5 Layanan Pesan-Antar Makanan Populer di Jakarta

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Laper? Sekarang, jarak bukan lagi kendala untuk penuhi kebutuhan tubuhmu. Beragam aplikasi layanan pesan-antar makanan makin banyak pilihannya. Kalian bisa sesuikan kebutuhan dengan jenis-jenis platform yang tersedia. Kamu butuh makanan cepat jadi alias ready to go? Atau perlu pesan makanan yang tersusun dan terencana hingga memenuhi anggaran bulananmu juga ada lho. Semudah itu ya pesanan makanan di zaman sekarang, apa aja sih emangnya? Tengok kelima aplikasi kesayangan warga Jakarta ini yuk!

1. GoFood

1. Layanan Pesan-Antar Makanan - GoFood
Layanan Pesan-Antar Makanan – GoFood

Siapa sih yang gak kenal GoFood? Berawal dari Gojek, platform ojek pertama karya anak bangsa yang merger ke layanan pesan antar makanan, GoFood. Aplikasi pemenuh kebutuhan bagi kaum mager alias males gerak ini seketika dinobatkan menjadi layanan pesan antar terbaik pada tahun 2019 oleh lembaga riset Nielsen Singapura dalam riset Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market. Seperti menjawab kegelisahan masyarakat Indonesia, kulineran bisa lewat jempol aja. Namun, ketika penyedia jasa memberikan kemudahan di situ pula ada ongkos tambahan.

Sebab, harga makanan yang harus dibayar lebih mahal dari harga asli makanan itu sendiri. Ongkos sebesar 30% dari harga asli makanan tersebut baru masuk ke GoFood, sedangakan untuk ongkos kirim makanannya masih diberi tarif sesuai jarak tempuh antara rumah pelanggan dan resto.

2. Grabfood

2. Layanan Pesan-Antar Makanan - GrabFood
Layanan Pesan-Antar Makanan – GrabFood

Berikutnya adalah GrabFood. Grabfood berasal dari Malaysia dan menjadi salah satu rival pertama GoFood. Karena memiliki background yang serupa, GrabFood berkolaborasi dengan banyak restoran maupun usaha kuliner di masing-masing daerah yang tersebar di 178 kota di Indonesia. Fasilitas yang mumpuni demikian, pastinya juga akan memberikan tambahan biaya pada tiap item makanan yang dipesan.  Biaya ini juga belum termasuk ongkos kirim. Sayangnya hal ini masih cukup gambling, karena jarak yang jauh akan memberikan tagihan tarif yang tinggi pula.

3. Kulina

3. Layanan Pesan-Antar Makanan - Kulina
Layanan Pesan-Antar Makanan – Kulina

Layanan pesan-antar satu ini cukup unik. Pasalnya, tak hanya bisa pesan makanan dalam hitungan harian, tetapi bisa merencanakan anggaran makanmu dalam sebulan maupun beberapa bulan ke depan. Kulina telah berkolaborasi dengan banyak dapur dan restoran di tiap daerah yang tersebar di seluruh Jakarta. Hal ini memudahkan akses kirim maupun dapat menjaga tingkat kesegaran makanannya. Banyaknya ragam pilihan makanan, dijamin deh kamu gak bakal bosan! Bahkan untuk ongkos kirim sudah termasuk dalam tarif tiap makanan yang kalian pesan. Jadi benar-benar gak ada biaya tambahan apa-apa lagi. Sayangnya tidak semua dapur melayani pengantaran ke semua wilayah Jakarta.

Baca artikel tentang Kulina:
[Hadiah untuk Kamu yang Ulang Tahun: Diskon 10%]

4. Sayurbox

4. Layanan Pesan-Antar Makanan - Sayurbox
Layanan Pesan-Antar Makanan – Sayurbox

Selain bisa makan sehat, kalian juga bisa ikut berpartisipasi dalam memberdayakan petani sayur secara langsung. Platform satu ini memberikan pengalaman makan makanan sehat nan segar dengan mempersempit margin harga dari petani langsung ke konsumen. Sayurbox juga memiliki misi untuk memberdayakan buah maupun sayur yang tak masuk kurasi ke swalayan besar. Padahal jenis buah sayur ini masih termasuk layak konsumsi dengan harga cenderung lebih murah. Sayangnya, meski kulit luar buah/sayur tampak masih baik, belum tentu kondisi dagingnya aman konsumsi alias kondisi buah kualitas grade B dan C ini sulit untuk diprediksi. Selain itu stok yang tersedia pun tergantung musim buah apa saat itu.

5. HappyFresh

5. Layanan Pesan-Antar Makanan - HappyFresh
Layanan Pesan-Antar Makanan – HappyFresh

Platform layanan pesan-antar terakhir yang cukup populer bagi warga Jakarta adalah HappyFresh. Salah satu layanan belanja sayur maupun buah tanpa keluar rumah. Kemudahan ini akan menghemat anggaran transport dan waktu. Ketika kita bisa masak sendiri di rumah artinya kita bisa jauh lebih berhemat dari pada beli makanan jadi secara online. Happyfresh berkolaborasi dengan banyak supermarket besar sehingga memberikan keterpercayaan dan integritas untuk platform ini. Sayangnya, layanan pesan-antar ini masih terbatas di kota-kota besar saja.

Sekarang mau masak atau makan apa nih Kulinas? Tinggal download aplikasinya dan segera tentukan makanan yang pas untuk penuhi kebutuhan harian mu yuk!

Klik di sini untuk cek menu Kulina!

SUMBER:
https://www.grab.com/id/food-blog/5-fakta-menarik-dari-grabfood-juara-cepat-pesan-antar-makanan/
https://katadata.co.id/berita/2019/03/13/sayurbox-startup-pertanian-yang-bantu-tingkatkan-pendapatan-petani
https://www.happyfresh.id/blog/berita-acara-promo/grocery-online/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *