HRD MERAPAT, INI DIA CARA TINGKATKAN KOLABORASI KARYAWAN

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Kolaborasi merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki karyawan dalam dunia kerja. Tingkatkan kolaborasi karyawan berarti membuat karyawan saling berinteraksi, berdiskusi, dan berkompromi demi mencapai satu tujuan yang sama.

Kolaborasi karyawan menjadi asas kerja yang penting bagi perusahaan. Sebab dalam satu perusahaan, pasti ada banyak orang dengan berbagai bidang keahlian yang bekerja di dalamnya. Bahkan sering kali diperlukan banyak sumber daya dari berbagai divisi untuk mengerjakan suatu hal. Maka dari itu, perusahaan perlu membantu karyawan untuk tingkatkan kemampuan kolaborasi karyawan.

Seberapa penting sih tingkatkan kemampuan kolaborasi karyawan?

MANFAAT TINGKATKAN KOLABORASI KARYAWAN

Kulina - Manfaat Tingkatkan Kolaborasi Karyawan

A. Lebih Mengenal Diri dan Tim

Saat mengerjakan suatu hal, kolaborasi karyawan memungkinkan mereka untuk saling mengemukakan pendapat dalam bidang keahlian masing-masing. Ketika mengemukakan pendapat inilah, setiap karyawan jadi sadar dan tahu akan kelebihan diri serta bagian mana yang masih perlu bantuan orang lain.

Jika karyawan tahu kapan ia membutuhkan bantuan, maka karyawan akan bisa saling mendapat masukan dan pelajaran berharga dari rekan kerjanya. Karyawan jadi lebih menghargai satu sama lain.

B. Lebih Cepat Menyelesaikan Masalah

Ketika karyawan sudah saling menghargai, mereka akan lebih mau mendengarkan dan menerima masukan dari berbagai bidang keahlian. Bidang keahlian yang berbeda tentu memberikan banyak perspektif yang mungkin bisa menjadi solusi penyelesain masalah yang sedang karyawan hadapi saat itu.

Kerja sama dan kolaborasi karyawan yang meningkat akan membantu menyelesaikan masalah lebih cepat.

C. Suasana Kerja Lebih Positif

Ketika masalah cepat selesai, lebih banyak tugas yang bisa dikerjakan dengan maksimal. Karyawan pun menjadi lebih produktif.

Jika ada hal-hal tak terduga yang menjadi penghambat suatu pekerjaan, setiap karyawan sudah lebih percaya diri untuk segera menyelesaikannya. Jika tidak bisa dilakukan sendirian, maka ia bisa berkolaborasi dengan karyawan lainnya. Semangat bekerja pun terus menyala. Inilah pentingnya tingkatkan kolaborasi karyawan.

CARA TINGKATKAN KOLABORASI KARYAWAN

Kulina - Tingkatkan Kolaborasi Karyawan - Pilih Tim yang Tepat

A. Pilih Tim yang Tepat

Sebagi HRD, kalian tentu ingin membantu setiap divisi untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dengan menghadirkan kolaborasi yang efektik. Untuk mencapai hal itu, kalian bisa mulai dari menyaring calon karyawan dengan beberapa soft skill penting berikut:

1. Menghargai Perbedaan

Seperti kita ketahui, suatu perusahaan pasti terdiri dari banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Jika perusahaan berisi orang Indonesia saja, di dalamnya masih ada orang-orang yang berbeda dalam hal asal daerah, suku, agama, dan ras. Apalagi jika perusahaan berkolaborasi dengan pihak asing dan bekerja sama dengan orang-orang luar negeri yang kebanyakan punya cara kerja berbeda dengan Indonesia.

Orang-orang yang berbeda ini akan bekerja sama dalam perusahaan kalian. Maka dari itu, penting untuk menilai calon karyawan apakah bisa menghargai perbedaan dan menerima masukan dengan pikiran yang terbuka? Sebab hal ini penting untuk tingkatkan kolaborasi karyawan.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Saat banyak orang berkumpul dan bekerja sama, tentu tak semuanya memiliki pandangan yang sama. Dan memang tidak masalah memiliki pandangan berbeda, asalkan gagasan yang dimiliki karyawan bisa dikemukakan dengan baik.

Jika karyawan mampu mengemukakan pandangan berbeda dengan baik, perbedaan tidak akan dinilai sebagai sesuatu yang negatif – melainkan sebagai sesuatu yang positif karena bisa menambah perspektif baru dalam menyelesaikan masalah. Karyawan yang mampun mengemukakan pandangannya dengan baik berarti memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

B. Aktif Mendengar dan Bersikap Terbuka

Kulina - Aktif Mendengar dan Bersikap Terbuka

Sebelum memulai kerja sama dan kolaborasi karyawan, tim leader perlu menetapkan tujuan yang jelas dan dipahami semua karyawan yang terlibat agar masing-masing karyawan memiliki landasan berpikir yang sama.

Tim leader yang baik tidak hanya bertugas memimpin kolaborasi karyawan, melainkan juga perlu memastikan bahwa setiap karyawan merasa didengarkan. Tim leader bisa melakukannya dengan menanyakan pendapat setiap karyawan yang terlibat, menerima saran mereka dengan pikiran terbuka, mengolah saran dan memilih yang terbaik, serta tetap mendukung karyawan yang sarannya tidak terpilih – sebab tujuan kolaborasi adalah menyelesaikan masalah bersama, bukan tentang kebenaran satu individu.

Karyawan yang merasa didengarkan akan merasa lebih percaya diri dan peduli terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Cara ini tentu bisa tingkatkan kolaborasi karyawan.

C. Tingkatkan Frekuensi Komunikasi

Kulina - Tingkatkan Frekuensi Komunikasi

Seorang anggota tim Alex Pentland dari Human Dynamics Laboratory MIT melakukan penelitian terhadap sebuah kelompok kolaborasi karyawan dengan tingkat produktivitas kerja dan penyelesaian masalah yang baik. Hasil penelitian menyatakan setiap karyawan saling mengobrol, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan intesitas yang cukup sering.

Obrolan mereka pun tak terbatas di jam kerja atau urusan pekerjaan, melainkan mereka juga sering menghabiskan waktu bersama saat makan siang atau minum kopi setelah pulang kerja. Suasana santai saat makan siang dan minum kopi membuat otot dan otak mereka tidak tegang, sehingga justru bisa melahirkan ide-ide kreatif yang berguna bagi pekerjaan.

Maka dari itu, HRD dan tim leader bisa meningkatkan frekuensi komunikasi karyawan dengan acara-acara di luar jam kerja seperti menyediakan makan siang untuk mereka.

Dapatkan makan siang karyawan yang terjamin dan bergaransi di Kulina!

Baca Artikel Serupa: Pesan Makan Bergaransi Hanya di Kulina!

Kulina Corporate Catering merupakan layanan khusus untuk perusahaan yang ingin menyediakan makan siang bagi karyawannya.

Kulina Corporate Catering menggunakan aplikasi sebagai basis kerja untuk menghubungkan perusahaan dengan mitra terdekat sehingga biaya pengantaran lebih murah. Kulina telah menyeleksi mitra dengan sangat ketat sehingga kualitas, higienitas, dan rasa setiap makanan yang kamu pesan tak perlu diragukan.

Kulina telah berdiri sejak tahun 2015 dan kini telah melayani lebih dari 40 perusahaan di Jakarta untuk urusan makan siang karyawan mereka. Apakah kamu perusahaan berikutnya?

Temukan Penawaran Makan Siang Terbaik Hanya di Kulina!

[PESAN SEKARANG]

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...