6 Tips Bikin Karyawan Happy untuk HR

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Mumpung masih awal tahun, penting membangun vibe positif di kantor terhadap karyawan lama maupun karyawan baru. Soalnya setiap individu akan punya andil penting bagi perusahaan. Terutama menjaga produktivitas tiap karyawan. Hal ini menjadi faktor penting dimana seorang HR turut ambil bagian.

Ketika karyawan bekerja dengan loyal dan penuh totalitas, kemungkinan besar akan berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut. Perusahaan jadi lebih diuntungkan karena produktivitas meningkat, demikian pula dengan profit perusahaan. Namun menjaga mood tiap individu bukanlah hal yang mudah. Lebih-lebih tekanan di tempat kerja dan target kerap kali membuat stres. Hal ini lah yang akan membuat karyawan cenderung murung dan tak termotivasi. Walaupun hal-hal tersebut tak terelakkan, masih ada cara bagi kalian para HR untuk bisa merawat semangat para karyawan kok. Yuk bikin karyawan lebih happy dengan tips berikut ini!

1. Ciptakan Reputasi Baik Melalui Kebijakan-Kebijakan yang Adil dan Transparan

1. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan

Berdasarkan beberapa survey dalam pameran perusahaanreputasi perusahaan disoroti sebagai satu dari faktor utama kebahagiaan kerja. Era kini segala sesuatu dapat diperhatikan oleh karyawan dan tidak ada pendapat yang tidak tersampaikan. Maka, menjadi organisasi yang dikenal sebagai perusahaan yang baik, adil, dan transparan, dapat menjadi sumber utama dari kebahagiaan karyawan. Usaha untuk lebih transparan dengan tetap memegang etos profesionalitas pastinya akan lebih dihargai bagi karyawan yang bersangkutan maupun seluruh karyawan perusahaan.

2. Jadilah Pemimpin yang Baik

2. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Jadilah Pemimpin yang Baik
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Jadilah Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menetapkan harapan yang jelas pada karyawannya, termasuk apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan dan ke mana setelah mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Dalam hal ini, kamu sebaiknya menetapkan batasan yang jelas dan menunjukkan kepemimpinan yang sehat serta memberikan arahan yang baik.

Maksudnya, kamu perlu menguraikan aturan, kebijakan dan prosedur yang diterapkan di perusahaan. Hal ini dilakukan agar para karyawan tidak lagi bertanya-tanya mengenai hal-hal yang detail. Apapun yang kamu tetapkan dalam aturan tersebut, pastikan hal itu konsisten untuk seluruh pekerja yang bekerja di perusahaanmu. Semakin detail hal yang kamu uraikan, maka akan semakin sedikit masalah yang muncul sehingga pekerja bisa lebih happy dan produktif untuk menghasilkan sesuatu.

3. Bantu Karyawan untuk Merasa Dihargai

3. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Bantu Karyawan Merasa Dihargai
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Bantu Karyawan Merasa Dihargai

Berikanlah nuansa penuh semangat berupa apriesiasi maupun pujian kepada para pekerja di waktu yang tepat. Jika diperlukan, kamu juga bisa berterimakasih kepada pekerja karena telah melakukan pekerjaan dengan baik dan memberi tahu mereka bahwa kamu sangat menghargainya. Jika ada salah satu pekerja yang melakukan kesalahan, maka jangan hukum orang tersebut.

Akan lebih baik jika berbicara secara personal dengan orang tersebut, ajarkanlah dia prosedur yang benar. Selain itu, berikan pula dorongan dan pengajaran yang lebih lanjut jika diperlukan. Satu hal yang perlu diingat, menghukum seseorang yang bersalah hanya akan memperburuk keadaan. Jika memang kesalahan tersebut masih berlanjut setelah dikoreksi, maka kamu mungkin perlu mengevaluasi orang tersebut untuk memastikan: apakah dia sesuai untuk pekerjaan tersebut?

Baca artikel serupa:
[6 Indikasi Karyawan Happy, HRD Catat Ini!]

4. Berikan Kemudahan Akses dan Lengkapi Fasilitas

4. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kemudahan Akses dan Fasilitas
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Kemudahan Akses dan Fasilitas

Tata letak fisik di kantor sangatlah penting untuk memaksimalkan produktivitas pekerja. Setiap orang pasti membutuhkan ruang yang cukup untuk bekerja, persediaan atau bahan makanan yang terjaga kualitasnya, dan lingkungan yang nyaman serta menyenangkan. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa semua peralatan yang ada di kantor dirancang secara ergonomis.

Selain itu, fasilitas makan siang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, bukan hanya kemudahan mendapatkannya, namun juga kualitas makanan menjadi penting. Coba deh cek Kulina!

Pesan katering makan siang untuk perusahaan melalui Kulina lebih mudah tanpa menurunkan kualitas makanannya, lho. Kulina bekerja sama dengan vendor katering maupun rumah makan di banyak wilayah di Jakarta – yang tentu saja sudah lolos quality assurance. Jadi soal higienitas dan nutrisi, jelas terjamin. Nah kalau soal rasa? Jangan lagi ditanya, lihat aja ribuan testimoni pelanggan Kulina di instagram @kulina.id atau website mereka. Kalau begini, para pekerja akan semakin termotivasi karena kebutuhan mereka untuk melakukan pekerjaan dapat terpenuhi dengan baik!

[KLIK DI SINI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT: KULINA CORPORATE CATERING]

5. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kulina for Business Corporate Catering

5. Libatkan Banyak Orang

6. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Libatkan Banyak Orang
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Libatkan Banyak Orang

Buatlah panduan untuk karyawan secara komprehensif yang ditulis dengan jelas dan sederhana. Panduan ini berisi tentang segala hal mengenai perusahaan, termasuk di dalamnya prosedur untuk menangani setiap masalah dari berbagai skenario yang dibayangkan. Ajaklah para pekerja untuk menyumbangkan ide panduan tersebut agar mereka bisa merasakan rasa memiliki dengan perusahaan.

Selain itu, bantu karyawan yang merasa terlibat dengan mengadakan pertemuan secara rutin. Pada pertemuan ini, kamu bisa meminta mereka untuk menyuarakan pendapat dan keprihatinan mereka terhadap perusahaan. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan, sebab perusahaan bisa memperoleh banyak informasi yang berharga mengenai produk dan kekhawatiran yang mungkin saja akan merugikan nantinya.

Kamu juga bisa mengadakan acara khusus karyawan, di mana keluarga mereka dapat terlibat seperti piknik, pameran, lokakarya dan acara khusus lainnya. Semakin besar rasa kekeluargaan yang bisa kamu buat, maka akan semakin banyak pula pekerja yang produktif.  Selain itu, kamu juga bisa mengadakan acara amal di mana setiap orang dapat menyumbangkan uang, barang, ataupun waktu mereka. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang akan merasa lebih baik setelah mereka menjadi seorang sukarelawan. Hal ini juga akan membuat bottom-line di perusahaanmu, tujuannya untuk meningkatkan kinerjanya dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaanmu memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

6. Keep Them Happy, Keep Them Working

7. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Keep them happy, keep them working
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Keep them happy, keep them working

Ketika seorang pekerja merasa bahwa mereka merupakan bagian yang penting dan dinamis dalam sebuah tim, maka mereka bisa menjadi lebih produktif dan bersedia untuk bekerja lebih keras untuk konsumen dan rekan kerja mereka. Oleh sebab itu, berikanlah mereka pujian secara terbuka, tetapkan tujuan yang sesuai dengan pekerjaan, dan selalu perhatikan kebutuhan pekerjamu dengan serius.

Dengan menghormati dan menghargai pekerja, maka kamu akan memberi mereka dorongan motivasi yang mereka butuhkan untuk tetap loyal dan berkomitmen pada tujuan perusahaan. Jika kamu memiliki pekerja yang selalu happy dan produktif, maka perusahaanmu bisa menghadapi berbagai badai ekonomi apa pun.

Mungkin beberapa tips ini kelihatan mudah daripada praktik di lapangan. Namun, semangat bisa dipupuk setidaknya dimulai dari kamu para HRD. Tetap optimis yaa… kan masih awal tahun nih!

SUMBER:
https://resources.urbanhire.com/cara-menjaga-agar-para-pekerja-tetap-happy/
https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/5-tips-agar-karyawan-di-asia-lebih-bahagia-di-tempat-kerja/



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *