9 Rempah Jamu Tradisional Berkhasiat Cegah Corona

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Pandemi Corona masih berlangsung di dunia, termasuk Indonesia. Saat ini, semua pihak sedang berjuang keras untuk mencegah penyebaran dan menghentikan virus Corona. Setiap individu pun melakukan berbagai cara agar terhindar dari paparan virus Corona. Salah satunya, meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Baca artikel serupa:
[5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan]

Terkait imunitas, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, “Tidak semua yang kontak akan sakit. Yang sakit imunitas tubuhnya rendah.” Dikutip dari berita Kompas.com, Senin (2/3.2020).

Indonesia sendiri, memiliki makanan atau minuman khas yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas kita. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo pun mulai mempromosikan makanan dan minuman khas ini. Apalagi kalau bukan jamu.

Jamu berasal dari rempah-rempah (biasanya jadi bahan makanan) yang kemudian diseduh menjadi minuman. Jamu telah menjadi konsumsi rutin nenek moyang kita sejak jaman dulu kala. Namun semakin ke sini, popularitas jamu semakin menurun, kalah dengan berbagai minuman kekinian – yang sebenarnya, tidak sehat juga untuk tubuh kita.

Sekarang, saatnya kita kembali ke alam, kembali minum jamu! Yuk, kenali manfaat rempah-rempah jamu berikut ini.

1. Kunyit

1. Kunyit - Rempah Cegah Corona
Kunyit – Rempah Cegah Corona

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.”

2. Jahe

2. Jahe - Rempah Cegah Corona
Jahe – Rempah Cegah Corona

Jahe bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.

3. Temulawak

3. Temulawak - Rempah Cegah Corona
Temulawak – Rempah Cegah Corona

Temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Kulinas tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi, kan? Resepnya sederhana yaitu, cukup merebus temulawak, kunyit, dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

4. Kayu Manis

4. Kayu Manis - Rempah Cegah Corona

Kayu manis mempunyai aroma yang khas sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Selain itu, kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Rempah satu ini juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiimflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.

5. Sereh

5. Sereh - Rempah Cegah Corona
Sereh – Rempah Cegah Corona

Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.

Nah, ini adalah rempah-rempah yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh guna cegah Corona. Kalau kamu kesulitan mendapatkan rempah-rempah yang disebutkan di atas dan memasak sendiri, kamu juga bisa kok beli jamu yang sudah jadi. Biasanya jamu dijajakan keliling dalam botol-botol – dimana yang jual menggendong bakul untuk wadah jamu-jamu ini. Unik kan?

Berikut beberapa jenis jamu yang bisa kamu beli dengan khasiat yang sama: meningkatkan imunitas tubuh kita.

6. Jamu Beras Kencur

6. Jamu Beras Kencur
Jamu Beras Kencur – Jamu Cegah Corona

Siapa yang tidak tahu jamu satu ini? Jamu beras kencur merupakan jamu yang paling mudah ditemukan. Rasa dari jamu beras kencur tergolong cukup manis dan tidak terlalu kuat, sehingga bisa diminum siapa saja. Jamu beras kencur bisa menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

7. Jamu Kunyit Asam

7. Jamu Kunyit Asam
Jamu Kunyit Asam – Jamu Cegah Corona

Kunyit menjadi satu rempah yang telah disebutkan di atas. Selain bisa diolah sendiri, banyak juga penjual jamu yang telah mengolah kunyit menjadi jamu kunyit asam. Seperti namanya, rasa jamu ini memang sedikit asam. Jamu kunyit asam berguna untuk meredakan sakit dan mengatasi infeksi.

8. Jamu Pahitan

8. Jamu Pahitan
Jamu Pahitan – Jamu Cegah Corona

Kata dalam Bahasa Jawa Pahitan berasal dari kata pahit. Tentu saja rasa jamu ini pahit. Beberapa bilang, ini adalah jamu yang paling pahit. Biasanya orang yang kuat minum jamu ini adalah mereka yang telah berusia dewasa atau usia lanjut. Jamu pahitan menggunakan bahan-bahan daun pahit seperti brotowali dan sambiloto. Jamu pahitan berkhasiat sebagai detoksifikasi atau mengurangi kada racun dalam tubuh kita.

9. Jamu Watukan

9. Jamu Watukan
Jamu Watukan – Jamu Cegah Corona

Lagi-lagi berasal dari Bahasa Jawa, watukan berarti batuk. Sesuai namanya, jamu ini bermanfaat sebagai pereda batuk dan meriang. Jamu watuk menggunakan kunyit, jahe, dan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Sekali lagi, jamu tidak bisa menyembuhkan Corona. Namun jamu bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita akan terhindar dari virus Corona. Efek jamu pun tidak bisa seketika seperti saat kita minum obat. Jamu yang menggunakan bahan-bahan alami, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memunculkan khasiatnya. Memang harus konsumsi jamu rutin untuk merasakan manfaatnya.

Yuk, jadikan minum jamu life style baru kita!

Kalau urusan makan, tetap Kulina jawabannya…

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://www.liputan6.com/regional/read/4197825/jamu-vs-corona-ini-penjelasan-ahlinya
https://travel.kompas.com/read/2020/03/02/174039027/tingkatkan-imun-cegah-corona-ini-ragam-jamu-khas-indonesia?page=all
https://langgam.id/lawan-virus-corona-dengan-mengkonsumsi-rempah-rempah/

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...