5 Tradisi Unik Setiap Negara Saat Bulan Ramadhan

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Indonesia dinobatkan sebagai negara muslim terbesar di dunia, dan Indonesia mampunyai tradisi unik pada setiap wilayahnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Namun tidak hanya Indonesia yang mempunyai tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadhan, 5 negara ini juga mempunyai tradisi yang tidak kalah unik.

Berikut adalah 5 tradisi unik setiap negara yang tidak kalah uniknya dari negara Indonesia:

Mesir
Sumber: https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/5-negara-ini-punya-tradisi-unik-sambut-ramadan-seperti-apa/
Negara yang terletak di utara benua Afrika ini ternyata mempunyai tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Biasanya masyarakat Mesir menyambut bulan suci Ramadhan dengan memasang pernak pernik yang berkilau di sepanjang jalan, pintu masuk, gedung perkantoran, hingga di balkon-balkon rumah penduduk.

Selain itu pernak pernik yang dipakai oleh masyarakat Mesir adalah Fanous. Tradisi memasang Fanous di setiap sudut jalan dan bangunan ini memamang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Qatar
Sumber: https://www.genpi.co/gaya-hidup/43692/simak-3-negara-ini-punya-tradisi-unik-ketika-ramadan
Negara yang kaya akan sumber minyak buminya ini juga mempunyai tradisi unik saat bulan Ramadhan. Setiap malam ke-13 sampai 15 bulan Ramadhan, anak perempuan di Qatar akan menggunakan baju tradisional yang disebut Dishdashas, sedangkan untuk anak laki-laki akan menggunakan baju khas Timur Tengah rompi berwarnah merah dengan sulaman emas.

Setelah itu anak-anak di Qatar yang sudah menggunakan baju unik tersebut akan bernyanyi dan menari di sepanjang jalan, dan mengetuk setiap rumah penduduk untuk meminta permen dan kue. Sayangnya Ramadhan tahun ini sepertinya akan berbeda karena adanya pandemic Covid-19.

Singapura
https://news.nestia.com/detail/-/1142513
Negara tetangga Indonesia yang berada di utara Kota Batam ini ternyata juga mempunyai tradisi unik ketika bulan suci Ramadhan tiba. Sejak tahun 1960-an, Masjid Sultan yang berada di tengah kota Singapura mempunyai tradisi unik, yaitu menggelar Bazaar Ramadhan di dalam lingkungan Masjid Sultan yang sangat megah.

Bazaar yang ada di lingkungan Masjid Sultan buka pada pukul 15.00 dan berakhir pada pukul 20.00 waktu Singapura. Aneka makanan dan minuman, pakaian, serta pernak pernik bisa kalian temukaan di bazaar ini, dan uniknya lagi banyak pengunjung dari berbagai negara yang datang. Namun, Lagi-lagi dengan adanya pandemik Covid-19 ini sepertinya bazaar di lingkunagn Masjid Sultan ditiadakan.

Belanda
https://hollandinpixels.photoshelter.com/image/I0000KF5LlWhs0gU
Negara eropa yang paling banyak disingahi masyarakat Indonesia ini ternyata juga mempunyai tradisi unik saat bulan Ramadhan tiba. Berbeda dengan negara-negara eropa lainnya yang memusatkan kegiatan bulan suci Ramadhan-nya di Islamic Center.

Belanda sejak tahun 2005 mempunyai bazaar yang dilegalkan oleh Walikota Amsterdam bernama Job Cohen. Sama seperti bazaar lainnya, bazaar di kota Amsterdam ini menjual aneka makanan khas Timur Tengah, dan pernak pernik yang identik dengan kaum muslim. Namun, bazaar di kota Amseterdam sepertinya ditiadakan karena pandemik Covid-19.

India

Negara yang mempunyai penduduk muslim terbesar ke-3 di dunia ini juga tidak kalah menariknya dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Tidak hanya makanan dan minuman yang unik, namun di India para laki-laki muslim akan menggunakan celak pada kelopak matanya. Celak sendiri adalah kosmetik yang digunakan untuk mempertegas bentuk mata.

Itu dia tradisi unik di 5 negara di dunia. Kira-kira apakah Kulinas juga mempunyai tradisi unik saat menyambut bulan Ramadhan?

Sumber:

https://mamikos.com/info/10-tradisi-unik-saat-ramadhan-di-berbagai-negara/

https://www.idntimes.com/travel/journal/suci-wu-1/5-tradisi-unik-ramadan-ini-hanya-bisa-kamu-temui-di-india-exp-c1c2

https://www.qraved.com/journal/food-101/8-tradisi-unik-berbuka-puasa-di-berbagai-negara

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...