5 Kudapan Daerah yang Nikmat Disantap Saat Hujan

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Musim hujan telah tiba! Saatnya tingkatkan daya tahan tubuh agar kuat melewati musim satu ini. Bisa mulai dari konsumsi multi-vitamin, perhatikan asupan gizi, dan bisa juga lho pilih menu tambahan penghangat tubuh. Hujan-hujan memang paling nikmat makan atau minuman hangat ya…

Mau tahu kudapan daerah yang unik dan nikmat untuk menghangatkan tubuh?
Yuk, simak ulasan Kulina berikut!

1. Pecal Pisang & Air Guraka

1. Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan - Pecal Pisang & Air Guraka
Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan – Pecal Pisang & Air Guraka

Kudapan khas Ternate, Maluku Utara ini memang penuh kejutan. Pasalnya, pecal pisang alias pisang goreng khas Halmahera ini menggunakan jenis pisang yang masih belum matang untuk kemudian digoreng tipis nan garing. Pelengkapnya, pisang goreng ini disajikan dengan cocolan sambal tomat. 

Lebih komplit, biasanya akan dipadukan dengan minuman khasnya yakni air guraka. Terbuat dari jahe, gula merah yang diberi topping kacang kenari potong. Kudapan ini banyak ditemui di sepanjang kawasan Tapak, ternate Tengah banyak penjaja dengan menu populer tersebut. Kapan main ke Ternate, bisa jadiin kudapan ini salah satu bucket list di kala hujan kan?

2. Binte Biluhuta

2. Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan - Binte Biluhuta
Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan – Binte Biluhuta

Menu lainyang paling nikmat jika disantap di waktu musim hujan datang dari Gorontolo. Ini dia, binte biluhuta. Binte Biluhuta lebih sering disebut dengan nama milu siram oleh masyarakat lokal. Arti milu sendiri adalah jagung. Seperti bahan utama yang digunakan, milu siran atau binte biluhuta sebetulnya adalah sop jagung yang diberi bumbu nusantara, antara lain daun kemangi, daun bawang, belimbing sayur, jeruk nipis serta udang.

3. Kembang Tahu

3. Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan - Kembang Tahu
Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan – Kembang Tahu

Wujud wedang hangat yang satu ini berupa sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren. Enak untuk menghangatkan tubuh dan menyamankan perut. Kembang tahu banyak ditemui di Pontianak serta Jawa Barat. Biasanya kembang tahu dijajakan keliling kampung, dengan tampilan sederhana berupa kembang tahu, kuah dan kadang-kadang ditambahi kacang tanah sangrai. Namun belakangan ini ada yang mengkombinasikan kembang tahu dengan parutan keju.

4. Martabak Mesir

4. Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan - Martabak Mesir
Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan – Martabak Mesir

Meski bernama Martabak Mesir, kudapan ini tidak berasal dari negara Timur Tengah. Makanan ini diyakini berasal dari Sumatera Barat terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging, dan daun bawang yang digoreng. Biasanya makanan ini disajikan saat hangat bersama cuka, cabai, dan acar sebagai bumbu pelengkap. Makanan ini biasanya banyak dijajakan saat malam hari. Paling cocok disantap dalam kondisi hangat apalagi saat hujan.

5. Wedang Ronde

5. Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan - Wedang Ronde
Kudapan Daerah Nikmat Saat Hujan – Wedang Ronde

Di samping makanan, minuman juga bisa dimasukkan sebagai camilan, salah satunya adalah segala jenis wedang. Wedang memang paling cocok kalau dinikmati saat musim hujan. Tak hanya nikmat dan menyamankan perut, wedang juga kaya akan manfaat menyegarkan tubuh. 

Seporsi wedang ronde biasanya terdiri dari beberapa bulatan putih seperti mochi. Terbuat dari tepung beras berisikan kacang tanah yang kenyal pada saat digigit. Pelengkapnya yakni kolang-kolang yang berwarna-warni, kacang tanah sangrai, gula merah cair, kemudian disiram kuah jahe yang pedas.

Wedang ini banyak dikenal sebagai salah satu kudapan khas di pulau Jawa. Dari tiap bagian daerah di pulau Jawa pun masing-masing punya cara tersendiri dalam penyajiannya. Seperti menambahkan susu atau santan di Jawa Barat dan menambahkan cakwe di daerah Jawa Timur.

Wih jadi bikin baper #eh laper nih…

Sebelum makin ngiler, rencanain dulu mau nyamil apa ya buat nanti malam?
Apapun itu tetap jaga stamina dan kondisi tubuh ya Kulinas!

SUMBER:
https://www.wego.co.id/berita/10-jajanan-khas-indonesia-yang-lezat-di-musim-hujan/
https://www.gotravelly.com/blog/camilan-musim-hujan/
https://kumparan.com/ceritamalukuutara/menikmati-air-guraka-minuman-khas-di-ternate-1rHxVlKn1rH


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *