5 Camilan Buah Khas Nusantara

Indonesia negara sub tropis yang memiliki kelembaban udara cukup. Tak heran aneka ragam buah mudah ditemui. Bahkan di tiap daerah memiliki buah-buahan khas yang tumbuh subur dan menjadi komoditas yang cukup populer lho. Tak hanya mengkonsumsi buah secara langsung, ini ada beberapa olahan buah yang dijadikan snack maupun jajanan khas yang mungkin salah satunya udah mulai langka dijumpai. Apa aja sih? Simak ulasan camilan khas Nusantara dari buah-buahan berikut ini.

1. Rujak

C:\Users\Owner\Downloads\1.jpg
Rujak Buah

Kalau di negara Barat familiar dengan fruit salad, di Indonesia ada yang serupa yakni Rujak buah. Bermacam-macam buah diserut tipis atau di potong-potong, di campur dengan saus sambal kacang. Rasa saus yang manis asam dengan aroma kacang sangrai menjadi ciri khas salad ala Indonesia ini. Buah-buahan khas rujak adalah mangga muda, kedondong, jambu air, timun, bengkuang, dan lain sebagainya. 

Kabarnya di daerah Jawa, rujak dijadikan salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Ketika seorang wanita hamil dan usia kandungannya sudah memasuki usia tujuh bulan maka akan diadakan upacara tujuh bulanan. Salah satu makanan yang ada dalam upacara itu adalah rujak. Selesai upacara rujak ini dibagikan kepada tamu yang hadir. Ada kepercayaan bahwa apabila kebanyakan dari tamu berasa sepat dan pedas rasa rujaknya maka anak yang sedang dikandung adalah seorang anak laki-laki. Sedangkan apabila rujak itu berasa segar sebagaimana rujak biasa maka yang dikandung itu adalah anak perempuan.

2. Es Teler

C:\Users\Owner\Downloads\es-teler_20180519_061524.jpg
Es teler dengan buah alpukat, nangka, dan kelapa muda

Minuman khas dari Jawa Tengah ini dibawa Hj. Samijem dan anaknya Tukiman dari Sukoharjo. Berawal dari berdagang buah di Menteng, Jakarta Pusat namun banyak yang tak laku, membuat mereka berinisiatif membuat racikan minuman buah segar ini. Dengan mencampurkan beberapa buah seperti, nangka, alpukat, kelapa muda, sirup dan susu atau santan ke dalam gelas mangkuk. Nama ‘teler” sendiri didapatkan dari ungkapan pelanggan “es-nya bikin teler”. Berangkat dari ungkapan tersebut, nama Teler kemudian dirasa cocok dijadikan nama segelas es buah segar ini.

3. Klappertaart

C:\Users\Owner\Downloads\hipwee-klapp-750x422.jpg
Klappertaart dengan buah kelapa muda, kismis, dan kenari

Salah satu makanan warisan kuliner khas Manado dan peninggalan Belanda, jajanan unik kue khas Manado yang satu ini wangi, lembut, dan gurih. Dari namanya saja sudah terlihat, Klappertaart yang berarti kue kelapa. Terbuat dari bahan kelapa muda gurih, susu, mentega, dan telur, Klappertaart dapat disajikan dengan berbagai topping dan rasa seperti kismis, kayu manis, kenari, coklat, dan keju.

4. Pisang Goroho

C:\Users\Owner\Downloads\065759100_1557457628-Goroho__2___1_.jpeg
Pisang Goroho

Berbeda dengan pisang goreng khas Jawa, camilan sore asal Gorontalo ini berbahan dasar pisang yang masih mengkal, kulitnya hijau dengan tekstur yang keras. Ada dua cara dalam mengolah pisang Goroho ini, dengan di kukus atau di goreng. Tapi lebih populer dengan cara menggoreng pisang Goroho ini. Pisang di potong-potong membujur agak tebal tanpa di beri tepung. Teksturnya akan garing renyah di luar dan empuk gurih di dalam. Tak ada rasa manis sama sekali. Karenanya pisang ini enak dicocol dengan sambal sagela atau sambal ikan roa yang pedas menyengat. 

5. Manisan Pala

C:\Users\Owner\Downloads\5283.jpg
Manisan pala

Mendengar kata manisan, Cianjur khasnya kuliner olahan ini. Manisan sendiri terdiri dari dua jenis, manisan basah dan kering. Namun, camilan tradisional ini lebih terkenal manisan versi keringnya. Cara mengolahnya pun cukup sederhana hanya terbuat dari daging buah pala yang masih segar. Kemudian dikupas dan dipotong-potong sesuai selera, merendam pala dengan air kapur dicampur larutan gula pasir dan dimasak hingga mendidih. Untuk manisan pala kering, hanya perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Pala sendiri memiliki senyawa kimia yang dapat membantu gangguan insomnia, memperlancar pencernaan, dan meningkatkan selera makan serta mampu mengatasi rasa mual.

[BELI CAMILAN BUAH]

Kalau di daerah asal mu ada buah apa nih?
Yuk ceritain di sini!

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Rujak_manis
https://id.wikipedia.org/wiki/Es_teler
https://travel.tempo.co/read/421265/manisan-pala-khas-cianjur-kaya-manfaat-kesehatan/full&view=ok
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3921471/pisang-goroho-digoreng-telanjang-aduh-enaknya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *