5 Jenis Apel Merah dan Manfaatnya

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Mengkonsumsi buah mungkin menjadi satu hal yang kadang luput setiap harinya. Selain baik untuk pencernaan, mengkonsumsi buah sebelum makan nasi baik untuk program dietmu lho! Salah satu buah yang menjadi unggulan buat kalian yang sedang menjalankan program diet, antara lain adalah buah Apel!

Jenis-jenis Apel Merah

Kalau umumnya lebih dikenal apel merah dan apel hijau, sebenernya jenis apel itu beragam banget. Pun banyak keuntungan yang didapat dari mengkonsumsi bermacam-macam buah apel. Apa aja sih? Yuk simak ulasan beragam buah apel dan manfaatnya berikut ini.

1. Apel Fuji

Familiar dengan nama tersebut? Mulai dikembangkan dan populer sejak tahun 1930, jenis apel ini diambil dari nama gunung terbesar di Jepang, yakni gunung Fuji. Warnanya kombinasi kuning dan kemerahan dengan rasa manis segar yang dominan. Rasa manis dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk dimakan langsung serta diaplikasikan dalam berbagai teknik memasak.

2. Apel Red Delicious

Apel ini dibudidayakan sejak tahun 1800-an. Warna merah menyala dari apel Red Delicious menjadikannya ikon dari buah apel, dimana buah apel seyogyanya berwarna merah. Rasanya agak manis, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segar.

3. Apel Royal Gala

Apel ini dikembangkan pada tahun 1934 oleh ahli buah asal New Zealand, JH. Kidd. Bentuk apel Gala cenderung bulat dengan ukuran kecil sampai sedang. Warna kulitnya kuning dengan garis-garis pink sampai merah, tergantung tingkat kematangannya. Kulitnya tergolong paling tipis dibanding jenis apel lain. Daging buahnya sendiri berwarna agak kuning dengan tekstur padat dan garing. Rasanya cukup manis dan beraroma bunga.

Apel Gala rendah kalori, tinggi kandungan air, serta mengandung vitamin A, B, dan C dalam jumlah cukup banyak. Apel Gala cocok untuk dinikmati langsung, sebagai bahan untuk salad juga untuk membuat saus.

4. Apel Envy

Apel Envy dikenal karena ukurannya yang cukup besar, warna kulit merah menyala, dan daging buahnya lembut namun renyah. Selain itu keunggulan dari apel Envy lainnya, tidak berubah warnanya meskipun sudah dipotong cukup lama. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam apel Envy yang sangt tinggi sehingga memperlambat proses pencokelatan yang banyak terjadi pada buah apel. Buah ini cocok dikonsumsi dengan cara langsung dimakan atau dibuat menjadi jus.

5. Apel Honeycrisp

Honeycrisp apples moves through a wash machine at the Jack Brown Produce packing facility on Sept. 27, 2017, in Sparta, Michigan. MUST CREDIT: Daniel Acker/Bloomberg

Kehadirannya yang baru sekitar 20 tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan apel Honeycrisp memiliki rasa yang manis, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam berbagai masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggang.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Apel

1. Baik Sebagai Asupan Diet

Buah apel sangat berguna terutama untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat terutama pada buah dan sayuran. Apel dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

2. Menetralisir Kadar Gula Darah

Penyakit gula atau dikenal dengan diabetes melitus adalah penyakit sangat menghantui bagi mereka yang sudah mempunyai keturunan penyakit ini. Meski memiliki rasa manis, buah apel mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi 1 buah apel setiap hari, hal itu dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel berserat tinggi, manfaat apel bagi kesehatan yang lebih lanjut adalah buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

4. Menutrisi Kesehatan Kulit

Manfaat buah apel bagi kesehatan yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Kulit merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penampilan terutama bagi seorang wanita.

Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Sementara khasiat buah apel lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak saja terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat buah apel bagi kesehatan selanjutnya adalah mengorangi risiko penyakit jantung. Konsumsi buah apel secara rutin satu atau dua buah sehari diduga mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Buah apel ini dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri.

Perlu diketahui bahwa manfaat apel bagi kesehatan ini diketahui karena adanya kandungan serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), serta antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Tuh kan, banyaaaak banget manfaat konsumsi buah Apel! Gak ada lagi alasan ribet cari buah sesuai porsimu, karena Kulina punya snack sehat buah apel dengan beragam jenis pastinya. Yuk, penuhi nutrisi dan serat harian kamu bareng Kulina!

[PESAN SNACK BUAH SEKARANG]

SUMBER:
https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/manfaat-dan-jenis-buah-apel/
https://www.alodokter.com/sehatnya-makan-buah-sebelum-makan-atau-sesudah-makan
https://food.detik.com/info-kuliner/d-2814386/garing-manis-apel-gala-amerika-yang-dipuji-ratu-inggris
http://www.indofresh.co.id/articles/detail/16/Envy-Apel-Size-does-not-Matter https://doktersehat.com/lima-manfaat-buah-apel/

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...