7 Destinasi Wisata Unik untuk Merayakan Pergantian Tahun

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sudah ada rencana untuk akhir tahun nanti? Walaupun berlibur ke luar negeri memang sangat menarik, tapi berlibur di daerah lokal di Indonesia pun tak kalah menariknya lho. Selain punya kelebihan pada kedekatan lokasi, keindahan alam juga meriahnya perayaan tak kalah hebat. Penasaran seperti apa sih perayaan akhir tahun di daerah-daerah di Indonesia? Kulina rangkum pada tujuh destinasi wisata yang cukup kondang dalam ulasan berikut.

1. Ala Laskar Pelangi di Pulau Belitung

C:\Users\Owner\Downloads\a1a1a01d-76d4-4942-a4e4-0f00ae9e3612.jpg

Terkenal dari film besutan Riri Riza, Laskar Pelangi mampu menarik perhatian masyarakat dengan keelokan lokasi syutingnya, Belitung. Tersebar di sekitaran Belitung pun banyak pulau-pulau cantik yang patut untuk dikunjungi. Seperti pulau Lengkuas, pulau Garuda, pulau Kelayang dan ada pula pulau Kepayang yang dapat dijelajahi sembari menunggu pergantian akhir tahun.

Tinggal pilih pulau mana yang paling pas, ajak teman-teman mu dan siapkan peralatan kemahmu. Nikmati pesta kembang api, api unggun dengan acara BBQ night yang telah disiapkan pihak pengelola akan sangat membantu bikin pestamu makin meriah. Tutup akhir tahun dengan pesta pantai boljug nih guys!

2. Wisata Edukasi di Yogyakarta

C:\Users\Owner\Downloads\watu-lumbung.jpg

Menghabiskan tahun baru di Yogyakarta tidak hanya menjelajahi gunung atau pusat kotanya saja. Jika ingin mencoba nuansa tahun baru yang berbeda kita bisa menuju arah Parangtritis, tepatnya di kawasan Bukit Watu Lumbung.

Bukit Watu Lumbung sendiri menyimpan pesona alam yang luar biasa. Hamparan sawah dan hijaunya pepohonan akan menebar suasana yang sejuk bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Serunya lagi, Bukit Watu Lumbung menawarkan wisata edukasi yang mengajak wisatawan untuk menanam pohon, membaca buku, memasak di dapur tersembunyi sebuah destinasi wisata unik, Kampung Edukasi Watu Lumbung.

Jika malam tahun baru sudah tiba, masyarakat Watu Lumbung akan menyiapkan sebuah penampilan musik akustik yang mengajak kita mendengarkan berbagai lantunan lagu, sembari mendengarkan hempasan ombak pantai yang berada tidak jauh dari desa.

3. Tradisi Polo’an di Probolinggo

C:\Users\Owner\Downloads\makan-nasi-ramai-ramai.jpg

Biasanya pergantian tahun dilalui dengan hingar bingar kembang api juga seruan terompet tiada henti. Sedikit berbeda dari malam pergantian tahun pada umumnya, di Probolinggo punya tradisi unik dinamakan Polo’an. Pasalnya, pada malam pergantian tahun ini masyarakat sekitar akan berkumpul dengan suasana keakraban sederhana dibalut acara masak bersama.

Biasanya, para pria menyiapkan segala kebutuhan serta perlengkapan untuk memasak, sementara itu para wanita menyiapkan bumbu masakan. Menu makanan yang dihadirkan untuk Polo’an ini pun hanya bakar yang dilengkapi dengan sambal kacang terong ditmabah tempe goreng.

Sementara itu, makanan pokoknya adalah nasi jagung. Setelah selesai makan, para warga biasanya berkumpul bersama dan saling berbagi cerita hingga menyiapkan apa yang dilakukan di oleh warga di tahun yang akan datang.

Buat kalian yang punya rencana menghabiskan akhir tahun lebih khusyuk sila datang ke Dusun Kejawan, Desa Sumber Rejo ini. Para wisatawan akan diperbolehkan ikut berpartisipasi bersama warga untuk menikmati malam tahun baru unik ini.

4. Dewata Festival di Denpasar Bali

C:\Users\Owner\Downloads\078849000_1499918596-gebogan.jpg

Tahun baru di Bali cuma di Pantai atau berbagai club malam merupakan hal yang sudah lazim dilakukan. Namun, mengikuti sebuah acara yang berpusat di Denpasar dengan nama Dewata Festival bisa menjadi pilihan baru. Acara ini biasanya akan diselenggarakan selama 3 hari, hingga nanti awal tahun baru.

Beberapa acara seru yang akan dilangsungkan selama Dewata Festival adalah parade seni dan budaya, peragaan busana tradisional dan modern, menikmati racikan kuliner lokal Bali dan tentu saja pesta kembang api. Yuk habiskan tahun terakhirmu dengan kearifan lokal agar lebih kenal budaya setempat.

5. Pesta Reba di Nusa Tenggara Timur

C:\Users\Owner\Downloads\Adat-Reba-Ngada.jpg

Kegiatan wisata unik lainnya adalah berkunjung menuju Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah puas melihat pemandangan alam di setiap sudut NTT, kalian bisa berkunjung ke Kabupaten Ngada.

Di sebuah kampung bernama Bena, kalian bisa melihat sebuah rangkaian kegiatan menyambut tahun baru yang dipersembahkan oleh penduduk setempat. Pesta tahun baru dari NTT ini menampilkan pesta ubi yang diiringi dengan tarian tradisional Besa Uwi dan lagu O Uwi

Pesta ini diadakan masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih mereka kepada alam, khususnya bahan makanan ubi sebagai makanan pokok bagi masyarakat Ngada. Pesta Reba di NTT ini sendiri akan berlangsung hingga bulan Februari. Jadi, jika ingin menikmati wisata tahun baru yang berbeda, kalian bisa memilih langsung datang ke Kabupaten Ngada.

6. Pisah Taong di Manado

C:\Users\Owner\Downloads\maengket.jpg

Tempat pertama yang wajib dikunjungi sebelum menyambut tahun baru adalah Manado, Sulawesi Utara. Salah satu tempat wisata menarik di Manado yang sering dijadikan tujuan salah satunya adalah keindahan bawah laut, wisata gunung hingga danau-danau eloknya.Setelah puas berkeliling di tempat-tempat wisatanya, Manado akan lebih meriah karena Manado Christmas Festival, konon Manado punya julukan sebagai kota seribu gereja karena setiap beberapa ratus meter akan banyak bangunan gereja didirikan. Selanjutnya, kemeriahan di Manado akan makin semarak karena acara bernama Pisah Taong atau acara tutup tahun yang akan memanjakan siapa saja yang sedang berada di Manado.

7. Unforgettable Toraja

C:\Users\Owner\Downloads\maxresdefault.jpg

Setiap menjelang tahun baru, masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan selalu menawarkan wisata tahun baru yang memikat. Dimulai sejak tahun 2010 yang lalu, menjelang pergantian tahun, masyarakat dan pemerintah Toraja membuka akses wisata bagi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru.

Selain melihat pemandangan alam yang memesona, kegiatan-kegiatan masyarakat asli Toraja, terdapat juga beberapa kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari tarung kerbau, sajian kuliner tradisional, festival kopi lokal dan pesta kembang api saat pergantian tahun baru akan memberikan pengalaman berbeda dari sebenlumnya.

Ternyata setiap daerah punya keunikan tradisinya sendiri dalam menyambut perayaan akhir tahun ya~ Siapin agenda terbaikmu, siapa tahu ulasan diatas bisa jadi inspirasi buat kamu yang masih bingung habisin akhir tahun nanti. Tunggu apalagi segera agendakan yuk!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *