7 Fakta Unik tentang Tahun Kabisat

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Tahun 2020 selain memiliki angka cantik, juga dinobatkan sebagai tahun Kabisat. Pemahan kita selama ini, tahun Kabisat merupakan tahun dimana pada bulan Februari akan bertambah satu hari menjadi total 29 hari. Tak sesederhana bertambah satu hari, sebenarnya tahun Kabisat memiliki sejarah cukup panjang lho. Di luar itu, tahun Kabisat memiliki fakta unik yang tak biasa. Apa aja sih? Ulasan berikut akan bicara tentang fakta unik seputar tahun Kabisat.

1. Asal Nama Tahun Kabisat

1. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Asal Nama Tahun Kabisat
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Asal Nama Tahun Kabisat

Sebagian besar negara memberikan tahun yang memiliki jumlah hari berlebih dengan nama Leap Year, yang berasal dari bahasa Inggris. Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga menggunakan Leap Year. Indonesia menggunakan kata Kabisat untuk merujuk kata Leap. Kabisat itu sendiri berasal dari bahasa Arab, Kabisah, yang artinya melompat. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan katak sebagai simbolnya.

2. Keunikan Orang yang Lahir di Tanggal 29 Februari

2. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Keunikan Orang yang Lahir Tanggal 29 Februari
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Keunikan Orang yang Lahir Tanggal 29 Februari

Mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut leapling atau leaper. Peluang seseorang lahir pada 29 Februari adalah 1:1461. Setidaknya, ada 5 juta leapling di seluruh dunia.

Sejak lama, para astrolog percaya bayi yang lahir di Tahun Kabisat punya bakat istimewa, kepribadian unik, bahkan punya kekuatan magis. Beberapa pesohor yang lahir di tanggal 29 Februari adalah pencipta puisi Lord Byron, rapper Ja Rule, dan atlet football Darren Ambrose.

Di Hong Kong, ulang tahun resmi bagi mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari adalah 1 Maret, sementara di New Zealand, para leapling merayakan ulang tahun di tanggal 28 Februari.

Ada kepercayaan yang menyebut mereka yang lahir di tanggal 29 Februari, juga akan meninggal di tanggal yang sama. Salah satu contohnya adalah James Milne Wilson, pemimpin ke-delapan Tasmania. Dia lahir pada 29 Februari 1812 dan meninggal tanggal 29 Februari 1880.

Baca artikel serupa:
[Hadiah Kulina untuk Kamu yang Ulang Tahun: Diskon 10%]

3. Banyak Negara di Eropa Menganggapnya Tahun Sial

3. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Negara Eropa Menganggapnya Tahun Sial
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Negara Eropa Menganggapnya Tahun Sial

Ternyata, ada mitos yang buruk tentang tahun Kabisat ini, terutama di negara-negara di Eropa. Misalnya, Italia memiliki pribahasa anno bisesto, anno funesto, artinya tahun Kabisat adalah tahun sial. Sedangkan di Rusia, tahun Kabisat dipercaya membawa cuaca buruk. Para petani Rusia bahkan menyebut tumbuhan yang ditanam pada tahun Kabisat akan tumbuh ke arah yang salah. Skotlandia juga percaya mitos serupa. Peribahasa kuno Skotlandia menyebut tahun Kabisat bukan tahun yang baik untuk mengembangkan ternak.

4. Tolak Pernikahan di Tahun Kabisat

4. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Tolak Pernikahan di Tahun Kabisat
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Tolak Pernikahan di Tahun Kabisat

Mitosnya di Yunani, pasangan justru menolak menikah di tahun Kabisat karena mereka percaya itu akan membawa nasib buruk. Kepercayaan itu juga dianut warga Italia.

5. Denda untuk Penolak Lamaran di Tahun Kabisat

5. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Denda untuk Penolak Lamaran
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Denda untuk Penolak Lamaran

Demikian dengan di Denmark. Jika pria menolak lamaran wanita pada tanggal 29 Februari, maka dia harus memberi wanita itu 12 pasang sarung tangan. Sementara di Finlandia, pria harus memberi wanita kain untuk membuat baju.

6. Ibu Kota Kabisat Dunia

6. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Ibu Kota Kabisat Dunia
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Ibu Kota Kabisat Dunia

Anthony, Texas, Amerika Serikat, dikenal sebagai Ibukota Kabisat Dunia. Di kota tersebut, setiap tanggal 29 Februari digelar festival yang merayakan hari jadi para leapling.

7. Banyak Karyawan Kantor Kerja Gratis

7. 7 Fakta Unik Tahun Kabisat - Karyawan Kantor Kerja Gratis
7 Fakta Unik Tahun Kabisat – Karyawan Kantor Kerja Gratis

Di era modern, tahun Kabisat membawa ‘kesialan’ bagi para pekerja kantoran. Pasalnya, banyak kantor yang mengeluarkan gaji bulanan berdasarkan hitungan 28 hari, berarti di tanggal 29 Februari, banyak pekerja yang akan bekerja secara gratis.

Walaupun gitu, jangan sampai tenggelam dalam pekerjaan hingga lupa makan ya! Saat kerja repot cari makan? Ingin santai saat istirahat? Ingin makan enak dan sehat?

[PESAN KULINA AJA]

Wah wah wah… walaupun banyak fakta-fakta unik yang bikin cringe, jangan buru-buru negative thinking berujung semangat kendor dong! Fakta tahun Kabisat boleh saja begitu, tapi masih banyak peluang dan kesempatan di 10 bulan mendatang kan!

SUMBER:
https://www.idntimes.com/news/world/luthfan/kenapa-ada-tahun-Kabisat-di-dunia-ini-9-fakta-aneh-tentang-tahun-Kabisat/full
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191231141843-199-461330/sejarah-fakta-dan-mitos-tahun-Kabisat-2020
https://womantalk.com/news-update/articles/9-fakta-unik-tentang-tahun-Kabisat-di-tahun-2020-yaNQV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *