4 Cara Jaga Kebersihan Diri Setelah Pergi dari Luar

News oleh: Cerita Kulina

Pemerintah telah menerapkan physical dan social distancing serta himbauan work from home sejak bulan Maret lalu. Meski kita telah berusaha menerapkannya, terkadang kita tetap butuh keluar rumah untuk melakukan hal-hal penting. Masalahnya, kita tidak tahu apa yang kita temukan di luar rumah. Maka dari itu, kita harus ekstra menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama di situasi pandemi Corona seperti ini.

Kulina akan bagikan 4 cara jaga kebersihan diri setelah pergi dari luar:

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri
Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah hal penting pertama yang harus kamu lakukan begitu sampai rumah. Tangan kita telah menyentuh banyak benda selama bepergian dan kita tidak pernah tahu adakah kuman, bakteri, atau virus yang ikut hinggap di tangan kita. Tentu kita tidak mau kuman, bakteri, dan virus itu menyebar lebih jauh hingga ke dalam rumah.

Setelah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera semprotkan disinfektan pada benda-benda yang kamu bawa dari luar seperti tas, sepatu, kresek belanjaan, bahkan kendaraan yang tadi kamu pakai keluar. Disinfektan juga berguna untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di benda-benda tersebut. Disinfektan mengandung bahan kimia yang cukup keras, maka hanya gunakan disinfektan pada benda-benda yang ikut kamu bawa keluar. Hindari disinfektan terkena kulit kalian karena akan menimbulkan rasa terbakar. Jika kulit terlanjur kena disinfektan, segera basuh dengan air mengalir sampai rasa terbakar hilang.

2. Mandi

2. Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki
Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki

Setelah “ritual” cuci tangan dan semprot disinfektan selesai, sekarang kamu bisa masuk rumah. Begitu masuk, berjalanlah langsung menuju ke kamar mandi tanpa menyentuh barang apapun lagi di dalam rumah. Basuh tubuhmu mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki dan mandi.

Jika di rumahmu ada garasi, itu lebih baik lagi. Garasi cukup tertutup, namun tidak berhubungan langsung dengan dalam rumah. Jadi sebelum benar-benar masuk rumah, lepas baju yang kamu pakai di dalam garasi. Setelah itu baru mandi.

3. Cuci Baju

3. Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen
Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen

Tempatkan baju yang kamu pakai tadi ke dalam wadah tersendiri dan langsung rendam dengan deterjen. Deterjen memiliki kandungan aktif yang mampu meluruhkan lemak bahkan kuman, bakteri, dan virus yang mungkin saja menempel di bajumu dari luar. Cuci baju yang tadi kamu pakai. Pastikan, kamu mencuci baju-baju tersebut terpisah dari baju-baju yang hanya kamu dan keluargamu gunakan di dalam rumah.

4. Ganti Baju Bersih

4. Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah
Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah

Jika kamu bukan tipe orang yang memisahkan baju untuk di dalam dan di luar rumah, ada baiknya coba pertimbangkan kebiasaan baru ini. Setelah mandi dan mencuci baju, segera ganti dan pakai baju bersih. Seandainya bisa, pakailah baju yang memang kamu khususkan hanya kamu pakai di dalam rumah saja.

Empat langkah sederhana yang sangat besar manfaatnya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Saat awal-awal melakukan ini, tentu berat memulai kebiasaan baru. Namun mengingat situasi genting saat ini, jangan menyerah dulu ya! Ini semua demi kebaikan kita dan keluarga.

Di luar empat hal yang Kulina sudah sebutkan di atas, tetap ingat etika batuk atau bersin ya… Ketika rasa gatal di hidung atau tenggorokan mulai terasa, segera palingkan wajah dan tutup dengan bagian dalam lengan agar liur yang ikut keluar tidak menyebar ke benda-benda sekitar atau bahkan anggota keluarga yang lainnya.

5. Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri
Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri

Saat hendak bepergian keluar, pastikan kamu membawa hand sanitizer, tisu, dan pakailah masker. Hand sanitizer memiliki fungsi yang sama dengan sabun. Namun kita tidak selalu bisa menemukan sabun untuk cuci tangan saat berada di luar. Ada baiknya persiapkan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan – terutama setelah memegang benda-benda di tempat umum, segera pakai hand sanitizer.

Baca artikel serupa:
[6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Tempat Kerja]

Semoga kalian semua selalu sehat dan situasi ini cepat reda ya!!!

Selama di rumah, pastikan asupan gizi kalian terjaga. Kalau masak sendiri setiap hari merepotkan atau membosankan, cus coba cek website dan aplikasi Kulina. Sekarang lagi ada promo bundle yang berarti lebih hemat beli makan untuk seluruh anggota keluarga!

[CEK MENU KULINA]

Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja
Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja

SUMBER:
https://doktersehat.com/tips-menjaga-kebersihan-diri/
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/23/120632220/7-cara-menjaga-kebersihan-diri-untuk-mencegah-penularan-virus-corona?page=all
https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-menjaga-kebersihan-sejak-sebelum-masuk-rumah-24838

Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...