadi kuliner yang cukup populer.

Lele di sini dimasak mangut, yakni mengasapi ikan lele yang sebelumnya telah ditusukkan ke bilah bambu, kemudian diolah dengan bumbu mangut. Semakin nikmat karena menu-menu tersebut bisa didapatkan langsung di lokasi pembuatannya. Jadi, kalian bisa melihat langsung dapur tradisional Jawa. Selain menikmati kuliner kalian juga dapat bercengkrama langsung dengan peraciknya, mbah Marto.

4. Entok Slenget

5. Kuliner Khas Jogja - Entok Slenget
Kuliner Khas Jogja – Entok Slenget

Entok atau itik adalah hewan yang biasa diolah sebagai masakan. Seperti di Jogja, kang Tanir mengolah entok menjadi kuliner nikmat. Sebab, daging entok memiliki tekstur yang alot, sehingga perlu ketelatenan dalam mengolahnya. Entok olahan kang Tanir memiliki cita rasa pedas menantang di lidah. Kuliner ini lebih cocok jika dimakan ketika panas, sehingga perpaduan pedas panas ini disebut slenget

Warung entok kang Tanir berada di Pasar Agropolitan Pules, Turi. Di warung tersebut, entok tak hanya dijadikan hidangan utama, melainkan ditemani dengan bagian entok lain seperti hati ampela dan balungan entoknya juga diolah.

5. Belalang Goreng

5. Kuliner Khas Jogja - Belalang Goreng
Kuliner Khas Jogja – Belalang Goreng

Beberapa kuliner di atas memang unik, tapi ada yang lebih unik dan ekstrem lagi dari Jogja! Apalagi kalau bukan belalang goreng. Berani coba?

Belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul. Belalang yang dipilih untuk digoreng adalah belalang kayu yang mudah ditemukan di daerah Gunung Kidul. Biasanya belalang kayu hinggap di dahan pohon jati atau semak-semak.

Menurut sebagian orang, daging belalang setelah digoreng mempunyai rasa seperti udang. Belalang mengandung protein tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi semua orang. Tekstur dari belalang sendiri gurih dan renyah sehingga tak sedikit orang yang ketagihan dibuatnya. Belalang goreng ini bisa kalian temukan di pinggir-pinggir jalan ataupun melalui toko-toko daerah Gunung Kidul.

6. Jadah Tempe

6. Kuliner Khas Jogja - Jadah Tempe
Kuliner Khas Jogja – Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari kabupaten Sleman, Yogyakarta atau tepatnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang. Makanan khas Jogja ini adalah makanan tradisional yang menggabungkan jadah dan tempe. Jadah sendiri merupakan panganan yang dibuat dari olahan ketan sedangkan tempe merujuk pada tempe itu sendiri yang diolah dengan bumbu bacem. 

Jadah tempe biasanya dikemas dalam daun pisang di mana pada setiap satu jadah berarti terdapat pula satu tempe yang menemani. Tetapi ada juga orang yang menyantap dua jadah dengan satu tempe, yakni dengan menghimpit tempe menggunakan jadah sehingga menyerupai burger. Selain menjadi ikon kuliner dari kawasan Kaliurang, konon katanya jadah tempe merupakan makanan favorit Sultan Hamengkubowono IX.

Tuh kan, di Jogja tuh gak melulu jajan Gudeg aja!

Banyak kuliner unik yang siap diserbu saat berlibur ke Jogja. Kalau kamu, mau mulai petualangan kulinermu dari mana?

[COBA DARI SINI]


7. Cari Kuliner Jogja di Kulina
Cari Kuliner Jogja di Kulina





Saat Kalian Merasa Lapar, Ini yang Terjadi pada Tubuhmu

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Menunda atau melewatkan waktu makan mungkin menjadi hal yang wajar dialami saat mengejar tenggat waktu pekerjaan. Namun, perilaku ini bisa jadi mempunyai efek tertentu bagi tubuhmu. Rasa lapar berkepanjangan dapat memberikan pengaruh pada psikis. Terutama pada pria, rasa lapar dapat membuat orang menarik diri dan apatis. Sebelum semakin berlarut-larut bahkan sampai jadi kebiasaan buruk, yuk cari tahu apa yang terjadi pada tubuhmu ketika rasa lapar melanda.

Otak Mengatur Strategi

C:\Users\Owner\Downloads\hypothalamus.jpg

Saat manusia merasa lapar, organ utama yang menjadi pusat rasa lapar adalah hypotalamus. Metabolisme otak menjadi aktif setelah kadar gula dalam darah menurun. Bagian tersebut berfungsi mengaktifkan produksi hormon stress adrenalin yang nantinya akan memberikan sinyal ke manusia untuk mencari makanan. Saat kelaparan, setiap organ tubuh akan menurun hingga 50% dari berat sebelumnya. Berbeda halnya dengan otak. Organ tubuh ini hanya akan menurun 2-4% saja.

Enam jam pertama tanpa makanan, tubuh akan memecah glikogen menjadi glukosa sebagai bahan bakar energi untuk otak, jaringan otot dan aliran darah.Setelah enam jam berlalu, glikogen akan mulai habis. Hal ini menyebabkan energi habis dan otak sulit membuat keputusan. Kesulitan ini kemudian membuat kadar emosi meningkat.

Tubuh Menghemat Energi

C:\Users\Owner\Downloads\all_tiredness_shutterstock_302075804.jpg

Bila kelaparan terjadi 3 hingga 10 hari akan membuat metabolisme tubuh menurun. Demikian juga dengan frekuensi kerja jantung dan suhu tubuh menurun disebut penghematan energi. Selain itu, ketiadaan glukosa dalam darah akan membuat tubuh mengambil simpanan lemak sebagai sumber energi utama. Secara otomatis tubuh akan membangun asam lemak yang nantinya akan menjadi keton atau senyawa lemak tubuh. Keton merupakan senyawa terpenting terakhir saat orang kelaparan tetap bertahan hidup. Sebab, keton menjadi satu-satunya unsur yang bisa dikonsumsi otak selain glukosa.

Dampak yang mungkin dapat muncul dari kelaparan berkepanjangan ini adalah dengan berubahnya suasana hati, tubuh lemas karena berkurangnya massa otot, fungsi penahan kulit melemah, sistem kekebalan tubuh menurun, dan makin mudah terserang penyakit. Yang paling buruk selain gejala yang telah disebutkan diatas adalah otot-otot jantung kemudian perlahan menjadi makanan bagi otak. Hal ini juga akan terjadi pada organ tubuh lainnya, mengingat organ tubuh sebagian besar tebuat dari protein.

Perubahan Metabolisme Tubuh

C:\Users\Owner\Downloads\comb-with-hair-loss-problem_36743-135.jpg

Jika tubuh menyesuaikan program metabolisme demikian, tubuh manusia hanya dapat bertahan maksimal 3 bulan. Kurangnya nutrisi ini akan diawali dengan munlainya ada kerusakan gigi, tulang mulai melemah dan munculnya rambut rontok. 

Dampak selanjutnya, dalam waktu singkat tubuh akan mengkonsumsi seluruh protein dari organ-organ. Seluruh protein ini kemudian akan dipakai otak sebagai sumber energi, demi pemenuhan kebutuhan energi otak. Jika sudah demikian, kurangnya nutrisi akan mematikan fungsi jantung.

Menunda atau melewatkan waktu makan demi pekerjaan atau malah niatan mengurangi berat badan mungkin sulit dihindari. Tapi kalau dapat mengelolanya sesuai dengan kapasitas tubuh, malah akan memberikan dampak positif. Sama halnya ketika berpuasa seharian penuh. Sejauh apa kemampuan kalian mengenali tubuh, hanya kalian sendiri yang dapat mengukurnya. 

Tetap sayangi tubuhmu ya guys!

SUMBER:
https://www.dw.com/id/reaksi-tubuh-bila-kelaparan/a-15565152
https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/reaksi-tubuh-saat-berhenti-makan/full


STOP BUANG-BUANG MAKANAN! INI AKIBATNYA.

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

1. Kulina - Stop Buang-Buang Makanan! Ini Akibatnya.
Stop Buang-Buang Makanan! Ini Akibatnya.

Tahu kah kalian? Kalau rata-rata setiap orang di Indonesia membuang hingga 300kg makanan setiap tahunnya? Lebih mendalam, menurut laporan dari badan pangan PBB, FAO menyebutkan bahwa Indonesia dapat menghasilkan total sampah makanan sekitar 13 juta ton sampah makanan tiap tahunnya! Banyaknya sampah makanan ini menjadikan Indonesia mendapat predikat kedua setelah Saudi Arabia sebagai penyumbang sampah makanan terbesar di dunia.

Sumbangan sampah makanan tersebut termasuk dari makanan-makanan sisa dari piring-piring di rumah maupun restoran. Selain itu penyumbang kedua dari sampah sayur dan buah di pasar, supermarket, maupun rumah tangga. Sayur maupun buah yang mulai layu atau tidak layak konsumsi biasanya akan di sisihkan untuk kemudian dibuang. Jumlahnya pun tak serta merta 1 atau 2 kg saja, namun lebih dari itu, dan menumpuk setiap harinya. Selain itu, ada banyak makanan instan atau kalengan yang masih dalam hitungan bulan jauh dari tanggal kadaluarsanya tetapi tak dapat dijual, karena ada alasan standarisasi produk.

Dampak Buang-Buang Makanan

Ironisnya, isu kelaparan dan ketimpangan memperoleh akses pangan di Indonesia baik masyarakat di pedesaan maupun perkotaan masih menjadi isu yang banyak diberbincangkan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa sekitar 19,4 juta orang di Indonesia tidur dalam keadaan lapar dan kekurangan gizi. Padahal bila dapat mengelola alur makanan tersebut, konon katanya dari 13 juta ton sampah makanan tersebut dapat dialokasikan bagi 28 juta orang di Indonesia.

Kurangnya kesadaran mengelola sisa makanan menjadi lebih berarti masih belum banyak dilirik sebagai sebuah upaya menjaga lingkungan. Faktanya, pengelolaan sisa makanan yang kurang baik akan menambah volume timbunan di tempat pembuangan sampah, dimana semakin banyak timbunan akan menghasilkan gas methana yang berpotensi menyebabkan ledakan.

Dari beberapa data tersebut, terdapat bentangan jarak yang cukup lebar antara angka kelaparan, kurang gizi dengan makanan yang terbuang, termasuk dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Demi kebaikan isu ini perlu diketahui dan dipahami, sehingga diharapkan membawa kesadaran terhadap masyarakat luas.

Penyebab Buang-Buang Makanan

Biasanya makanan terbuang dialami ketika mengkonsumsi seporsi makanan yang lebih dari porsi semestinya. Padahal meminimalisir pola konsumsi tersebut dapat diupayakan dimulai dari diri sendiri. Misalnya dengan memesan makanan sistem pre-order di Kulina. Karena pesan melalui katering Kulina sama dengan meminimalisir sampah makanan. Mudahnya, dapur Kulina akan mendapatkan pesanan pasti dari kalian setiap harinya, sehingga bahan belanja dapur pasti sesuai dengan jumlah pemesanannya. Bila berjalan demikian baik, tak akan ada kisah bahan atau makanan terbuang sia-sia. 

Solusi Kurangi Buang Makanan

Berita baik lainnya, kalian dapat memesan sesuai porsi satu kali makan. Kulina berkolaborasi dengan dapur dan resto lokal, jadi ada lebih dari 1000 menu tiap harinya. Dari menu-menu mini alias porsi kecil hingga porsi besar semua bisa dipesan sesuai kebutuhan. Pilihan menu juga dapat disesuaikan dengan anggaran makan kalian. Jika semua dapat disesuaikan, mulai jenis menu, porsi, hingga anggaran sekali makan dapat dipastikan tak akan ada namanya makanan terbuang sia-sia.

Kulina juga menerapkan sistem pre-order, artinya dapur mendapat fix order sehari sebelumnya. Pihak dapur tidak perlu berlebih dalam belanja stok, apalagi bahan yang gak tahan lama. Dapur bisa efisien dan mengurangi resiko sisa bahan makanan yang terbuang.

Jadi, ikut berpartisipasi menjaga lingkungan dan mengelola sampah makanan bisa dimulai dari piring makanmu kan?

[YUK, CEK MENU KULINA]

2. Kulina - Lihat Menu Kulina Sebagai Solusi Kurangi Buang Makanan
Lihat Menu Kulina Sebagai Solusi Kurangi Buang Makanan

Hadapi Pancaroba dengan 3 Buah Penambah Imun Tubuh

HADAPI PANCAROBA DENGAN
3 BUAH PENAMBAH IMUN TUBUH

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Cuaca tak menentu, panas dingin silih berganti, tandanya masuk musim pancaroba. Pergantian cuaca yang gak jelas gini biasanya bakalan bikin imun tubuh menurun. Imun tubuh menurun ditandai dengan tubuh jadi mudah terserang penyakit dan mulai muncul gejala gangguan kesehatan. Jangan tunggu sampai hal ini terjadi ya, guys!

Mulai kenali tubuhmu dari sekarang! Menyadari keterbatasan daya tahan tubuh atau dengan tetap memperhatikan lama waktu saat bekerja, bisa jadi salah bentuk pencegahan yang bisa diupayakan, lho. Terkadang tak cukup mengandalkan tubuh saja, mengkonsumsi suplemen makanan mungkin juga jadi satu solusi baik. Namun, bergantung pada suplemen kimiawi lebih baik diminimalisir ya, guys.

Ada suplemen yang lebih baik! Apalagi kalau bukan lewat nutrisi makanan yang kalian konsumsi! Yap, selain paling terjangkau dan nutrisinya jelas diperoleh secara alami, mengkonsumsi buah-buahan perlu banget demi menambah imun, lho. Yuk, tambah imun tubuh dan mood kamu lewat konsumsi buah-buahan berikut ini nih Kulinas!

1. Jeruk Sunkist

Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat menambah imun tubuh
Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih

Menjaga kekebalan tubuh lebih efektif dengan konsumsi buah-buahan keluarga Jeruk. Salah satunya adalah jeruk Sunkist. Pasalnya buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang dibutuhkan saat daya tahan tubuh menurun. Selain itu, buah jeruk juga kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi dan antibakteri. 


Selain banyak manfaatnya, tips mudah mengkonsumsi jeruk Sunkist ini adalah dengan memotongnya jadi beberapa bagian dan langsung disesap aja. Easy! Asli praktis banget buat dijadiin camilan di kantor.

2. Semangka

Buah Semangka mengandung likopen sebagai penambah imun tubuh
Buah Semangka mengandung likopen sebagai pencegah penyakit dan infeksi

Jaga-jaga masuk musim pancaroba dengan konsumsi buah khas musim panas ini yuk. Apalagi kalau bukan buah Semangka! Tak perlu diolah menjadi jus, soalnya daging buah ini selain bisa langsung dikonsumsi, dengan banyaknya kandungan air bisa banget bikin auto good mood.

Gak cuma itu, buah yang terkenal dengan banyak mineral dan vitamin ini, ternyata juga punya kandungan istimewa lho, yakni likopen. Faktanya, zat ini dipercaya efektif untuk pencegahan penyakit dan infeksi, selain itu juga dapat mengurangi peradangan pernapasan.

Tips cara konsumsinya, tinggal dipotong jadi beberapa bagian (biasnya jadi segitiga sama sisi) and ready to eat! Lebih baik berjaga-jaga sebelum sakit kemudian kan Kulinas?

3. Kiwi

Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai penambah imun tubuh
Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai antioksidan

Buah kiwi yang khas dengan kulit berambut halus dan daging buah berwarna hijau terang ini kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan Vitamin C dalam buah Kiwi ini jauh lebih banyak daripada buah jeruk lho! Vitamin C sendiri dipercaya dapat memproduksi sel darah putih sehingga dapat memerangi infeksi dalam tubuh.

Makin sehat, karena ada vitamin K dan E yang terkandung dalam buah Kiwi ini. Vitamin E sendiri mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulitmu. Sedangkan vitamin K memiliki peran cukup besar dalam memerangi penyakit tertentu, salah satunya adalah penyakit kanker. Kandungan natural lainnya adalah folat dan potassium yang cukup berperan dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Konsumsi buah Kiwi dalam jumlah cukup tentu dapat menambah imun tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat, siap menghadapi perubahan cuaca.

Gampang banget lho guys, kalau kalian mulai ganti camilan dengan konsumsi buah. Soalnya, makan buah tak pernah semenyenangkan ini sebelumnya. Makan buah enak, kenyang, sehat, dan yang paling penting bisa tambah imun tubuh!

Bareng Kulina, buah-buahan segar bisa banget diantar sampai kantormu! Mau buah-buahan utuh ataupun buah potong semunya tersedia. Mau perhatian sama kesehatan tubuhmu? Perhatiin juga kebiasaan nyemilmu ya!

Siap hadapi musim pancaroba?

Pesan sekarang [DI SINI] aja sob!

Pesan paket buah untuk dapatkan asupan buah enak, kenyang, dan tetap sehat


Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Walaupun kesibukan dan rutinitas pekerjaan super hectic, makan siang menjadi salah satu momen yang tak boleh terlewatkan. Buat kalian yang sibuk bekerja dari rumah maupun dari kantor, jangan sampai abai dengan makan siang teratur. Nutrisi tubuh yang tak terpenuhi, akhirnya bikin tubuh cepat lelah. Kalau sudah begini, bisa bikin performa kurang maksimal bahkan bikin produktifitas menurun.

Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Katanya sih, tak ada logistik bikin tak ada logika.

Hmm, berasa lagunya siapa gitu ya gengs? Hehehe~

Makan siang teratur bagi sebagian pekerja bisa jadi hanyalah mitos belaka. Pasalnya, selain dikejar kewajiban pekerjaan, untuk datang mengantri di kafetaria, kantin, resto, maupun warung terdekat perlu usaha ekstra. Dimana alasan-alasan tersebut menjadi faktor yang paling bikin mager alias males gerak! Kebayang kan kudu beresin kerjaan, turun dari lantai sekian, belum lagi menunggu antrian pesanan. Bisa-bisa waktu istirahatmu habis di jalan dan buat nunggu~

Lauk ikan pindang,
Minumnya es blewah. 
Ribet mau makan siang?
Pesen di Kulina ajah~

Bikin makan siangmu lebih seru, soalnya pesen makan di Kulina itu anti-bosan. Setiap hari, ada 1000 menu ((hail to the menu)) yang siap buat memenuhi mood harianmu. Mulai dari makanan berat ala Western, selera Nusantara, hingga Timur Tengah. Khusus buat kalian yang lagi ada program diet, pas banget nih soalnya Kulina sedia menu plant based diet sampai keto diet juga ada. Eits, belum kenyang? Ada lagi makanan kecil dan pencuci mulut biar makin puas!

Cus, langsung akses website Kulina lewat smartphone kamu. Semua pesananmu bisa dateng tepat di jam makan siang. Makananmu diantar sampai kantor tanpa tambahan biaya ongkir. Selain itu rencana makan siangmu makin fleksibel karna ada fitur terbaru dari Kulina. Salah satunya pakai fitur pesan Mix & Match.

Apa aja sih keunggulan baru fitur ini, yuk kulik bareng-bareng!

1. Pilih Opsi Pesanan Satuan

Sekarang Kulina punya dua opsi pilih pesanan. Mau pesen dalam paket bisa, mau pesan Satuan? Bisa banget! Dengan fitur baru dari Kulina ini, mau pesen satuan pun akan dilayani lho guys! Kalau begini caranya bisa jadi makan sehatmu tetap on the budget deh!

2. Pilih Tanggal dan Hari Makanan Hendak Diantarkan

Step kedua, tentukan tanggal berapa pesananmu hendak diantarkan. Cukup fleksibel, soalnya kamu bisa banget skip tanggal atau atur aja tanggal kalian akan merencanakan makan siang di kantor. Easy!

3. Tentukan Menu Makananmu

Paling utama nih, makan apa ya hari ini? Udah lah kamu gak usah pusing lagi, karena apa yang kamu mau? Ada di Kulina! Kulina telah berkolaborasi dengan 80 vendor lokal untuk menyediakan 1000 rancangan menu yang tersedia setiap harinya.

4. Tentukan Jumlah Pesananmu

Next step is to mention how many box you need to lift up your spirit well. Tepat di bawah menu makanan akan ada pilihan jumlah makanan yang kamu butuhin. Dengan memesan makanan sesuai jumlah kebutuhan, kalian akan ikut berpartisipasi dalam mengurangi food waste!

5. Checkout dan Nikmati deh!

To make sure, cek ulang pesanan kalian yaps. Last but not least is to checking out! Tinggal bayar dan tunggu makanan kalian diantar sampai ke kantor mu. Simple!

Tutorial Penggunaan Fitur Baru Kulina

[COBA FITUR BARU KULINA]

Keunikan Soto Ambengan Khas Surabaya

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sarapan atau makan siang dengan makan makanan berkuah bisa jadi pilihan paling mantap. Seperti misalkan menikmati hidangan khas Indonesia, Soto! Identik dengan kuah rempah dipadukan dengan sayur tauge, kobis, dan bihun.

Menu ini memiliki penyebutan nama berbeda-beda di tiap daerah, seperti Sroto, Coto, Sauto maupun Tauto. Beda nama beda pula versi dan resep Sotonya. Komposisi kuah Soto disesuaikan dengan daerah dimana Soto tersebut dibuat. Ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi maupun bagian kaki sapi bahkan bagian jeroan sapi pun juga ada. Dari sinilah biasanya lahir beragam jenis Soto sesuai dengan isiannya. Secara penyajian, kerap diberikan beberapa pilihan karbohidrat seperti nasi, ketupat, lontong, maupun mi.

Mau makan siang pakai Coto Makassar atau Sroto Sokaraja? Semuanya sama-sama nikmat, seperti halnya menu Soto khas dari Surabaya ini yang memiliki penggemarnya sendiri, apalagi kalau bukan Soto Ambengan.

C:\Users\Owner\Downloads\menu-sarapan-soto-di-jakarta.jpg

Apa ya keunikan Soto Ambengan? Kenapa diberi nama Ambengan?

Kalau kata netijen, nama Ambengan jadi viral karena dipelopori oleh Pak Hasni Sadi. Ceritanya berawal dari depot soto ayam Pak Sadi yang terletak di jalan Ambengan Surabaya. Soto Pak Sadi di jalan Ambengan ini termasuk legendaris lho guys, soalnya Pak Sadi sudah melayani pelanggannya sejak tahun 1970. Siapa sangka, Pak Sadi yang berjualan hanya dengan memikul dagangannya keliling kampung, sanggup membawa Soto Ambengannya meraih penghargaan World Street Congress Food sebagai Master of the Year di tahun 2013! Waaahhh keren ya, jadi gak heran kan kenapa Soto Ambengan bisa bertahan sampai sekarang?

Emang se-enak apa sih sampai bisa dapat penghargaan?

Kuah soto menjadi golden treasure-nya nih, guys. Soto Ambengan memiliki ciri khas kuah berwarna bening dan sedikit kuning. Selain itu, bumbu rempah kunyit, lengkuas, dan serai cukup menonjol dalam aroma kuahnya. Daging ayam dan beragam bagian ayam lainnya dipakai sebagai isian dalam soto ini. Tak lupa menambahkan telur rebus, bihun, kubis, dan nasi putih sebagai pelengkap.

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, ada satu pelengkap utama yang bikin soto ini gak sah disebut Soto Ambengan. Apalagi kalau bukan Koya! Koya adalah pelengkap spesial semangkok sotomu. Terbuat dari campuran kerupuk udang, parutan kelapa dan bawang putih yang ditumbuk halus. Kawasan Jawa Timur, khususnya Surabaya terkenal dengan oleh-oleh serba kerupuk terutama kerupuk ikan. Tak heran, Koya benar-benar tumbuh dari bahan-bahan lokal favorit masyarakatnya.

Biasanya Koya akan disediakan dalam wadah tersendiri atau terkadang ada juga yang menyajikannya sebagai topping dalam satu porsi soto. Menambahkan Koya dalam seporsi soto, akan memberikan sensasi gurih umami. Khusus kalian penggemar kuah kental akan ketagihan dengan menambahkan banyak-banyak koya nih. Soalnya konsistensi kuah akan lebih mengental sehingga memberikan sensasi comfort food. Legit~

Sebelum pesen satu porsi soto, kalian tim soto pisah atau soto campur nih?

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto_ayam_Ambengan
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4436812/dari-pikulan-soto-ayam-ambengan-pak-sadi-jadi-soto-legendaris-indonesia


3 Hidangan Istimewa untuk Raja Kasultanan Yogyakarta

Writter: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Daerah Istimewa di Indonesia kini hanya ada 2, salah satunya Yogyakarta atau biasa dikenal dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata beserta beberapa kuliner unik – yang identik dengan rasa manis. Tidak hanya itu, berbeda dengan daerah lainnya, Yogyakarta dipimpin oleh seorang Raja atau Sultan yang menjabat secara turun temurun sesuai garis keturunan. Tentu saja, ada beberapa hidangan istimewa yang hanya diperuntukkan untuk seorang Sultan.

Tak sembarang orang bisa menyajikan hidangan ke hadapan Sri Sultan. Para abdi dalem khusus yang bekerja di dapur akan menyediakan segala hidangan, kemudian akan dihantarkan oleh abdi dalem lainnya ke meja makan Sri Sultan.  Dengan memegang tradisi penyajian yakni ladosan dhahar dalem, tradisi tiap jaman Kasultanan memiliki caranya masing-masing sesuai selera Sri Sultan.

Bicara soal selera, pernah terbersit gak sih apa hidangan paling disukai para Sultan? Nih, Kulina rangkum beberapa hidangan istimewa yang dihidangkan bagi para Raja Kasultanan Yogyakarta. Mari kuy simak!

1. Selada Huzar

C:\Users\Owner\Downloads\bale-raos-9-1efbb5fd1fa0b01357f12e7b475c2715.jpg

Pada jaman kolonial, saat Belanda masih memegang kekuasaan di Indonesia, sedikit banyak menu makanan dipengaruhi selera ala Barat. Seperti Selada Huzar yang menjadi salah satu menu pembuka yang digemari Sri Sultan HB VIII dengan masa kepemimpinan dari tahun 1921-1939. Gaya masakan kolonial cukup kental karena adanya saus mayonais dan mustard yang menjadi andalan menu ini. Selada Huzar berisi macam-macam isian sayur seperti wortel, kentang, buncis, timun, dan daun selada. Satu lagi yang membuat Selada Huzar makin terkesan gaya kolonialnya adalah sosis sapi dan keju parut sebagai topping.

2. Urip-urip Gulung

C:\Users\Owner\Downloads\nanatimisela_Urip-uripGulung.jpg

Hidangan ini menjadi favorit Sri Sultan HB VII selama masa jabatan beliau. Sekilas mirip dengan Mangut Lele, masakan khas dari selatan Yogyakarta. Namun siapa sangka masakan ala rumahan tersebut juga disajikan ala gourmet? Dengan memisahkan daging Lele dari durinya alias fillet, membuat ikan Lele sejenak naik kelas! Proses memasak daging fillet tersebut adalah dengan cara dipanggang kemudian diberi saus mangut dengan aroma khasnya. Kebayangkan menikmati mangut tanpa jejak duri? Yummy!

3. Manuk Nom

C:\Users\Owner\Downloads\bale-raos-2-3c45e44a96b84e6588f45fe528e6b549.jpg

Pada masa jabatan Sri Sultan HB VII di tahun 1877-1921, puding ini disajikan sebagai makanan penutup. Namun pada masa jabatan Sri Sultan HB VIII di tahun 1921-1939, Manuk Nom disajikan sebagai makanan pembuka. Bila kebanyakan puding akan dikombinasikan dengan buah-buahan, tidak dengan Manuk Nom. Puding dengan isian tape ketan hijau ini, dicampur dengan telur ayam, sehingga kombinasi rasa asam seimbang dengan gurih telur ayam. Rasanya makin nano-nano karena ditambahkan Emping Mlinjo sebagai pelengkap 

Wah unik-unik banget ya ternyata hidangan ala Kasultanan Yogyakarta! Ayo siapa nih yang habis ini pingin cobain?

[CARI TAHU TENTANG KULINA]

SUMBER:
https://jogja.idntimes.com/food/dining-guide/febriana-sintasari/14-menu-makanan-dan-minuman-kesukaan-raja-kratonyogya/full

5 Jenis Pepes yang Harus Kamu Tahu

Pepes atau Pais merupakan salah satu cara memasak khas dari Jawa Barat. Cara memasak pepes berarti mengolah bahan makanan (awalnya hanya ikan) dengan bumbu untuk kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar hingga kering. Namun seiring perkembangan jaman, bahan yang bisa dimasak pepes terus berkembang. Tidak hanya di Jawa Barat, pepes juga menyebar di berbagai daerah lain di Indonesia.

Yuk, simak ada jenis apa saja yang bisa kita santap!

1. Pepes Ikan

Pada mulanya, cara memasak pepes memang hanya diperuntukan untuk ikan. Ikan yang digunakan pun sangat beragam mulai dari ikan air tawar hingga air asin. Beberapa ikan yang biasa dimasak pepes antara lain ikan mas, ikan kembung, ikan pindang, ikan patin, ikan gurame, hingga ikan nila.

2. Pepes Ayam

Tentu tidak semua orang bisa memakan ikan. Ada yang tidak bisa makan ikan karena alergi, ada pula yang tidak suka makan ikan karena banyak duri. Maka orang Indonesia pun mulai berinovasi untuk membuat berbagai olahan pepes menggunakan daging lain, salah satunya tentu saja, ayam.

Ada dua jenis ayam yang biasa dimasak pepes. Pertama, ayam bagian paha bawah utuh dengan tulangnya. Kedua, daging ayam suwir yang berasal dari bagian dada. Kedua olahan pepes ayam ini, biasa disajikan dengan cita rasa yang lebih pedas.

3. Pepes Tahu

Setelah menggunakan beberapa jenis daging, olahan pepes kembali berkembang menggunakan bahan makanan non-daging, salah satunya, tahu. Tahu yang hendak dimasak pepes dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur bumbu, baru kemudian dibungkus daun pisang. Jangan lupa, tambahkan daun kemangi untuk menambah cita rasa dan aroma.

4. Pepes Jamur

Satu lagi bahan makanan non-daging yang bisa dijadikan pepes adalah jamur. Jamur yang cocok dimasak pepes adalah jenis jamur timar. Tekstur jamur tiram setelah dimasak berubah menjadi kenyal layaknya daging. Itulah sebabnya jamur satu ini cocok juga jika dimasak dengan cara pepes.

5. Pepes Nasi

Setelah selama ini pepes menjadi bagian dari lauk pauk ketika makan, orang-orang mulai berpikir untuk sekalian menjadikannya menu utama atau sumber karbohidrat. Tidak hanya daging dan sayur yang dipepes, melainkan nasi juga langsung dipepes bersama lauk dan bumbunya.

Nasi yang dipakai juga bukan hanya sekedar nasi biasa. Nasi diberi bumbu terlebih dulu menggunakan santan, parutan kelapa, daun salam, dan serai. Bahan-bahan tersebut langsung dimasukkan ketika menanak nasi. Nasi yang sudah matang kemudian dicampur dengan lauk-pauk yang sudah diberi bumbu pedas khas pepes. Nasi sekaligus lauknya kemudian dibakar dan siap disantap sebagai pengganjal rasa lapar!

Jadi bisa dibilang, pepes nasi ini adalah gabungan dari nasi liwet dengan lauk pepes.

Penasaran? Intip yuk, kreasi Nasi Pepes dari Dapur Mangia di Kulina!

[LIHAT MENU PEPES]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/rahmadila-eka-putri/5-jenis-pepes-khas-nusantara-unik-hingga-nyentrik-c1c2/full
https://www.femina.co.id/nasi/nasi-pepes-bakar


Berbagai Jenis Dendeng Sapi dari Tanah Minang

Dendeng adalah olahan daging sapi yang sudah dipotong-potong tipis dan dibuang bagian lemaknya yang bertujuan untuk mengawetkan, layaknya rendang. Rendang memang lebih terkenal di seluruh wilayah Indonesia, namun Dendeng tak kalah nikmatnya lho dibanding Rendang.

Dendeng bahkan tidak hanya ada di Indonesia, namun juga ada di berbagai negara di dunia dengan nama yang berbeda-beda. Salah satunya adalah beef jerky dari Amerika. Kata jerky sendiri berasal dari Bahasa Spanyol: charqui – yang berarti membakar daging.

Yuk, cari tahu berbagai jenis dendeng sapi!

1. Dendeng Balado

Dendeng balado ini adalah irisan daging sapi yang tipis, lebar, dan kering yang disiram sambal cabai merah (balado). Daging sapi bisa diolah dengan cara dijemur lalu digoreng, direbus lalu digoreng, atau langsung digoreng sampai garing. Sambalnya merupakan perpaduan cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis sehingga memberikan jejak minyak kemerahan pada daging.

2. Dendeng Batokok

‘Tokok’ dalam Bahasa Minang adalah ‘memukul dengan palu’. Jadi, dendeng batokok berarti dendeng yang dipukul-pukul sehingga dagingnya menjadi pipih. Hal itu dilakukan agar bumbu lebih meresap ke dalam daging. Untuk mematangkannya, dendeng direbus, dibakar, atau digoreng, namun tak sampai garing. Sebagai topping-nya, ada sambal lado mudo yang terbuat dari cabai hijau yang diulek kasar, bawang merah, dan garam.

3. Dendeng Baracik

Dendeng baraciak ini tergolong sulit ditemui dibandingkan dua dendeng sebelumnya. Baracik’ berarti ‘diracik’. Daging sapi bagian dada (sandung lamur, gajebo) dipotong tebal lalu dilumuri bumbu. Daging lalu dilayukan selama dua hari di dapur yang panas. Setelah itu, daging diiris tipis dan digoreng, namun tak sampai kering. Hasilnya seperti empal, namun berbumbu lebih aromatik khas dendeng. Di atasnya diberi irisan cabai hijau, bawang merah, tomat, dan perasan asam sundai (sejenis jeruk purut).

4. Dendeng Lambok

Secara harfiah, ‘dendeng lambok’ berarti ‘dendeng lembap (basah)’. Dendeng lambok ini terlihat seperti dendeng balado namun tidak garing, melainkan basah. Cabai merahnya juga digiling lebih halus. Daging sapi direbus dengan bumbu sampai empuk, kemudian dipukul-pukul. Daging lalu digoreng, namun tak sampai garing. Barulah dendeng disajikan bersama sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, tomat, dan garam.

Memasak Dendeng juga tidak bisa sembarang lho, Kulinas. Berikut beberap tips memasak Dendeng daging sapi dari pakar kuliner Indonesia, Arie Parikesit.

  • Sebaiknya daging tidak perlu dicuci supaya serat dan tektur tetap terjaga.
  • Rebus daging sebelum memasak agar kotoran dan darah yang menempel hilang.
  • Rebus daging dalam keadaan utuh atau potongan besar.
  • Setelah daging empuk, baru potong daging sesuai selera.
  • Goreng dengan minyak yang banyak.
  • Sebelum memasukkan daging, pastikan minyak sudah panas dan gunaka api sedang.
  • Jangan lupa bumbu utama Dendeng yang tak boleh terlewat yaitu, ketumbar.

Waaah … Jadi penasaran ya seperti apa sih kelezatan Dendeng ini? Tapi penasarannya jangan lama-lama, karena kamu bisa segera cicipi Dendeng satu ini, hanya di KULINA!

[LIHAT MENU DENDENG SEKARANG]

SUMBER:
http://jadiberita.com/36676/nikmati-macam-macam-dendeng-dari-ranah-minang.html
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/06/24/nqfvvv-dendeng-dan-ragamnya-di-tanah-air