Atur Budget di Awal Bulan dengan Kulina

News oleh: Cerita Kulina

Hayo siapa di sini yang lagi senyum-senyum karena sedang awal bulan dan baru gajian?

Waktu baru gajian itu memang rasanya seneng banget ya… Kerja keras kita selama sebulan sebelumnya terbayar tuntas. Kita juga jadi bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sadarkah kamu? Kebutuhan hidup itu memang ada banyak, tapi ternyata porsi yang paling besar biasanya adalah makanan! Bayangkan aja, kita makan sehari 3x selama satu bulan. Kalau ditotal berarti sudah 90x pengeluaran untuk makan saja. Belum lagi kalau ditambah jajan juga! Haha.

Maka dari itu, biar uang gak habis buat makan aja, kamu perlu mengatur budget untuk makan dengan cermat! Berikut beberapa tips atur budget awal bulan dengan Kulina…

TIPS ATUR BUDGET DI AWAL BULAN

1. Buat Anggaran Bulanan

Tips pertama yang perlu kamu coba adalah dengan membuat anggaran. Anggaran ini bertujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan kamu selama satu bulan. Kamu perlu menentukan juga berapa nominal uang yang dibutuhkan tiap kebutuhan tersebut.

Setelah membuat anggaran, maka kamu bisa fokuskan anggaran itu khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Jangan lebih dan jangan kurang. Dengan membuat anggaran yang ketat ini, maka kamu bisa fokus dalam memenuhi kebutuhan yang ditetapkan sesuai dengan anggaran sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan tersebut.

2. Buat Daftar Belanja

Setelah membuat anggaran bulanan, kamu bisa mulai membuat daftar belanja bulanan. Kamu bisa mencatat apa saja yang sudah habis dan diperlukan di rumah dan dapur. Ingat, utamakan kebutuhan daripada keinginan.

Dengan membuat daftar belanja ini maka kamu bisa mencocokkannya dengan anggaran yang kamu miliki di awal. Selain itu, daftar belanja ini juga akan membuat kamu terhindar dari membeli barang yang belum diperlukan di rumah.

Buatlah skala prioritas saat menulis daftar belanja. Taruhlah di posisi paling atas untuk barang-barang yang harus segera dibeli, lalu diikuti barang-barang yang masih bisa ditunda pembeliannya.

3. Pilih Metode Belanja yang Tepat

Sekarang sudah ada banyak cara untuk berbelanja kebutuhan bulanan, mulai dari datang langsung ke pasar, supermarket, hingga belanja online. Belanja biasanya akan lebih murah jika dibeli secara grosir.

Belanja kebutuhan rumah yang biasanya didominasi oleh makanan, sebenarnya akan kurang efektif kalau kamu juga tidak suka atau tidak sempat masak! Makanan tentu punya masa kadaluarsa yang tak boleh dilewatkan, apalagi kalau bahan-bahan makanan seperti sayur dan daging yang punya daya tahan lebih singkat.

Jadi lebih baik langganan makanan aja dengan Kulina!

KELEBIHAN KULINA UNTUK ATUR BUDGET DI AWAL BULAN

1. Bisa Pilih Menu Sendiri

Jika kamu memesan makanan di katering secara konvensional, maka kamu tidak bisa pilih menu makanan sendiri. Biasanya katering konvesional sudah memiliki menu makanannya sendiri sehingga para pelanggan tidak bisa menyesuaikan dengan keinginannya.

Berbeda dengan Kulina yang bisa bikin kamu bebas pilih sendiri makanan yang sesuai dengan selera kamu. Dengan adanya 60.000 pilihan menu dari berbagai merchant, maka kamu gak perlu repot gonta-ganti vendor untuk makan siang. Bahkan menariknya, kamu bisa menentukan budget makan sejak awal sehingga pilihan makanan yang muncul pun akan sesuai dengan kemampuan kalian!

Pasti aman gak mungkin over budget deh jadinya!

2. Menu Baru Setiap Hari

Saat memesan makanan di katering konvensional, kamu tidak akan sering mendapatkan menu baru setiap hari. Tentunya bosan, kan?

Supaya kamu gak bosan, tim Kulina akan menjamin kamu mendapatkan menu baru setiap hari yang tentunya tetap lezat, sehat, dan menggugah selera!

[Baca Artikel Serupa: 5 Ikan yang Beri Banyak Manfaat Kesehatan]

3. Makan Siang Bergaransi

Memesan makanan pada katering konvesional tidak akan mendapatkan garansi. Kamu bisa saja mendapatkan makanan yang kurang baik kondisinya. Berbeda di Kulina, kamu bisa mendapatkan makanan yang bergaransi dan berkualitas baik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan makanan secara tepat waktu karena tim Kulina memiliki jadwal pengantaran supaya kamu tidak telat makan siang.
Waktu pengantaran bagi kamu yang berlangganan adalah sebagai berikut :

  • Makan siang : 09:00 – 12.00
  • Makan malam : 15:00 – 18:00
  • All day : 09:00 – 22:00

4. Minim Makanan Terbuang

Sering gak sih kamu lihat banyak makanan yang terbuang karena menu makanannya yang tidak sesuai dengan beberapa orang? Tentunya hal ini jadi mubazir, ya? Sudah bayar mahal, banyak makanan yang terbuang pula. Itulah kenapa hadir Kulina untuk mengatasi masalah ini.

Dengan berlangganan, kamu akan membayar makanan yang memang dimakan sehingga lebih menghemat budget makan siang kamu. Selain itu, dengan fleksibilitas yang ditawarkan ini, kamu masih bisa mengubah rencana atau membatalkan pemesanan maksimal H-1 dari pengantaran.

Jadi kalau kamu lagi ingin masak sendiri atau punya acara di luar sehingga gak mau makan dari Kulina, kamu bisa melakukan pembatalan untuk hari itu dulu ya… Jadi makanan kamu gak akan diantar dan gak akan terbuang karena gak kamu makan! Jumlah sampah makanan pun akhirnya berkurang.

5. Customer Care Kulina yang Selalu Siap Sedia

Jika kamu memiliki complain atas makanan yang kamu terima, maka kamu bisa mengajukan komplain ke bagian Customer Care Experience Kulina! Makanan yang tidak sesuai pesanan dapat diganti dalam bentuk saldo kembali di aplikasi Kulina kamu! Selain menyajikan makanan dengan mudah, kamu bisa mendapatkan pelayanan yang gampang juga, kan.

Wah, banyak banget kan keuntungan dari Kulina yang bisa bantu kamu save budget sejak awal bulan? Kalau urusan makan sudah kamu serahkan Kulina, kamu gak perlu pusing lagi buat milih menu makan hari ini… Kamu jadi bisa fokus bekerja atau beraktivitas yang lebih penting lainnya!

Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...