5 Cara Meningkatkan Imunitas Lawan Corona

Cover-Kulina-Meningkatkan-Imunitas-Lawan-Corona

Sejak kemunculannya akhir tahun lalu, virus Corona atau Covid-19 telah menyebar cepat ke banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Alhasil, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah virus Corona sebagai pandemi. Tentu saja ini membuat ngeri banyak orang, pasalnya virus ini juga mematikan.

Virus Corona menular melalui kontak perorangan secara langsung. Virus ini juga rentan terhadap mereka yang memiliki imunitas rendah. Terlepas dari gejala dan dampak virus Corona yang mengerikan, virus ini sebenarnya bisa dihindari dengan cara-cara mudah yang bisa kita lakukan setiap hari. Maka dari itu, mari meningkatkan imunitas diri kita sekarang juga!

1. Waktu Istirahat yang Cukup

1. Meningkatkan Imunitas Lawan Corona - Istirahat yang Cukup
Meningkatkan Imunitas Lawan Corona – Istirahat yang Cukup

Ketika selama ini kita sibuk berkegiatan di luar, kita sering kali abai pada waktu istirahat – kita begadang karena masih harus menyelesaikan pekerjaan atau untuk bermain game dan menonton film melepas penat.

Sekarang, ubah kebiasaan itu. Banyak perusahaan telah menetapkan work from home yang mana load pekerjaan telah berkurang dari biasanya. Jadi, selesaikan pekerjaan kita di rumah hingga sore hari saja. Saat malam, benar-benar gunakan waktu itu untuk berisitirahat untuk meningkatkan imunitas.

Berikut waktu istirahat ideal sesuai dengan kategori usia:

  • Usia 0 – 3 Tahun : 12 – 18 Jam per Hari
  • Usia 3 – 6 Tahun : 11 – 13 Jam per Hari
  • Usia 6 – 12 Tahun : 10 Jam per Hari
  • Usia 12 – 18 Tahun : 8 – 9 Jam per Hari
  • Usia 18 – 40 Tahun : 7 – 8 Jam per Hari
  • Usia Lansia : 6 – 7 Jam per Hari

2. Berjemur 15 Menit Setiap Hari

2. Meningkatkan Imunitas Lawan Corona - Berjemur 15 Menit
Meningkatkan Imunitas Lawan Corona – Berjemur 15 Menit

Alasan utama kita butuh berjemur adalah untuk mendapatkan vitamin D. Vitamin D tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Vitamin D hanya bisa didapatkan dari sedikit jenis makanan seperti kuning telur atau susu, dan juga sinar matahari.

Sinar matahari ada dua jenis, ultraviolet A dan ultraviolet B. Ultraviolet A yaitu, sinar gelombang panjang dari matahari, muncul bersamaan matahari terbit sekitar pukul 05.30 sampa 07.00 pagi. Namun yang kita butuhkan adalah sinar ultraviolet B yaitu, sinar gelombang pendek dari matahari yang muncul pukul 10.00 sampai 15.00.

Jadi untuk saat ini, lebih baik kita berjemur di siang hari dan cukup 15 menit saja. Selama berjemur, banyak hal yang bisa kita lakukan agar tidak merasa bosan misal: berkebun, berolah raga, dan membaca. Rutin berjemur setiap hari berarti menambah asupan vitamin D untuk tubuh yang berguna meningkatkan imunitas kita melawan virus Corona.

Baca Artikel Serupa:
[Kupas Tuntas Mitos VS Fakta Seputar Vitamin C]

3. Rajin Cuci Tangan

3. Meningkatkan Imunitas Lawan Corona - Rajin Cuci Tangan
Meningkatkan Imunitas Lawan Corona – Rajin Cuci Tangan

Setelah itu, penting untuk menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik setiap cuci tangan. Cuci tanganlah setelah bersentuhan dengan fasilitas umum, bertemu dengan orang lain di luar rumah, hendak mengolah makanan, setelah makan, setelah memegang hewan, dan setelah berpergian dari luar rumah. Selama di luar rumah, pastikan menggunakan masker. Dan untuk berjaga-jaga, selalu bawa hand sanitizer bila Anda tidak menemukan air mengalir dan sabun.

Jika Anda baru bepergian dari luar rumah, selain cuci tangan, pastikan Anda langsung mencuci baju yang digunakan keluar dengan deterjen, mandi, dan segera memakai baju bersih lainnya. Meski tidak langsung meningkatkan imunitas tubuh kita, tindakan ini sangat penting untuk menghindari virus Corona.

4. Jaga Jarak dengan Orang Lain

4. Meningkatkan Imunitas Lawan Corona - Jaga Jarak
Meningkatkan Imunitas Lawan Corona – Jaga Jarak

Jaga jarak atau physical distancing dengan orang lain untuk sementara waktu juga perlu dilakukan. Cara ini juga menjadi bagian dari menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, kita tidak pernah tahu orang yang berada di sekitar kita sedang sakit atau tidak.

Mawas diri dan pastikan jarak Anda dengan orang lain sejauh 2 meter. Jika ada orang disekitar Anda sedang batuk atau flu, sebaiknya menghindar.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

5. Meningkatkan Imunitas Lawan Corona - Konsumsi Makanan Bergizi
Meningkatkan Imunitas Lawan Corona – Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi yang baik sangat penting dalam membentuk sistem dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan gizi yang baik, maka sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh Anda dari berbagai virus penyakit.

Beberapa bahan makanan yang mengandung gizi tinggi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

  • Kandungan Protein: telur bebek, susu full cream, kerang, ikan mas, udang, daging kambing, ikan kembung, daging sapi dan daging ayam.
  • Kandungan vitamin A: minyak ikan, hati sapi, hati ayam, wortel, kuning telur, mentega, bayam, labu kuning, kangkung dan ubi jalar.
  • Kandungan vitamin C: jambu biji, brokoli, pepaya, jeruk, lemon, strawberry
  • Kandungan vitamin E: minyak zaitun, margarine, minyak jagung, almond, kuaci bunga matahari, minyak bunga matahari.
  • Kandungan zat besi: hati sapi, hari ayam, susu full cream, kacang merah, kuning telur, tempe, daging ayam, kacang hijau, udang dan tahu.

Apabila selama di rumah Anda kesusahan memasak sendiri karena harus belanja ke pasar yang berarti keluar dan bertemu banyak orang, cobalah jaga asupan gizi dengan berlangganan makan pesan antar yang sehat dan lengkap nutrisi seperti Kulina.

Langganan Kulina Aja
Langganan Kulina Aja

SUMBER:
www.cermati.com/artikel/cegah-virus-corona-dengan-jaga-imun-tubuh-begini-caranya
www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/18/kebutuhan-tidur-sesuai-usia
health.grid.id/read/352088091/berjemur-memperkuat-kekebalan-tubuh-melawan-virus-corona-jam-berapa-waktu-yang-tepat?page=all

Ini Dia Perbedaan Shabu-Shabu, Sukiyaki, dan Steamboat!

Musim hujan dan dingin kayak gini, memang paling pas santap yang hangat-hangat. Kalau kamu udah bosan makan soto, bakso, atau mie ayam di sekitar kantor… Cobain dong makanan berkuah hangat lain! Ada banyak jenis makanan lain yang bisa menghangatkan tubuh, antara lain shabu-shabu, sukiyaki, dan steamboat.

Loh memang apa bedanya? Nah, makanya simak terus ulasan Kulina tentang 3 makanan ini, supaya kamu tahu apa yang benar-benar kamu mau!

1. Shabu-Shabu

1. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Shabu-shabu
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah makanan khas Jepang berupa irisan daging sapi sangat tipis yang dimasak sebentar ke dalam panci berisi kuah kaldu panas, dicocol saus, lalu dimakan bersama nasi selagi masih hangat. Di dalam kuah kaldu, biasanya ikut dimasukkan juga jamur dan sayur-sayuran. Jamur yang paling sering digunakan adalah jamur kuping dan jamur shitake. Sedangkan untuk sayur, masyarakat Jepang biasa menggunakan wortel, kol, selada, dan sawi putih. Dan sausnya memakai saus ponzu, tare, atau gomodare.

Di Indonesia, isian shabu-shabu tentu sudah mengalami berbagai penyesuaian dengan cita rasa lidah kita. Salah satu olahan shabu yang terkenal selain menggunakan daging sapi adalah menggunakan ikan dan gurita.

Satu hal yang membedakan Shabu-shabu dengan Sukiyaki dan Steamboat adalah kuah kaldu dengan rasanya yang ringan. Kuah kaldu di dalam Shabu-shabu ditujukan sebagai alat masak agar bahan-bahan yang digunakan bisa matang sebelum dimakan. Sedangkan rasa lezat Shabu-shabu mengandalkan perpaduan pilihan bahan dan sausnya.

Jaman dahulu, panci berisi kuah shabu-shabu dimasak di atas arang. Jika kamu melihat panci Shabu-shabu asli dari Jepang, kamu akan menemukan lubang di tengah panci sebagai jalur pembuangan asap arang agar panas dan matang shabu-shabu bisa lebih merata.

Baca artikel serupa:
[Kenapa Orang Jepang Suka Makan Onigiri? Temukan Jawabannya Di Sini!]

2. Sukiyaki

2. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki

Sukiyaki masih berasal dari Jepang dan sebenarnya memang mirip dengan Shabu-shabu. Isian Sukiyaki juga menggunakan irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, dan sayur-sayuran. Satu hal yang biasa ditambahkan pada Sukiyaki adalah penggunaan shirataki, soun, atau udon. Selain itu, Sukiyaki memiliki cita rasa kuah yang lebih kental. Kuah Sukiyaki merupakan perpaduan kaldu, kecap asin, dan gula. Beberapa orang melumuri irisan daging sapi tipis dengan telur yang sudah dikocok sebelum dimasukkan ke dalam kuah.

Di Jepang sendiri, jenis Sukiyaki terbagi menjadi dua: Sukiyaki Kansai dan Sukiyaki Kanto. Terdapat dua perbedaan mendasar dari dua jenis Sukiyaki ini yaitu, isian kuah kaldu dan cara memasaknya.

Sukiyaki Kansai

3. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki Kansai
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki Kansai

Sukiyaki Kansai hanya menggunakan kaldu, kecap asin, dan gula sebagai kuahnya. Sukiyaki Kansai juga lebih dulu memasukkan irisan daging sapi sangat tipis beserta isian lainnya ke dalam air, baru bumbu kaldu dimasukkan dan diaduk hingga matang bersama-sama.

Sukiyaki Kanto

4. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki Kanto
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki Kanto

Sedangkan Sukiyaki Kanto menggunakan racikan bumbu yang lebih kompleks seperti kaldu, kecap asin, gula, dashi, dan mirin. Sukiyaki Kanto juga lebih dulu memilih mendidihkan kuah kaldu beserta bumbu-bumbunya, baru memasukkan irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, sayur, dan soun.

3. Steamboat

5. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Steamboat
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Steamboat

Nah, kalau Steamboat bukan berasal dari Jepang, melainkan dari negeri China. Steamboat juga memiliki sebutan lain seperti Hot Pot dan Chinese Fondue. Meski penyebutannya berbeda-beda, namun isiannya tetap sama.

Steamboat menggunakan isian irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, dan sayur dengan tambahan macam isian lain yang lebih beragam. Satu hal yang membedakan Steamboat adalah bumbu kaldu yang menggunakan tambahan minyak wijen.

Steamboat juga memiliki ciri khas masing-masing dari berbagai daerah di China. Misal Steamboat di Beijing lebih suka menggunakan daging domba, sedangkan Steamboat di Shichuan menambahkan cita rasa pedas pada kuahnya dengan menambahkan Shichuan pepper, cabai, bubuk cabai, dan minyak cabai.

Orang China sangat suka menikmati Steamboat karena dua hal. Pertama, Steamboat yang berkuah hangat dengan cita rasa pekat, cocok disantap saat musim dingin, bahkan saat musim panas. Ketika musim dingin, Steamboat bisa menghangat tubuh. Ketika musim panas, steamboat membuat keringat semakin cepat keluar sehingga tubuh lebih ringan – meski perut sedang kenyang.

Kedua, Steamboat yang biasa dimasak dalam porsi besar sangat cocok disantap bersama banyak orang. Makan Steamboat menjadi salah satu cara bertemu, berkomunikasi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang-orang tersayang.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali restoran yang menyediakan ketiga makanan ini dengan spesialisasi masing-masing. Jadi kamu bisa pilih mana yang paling kamu suka dan paling dekat dengan kantor atau rumah, sambil ajak teman-teman, keluarga, atau kolega untuk menyantapnya bersama!

Baca artikel serupa:
[5 Ragam Chinese Food yang Terkenal di Indonesia]

Mau coba menu masakan china untuk makan siang? [CEK MENU KULINA]

Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Chinese Lunch Kulina
Chinese Lunch Kulina

SUMBER:
https://cashbac.com/blog/apasih-perbedaan-shabu-shabu-suki-dan-hot-pot-cari-tahu-yuk/
https://magazine.job-like.com/perbedaan-suki-steamboat-dan-shabu-shabu/
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3310817/hot-pot-sajian-serba-rebus-dari-china-yang-segar-dan-sehat

Stop Melewatkan Makan Siang dengan Alasan Sibuk!

Kamu salah satu orang yang sering melewatkan makan siang?

Stop melakukan itu karena melewatkan makan siang ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Kebanyakan orang sering melewatkan makan siang karena di siang hari, perut masih terasa kenyang dari waktu sarapan atau tubuh masih terasa kuat untuk menjalani hari.

Atau bisa jadi, bagi orang-orang yang sudah bekerja, waktu istirahat siang lebih baik dipakai untuk tidur siang sejenak, main game, atau justru terlalu sibuk karena pekerjaan yang belum bisa ditinggal. Ya memang tidak ada yang salah sih, tapi jangan sampai hal itu membuatmu melewatkan makan siang dong!

Sudah tahu belum apa saja bahaya melewatkan makan siang? Ini dia!

1. Tubuh Mudah Lelah, Lemas, dan Sulit Berkonsentrasi

1. Stop Melewatkan Makan Siang - Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi
Stop Melewatkan Makan Siang – Tubuh Jadi Lelah, Lemas, Sulit Berkonsentrasi

Pas pukul 12 sih rasanya masih aman, kenyang, dan kuat. Tapi jika di jam 12 itu perutmu tidak kamu isi, mulai memasuki pukul 2 atau 3 pasti perut sudah meronta-ronta. Rasa lapar di perut malah jadi pusat perhatian, seketika konsentrasi kerjaan jadi buyar. Perut yang kosong membuat tubuhmu mudah lelah dan lemas. Alhasil kerja jadi gak produktif dan malah malas-malasan.

Kadang kita memilih jalan pintas buat beli makanan ringan yang bisa dimakan sambil kerja. Eits, tapi yang namanya makanan ringan gak selalu “ringan” lho, guys. Keadaan perut kosong itu sering kali membuat kita merasakan craving atau keinginan kuat buat makan manis, asin, atau berlemak. Manis… Asin… Berlemak. Udah kelihatan gak sehat semua kan?

2. Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

2. Stop Melewatkan Makan Siang - Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam
Stop Melewatkan Makan Siang – Porsi Balas Dendam Saat Makan Malam

Masih lanjutannya nih… Saat kamu melewatkan makan siang dan hanya mengganjalnya dengan cemilan di sore hari, perut rasanya meminta diisi lebih. Jadilah kamu ke-trigger buat makan lebih banyak saat malam hari.

Padahal saat malam hari, tidak banyak kegiatan yang kamu lakukan selain istirahat dan kemudian tidur. Banyaknya makanan yang kamu santap saat makan malam, belum benar-benar dicerna oleh tubuh, eh kamunya udah bawah tubuhmu untuk tidur. Jadinya ya… lemak yang menumpuk! Huhuhu seraaam. Makanya pastikan waktu makan malammu minimal 3 jam sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak ya.

3. Kadar Gula Darah Meningkat

3. Stop Melewatkan Makan Siang - Kadar Gula Darah Meningkat
Stop Melewatkan Makan Siang – Kadar Gula Darah Meningkat

Kebiasaan nyemil gak sehat di sore hari, ditambah makan porsi besar di malam hari – hanya gara-gara kamu melewatkan makan siang yang berharga! Dua hal di atas ternyata menyebabkan insulin di dalam tubuh menurun sehingga kadar gula darah cenderung meningkat!

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh bisa mengarahkanmu pada obesitas.

Padahal kalau dilihat sekilas, melewatkan makan siang itu sederhana kan? Tapi ternyata efeknya cukup menyeramkan bagi tubuh kita! So, stop melewatkan makan siang dengan alasan sibuk yaaa…

Kamu masih bisa kok tetap makan siang, main game, bahkan take a nap for a while. Asalkan kamu bisa memiliih makan siang yang tepat! Makan siang yang bisa datang langsung ke tempat kerjamu, tanpa tambahan ongkir, sehat, murah, dan enak! Pesan makan siang dimana lagi kalau bukan di Kulina!

Di sini ada buanyaaakkk bangeeettt pilihan menu yang bisa kamu sesuaikan selera dan harga yang kamu inginkan! Sistemnya langganan, jadi kamu bisa langsung pilih-pilih menu untuk satu minggu ke depan. Jadi gak perlu ada drama bingung makan apa. Gak perlu buang-buang waktu buat otw ke tempat makan. Gak perlu buang-buang uang buat beli cemilan gak sehat. Tunggu apalagi?

[COBA KULINA SEKARANG]

4. Stop Melewatkan Makan Siang - Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina
Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/bahaya-melewatkan-makan-siang/
https://kumparan.com/kumparansains/mana-yang-lebih-penting-makan-pagi-siang-atau-malam
https://www.hipwee.com/tips/suka-merapel-sarapan-sama-makan-siang-hati-hati-8-bahaya-ini-mengintaimu/

Inilah 4 Alasan Beralih Konsumsi Beras Merah

Beras yang kemudian diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Kulinas semua pasti sudah tahu, ada banyak jenis beras sekarang ini, salah satunya adalah beras merah. Beras merah banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan.

Jadi, selain cocok untuk diet, apalagi sih manfaat beras merah untuk tubuh kita?

1. Mengontrol Diabetes

1. Beras Merah - Mengontrol Diabetes
Beras Merah – Mengontrol Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengurangi lonjakan insulin dan membantu dalam stabilisasi kadar gula darah dalam tubuh. Beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

Asosiasi diabetes di Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Beras Merah - Menjaga Kesehatan Jantung
Beras Merah – Menjaga Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung banyak senyawa yang dikenal sebagai lignan yang dapat diubah menjadi senyawa biologis setelah dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit. Selain itu, beras merah juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berdampak negatif bagi kesehatan jantung kita.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

3. Beras Merah - Meningkatkan Kualitas Tidur
Beras Merah – Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sulit tidur. Namun faktor penyumbang yang paling umum adalah kurangnya hormon melatonin.

Beras merah secara alami mengandung melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B yang membantu metabolisme dan siklus tidur.

4. Melancarkan ASI

4. Beras Merah - Melancarkan ASI
Beras Merah – Melancarkan ASI

Menurut Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues yang dipublikasikan World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, nasi merah juga berperan penting untuk membuat ASI menjadi lebih banyak. Beras merah memiliki stimulan hormon yang meningkatkan laktasi. Laktasi adalah proses sintesis untuk produksi dan pengeluaran ASI.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat baik beras merah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi berah merah.

1. Membaca Label

Seperti halnya makanan kemasan lain yang selalu menyertakan label, begitu pun beras merah. Ada baiknya membaca label kemasan beras merah sebelum membeli atau pun mengkonsumi beras merah. Pasalnya, biasanya beras merah juga mengandung campuran kedelai, gluten, atau kacang-kacangan yang dapat menimbulkan alergi.

2. Menyimpan dengan Benar

Ketika kamu memasak terlalu banyak beras merah untuk dihabiskan dalam satu hari, keluarkan nasi merah dari rice cooker dan simpan di lemari pendingin. Penyimpanan di lemari pendingin pun jangan lebih dari 4 hari. Beras merah yang disimpan terlalu lama membuatnya menjadi lembab dan menjadi tempat berkembang biak yang cocok bagi bakteri.

3. Waspada Bakteri Aspergillus Section Flavi

Di antara semua bakteri dan jamur yang dapat tumbuh di beras merah, aspergillus section flavi adalah yang paling berbahaya. Jamur ini dikenal sebagai aflatoksin yang berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi.

Karena jamur ini dapat tumbuh pada nasi yang dimasak dan yang tidak dimasak, penting untuk menyiapkan nasi dengan benar dan mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah memasak untuk mengurangi risiko.

Jadi, Kulina semua sekarang sudah tahu kan manfaat-manfaat beras merah? Selain manfaat, Kulinas juga lebih tahu bagaimana tips membeli dan mengkonsumsi beras merah yang baik dan benar.

Siap lebih sehat?

[MULAI KONSUMSI BERAS MERAH]

Beras Merah - Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina
Beras Merah – Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/manfaat-dan-efek-samping-beras-merah-yang-wajib-anda-ketahui/
https://id.theasianparent.com/manfaat-beras-merah
http://manjilala.info/pengertian-laktasi-dan-menyusui/

5 Jenis Pepes yang Harus Kamu Tahu

Pepes atau Pais merupakan salah satu cara memasak khas dari Jawa Barat. Cara memasak pepes berarti mengolah bahan makanan (awalnya hanya ikan) dengan bumbu untuk kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar hingga kering. Namun seiring perkembangan jaman, bahan yang bisa dimasak pepes terus berkembang. Tidak hanya di Jawa Barat, pepes juga menyebar di berbagai daerah lain di Indonesia.

Yuk, simak ada jenis apa saja yang bisa kita santap!

1. Pepes Ikan

Pada mulanya, cara memasak pepes memang hanya diperuntukan untuk ikan. Ikan yang digunakan pun sangat beragam mulai dari ikan air tawar hingga air asin. Beberapa ikan yang biasa dimasak pepes antara lain ikan mas, ikan kembung, ikan pindang, ikan patin, ikan gurame, hingga ikan nila.

2. Pepes Ayam

Tentu tidak semua orang bisa memakan ikan. Ada yang tidak bisa makan ikan karena alergi, ada pula yang tidak suka makan ikan karena banyak duri. Maka orang Indonesia pun mulai berinovasi untuk membuat berbagai olahan pepes menggunakan daging lain, salah satunya tentu saja, ayam.

Ada dua jenis ayam yang biasa dimasak pepes. Pertama, ayam bagian paha bawah utuh dengan tulangnya. Kedua, daging ayam suwir yang berasal dari bagian dada. Kedua olahan pepes ayam ini, biasa disajikan dengan cita rasa yang lebih pedas.

3. Pepes Tahu

Setelah menggunakan beberapa jenis daging, olahan pepes kembali berkembang menggunakan bahan makanan non-daging, salah satunya, tahu. Tahu yang hendak dimasak pepes dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur bumbu, baru kemudian dibungkus daun pisang. Jangan lupa, tambahkan daun kemangi untuk menambah cita rasa dan aroma.

4. Pepes Jamur

Satu lagi bahan makanan non-daging yang bisa dijadikan pepes adalah jamur. Jamur yang cocok dimasak pepes adalah jenis jamur timar. Tekstur jamur tiram setelah dimasak berubah menjadi kenyal layaknya daging. Itulah sebabnya jamur satu ini cocok juga jika dimasak dengan cara pepes.

5. Pepes Nasi

Setelah selama ini pepes menjadi bagian dari lauk pauk ketika makan, orang-orang mulai berpikir untuk sekalian menjadikannya menu utama atau sumber karbohidrat. Tidak hanya daging dan sayur yang dipepes, melainkan nasi juga langsung dipepes bersama lauk dan bumbunya.

Nasi yang dipakai juga bukan hanya sekedar nasi biasa. Nasi diberi bumbu terlebih dulu menggunakan santan, parutan kelapa, daun salam, dan serai. Bahan-bahan tersebut langsung dimasukkan ketika menanak nasi. Nasi yang sudah matang kemudian dicampur dengan lauk-pauk yang sudah diberi bumbu pedas khas pepes. Nasi sekaligus lauknya kemudian dibakar dan siap disantap sebagai pengganjal rasa lapar!

Jadi bisa dibilang, pepes nasi ini adalah gabungan dari nasi liwet dengan lauk pepes.

Penasaran? Intip yuk, kreasi Nasi Pepes dari Dapur Mangia di Kulina!

[LIHAT MENU PEPES]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/rahmadila-eka-putri/5-jenis-pepes-khas-nusantara-unik-hingga-nyentrik-c1c2/full
https://www.femina.co.id/nasi/nasi-pepes-bakar


Berbagai Jenis Dendeng Sapi dari Tanah Minang

Dendeng adalah olahan daging sapi yang sudah dipotong-potong tipis dan dibuang bagian lemaknya yang bertujuan untuk mengawetkan, layaknya rendang. Rendang memang lebih terkenal di seluruh wilayah Indonesia, namun Dendeng tak kalah nikmatnya lho dibanding Rendang.

Dendeng bahkan tidak hanya ada di Indonesia, namun juga ada di berbagai negara di dunia dengan nama yang berbeda-beda. Salah satunya adalah beef jerky dari Amerika. Kata jerky sendiri berasal dari Bahasa Spanyol: charqui – yang berarti membakar daging.

Yuk, cari tahu berbagai jenis dendeng sapi!

1. Dendeng Balado

Dendeng balado ini adalah irisan daging sapi yang tipis, lebar, dan kering yang disiram sambal cabai merah (balado). Daging sapi bisa diolah dengan cara dijemur lalu digoreng, direbus lalu digoreng, atau langsung digoreng sampai garing. Sambalnya merupakan perpaduan cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis sehingga memberikan jejak minyak kemerahan pada daging.

2. Dendeng Batokok

‘Tokok’ dalam Bahasa Minang adalah ‘memukul dengan palu’. Jadi, dendeng batokok berarti dendeng yang dipukul-pukul sehingga dagingnya menjadi pipih. Hal itu dilakukan agar bumbu lebih meresap ke dalam daging. Untuk mematangkannya, dendeng direbus, dibakar, atau digoreng, namun tak sampai garing. Sebagai topping-nya, ada sambal lado mudo yang terbuat dari cabai hijau yang diulek kasar, bawang merah, dan garam.

3. Dendeng Baracik

Dendeng baraciak ini tergolong sulit ditemui dibandingkan dua dendeng sebelumnya. Baracik’ berarti ‘diracik’. Daging sapi bagian dada (sandung lamur, gajebo) dipotong tebal lalu dilumuri bumbu. Daging lalu dilayukan selama dua hari di dapur yang panas. Setelah itu, daging diiris tipis dan digoreng, namun tak sampai kering. Hasilnya seperti empal, namun berbumbu lebih aromatik khas dendeng. Di atasnya diberi irisan cabai hijau, bawang merah, tomat, dan perasan asam sundai (sejenis jeruk purut).

4. Dendeng Lambok

Secara harfiah, ‘dendeng lambok’ berarti ‘dendeng lembap (basah)’. Dendeng lambok ini terlihat seperti dendeng balado namun tidak garing, melainkan basah. Cabai merahnya juga digiling lebih halus. Daging sapi direbus dengan bumbu sampai empuk, kemudian dipukul-pukul. Daging lalu digoreng, namun tak sampai garing. Barulah dendeng disajikan bersama sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, tomat, dan garam.

Memasak Dendeng juga tidak bisa sembarang lho, Kulinas. Berikut beberap tips memasak Dendeng daging sapi dari pakar kuliner Indonesia, Arie Parikesit.

  • Sebaiknya daging tidak perlu dicuci supaya serat dan tektur tetap terjaga.
  • Rebus daging sebelum memasak agar kotoran dan darah yang menempel hilang.
  • Rebus daging dalam keadaan utuh atau potongan besar.
  • Setelah daging empuk, baru potong daging sesuai selera.
  • Goreng dengan minyak yang banyak.
  • Sebelum memasukkan daging, pastikan minyak sudah panas dan gunaka api sedang.
  • Jangan lupa bumbu utama Dendeng yang tak boleh terlewat yaitu, ketumbar.

Waaah … Jadi penasaran ya seperti apa sih kelezatan Dendeng ini? Tapi penasarannya jangan lama-lama, karena kamu bisa segera cicipi Dendeng satu ini, hanya di KULINA!

[LIHAT MENU DENDENG SEKARANG]

SUMBER:
http://jadiberita.com/36676/nikmati-macam-macam-dendeng-dari-ranah-minang.html
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/06/24/nqfvvv-dendeng-dan-ragamnya-di-tanah-air

ULANG TAHUN DI BULAN SEPTEMBER? ADA DISKON 20% DARI KULINA!

Kulina tahu, kalau kamu lagi ulang tahun, pasti sering dimintain traktiran sama teman-teman. Nah, biar kamu gak repot traktir banyak teman sendirian, Kulina ada di sini, siap bantu kamu! Tidak hanya memudahkan proses traktiran dan pesan makan, Kulina kasih tambahan diskon sampai 20% khusus untuk kamu yang ber-ulang tahun di Bulan September.

Kenapa harus pesan makannya di Kulina?

1. Ragam Menu

Beragam pilihan menu event mulai dari tradisional, Japanesse, hingga Western.

Menu event/acara Kulina punya banyak sekali pilihan menu mulai dari tradisional, japanese, hingga western. Dijamin deh, selera kamu dan teman-teman, pasti ada pilihannya di Kulina!

2. Ragam Bentuk Penyajian

Beragam jenis penyajian untuk menu event mulai dari snack, meal box, prasmanan, hingga buffet.

Menu event/acara Kulina tidak melulu menu makan berat, lo. Jika kamu ingin menikmati senja bersama teman-teman sambil minum teh/kopi, Kulina siap hidangkan berbagai jenis snack sebagai pendampingnya.

Sedangkan untuk menu makan berat, kamu bisa pilih dalam bentuk meal box, prasmanan, atau buffet. Semua bisa disesuaikan dengan tamu yang akan kamu undang ke acara ulang tahun-mu.

3. Kemasan Unik

Nah, khusus untuk beberapa menu makan berat dalam bentuk meal box, Kulina bakal antar pesanan kamu di dalam besek. Besek adalah keranjang kotak yang terbuat dari ayaman bambu. Besek bisa dicuci dan digunakan kembali, misalnya untuk tempat menyimpan pernak-pernik di kamar. Waaahhh lucu ya …

4. DISKON 20%

Diskon 20% untuk menu Nasi Kuning Tumpeng Mini Spesial dan Tumpeng Berkat.

Nah, ini yang paling spesial di Bulan September! DISKON 20% untuk menu Nasi Kuning Tumpeng Mini Spesial dan Tumpeng Berkat. DISKON 20% ini berlaku hingga 30 September 2019 dengan minimal pembelian 10 pax ya. Kamu cukup tunjukkan foto KTP untuk membuktikan bahwa memang kamu yang sedang berulang tahun di Bulan September ini 😉 Gampang kan?

Ayooo … tunggu apalagi?

[Rencanakan perayaan ulang tahunmu bersama Kulina, SEKARANG!]

Bubur Suro, Serta 4 Sajian Lain untuk Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram jatuh pada hari Minggu, 1 September 2019 lalu. Ada beragam budaya dan tradisi untuk merayakan Tahun Baru Hijriyah di Indonesia. Perayaan 1 Muharram ini juga identik dengan sajian kuliner khas yang berbeda dari setiap daerah di Indonesia.

Hal ini sama seperti perayaan Idul Fitri yang identik dengan opor atau perayaan Imlek dengan sajian kue keranjang. Sedangkan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam, satu makanan berikut yang paling banyak disiapkan terutama di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan. Makanan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah itu adalah Bubur Suro.

1. Bubur Suro

Tahun Baru Hijriyah yang jatuh pada 1 Muharram kalender Islam, sesungguhnya bertepatan dengan tanggal 1 Suro di kalender Jawa. Sebab itulah, bubur yang dimasak untuk menyambut hari tersebut, disebut Bubur Suro.

Bukan sembarang bubur, Bubur Suro memiliki bumbu serta paduan yang berbeda dari bubur biasanya. Bubur Suro menggunakan jahe, santan, dan sereh. Di atas Bubur Suro, diberi taburan tujuh jenis kacang-kacangan, beragam protein seperti ayam opor, telur, perkedel, atau empal daging tergantung daerah masing-masing, bulir-bulir jeruk bali atau delima, irisan ketimun, dan lembaran daun bawang.

2. Bubur Merah Putih

Jika Jawa Timur dan Jawa Tengah punya Bubur Suro, maka lain cerita dengan Jawa Barat yang memiliki Bubur Merah Putih untuk disantap saat menyambut Tahun Baru Hijriyah. Bubur Merah Putih ini memiliki perpaduan rasa yang unik, antara manis dan asin. Bagian bubur merah – sebenarnya lebih ke warna cokelat, terbuat dari gula merah yang menimbulkan rasa manis dan bagian bubur yang berwarna putih terbuat dari santan sehingga memiliki rasa asin gurih. Warna merah melambangkan pengorbanan, sedangkan warna putih melambangkan kesucian.

3. Apem

Tidak hanya Bubur Suro dan Bubur Merah Putih, di beberapa wilayah di Jawa merayakan Tahun Baru Hijriyah dengan kue apem. Kue berbentuk bulat bantet yang terbuat dari tepung beras, santan, dan tape singkong ini memang sering muncul di berbagai acara perayaan adat Jawa.

4. Tumpeng

Tumpeng yang berbentuk menjulang tinggi seperti gunung, dengan lauk-pauk menyebar luas di bagian bawah, merupakan perlambagan hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan antar manusia dengan manusia. Maka tidak heran jika tumpeng sering menjadi makanan spesial di beragam acara penting. Tumpeng biasanya menggunakan nasi kuning, serta lauk-pauk yang dipilih berisi tujuh jenis lauk-pauk dan sayur-mayur yang berbeda.

5. Gunungan

Jika Tumpeng biasanya seukuran lingkaran tempeh untuk disantap beberapa orang saja, maka Gunungan adalah versi raksasanya. Ukuran Gunungan sangat besar dan memang ditujukan untuk orang-orang satu desa/kota. Gunungan biasanya berisi hasil bumi dari masyarakat sekitar, disusun menjulang ke atas, diarak keliling desa/kota, diberi doa, baru dibagikan kepada masyarakat yang datang ke sana. Hasil bumi yang dipakai merupakan hasil panen asli dari warga sekitar, hasil bumi itu kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang mereka terima tahun lalu, sekaligus harapan untuk mendapat rezeki yang lancar lagi di tahun depan.

Dari beberapa makanan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah di atas, yang manakah yang sudah pernah kamu coba? Apa makanan serta tradisi di daerah kalian?

SUMBER:
https://bangka.tribunnews.com/2019/08/30/bubur-suro-gunungan-hasil-bumi-hingga-apem-5-makanan-khas-tahun-baru-islam-di-bulan-muharram?page=2
https://www.grid.id/read/04934979/tahun-baru-islam-1-muharram-1440-h-yuk-intip-5-sajian-khas-dari-berbagai-daerah?page=all

7 Snack Viral dari Masa ke Masa

Sore hari, ada waktu senggang, terus scorlling timeline sosial media rasanya nikmat banget gak sih? Sambil santai, gak sengaja jelajah page kuliner kekinian. Update snack kekinian apa nih yang lagi viral?

Beberapa tahun belakangan, dunia kuliner makin ramai karena banyak variasi makanan dan snack inovatif juga variatif. Namanya aja inovatif dan variatif ya, udahlah snack-snack ini jadi selalu punya keunikannya masing-masing. Gara-gara keunikannya, snack berikut jadi viral di sosial media. Seketika, gerai-gerai serupa menjamur dimana-mana.

Bahkan kalau belum cobain snack viral, rasanya belum gaul deh lu~

Ada snack viral apa aja sih belakangan ini? Yuk, simak ulasan Kulina untuk 7 snack viral dari masa ke masa!

1. Egg Tart

C:\Users\Owner\Downloads\salted-egg-lava-cheese-tart-50311537.jpg

Who loves pastry? Snack yang sempat viral di tahun 2018 adalah Egg Tart. Pastry ini memang sudah ada sejak berabad-abad lamanya, tapi baru viral di Indonesia tahun kemarin. Egg Tart wujudnya mirip dengan pie susu, ukurannya kecil dengan beragam varian topping. Egg Tart yang paling populer dan diincar banyak orang adalah Egg Tart yang ketika dibelah, isinya akan meleleh keluar. Yummy~

2. Salmon Mentai

C:\Users\Owner\Downloads\eatatkappa-ac3e6b5967b5224b3afdf258b0263751_600x400.jpg

Ikan salmon yang cukup mahal dan biasanya hanya dapat dijumpai di resto sushi mewah sekarang bisa ditemui sebagai street snack. Salmon Mentai, jadi salah satu menu hits di tahun 2019 ini. Manfaat ikan salmon yang sudah gak diragukan lagi, diolah dengan saus mentai yang super creamy. Dipadukan dengan nasi atau mie shirataki, di torch bersama ikan dan sausnya. Lengkap sudah paduan rasa dan aromanya.

3. Cheese Tea

C:\Users\Owner\Downloads\211660_3000x2000.jpg

Minuman ini hadir dan mencuri perhatian masyarakat Indonesia sekitar akhir tahun 2018. Sesuai dengan namanya, teh ini tentu terbuat dari keju. Teh dan keju bersatu? Unik juga, ya? Keju yang digunakan dalam Cheese Tea ini telah diolah menjadi cheese foam. Perpaduan teh dan keju tentu memiliki sensasi sendiri di lidah kita. Cheese Tea juga memiliki banyak varian lho. Mulai dari matcha, cokelat, kopi dan lainnya. Ada juga yang ditambahkan dengan tapioca pearl.

4. Telur Gulung

C:\Users\Owner\Downloads\mulpix-com41-44b85fc986b63262cfff077b1bbbb8b6_600x400.jpg

Jajanan SD yang tak lekang oleh waktu, Telur Gulung. Jajanan sederhana ini memang sangat menggugah selera. Gurihnya telur diberi saus jadi snack paling nikmat sepanjang masa. Meskipun banyak ditemukan di sekitar sekolah, jajanan ini viral gak cuma dikalangan anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa.

Jangan salah, orang dewasa juga suka kok cemal-cemil, hihi …

5. Sate Taichan

C:\Users\Owner\Downloads\sate-taichan-foto-resep-utama.jpg

Terkenal dari daerah Senayan dan tersebar di beberapa kota di Jawa, Sate Taichan. Tepatnya di tahun 2018 lalu Sate Taichan masih menjadi pilihan banyak orang untuk makan berat atau sekadar ngemil. Apalagi ketika kelaparan pada malam hari, pas disantap untuk makan malam. Sate ayam putih polos ini enaknya dinikmati dengan sambal pedas dan nasi hangat plus taburan bawang goreng.

6. Chicken Salted Egg

C:\Users\Owner\Downloads\creamy-salted-egg-chicken-50268108.jpg

Dari namanya aja udah kebayang rasa telur asin yang meleleh di mulut. Street snack ini awalnya banyak dijajakan di Singapura pada tahun 2017. Namun, akhirnya banyak yang berinisiatif membawanya sampai ke Indonesia. Dengan porsi bite size fried chicken, saus telur asin, dan daun kari dipadukan, diolah, dan dijamin bikin makan makin berselera! Biasanya akan dipaketkan dengan seporsi nasi putih hangat.

7. Mango Sticky Rice

C:\Users\Owner\Downloads\6d98ec9f14b02523fd6974e79d7e8ba0.jpg

Makanan ini sebenarnya adalah makanan pencuci mulut khas Thailand. Dan viral di Indonesia sejak tahun 2017. Terbuat dari beras ketan, santan, dan mangga Thailand yang terkenal manis legit. Perpaduan ketan dan santan menghasilkan rasa gurih pas dengan manisnya mangga. Di Thailand sendiri, makanan ini banyak di konsumsi ketika penghujung musim mangga sekitar bulan April dan Mei.

Gak yakin snack viral cuma ada tujuh aja. Kalau jajanan hits favorit kalian apa nih guys? Yuk coba cek web Kulina siapa tahu ada snack favorit kalian [DI SINI].

Pengganjal perut dengan porsi pas?

Semua ada di Kulina!

SUMBER:
https://bacaterus.com/makanan-yang-lagi-hits/
https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00225958.html

6 Jajanan Pasar yang Bikin Rindu Kampung Halaman

Tiba-tiba rindu sama kampung halaman? Hmm… Apa sih yang paling kalian rindukan? Salah satunya, pastilah kuliner khas kampung halaman. Tak hanya didominasi sajian berat kaya bumbu dan rempah, ada pula aneka jajan pasar tradisional yang menggugah selera.

Jajanan pasar mungkin menjadi salah satu snack yang paling mudah ditemukan di pasar tradisional. Tak hanya lezat dan cocok disantap sebagai pengganjal perut waktu traveling, aneka jajanan basah khas Nusantara ini cenderung lebih fresh karena diolah dan dijajakan langsung dihari yang sama. 

Berikut beberapa jajanan pasar yang cukup terkenal, tidak hanya di tempat asalnya, namun hampir di seluruh Indonesia. Siapa tahu, salah satunya jajanan pasar dari kampung halamanmu…

1. Panada

C:\Users\Owner\Downloads\126422703.jpg
Panada dari Minahasa

Jika dilihat sepintas, jajanan satu ini memiliki bentuk serupa dengan snack pastel. Bedanya, panada memiliki bahan dan cita rasa yang berbeda. Jika pastel umumnya berisi campuran bihun dan irisan ayam, panada justru diberi isian berupa pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang bercita rasa pedas.

Konon, panada merupakan penganan khas keluarga besar Mandey asal Minahasa. Namun, kini panada sudah dijual bebas di berbagai pusat oleh-oleh.

2. Putu Mayang

C:\Users\Owner\Downloads\putu-mayang-es-krim.jpg
Putu Mayang dari Betawi

Meski namanya hampir sama dengan kue putu, namun tampilan putu mayang sangat berbeda dengan kue putu pada umumnya. Terbuat dari campuran tepung beras, garam, dan pewarna makanan yang dikukus, putu mayang memiliki tekstur kenyal dengan bentuk menyerupai mi. Untuk menambah rasa, putu mayang juga disajikan bersama kuah dari santan dan gula bercita rasa manis. Putu mayang sendiri merupakan kuliner khas Betawi.

3. Serabi

C:\Users\Owner\Downloads\serabi-hijau-kinca_20171212_151311.jpg
Serabi dari Bandung

Serabi atau biasa disebut Surabi di daerah asalnya, Bandung. Camilan khas ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan air kelapa. Serabi khas kota Kembang dimasak dengan menggunakan tungku tanah liat. Ada dua jenis serabi Bandung, yaitu serabi manis yang menggunakan tambahan kinca (campuran gula merah cair, santan dan daun pandan) dan serabi asin dengan taburan oncom yang sudah diberi bumbu di atasnya. 

4. Cenil

C:\Users\Owner\Downloads\cenil-agrowindo.jpg
Cenil dari Yogyakarta

Cetil atau Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan tradisional khas Jogja ini banyak ditemui di penjaja jajanan pasar tradisional. Makanan ini biasa dibentuk silinder memanjang, kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

5. Lupis

C:\Users\Owner\Downloads\lupis_20180327_135512.jpg
Lupis dari Jawa Tengah

Siapa yang gak kenal jajanan pasar satu ini? Lupis merupakan salah satu jajanan tradisional Jawa Tengah yang masih digemari hingga kini. Banyak dijajakan sebagai camilan di pagi hari, lupis terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang. Sebagai penambah rasa, lupis biasanya diberi taburan kelapa parut dan siraman juruh (semacam saus gula merah). 

6. Sosis Solo

C:\Users\Owner\Downloads\40540212_2249a718-c49c-4dac-be1f-40be1c848ecf_707_360.png
Sosis Solo dari Solo

Meski bernama sosis Solo, jajanan khas kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini terlihat menyerupai lumpia mini berisi daging ayam. Konon, camilan bercita rasa gurih cenderung asin ini diadopsi dari sajian sosis yang banyak disantap oleh orang Belanda saat masa penjajahan.

Ternyata setiap daerah punya jajanan pasar yang unik-unik ya? Mana nih yang jadi favoritmu?

Eh, baca-baca artikel tentang jajanan sore-sore gini malah jadi laper lagi? Hihi. Sengaja atuh Kulina, mah. Haha. Kalau laper sore-sore pingin cari camilan enak, murah, berkualitas – ya tinggal pesan di Kulina aja!

Banyak variasi snack, mulai dari jajanan tradisional, snack western, dan snack ala Timur Tengah juga ada lho Kulinas! Tinggal sesuaikan selera dan anggaran kamu bareng Kulina.

ENAK DI PERUT, NYAMAN DI KANTONG

[LIHAT MENU JAJANAN PASAR KULINA]

SUMBER:
https://kumparan.com/@kumparanfood/7-jajanan-pasar-khas-indonesia-yang-cocok-dijadikan-teman-minum-teh
https://blog.traveloka.com/manado/12-oleh-oleh-khas-manado-bagi-pencinta-kuliner-tradisional/
https://brilicious.brilio.net/unik/bikin-banyak-orang-terkecoh-ini-bedanya-serabi-solo-serabi-bandung-180509d.html