7 MANFAAT & KEUTAMAAN BERPUASA

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Bulan suci Ramadhan merupakan momen penting bagi umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Puasa berarti menahan hawa nafsu, lapar, dan haus selama kurang lebih 12 jam setiap harinya, selama satu bulan penuh. Tubuh yang tidak mendapat asupan makan dan minum selama 12 jam, jika dilakukan dengan benar, ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan lo.

Jadi selain baik dari segi ajaran agama Islam, puasa ternyata juga baik bagi kesehatan. Apa aja sih manfaat puasa untuk kesehatan tubuh Kulinas semua? Yuk, simak penjelasannya.

1. Turunkan Berat Badan 

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\34_scale_Ways-to-Lose-Weight-Without-a-Lick-of-Exercise_511513672_fizkes_FT.jpg

Berpuasa mampu menurunkan berat badan. Beberapa studi sudah membuktikan hal ini termasuk studi pada 2015. Dikutip dari Dr. Axe, studi menemukan bahwa berpuasa mampu memangkas berat badan hingga 7 persen dan mengeliminasi lemak sebanyak 12 pounds atau sekitar 5,4 kilogram. 

2. Regenerasi Sel Punca Usus

Sebuah riset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa berpuasa dapat meningkatkan regenerasi sel punca usus. Sel punca usus makin lama kehilangan kemampuan regenerasi seiring bertambahnya usia. Sel ini memungkinkan lahirnya sel-sel usus baru dan memperbaiki usus bila terjadi infeksi atau kondisi lain yang memperngaruhi. 

Eksperimen dilakukan pada tikus yang berpuasa. Setelah diamati, saat berpuasa sel mulai memecah asam lemak daripada glukosa. Perubahan metabolisme ini menjadikan sel punca menjadi lebih regeneratif. 

“Studi ini membuktikan bahwa berpuasa mendorong perubahan metabolisme pada sel punca usus, dari mengolah karbohidrat menjadi membakar lemak,” kata David Sabatini, penulis senior riset sekaligus profesor biologi MIT dikutip dari laman MIT News.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa terbukti meningkatkan fungsi otak. Berpuasa membuat produksi protein yang dikenal dengan nama brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini mengaktivasi sel punca otak untuk mengubah neuron baru dan memicu zat kimia lain yang menyehatkan saraf. BDNF juga membantu melindungi sel otak dari perubahan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson. 

4. Cegah Jerawat

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\4-Tips-Mengatasi-Jerawat-Pada-Kulit-Kering.jpg

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, berpuasa juga membawa dampak positif pada kesehatan kulit. Orang yang biasanya berjerawat, jika rutin berpuasa dapat mengurangi atau mencegah munculnya jerawat. 

Berpuasa mampu mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi artinya proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Detoksifikasi baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Menormalkan Sensitivitas Insulin

Terlalu banyak asupan karbohidrat dan gula membuat insulin menjadi resisten. Hal ini pun menimbulkan penyakit kronis termasuk diabetes tipe 2. Berpuasa bisa jadi jalan keluar demi insulin yang sensitif. 

Dilansir dari Dr.Axe, sebuah studi yang dipublikasikan pada World Journal of Diabetes menemukan bahwa berpuasa pada orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2 dapat meningkatkan penanda kunci baik pada berat badan maupun kadar gula darah. 

6. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Berpuasa membuat orang mengontrol kelebihan makanan dan melatih orang hidup sehat. Saat berpuasa terjadi peningkatan HDL atau kolesterol baik dan penurunnan LDL alias kolesterol jahat. Keberadaan kolesterol baik dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes tipe 2, berpuasa dapat membawa manfaat asal direncanakan dengan baik disertai konsultasi dengan dokter.

7. Awet Muda

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\rahasia-cantik-dan-awet-muda-para-bintang-ini-penting.jpg

Hal ini sebenarnya belum terbukti pada manusia. Riset masih berkutat pada percobaan pada tikus. Studi menemukan bahwa berpuasa berkaitan dengan memperlambat proses penuaan. Pada temuan lain, sebuah grup tikus yang berpuasa mampu hidup lebih lama daripada kelompok yang tidak berpuasa. 

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat lain puasa untuk kesehatan tubuh kita. Jadi gak sabar ingin segera mulai ya? Mumpung masih ada waktu…

Yuk, persiapkan dirimu dulu bersama Kulina!

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180521214722-284-300137/7-manfaat-menakjubkan-berpuasa

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...