6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Tempat Kerja

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kalian termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di tempat kerja? Selama bekerja, bertemu banyak orang maupun klien – membuatmu dituntut untuk lebih perhatian dengan penampilan dan kesehatan. Jika stamina menurun, bisa jadi mengurangi performa kerjamu. Sebelum kejadian, simak ulasan enam cara menjaga tubuhmu selama bekerja ini yuk!

1. Pakai Masker Selama Perjalanan ke Kantor

1. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Pakai Masker
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Pakai Masker

Polusi udara cenderung tak kasat mata sehingga sulit diprediksi setiap harinya. Demi menjaga saluran pernapasan, penggunaan masker penting demi menahan material tak kasat mata tersebut. Bisa digunakan saat berangkat ke kantor maupun saat perjalanan pulang dari kantor. Sebisa mungkin, gunakan masker selama berada di luar ruangan. Bisa pakai masker khusus penangkal debu atau masker medis yang biasa digunakan harian.

Tips dalam pemakaian masker medis ini, lebih baik gunakan satu kali saja karena masker tersebut di desain hanya untuk satu kali penggunaan.

2. Rajin Cuci Tangan dengan Baik dan Benar

2. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Cuci Tangan
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Cuci Tangan

Bekerja dengan banyak orang berarti akan ada banyak kesempatan interaksi. Seperti berjabat tangan atau memegang handle pintu di kantor. Dari hal sederhana itu, penyebaran kuman maupun bakteri bisa terjadi. Makanya, tetap jaga kebersihan diri dan minimal lingkungan meja kerjamu – seperti mencuci tangan segera setelah sampai di kantor atau ketika memang dirasa perlu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan yang membuat tangan terasa kurang higienis.

3. Rutin Minum Air Mineral

3. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Minum Air Mineral
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Minum Air Mineral

Air membantu tubuh tetap segar sehingga lebih awas dan waspada. Cukup minum juga meningkatkan pikiran yang jernih. Delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Terhidrasi dengan baik sangat penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatanmu secara menyeluruh. Menurut Dawn Jackson salah satu peniliti dari American Dietetic Association, rata-rata orang akan merasa lebih haus bahkan sampai dehidrasi pada pukul 3 sore.

Tips pendukung, coba beli botol minummu sendiri sehingga bisa kamu simpan dan bawa kemana saja. Benefitnya, botol minum lebih praktis karena dapat berulang kali digunakan juga tidak takut tertukar dengan tempat minum orang lain.

Baca artikel serupa:
[Seberapa Penting Sih Minum Air Putih?]

4. Makan Camilan Sehat

4. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Makan Camilan Sehat
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Makan Camilan Sehat

Untuk kesehatan dan energi yang optimal, pastikan untuk menyediakan camilan sehat di meja kerjamu. Sebisa mungkin letakkan di tempat yang mudah teraih sehingga kalian bisa dengan mudah mengkonsumsinya setiap kali rasa lapar menyerang. Sebab saat jeda antara satu waktu makan dengan yang lainnya, kadar gula dalam tubuh menurun yang kerap mendorong kamu untuk mengambil makanan cepat saji atau makanan manis yang paling dekat. Alih-alih demikian, usahakan makan camilan setiap dua atau tiga jam untuk menjaga kadar gula darah stabil dan energi meningkat untuk sepanjang hari.

Lebih baik mulai tinggalkan makanan cepat saji dan mulailah beralih pada buah-buahan, kacang, yoghurt, maupun snack sehat lainnya. Gak perlu susah cari camilan sehat ke swalayan sebelah, bisa pesen buah-buah sehat lewat Kulina kok!

[LIHAT MENU BUAH KULINA]

Menu Buah Kulina
Menu Buah Kulina

5. Batasi Konsumsi Kafein

5. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Batasi Konsumsi Kafein
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Batasi Konsumsi Kafein

Coffee first before working. Mungkin kutipan itu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang yakni “pantang gerak” sebelum minum kopi. Tetapi ingatlah untuk meminum kopi dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein secukupnya. Mulai batasi hanya satu cangkir saja pada pagi hari agar harimu lebih optimal. Kalian juga bisa mengurangi konsumsi kalori dan gula dengan meminum kopi tanpa krim atau gula. Rasanya mungkin tak senikmat biasanya, namun itu amat baik untuk kesehatan.

6. Beri Waktu Tubuh untuk Melakukan Peregangan

6. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Melakukan Peregangan
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Melakukan Peregangan

Duduk sambil bekerja di depan layar komputer maupun gawai telah menjadi aktivitas yang tak pernah luput bagi masyarakat modern. Coba sesekali bangun dari kursi kerjamu dan lakukan peregangan. Jangan takut disangka aneh oleh rekan kerja lainnya. Justru kegitan peregangan tersebut bisa jadi contoh baik bagi rekan kerja untuk menjaga kesehatan di kantor.

Lakukan peregangan dengan berdiri atau berjalan sebentar. Hal ini bisa membantu agar tubuh tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Atur posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan juga keyboard dan mouse agar mudah di jangkau dan atur jarak monitor agar lebih nyaman di mata sehingga meminimalisir rasa lelah.

Mulailah lebih peduli untuk jaga kebersihan dan kesehatan dari diri sendiri, biar nantinya kamu juga bisa menginspirasi orang-orang disekitarmu sehingga lingkungan jadi lebih sehat dan nyaman kemudian.

Stay healthy people!

SUMBER:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3171726/kiat-menjaga-kesehatan-di-tempat-kerja
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150326075154-255-41971/cara-terbaik-untuk-tetap-sehat-selama-bekerja
https://www.guesehat.com/4-tips-menjaga-kesehatan-di-tempat-kerja


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *