5 Jenis dan Tips Olah Raga yang Aman Saat Puasa

Selama bulan Ramadhan, muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Puasa menahan makan dan minum sejak terbit fajar hingga tenggelam fajar. Hal ini berarti ada sekitar 13 jam tubuh kita tidak menerima asupan apapun. Perubahan kebiasaan ini tentu berpengaruh pada tubuh kita.

Perubahan kebiasaan sebaiknya juga dilakukan pada hal-hal lain, tidak hanya perkara makan dan minum saja – contohnya, olah raga. Kamu yang terbiasa setiap hari berolah raga perlu tahu jenis dan tips olah raga yang aman saat puasa. Jika kamu sudah tahu jenis dan tips olah raga yang aman saat puasa, tujuanmu untuk lebih sehat dan bugar bisa tercapai tanpa menurunkan daya tahan tubuh. Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

1. Waktu Olah Raga

1. Waktu Olah Raga
Ketahui waktu olah raga yang tepat saat puasa

Hal penting pertama yang harus kita ketahui saat hendak berolah raga selama puasa adalah waktu yang tepat untuk olah raga. Waktu olah raga yang tepat selama puasa adalah 30 – 60 menit menjelang berbuka dengan intensitas olah raga 30 menit saja. Olah raga dengan durasi dan waktu yang tepat selama puasa, dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh kita. Sebaliknya, jika olah raga terlalu lama atau terlalu berat justru dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Samuel Oetoro, Sp. GK mengatakan “olah raga cukup paling lama 30 menit, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan, karena kalau olah raga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh.”

2. Jenis Olah Raga

Jenis olah raga yang aman dilakukan selama puasa adalah olah raga ringan dan sedang. Ada banyak olah raga ringan dan sedang yang bisa kita lakukan di rumah. Ingat, situasi pandemi Corona ini telah membuat kita sebisa mungkin tetap di dalam rumah. Jadi usahakan berolah raga juga di dalam rumah saja ya!

A. Yoga

2A. Yoga - Olah Raga Aman Saat Puasa
Yoga – olah raga aman saat puasa

Yoga baik untuk kesehatan fisik maupun mental kita. Olah raga ini tidak terlalu menguras tenaga, sehingga cocok dilakukan saat berpuasa. Meski begitu, rajin melakukan yoga dapat menyembuhkan sakit punggung dan membantu dalam proses pembakaran lemak.

B. Jalan Cepat

2B. Jalan Cepat - Olah Raga Aman Saat Puasa
Jalan cepat – olah raga aman saat puasa

Tentu saja jalan cepat sekarang sebaiknya tidak dilakukan keluar rumah. Kamu tetap bisa melakukan jalan cepat sambil mengitari rumah. Atau jika kamu harus berbelanja yang biasanya pergi menggunakan kendaraan bermotor, sekarang cobalah pergi dan pulang belanja sambil berjalan cepat.

C. Naik Turun Tangga

2C. Naik Turun Tangga - Olah Raga Aman Saat Puasa
Naik turun tangga – olah raga aman saat puasa

Naik turun tangga selama 30 menit sangat membantu melatih otot kaki dan ketahanan pernafasan kamu lho. Lakukan tanpa henti selama 15 menit, istirahat sebentar, lalu lanjutkan di 15 menit berikutnya. Naik turun tangga terlihat sederhana, namun coba sendiri dan lihat berapa banyak keringat yang dihasilkan. Artinya, naik turun tangga juga efektif untuk pembakaran lemak.

D. Senam

2D. Senam - Olah Raga Aman Saat Puasa
Senam – olah raga aman saat puasa

Senam merupakan olah raga yang lebih kompleks karena terdiri dari pemanasan, olah raga inti, dan pendinginan. Kalau kamu terbiasa olah raga kardio, kamu bisa menambahkan gerakan push up dan sit up ke dalam rutinitas senam. Video tutorial senam ada banyak sekali di media streaming online, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Video senam juga sering diiringi musik dengan beat tinggi yang bisa menambah semangat dan energi kamu.

E. Tai Chi

2E. Tai Chi - Olah Raga Aman Saat Puasa
Tai chi – olah raga aman saat puasa

Taichi merupakan perpaduan antara seni bela diri, menari, dan olah raga. Tai chi mengutamakan gerakan-gerakan halus yang tetap efektif untuk kebutuhan olah raga. Tai chi cocok dilakukan oleh mereka yang telah lanjut usia dan tetap ingin rutin berolah raga. Video taichi juga biasanya diiringin musik yang menenangkan sehingga tubuh lebih rileks dan segar setelah melakukan tai chi.

Namun beberapa dari kita rutin melakukan olah raga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, melainkan pencapaian prestasi, seperti atlet. Jika atlet berpuasa dan tetap rutin latihan olah raga – biasanya tergolong olah raga berat, lakukanlah olah raga setelah berbuka puasa ya.

3. Cukup Minum

3. Cukup Minum
Cukup minum untuk hindari dehidrasi

Olah raga yang kita lakukan akan menghasilkan keringat. Keringat yang keluar dari tubuh secara berlebihan, ditambah tidak adanya asupan mineral yang masuk ke tubuh selama 13 jam, dapat membuat kita dehidrasi. Maka dari itu, agar kita tidak mengalami dehidrasi, lakukan olah raga dengan waktu dan jenis yang tepat yaitu, sebelum buka puasa ya.

Jadi setelah olah raga yang menguras keringat, kita bisa kembali mengkonsumsi mineral yang dibutuhkan tubuh saat berbuka. Perhatikan asupan mineral kita. Sebaiknya, konsumsi 1,5 – 2 liter air untuk menghindari diri kita dari dehidrasi.

4. Makan Makanan Bergizi

4. Makan Makanan Bergizi
Makan makanan bergizi, penuhi karbohidrat kompleks dan serat

Selama puasa, kita hanya bisa makan sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika kamu terbiasa makan 3 kali sehari, tentu ini perubahan kebiasaan yang tidak mudah. Namun, usahakan tetap menjaga porsi makan seperti biasanya – tidak kekurangan, atau kelebihan. Pastikan setiap makananmu mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca artikel serupa:
[6 Resep Sahur Sederhana, Cepat, dan Lezat]

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dapat mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun karena puasa. Karbohidrat kompleks dan serat dapat membantu melepaskan energi secara perlahan sehingga kamu tidak akan cepat kehabisan energi, meski tetap melakukan olah raga di saat puasa.

5. Jam Tidur Terpenuhi

5. Jam Tidur Terpenuhi
Jam tidur terpenuhi termasuk tidur siang

Siang hari, biasanya kita mengambil jeda dari aktivitas untuk makan. Berhubung sekarang puasa, otomatis kita tidak akan makan siang. Nah, baiknya gunakan waktu makan siang ini untuk tidur sejenak 1-2 jam saja untuk mengembalikan energi tubuh.

Selama puasa, pastikan kamu cukup tidur selama 7-9 jam per hari. Karena kamu harus bangun di waktu sahur, jadi pastikan jangan begadang ya! Setelah sahur pun, usahakan untuk tidak tidur agar tubuh dapat bekerja mengolah makanan menjadi tenaga, bukannya menjadi lemak jahat.

Sekarang sudah tahu kan jenis dan tips olah raga aman saat puasa? Yuk, semangat! Jangan jadikan puasa alasan untuk malas-malasan ya. Kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita terutama di situasi pandemi Corona ini.

Jika kamu belum tahu mau buka apa hari ini dan besok? Coba deh, kepoin menu lauk-pauk Kulina! Kamu bisa beli beragam menu yang kamu suka dengan tingkat penyimpanan yang berbeda-beda. Jadi kamu bisa beli hari ini untuk dimakan kemudian hari!

[CEK MENU KULINA]

Beli Lauk Kulina
Yuk, beli lauk Kulina!

SUMBER:
https://hellosehat.com/hari-raya/ramadan/tips-olahraga-saat-puasa/
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4240618/6-tips-olahraga-saat-puasa-untuk-menjaga-tubuh-tetap-sehat
https://www.liputan6.com/ramadan/read/4232137/5-tips-olahraga-saat-puasa-yang-aman-jaga-kebugaran#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *