7 TAKJIL BUKA PUASA KHAS INDONESIA

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Selain buka bersama, banyak hal menarik yang selalu dirindukan dari bulan Ramadan. Salah satu hal paling dirindukan adalah ngabuburit sembari hunting takjil buka puasa. Indonesia sendiri punya banyak sekali ragam jajan pasar, minuman, dan jenis makanan ringan khas takjil Ramadan. Beberapa di antaranya sudah cukup populer dan tak jarang jadi favorit bagi sebagian orang. Apa aja sih takjil tersebut? Yuk, ulas bersama Kulina!

1. Kurma

Kurma, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Meski kurma bukan makanan khas Indonesia, kurma menjadi salah satu takjil yang populer di bulan Ramadan. Tak hanya di Indonesia, kurma juga sangat populer di berbagai negara lainnya di dunia. Berbuka dan sahur dengan biji kurma menjadi sunah Rasul sehingga tak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis kurma yang beredar di pasaran selama Ramadan.

2. Kolang-Kaling

Kolang-kaling, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal kolang-kaling. Tak hanya mengenal, sebagian besar dari mereka pasti pernah menjadikannya sebagai bahan utama untuk membuat takjil berbuka puasa di rumah. Kolang-kaling merupakan makanan yang terbuat dari biji pohon aren. Biasanya, kolang-kaling disajikan dengan cara dikolak, sebagai campuran es buah atau es campur.

3. Es Blewah / Timun Suri

Es Blewah, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Bahan utama es blewah, tentu saja buah blewah. Nah, ada yang unik nih dari buah blewah. Kenapa? Karena buah yang satu ini, seperti hanya keluar di saat Ramadan saja. Begitu Ramadan tiba, buah blewah banyak di jual dimana-mana. Padahal bulan-bulan sebelumnya, tak pernah ada. Buah blewah sendiri secara tekstur mirip dengan buah melon, namun dengan warna daging buah orange muda dan kandungan air yang banyak. Di sebagian wilayah Indonesia, buah blewah dikenal dengan nama Timun Suri.

4. Es Cendol

Es Cendol, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Memiliki rasa manis dan segar, tidak heran es dawet cendol menjadi salah satu favorit orang-orang sebagai takjil berbuka puasa. Adapun cendol menjadi komposisi utama dalam hidangan ini, terbuat dari tepung beras dengan santan serta gula merah. Manisnya gula merah dengan segarnya es, dijamin energi kamu akan kembali dan segar seketika.

5. Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Rasa manis yang berpadu dengan kuah santan gurih memang menjadikan kolak pisang selalu jadi primadona saat berbuka. Umumnya, kolak pisang terbuat dari santan dan gula merah yang dimasak dengan potongan pisang. Namun saat ini, kolak mulai dikreasikan seperti memadukan pisang dengan ubi maupun labu.

6. Jenang Biji Salak

Jenang Biji Salak, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Sajian populer selanjutnya yang disantap sebagai takjil buka puasa adalah biji salak. Sekilas sajian manis ini mirip dengan bubur candil. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan.

7. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Sajian klasik ini biasa ditemui di pasar maupun penjaja makanan semasa Ramadan. Yak, apalagi kalau bukan bubur sumsum. Tekstur lembut nan gurih dari bubur beras beradu dengan manis legit sirup gula merah. Paduan kedua rasa tersebut paling cocok untuk berbuka puasa.Dijamin bakal mengambalikan energi setelah sehari penuh berpuasa.

Daripada baper gara-gara cuma banyangin enaknya ngemil takjil tapi males gegara harus desak-desakan buat dapetin takjil favoritmu — nih Kulina sediain macam-macam menu takjil buka puasa: ada Jenang Biji Salak, Kolak Pisang Ubi, Bubur Sumsum, dan menu takjil ala negeri seribu pagoda juga ada lho Kulinas. Super praktis, soalnya tinggal akses website Kulina, pesan satu hari sebelumnya, lakukan pembayaran sesuai prosedur…

…and voila! Besoknya langsung santap deh takjil favoritmu!

YUK, COBAIN SEKARANG.

Sumber:
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3951685/7-takjil-paling-populer-di-bulan-ramadan-mana-favoritmu
https://www.indozone.id/food/DNsRNd/7-takjil-khas-indonesia-saat-bulan-ramadhan
https://resepkoki.id/resep-biji-salak/

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...