Kenapa Orang Jepang Suka Makan Onigiri? Temukan Jawabannya Di Sini!

D:\KULINA\JULI\pict\26404813840_280ca90949_b.jpg

Asal Muasal Onigiri

Seperti masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, demikian juga dengan masyarakat Jepang. Orang Jepang sangat menghargai makanan walaupun hanya sebutir. Untuk dapat mengemas bulir-bulir nasi tersebut, masyarakat Jepang lalu mengkreasikannya menjadi bola-bola nasi. Makanan ini lebih populer disebut Onigiri atau Omusubi. Kata “nigiri” dalam “onigiri” ini merujuk pada kata kerja bahasa Jepang yakni “nigiru” yang memiliki arti nasi cetak. 

Konon menurut sejarahnya, saat masyarakat Jepang belum memiliki alat pendingin, akan mencampur nasi dengan bahan-bahan asin maupun asam. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan Onigiri secara alami.  Mudah dibuat, disimpan, dan dibawa kemana saja menjadikan Onigiri ransum paling digemari para Samurai disela-sela pertempuran dan juga bekal para petani saat berladang.

Kebiasaan tersebut akhirnya menjadi tradisi masyarakat Jepang. Karena mudah dibuat dan dibawa kemana saja, Onigiri banyak dijadikan bekal dengan dikemas dalam kotak makan siang untuk dibawa saat piknik atau dimakan waktu di perjalanan.

Bahan Onigiri

Berbahan utama nasi, ternyata jenis beras yang digunakan adalah beras yang memiliki kadar kanji tinggi. Beras Jepang (Oryza sativa ssp. japonica) ini berbeda dengan beras Asia (Oryza sativa var. indica) yang dikonsumsi di negara Asia lainnya. Tinggi kandungan kanji pada tiap bulir nasi akan membuat lebih mudah melekat satu dengan lainnya, sehingga membentuk sekepal nasi menjadi bola atau segitiga menjadi lebih mudah.

Selain nasi, isian dalam Onigiri juga cukup bervariasi tergantung daerah mana Onigiri itu dibuat. Namun isian dalam Onigiri yang paling populer adalah acar prem, daging salmon, okaka (serpihan bonito kering dengan kecap) dan tuna atau udang dengan mayonais.Agar lebih mudah dimakan Onigiri kemudian perlu dibungkus. Beragam pilihan pembungkus bisa dipakai seperti, sayuran berdaun semisal nozawa na dan takana atau kelp (rumput laut berukuran besar) yang diiris sangat tipis, omelet, maupun daging panggang asin. Namun, pemilihan Nori sebagai pembungkus nasi kepal ini sudah menjadi ikon yang sulit dipisahkan. Untuk Nori terbaik biasanya makin berwarna hijau gelap akan semakin bagus kualitasnya.

Kandungan Gizi Sekepal Onigiri

Dalam satu porsi Onigiri terdapat 203 kalori, 2,31 gram lemak, 4,65 gram protein, dan 39,94 gram karbohidrat. Dengan rincian kalori terdapat 80% karbohidrat, 10% lemak, dan 9% protein. Snack ini cocok bila disantap dalam keadaan tidak terlalu lapar namun tetap ingin dalam kontrol nutrisi baik dan rendah kalori.

ONIGIRI BISA JADI PILIHAN SNACK PRAKTIS KAYA GIZI

Membagi waktu antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya memang cukup tricky. Apalagi buat kalian yang bekerja dalam sistem shifting atau saling bergantian waktu istirahat dengan kolega, makin padat deh waktu istirahatmu. Manfaatkan waktu istirahatmu dengan mengkonsumsi makanan sehat demi memenuhi nutrisimu. 

Opsi ciamik, jadikan Onigiri salah satu variasi makan siangmu! Porsinya cukup pas, sebab dalam satu porsi Onigiri kurang lebih setara dengan 6 sendok makan. Bentuknya super compact jadi mudah untuk dibawa atau disimpan, gizinya yang seimbang dan sehat dengan variasi isi mulai dari ayam, beef, tuna, hingga salmon panggang!

Yuk, buat pengganjal laparmu lebih variatif!

D:\KULINA\JULI\pict\salmon-flake-chicken-rendang-combo.jpg

[PESAN ONIGIRI KULINA SEKARANG]

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Onigiri
https://www.japanhoppers.com/id/all_about_japan/food/316/
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/onigiri


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *