3 Manfaat dan Tahapan Memulai Mindful Eating

Mindful eating dalam Bahasa Indonesia artinya makan dengan kesadaran penuh. Makan dengan kesadaran penuh berarti kita tahu betul apa yang sedang kita makan, bagaimana tekstur makanannya, apa rasanya, bahkan apa dampaknya bagi perasaan dan tubuh kita.

Mindful eating merupakan teknik mengolah emosi, perasaan, dan tindakan tubuh kita selama makan. Teknik ini telah dicoba, diuji, dan dikembangkan sejak lama oleh berbagai ahli gizi dan juga oleh berbagai kebudayaan. Teknik ini diharapkan mampu menjadi sebuah kebiasaan yang bisa mengantarkan kita pada gaya hidup sehat.

Mindful eating bisa membantu menjauhkanmu dari memilih makanan yang tidak sehat atau makan berlebih. Selain itu, ada banyak lagi manfaat mindful eating untuk kesehatan kita.

MANFAAT MINDFUL EATING

1. Mengontrol Porsi Makan

Seorang ahli gizi dan dosen di Harvard School of Public Health, Lilian Cheung, menyatakan bahwa mindful eating dapat membantu menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Saat kita melakukan mindful eating, kita mengobservasi apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh dan bagaimana efeknya. Sehingga ketika kita sudah merasakan efek kenyang, kita akan segera berhenti makan. Jadi makanan yang kita santap sesuai dengan kebutuhan tubuh tanpa berlebihan.

2. Menjauhkan Pilihan Makanan Tidak Sehat

Biasanya bagaimana sih kategori kalian dalam memilih makanan? Pilih yang ada di depan mata? Pilih yang murah? Pilih yang lagi diinginkan saja? Pilih yang kelihatannya enak?

Kebanyakan orang memilih makanan berdasarkan alasan-alasan di atas dan jarang sekali yang memilih dengan alasan memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh, sebab kita sendiri tidak menyadari kondisi tubuh kita. Hal ini tentu saja berbahaya jika dilakukan dalam jangka panjang sebab gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Hal ini bisa dihindari dengan menerapkan mindful eating. Mindful eating membuatmu menyadari kondisi tubuh sehingga mengerti apa yang dibutuhkan oleh tubuh saat ini. Misal, belakangan kok rasanya sulit buang air besar ya?

Berarti tubuhmu sedang kekurangan serat sehingga kamu perlu menambah asupan serat. Serat bisa didapat dari buah pisang, alpukat, brokoli, brussel, hingga kacang-kacangan.

Atau kamu merasa mudah lelah, imunitas menurun, dan rambut tiba-tiba rontok? Bisa jadi kamu mengalami stress dan juga kekurangan protein. Jika kamu mengetahui hal semacam ini, kamu akan lebih selektif menambahkan menu seperti daging, telur, tahu, atau tempe sebagai sumber protein ke dalam makanan yang akan kamu santap.

3. Lebih Menghargai Makanan

Mindful eating mendorongmu untuk sepenuhnya sadar saat makan. Hal ini membuatmu lebih peka terhadap setiap komponen makanan sehingga kamu bisa lebih menghargai bahan-bahan yang ada di dalam makanan, proses pembuatan makanan, hingga perpaduan rasa yang diberikan oleh makanan tersebut, dan bagaimana efeknya untuk tubuh kalian.

Baca Artikel Serupa: Kenalan dengan Mindful Eating, Awal Gaya Hidup Sehat

TIPS MEMULAI MINDFUL EATING

Jika kamu tertarik mencoba melakukan mindful eating, kamu bisa mencoba beberapa tips yang harus dilakukan saat makan di bawah ini. Kamu tidak perlu melakukan sekaligus karena kalau terlalu banyak berpikir saat melakukan, kamu bisa-bisa malah stress dan tidak menikmati proses. Padahal kunci untuk bisa merasakan manfaat dari mindful eating adalah penerapannya yang konsisten dan dalam jangka waktu lama agar menjadi sebuah kebiasaan gaya hidup sehat.

1. Makan Saat Lapar

Kulina - Tahapan Mindful Eating - Makan Saat Lapar

Sebelum makan, tanyakan pada diri sendiri dulu apakah kamu benar-benar lapar dan tubuh membutuhkan makanan? Atau kah ingin makan karena alasan lainnya? Jika betul karena lapar, kamu bisa makan dan segera berhenti saat merasa kenyang. Namun jika jawabannya karena alasan lain, kamu yang menyadari hal ini akan menunda keinginan makan sehingga tidak ada kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

2. Makan Perlahan dan Tidak Terburu-Buru Saat Mengunyah

Kulina - Tahapan Mindful Eating - Makan Perlahan

Tahukah kamu? Mengunyah makanan terlalu cepat ternyata justru menyebabkan makan lebih banyak sehingga kita jadi lebih mudah naik berat badan. Mengunyah makanan terlalu cepat juga membuat tubuh kita tidak sempat merasakan kenikmatan makanan karena yang kita kejar hanya rasa kenyang.

Jika kamu menerapkan mindful eating, kamu akan mengunyah makanan secara perlahan sehingga bisa merasakan rasa dan tekstur makanan dari setiap suapan. Setiap suapan yang masuk ke dalam mulut memberi sensasi tersendiri yang bisa membuat kita lebih cepat kenyang. Rasa kenyang itu pun akan bertahan lebih lama.

3. Makan Tanpa Gangguan

Kulina - Tahapan Mindful Eating - Makan Tanpa Gangguan

Kita sering sekali makan sambil melakukan berbagai aktivitas lain misal menonton film, membaca buku, atau bahkan sambil bekerja. Kita melakukan hal ini sebab merasa makan bukanlah sesuatu hal yang penting dan bisa dijadikan sambilan.

Padahal kegiatan makan sangat penting untuk memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh untuk bisa beraktivitas dengan baik. Nah… Mindful eating mengharapkanmu untuk fokus selama kegiatan makan, tanpa ada distraksi dari kegiatan lain. Hal ini membuatmu lebih bisa menikmati makanan yang sedang kamu makan. Pun membuat tubuhmu menyerap nutrisi lebih baik lagi.

Kamu bisa mencoba melakukannya satu per satu. Perlahan tapi pasti, tips-tips di atas akan menjadi sebuah kebiasan baik yang bisa membawamu pada gaya hidup yang lebih sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *